Tutorial kreasi bunga dari kain flanel

 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tutorial kreasi bunga dari kain flanel

kerajinan tangan dari kain fanel bunga yg bertumpuk buat pajangan - Sekarang kerajinan dari bahan kain flanel sangat beragam, bahan alias kain flanelnya juga mudah didapat misalnya saja di toko bahan kerajinan atau souvenir, toko alat kantor, bisa juga beli secara online. Nah, dalam kesempatan ini aku ingin berbagi tutorial cara membuat kreasi bunga dengan bahan dasar kain flanel, tentunya dengan step-step yang sangat mudah namun hasilnya sangat cantik dan dapat digunakan untuk menghiasi sela-sela ruangan rumah kamu serta bikin betah di rumah.

mimpimimpimimpimimpimimpimimpi

Huaaaaaahem.......buka mata, cuci muka, sambil nunggu waktu shubuh tiba.....melototin layar leptop lagi, soalnya tangan sudah gatal pingin sharing tutorial yang kubuat semalam.....yaitu cara membuat bunga kain flanel lengkap dengan potnya seperti di atas......


Cantik bukan?
Tulisan ini berani nongol di sini setelah dapat restu dari dedengkotnya klikedukasi, katanya di klikedukasi bukan hanya tempat belajar komputer aja, hmmm....boleh boleh boleh...tapi tetep aja gak pede...gara-gara belum mahir di bidang fotografi sama ngedit foto , tapi......aku beranikan diri untuk unjuk tangan, yang penting kan "klik" edukasinya...


Lagi-lagi yang namanya hobi, sesibuk apapun, sengantuk apapun, tetep aja ditongkrongin, dan hobi di bidang kerajinan tangan kayaknya sudah lama melekat di keningku, katanya sih imajinasiku lumayan (lumayan dipaksakan), tapi tak apalah.....

Cara membuat bunga ini mudah kok, tinggal ikutin step-stepnya ajach, Okey, cekidot....

Yang perlu disiapkan adalah alat dan bahannya

Alat yang digunakan adalah glue gun, lem bakar, jarum, benang jahit, dan gunting

Bahan yang digunakan adalah kain flanel warna hijau untuk kelopak, daun, dan lilitan untuk tangkai dan flanel warna pink untuk mahkota ( boleh pake warna yang lain) dan gunting sesuai gambar, kawat untuk tangkai, pot atau vas, dan hiasan pot
Langkah-langkahnya adalah....

Step 1. Potong flanel untuk mahkota (bentuk lingkaran) menjadi 4 seperti pada gambar ( untuk satu tangkai bunga dibutuhkan 5 potong )


Step 2 Ronce mahkota bunga dengan menggunakan benang jahit seperti pada gambar

Step 3. Tusukkan benang pada mahkota yang pertama dan tarik benang hingga mahkota dengan posisi melingkar


Step 4. Tarik dengan kencang hingga pangkal mahkota tersusun rapi dan rapat


Step 5. Pasang kelopak bunga di bagian belakang ( bawah mahkota bunga) dengan lem

Dan jadilah seperti ini....

Step 6. Pasang kawat di tengah kelopak sebagai tangkai


Step 7. Lilitkan flanel warna hijau pada kawat secara melingkar yang sebelumnya sudah diberi lem
Hingga jadilah seperti ini....

Step 8. Pasang daun pada tangkai dengan lem

Jadi dech setangkai bunga yang cantik...

Step 9. Bertangkai-tangkai bunga yang cantik ini siap dirangkai sesuai selera


Step 10. Tinggal menghias pot atau vasnya, terserah kreasi kamu...kalo aku potnya ku lapisi flanel juga dengan sedikit hiasan dan di pangkal tangkai daun, ku sebarin cangkang kerang hasil mungut kemaren di pantai
Pot yang dilapisi dengan flanel dan hiasannya

Bagian dalam hias dengan cangkang kerang

Dan akhirnya bunganya siap nampang menghiasi berbagai tempat di rumah kamu....

Selamat berkreasi ;)



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajinan tangan dari kain fanel bunga yg bertumpuk buat pajangan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.klikedukasi.com/2014/05/tutorial-kreasi-bunga-dari-kain-flanel.html
Tanpa Perlu Buru-Buru Berangkat Kursus Jahit, 5 Pakaian Ini Tetap Kece Dipakai Meski Nggak Disetrika!


1. Pilih pakaian berbahan kaus atau rajut. Kece dipakai kemanapun tanpa ada bagian yang kusut


2. Tutupi juga bagian baju dalammu yang berantakan dan kusut dengan rompi atau cardigan. Ini ampuh, lho!

3. Daripada yang polos, pilihlah baju-baju bermotif untuk menyamarkan lekukan khas baju yang nggak disetrika


4. Jika kepepet, kenakan saja celana jeans yang minim risiko kusut dibanding rok atau dress


5. Kemeja atau atasan favoritmu tentu kelihatan berantakan kalau nggak disterika. Nah, lebih baik samarkan dengan syal atau jilbab saja


Meski sederhana dan nyaris nggak butuh biaya, trik tadi bisa sangat membantumu jika sedang buru-buru berangkat kursus jahit, lho!


#jahitku #jogja #jogjaku #kursusjahit #infojogja #jogjakarta #fashiondesign #fashionschool #mesinjahit #kebaya #internationalfashionbusiness #businessfashionschool #bisnisfashion #businessmode #sekolahfashion #sekolahmode #shortcourse #fashioncourse #kursusfashion #fashiondesigner #fashionlife #fashioncareer #fashionshow #peragaanbusana

 Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras

 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras

contoh kerajinan bahan keras teknik pembuatan - Teknik membuat kerajinan dari bahan keras adalah pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada artikel dibawah ini. Materi pelajaran ini masuk pada kategori materi seni budaya dan keterampilan (SBK) yang biasa sering ditemui pada materi kelas XI maupun XII dan pada pelajaran kewirausahaan pada tingkat perkuliahan.

Selain kerajinan dari bahan keras seperti yang akan dijelaskan dibawah, terdapat pula kerajinan tangan dari bahan lunak, kerajinan tangan dari barang bekas, kerajinan tekstil, kerajinan tangan dari kertas, kerajinan tangan dari kardus, kerajinan dari sabun, kerajinan tangan dari koran, kerajinan tangan dari batok kelapa dan masih banyak lagi kerajinan-kerajinan yang dapat anda pelajari dan anda temukan didalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar dan mudah di jumpai.

Adapun poin-poin penjelasan dan fokus yang akan dibahas dengan rinci yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Teknik Patri.
2. Pengertian Teknik Cetak.
3. Pengertian Teknik Grafir.
4. Pengertian Teknik Etsa.
5. Pengertian Teknik Bubut.
6. Pengertian Teknik Las.
7. Pengertian Teknik Ukir.
8. Pengertian Teknik Menganyam.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda didalam mengetahui delapan teknik membuat kerajinan dari bahan keras serta menjadi portal referensi tugas ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras
Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras

Teknik membuat kerajinan dari bahan keras
Dibawah ini merupakan teknik-teknik membuat kerajinan dari bahan keras yang dapat anda pelajari secara detail sebagai berikut. Namun sebelum anda membaca teknik membuat kerajinan dari bahan keras lebih lanjut, anda perlu mempelajari dahulu apa saja produk kerajinan dari bahan keras.

    Baca juga Produk Kerajinan Dari Bahan Keras

Adapun teknik-teknik membuat kerajinan dari bahan keras yakni sebagai berikut :
Teknik patri
Pematrian adalah suatu metode penyambungan bahan logam dibawah pengaruh panas dengan pertolongan bahan tambah logam atau campuran logam. Bahan tambah (biasa disebut patri) merupakan bahan logam atau campuran logam yang mudah melebur karena mempunyai titik lebur dibawah titik lebur bahan logam yang akan di sambungkan.

Pematrian banyak digunakan pada sambungan konstruksi yang baik untuk dipatri, namun tidak dapat di las. Pematrian dapat di pertimbangkan untuk di terapkan pada kondisi-kondisi di bawah ini :

a. Sebagai pengganti pengelasan pada konstruksi bahan yang peka terhadap suhu pengelasan yang tinggi, yang dapat mengakibatkan kerugian (mengubah struktur bahan, menyebabkan pengerutan, pengoyakan, retak ataupun pecah).
b. Untuk menyambung logam yang titik leburnya sangat berbeda, misalnya baja dan kuningan, tembaga, logam keras.
c. Untuk menyambung benda kerja yang sangat kecil, sangat tipis atau bentuknya istimewa dan tebalnya sangat berbeda.
d. Untuk pekerjaan perbaikan bagian yang sangat peka terhadap panas, misalnya perkakas.
e. Untuk pengedapan (sambungan wadah, retak-retak, dan lain-lain).

Teknik Cetak
Ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, dikenal lah teknik pengolahan perunggu, misalnya :

    1. Gendering perunggu
    2. Kapak
    3. Bejana
    4. Perhiasan

Teknik cetak dapat di bagi menjadi 2 yakni :
a. Teknik tuang berulang
Teknik ini menggunakan 2 keping cetakan terbuat dari batu dan dapat dipakai berulang kali sesuai dengan kebutuhan. Teknik ini digunakan untuk mencetak benda-benda yang sederhana, baik bentuk maupun hiasan nya.

b. Teknik tuang sekali pakai
Teknik ini digunakan membuat benda perunggu yang bentuk dan hiasan nya lebih rumit, seperti arca dan patung perunggu.
Teknik ini diawali dengan membuat model dari tanah liat, selanjutnya dilapisi dengan lilin, lalu ditutupi lagi dengan tanah liat

Kemudian dibakar untuk mengeluarkan lilin sehingga terbentuklah rongga. Dari rongga ini perunggu dapat dituang ke dalamnya. Setelah dingin, cetakan tanah liat dapat dipecah sehingga di peroleh benda perunggu yang di inginkan.

Teknik grafir
Teknik grafir adalah teknik mengikis sebagian permukaan material dengan pola tertentu, Teknik grafir ini biasa digunakan untuk berbagai produk, seperti mulai dari :

    1. Trofi.
    2. Aksesori.
    3. Perhiasan dan hingga.
    4. Alat tulis.

Teknik grafir atau engraving secara umum dibagi menjadi 2 model yaitu sebagai berikut :

a. Vector Engraving
Vector engraving adalah proses menggores garis dengan menggunakan laser untuk menghasilkan pola garis

b. Raster Engraving
Raster engraving adalah proses raster yang akan menghasilkan gambar dengan gradasi, ketajaman gambar bervariasi tergantung pada material yang di gunakan, yaitu 45 dpi–1.200 dpi.

Teknik Etsa
Teknik etsa adalah teknik cetak yang menggunakan media cetak berupa lempengan tembaga. Untuk pembuatan klise acuan dilakukan dengan penggunaan larutan asam nitrat yang bersifat korosif terhadap tembaga. Jika dibandingkan dengan engraving, etsa memiliki kelebihan tersendiri.

Dalam teknik engraving diperlukan keterampilan khusus pertukangan logam, sedangkan etsa relatif mudah untuk dipelajari terutama bagi para seniman yang telah terbiasa dalam menggambar. Hasil cetakan etsa umumnya bersifat linear dan seringkali memiliki kontur yang halus.

Teknik etsa adalah cara untuk membuang atau mengikis bagian yang harus direndahkan dengan bahan kimia tertentu. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat negatif cetak dalam dengan teknik etsa adalah berbagai jenis logam seperti diantaranya yakni sebagai berikut :

    1. Pelat tembaga
    2. Kuningan
    3. Aluminium dan
    4. Seng

Teknik Bubut
Bubut adalah suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatan nya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara transisi sejajar dengan sumbu putar dai benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut dengan gerak potong relatif dan gerakan translasi dari pahat disebut dengan umpan.

Pengaturan perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat akan menghasilkan berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Teknik Las
Pengelasan adalah teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu. Prosedur pengelasan tampak sangat sederhana, namun yang sebenarnya juga harus memerlukan keahlian khusus. Oleh karena itu didalam pengelasan, pengetahuan atau wawasan harus turut serta mendampingi praktik.

Teknik Ukir
Mengukir adalah kegiatan menggores, memahat, dan menoreh pola pada permukaan benda yang di ukir. Awalnya, seni ukir ini digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga dan benda-benda dari gerabah atau kayu. Benda-benda itu diberi ukiran bermotif geometris seperti:

    1. Tumpal.
    2. lingkaran.
    3. Garis.
    4. Swastika.
    5. Zig-zag.
    6. Segitiga.

Umumnya ukiran tersebut digunakan sebagai hiasan dan mengandung makna simbolis dan religius. Dilihat dari jenisnya, ada beberapa jenis ukiran antara lain sebagai berikut :

    1. Ukiran tembus (krawangan).
    2. Ukiran rendah.
    3. Ukiran tinggi (timbul).
    4. Ukiran utuh.

Karya seni ukir memiliki beberapa fungsi yakni dapat dijelaskan sebagai berikut :

a. Fungsi Hias
Fungsi hias adalah ukiran yang dibuat semata-mata sebagai hiasan dan tidak memiliki makna tertentu.

b. Fungsi Magis
Fungsi magis adalah ukiran yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis yang berkaitan erat dengan kepercayaan atau sering disebut spiritual.

c. Fungsi Simbolis
Fungsi simbolis adalah ukiran tradisional yang selain sebagai hiasan, juga berfungsi menyimbolkan hal tertentu yang berhubungan dengan spiritual.

d. Fungsi Konstruksi
Fungsi konstruksi adalah ukiran yang selain sebagai hiasan, juga berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.

e. Fungsi Ekonomis
Fungsi ekonomis adalah ukiran yang berfungsi untuk menambah nilai jual suatu benda.

Teknik Menganyam
Menganyam adalah salah satu teknik kerajinan dengan menyilang-nyilangkan bagian lusi (arah vertikal) dengan bagian pakan (arah horizontal) hingga membentuk suatu pola tertentu. Anyaman dapat dibagi menjadi empat (4) jenis yakni sebagai berikut :

a. Anyaman Silang Tunggal
Anyaman silang tunggal adalah anyaman yang memiliki dua arah sumbu yang saling tegak lurus atau miring satu sama lainnya.

b. Anyaman Silang Ganda
Anyaman silang ganda adalah teknik menyisipkan dan menumpang dua benda pipih yaitu pakan (arah horizontal) dan lusi (arah vertikal) yang berbeda arah. Perbedaannya adalah terdapat pada benda pipih yakni pakan dan lusi yang diselup dan ditumpangi tidak hanya satu tepi tetapi dapat 2, 3, 4, 5 dan seterusnya. Sehingga di kenal silangan ganda 2, silangan ganda 3, ganda 4, ganda 5 dan seterusnya sesuai dengan jumlah benda pipih di lompati dan disusupi.

c. Anyaman 3 Sumbu
Anyaman 3 sumbu adalah teknik yang hampir sama dengan teknik anyaman silang. Hanya saja perlu diingat bahwa benda pipih, yaitu pakan dan lusi yang akan dianyam tersusun menurut 3 arah. Teknik anyaman ini memberi peluang untuk memperoleh hasil anyaman tiga sumbu jarang dan anyaman tiga sumbu rapat, sedangkan anyaman tiga sumbu rapat dengan pola bentuk heksagonal (segi enam beraturan) atau belah ketupat.

d. Anyaman 4 Sumbu
Teknik anyaman ini berprinsip menyisip dan menumpangkan benda pipih yaitu pakan dan lusi secara satu sama lainnya berbeda arah. Hanya saja benda pipih yang berbeda arah di sini makin banyak jumlahnya (empat buah sumbu). Jenis anyaman empat sumbu termasuk jenis anyaman yang berlubang-lubang dengan bentuk pola oktagonal (segi delapan beraturan).


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh kerajinan bahan keras teknik pembuatan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MEMBUAT MASTER GAMBAR BORDIR KOMPUTER (WILCOM) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.materibelajar.id/2016/05/teknik-membuat-kerajinan-dari-bahan.html
Bosan dengan Meja Jahitmu? Coba Tambahkan Benda-Benda Ini Biar Kamu Jadi Semangat Lagi!


1. Wadah Alat Jahit
Pilihlah wadah alat jahit yang lucu. 

2. Desk Plant
Jangan ragu untuk menaruh tanaman mini di meja jahitmu. 

3. File Box
Yuk, mulai rapikan dengan menggunakan file box. Selain meja jahitmu jadi lebih rapi, kamu juga lebih mudah mencari buku pesanan jahitan atau agenda yang kamu butuhkan.

4. Quotes
Selain menambah semangat dan sebagai pengingat, kalau dibingkai dengan figura yang menarik, bisa juga menambah nilai estetika meja jahitmu.

5. Secangkir Kopi
Simpanlah cangkir yang desainnya lucu untuk menaruh minuman. 

6. Ornamen Favorit
Perhatikan ukurannya, jangan sampai karena kebesaran, kamu tidak punya space untuk menjahit. 

7. Monthly Planner
Sering melupakan jadwal pesanan jahit baju atau janji selesai jahitan dengan klienmu?

8. Deskpaper
Banyak loh kertas kado dengan gambar-gambar lucu untuk mengganti background meja jahitmu yang membosankan.


#jahitku #jogja #jogjaku #kursusjahit #infojogja #jogjakarta #fashiondesign #fashionschool #mesinjahit #kebaya #internationalfashionbusiness #businessfashionschool #bisnisfashion #businessmode #sekolahfashion #sekolahmode #shortcourse #fashioncourse #kursusfashion #fashiondesigner #fashionlife #fashioncareer #fashionshow #peragaanbusana
Simak 7 Cara Ini Agar Pakaian Tipis Kamu Nggak Menerawang. Cewek Berhijab Wajib Tahu


1. Pakai saja rok dalaman biar lekuk paha hingga kaki kamu aman dari pandangan orang sekitar. Buruan yuk coba


2. Celana gombrong/celana legging adalah pilihan yang tepat buat kamu yang sering beraktivitas. Bakal mudah mau ngapain saja


3. Kadang bukan cuma bagian bawah yang menerawang, tapi juga atas nih. Yuk coba pakai manset baju agar kamu nyaman ke mana-mana


4. Biar gaya kamu makin fashionable, kenakan saja rompi. Pasti makin ciamik deh


5. Ada pilihan lain nih buat kamu yang mau tampil keren. Cardigan nggak kalah keren lho


6. Yang paling mudah ya saat membeli. Pilih saja pakaian yang udah ber-furing


7. Bukan cuma pakaian saja yang menerawang, tapi kerudung juga lho. Langsung saja kenakan inner ya


#jahitku #jogja #jogjaku #kursusjahit #infojogja #jogjakarta #fashiondesign #fashionschool #mesinjahit #kebaya #internationalfashionbusiness #businessfashionschool #bisnisfashion #businessmode #sekolahfashion #sekolahmode #shortcourse #fashioncourse #kursusfashion #fashiondesigner #fashionlife #fashioncareer #fashionshow #peragaanbusana
Jangan Cuci Jeansmu! Ada 7 Trik Membersihkan Jeans yang Benar Tanpa Harus Dicuci

1. Tanpa air dan matahari, freezer bisa membuat jeansmu segar dan bersih lagi

2. Jangan pernah sepelekan cuka yang bisa membuat jeansmu bersih tanpa pudar warnanya

3. Buat yang mandinya kebetulan pakaishower dan air hangat, bisa tuh gantung jeansmu sekalian di sana

4. Ketika siang hari kebetulan sedang cerah, saatnya gantung jeansmu agar baunya tak lagi merekah


5. Noda-noda bandel di jeans-mu akan hilang seketika, kalau kamu pakai sikat gigi dan baking soda

6. Nggak cuma segar dan enak diminum, jus lemon juga jago bersihin jeans

7. Berkat kandungan khususnya, kopi juga bisa menyerap bau pada jeans-mu. Cukup semalam, tampilan jeans-mu takkan lagi kusam!


#jahitku #jogja #jogjaku #kursusjahit #infojogja #jogjakarta #fashiondesign #fashionschool #mesinjahit #kebaya #internationalfashionbusiness #businessfashionschool #bisnisfashion #businessmode #sekolahfashion #sekolahmode #shortcourse #fashioncourse #kursusfashion #fashiondesigner #fashionlife #fashioncareer #fashionshow #peragaanbusana

 MEMBUAT MASTER GAMBAR BORDIR KOMPUTER (WILCOM)


cara membuat batok bordir - Mesin bordir komputer sekarang sudah banyak beredar di pasaran, mulai yang berkepala satu, tiga, enam, sepuluh sampai berkepala dua belas, dan bahkan bisa lebih banyak lagi, karena memang peralatan kerja selalu berkembang pesat sepanjang masa.
Terlepas dari masalah suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, pada kenyataannya para pengusaha bordir manual harus bersaing ketat dengan pengusaha bordir komputer.
Sebaiknya jangan latah ikutan keburu menentukan PRO atau KONTRA dengan kenyataan yang dihadapi, sebelum mengetahui dan tahu persis apa sebenarnya mesin bordir komputer itu.

Mesin bordir komputer adalah mesin bordir yang kerjanya dikendali penuh oleh file gambar yang dapat terbaca oleh mesin tersebut, sehingga proses membordir tidak membutuhkan kelincahan tangan manusia sebagaimana pada bordir manual. File gambar yang dapat dibaca oleh mesin bordir komputer hanyalah file gambar yang memiliki alur urutan gerakan benang dalam proses membordir. File gambar itu harus dibuat menggunakan software khusus untuk mesin bordir komputer, dan yang paling umum dipakai adalah Software WILCOM.

Lebih tegasnya, file gambar yang dihasilkan oleh software pengolah gambar seperti Paint, Corel, Adobe Photo, Photoshop dan lain-lainya, kesemuanya tidak dapat dibaca oleh mesin bordir komputer, karena gambar yang dihasilkan tidak memiliki informasi tentang alur gerakan benang dalam proses membordir.
Gambar tersebut hanyalah berfungsi sebagai penuntun bagi orang yang sedang membuat master gambar bordir komputer menggunakan WILCOM, agar lebih mudah dalam membuat batasan-batasan area yang akan dibordir dengan benang.

Silakan perhatikan Langkah Satu sampai Tujuh dalam proses pembuatan gambar bordir komputer menggunakan Wilcom yang berikut ini.


Langkah Satu.
Aktifkan software Wilcom yang telah terinstall pada komputer.
Panggil file gambar penuntun yang akan digunakan, misalnya file LOGO KOPERASI.JPG.
Tentukan batasan area yang akan dibordir dengan klik toolbar COMPLEX FILL, lalu tentukan batasan area yang akan dibordir.
Bila kita menentukan area bordir dengan mengikuti gambar logo Koperasi tersebut, maka hasil bordiran nanti juga gambar logo koperasi dimaksud.
Bila kita menentukan area bordir tanpa mengikuti gambar logo Koperasi, misalnya membuat gambar lingkaran penjol menggunakan klik mouse, maka hasil bordiran nanti juga lingkaran penjol yang kita buat tadi. Jadi, mesin bordir komputer tidak pernah melihat file gambar.JPG yang kita aktifkan, hanya melihat batasan area bordir yang kita tentukan.




Langkah Dua.
Terus terang pilih gambar logo Koperasi karena banyak bagian-bagian yang sama sehingga area bordir tertentu yang sudah dibuat dapat di-duplikasi ke tempat lain yang gambarnya sama.
Langkah kedua adalah men-duplikasi area bordir yang telah dibuat pada langkah satu, dengan mengatur putaran dan kemiringannya disesuaikan gambar logo tersebut








Langkah Tiga.
Seperti pada langkah satu, yaitu menentukan batasan area bordir tetapi pada lokasi beda dengan bentuk yang beda pula. Setelah ditentukan batasan-batasan area bordirnya, karena kebetulan di lokasi lain juga ada bentuk-bentuk yang sama, maka tinggal di-duplikasi saja.








Langkah Empat.
Langkah keempat adalah menduplikasi area bordir yang telah dibuat pada langkah tiga, pada lokasi tertentu yang memiliki bentuk sama. Dalam menduplikasi dapat dilakukan pemutaran dan pemiringan gambar disesuaikan dengan logo yang sedang dibuat.
Ceritanya, pada langkah keempat telah berhasil menyelesaikan semua batasan area bordir yang membentuk gambar logo Koperasi yang sedang dibuat.


Langkah Lima.
Tes Uji Coba untuk menggambarkan bagaimana alur perjalanan benang dalam proses bordir yang dilakukan otomatis oleh mesin bordir komputer.
Silakan perhatikan alur perjalanan benang tersebut… dan ternyata…
Waoww… terjadi beberapa kali loncatan benang dalam proses membordir…
Hal ini disebabkan karena gambar tadi dibuat dari hasil beberapa kali duplikasi, dan kondisi ini dapat beresiko antara lain:
Ketika benang meloncat ada resiko putus benang, sehingga mesin harus dihentikan sejenak untuk menyambung benang yang putus tersebut. Kondisi ini membuang waktu dan menambah kerjaan yang semestinya tidak perlu ada.
Bila hasilnya selamat, pada hasil bordiran akan terdapat loncatan benang yang harus dirapihkan (dipotong manual). Kondisi ini juga semakin membuang waktu dan semakin menambah kerjaan yang semestinya tidak perlu ada.




Langkah Enam.
Mengatur alur perjalanan benang dalam proses bordir otomatis yang akan dilakukan oleh mesin bordir komputer, sehingga dapat ditekan sampai seminimal mungkin terjadinya langkah loncatan benang jarak jauh yang dapat beresiko seperti yang telah diuraikan pada langkah lima diatas.
Cara mengaturnya bagaimana?
Waduh… yang ini ceritanya panjang ya…
Lebih bijak diceritakan kapan-kapan saja bukan?







Langkah Tujuh.
Singkat cerita, langkah keenam sudah berhasil diselesaikan…
Kini tiba giliran untuk TES UJI COBA KEMBALI…
Silakan disimak, bagaimana alur perjalanan benang dalam proses bordir yang dilakukan otomatis oleh mesin bordir komputer?
Alkhamdulillah, sudah semakin baik ya… boleh dibilang SUDAH OK…






Lain-lain.
Kadang-kadang hasil bordiran terlalu tebal akibat jarak benang terlalu dekat sehingga benang bertumpuk. Kondisi ini tidak bagus karena ada pemborosan benang dan waktu pembuatan menjadi lebih lama, biaya listriknya ikut nambah juga.
Jadi, ada kalanya hasil yang kurang baik itu malah lebih boros…
Sebaliknya, kalau jarak benang terlalu jarang hasil bordiran kurang baik juga.
Sebagai finishing dalam proses pembuatan master gambar bordir sebaiknya mengatur ketebalan dan ketipisan hasil bordiran sambil diuji-coba menggunakan mesin bordir komputer beneran, jadi diatur bukan dari hasil khayalan belaka, tetapi dari hasil praktek yang nyata.
Bila semua sudah baik-baik dan ok-ok… tinggal disimpan sebagai file master gambar bordir yang siap dioperasikan menggunakan mesin bordir komputer.
Tinggal dikirim kepada pemesan dan alkhamdulillah memperoleh rejeki yang cukup lumayan… he-he-he… maunya sih gitu kali…
 

Waspadalah…
Pengusaha bordir manual perlu meningkatkan kewaspadaannya, karena bila menggunakan master gambar bordir yang berkualitas baik, mesin bordir komputer akan mampu membuat hasil bordiran yang lebih baik, lebih rapih, lebih halus dan lebih cepat dari hasil pekerjaan bordir manual…
Sama sekali tidak bermaksud menakut-nakuti, sekarang mesin bordir komputer bukan sekedar dapat membordir diatas lembaran kain, tetapi juga bisa membordir diatas baju kaos jadi, malah mampu membordir diatas topi yang sudah jadi.
Bagi yang belum percaya silakan simak gambar samping…
Adakah juru bordir manual yang dapat membordir diatas topi jadi?


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat batok bordir

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Model Baju Blouse Modern Dan Terbaru 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://pelatihanmasyarakat.blogspot.co.id/2014/10/membuat-master-gambar-bordir-komputer.html

Model Baju Blouse Modern Dan Terbaru

 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Model Baju Blouse Modern Dan Terbaru


baju. blus bahaan kaki – Baju blouse merupakan busana luaran wanita bagian atas yang panjang dan panjang baju umunya sampai panggul. Blouse biasa juga di pakai dan di masukkan ke dalam rok atau celana, juga dapat di pakai pada luaran rok atau celana. Model baju blouse untuk wanita muslim biasa berbentuk lengan panjang. Blouse merupakan baju yang di pakai sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh pemakai, sehingga membuat anda menjadi lebih percaya diri ketika memakainya. Dengan perkembangan fashion yang tiap saat makin tampil dengan gaya cassual, memang banyak kombinasi baju blouse dengan bahan-bahan lain.

Desain blouse lebih bervariasi dengan di tambahkan aneka payet, renda, kancing dan lain sebagainya. Model baju blouse muslim dengan gaya kontemporer pasti akan terlihat semakain trendy. Baju blouse muslim terbaru dengan bentuk baju atasan yang sangat panjang kurang lebih melebihi lutut dan bisa lebih panjang lagi sampai tumit kaki. Kemudian bentuk kancing di desain dan di letakkan pada dada sampai pada ujung baju blouse. Baju blouse model seperti ini lebih berbentuk seperti gamis cassual. Motif dan corak yang terdapat pada bahan kain yang anda gunakan bisa memakai motif kotak-kotak, garis-garis atau polosan. Anda juga bisa mengunakan celana panjang yang nyaman terbuat dari katun dengan ukuran yang pas seseuai dengan ukuran kaki anda. dan juga jangan lupa pilihlah model hijab yang simple.

Model Blouse Batik

Ketika anda memakai model baju blouse dengan panjang selutut pasti akan terlihat sebagai wanita yang sangat religius. Tentu tidak akan mengurangi gaya anda sebagai anak muda yang penuh gaya yang up to date. Bahan-bahan yang biasa di gunakan untuk merancang baju blouse muslim adalah bahan katun, satin, tenun. Namun sekarang bahan-bahan terbaru juga dapat di gunakan untuk mendesain baju blouse muslim. Baju muslim dengan bentuk blouse ini sangat populer di pakai oleh banyak wanita di tanah air. Memang baju blouse sangat simple di gunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memakainya. Model baju blouse muslim biasa kita lihat lebih banyak di gunakan para wanita sebagai baju kerja.

Model Blouse muslim wolfis
Model Blouse muslim wolfis
Model baju blouse sifon muslim
Model baju blouse kerja wanita muslim

Model baju blouse kerja wanita muslim
Model baju blouse sifon muslim
Model blouse muslim untuk wanita 1
Model blouse muslim untuk wanita 1


    Model Baju Kaftan Yang Modern Dan Cantik
    Model Kemeja Kerja Wanita Yang Cantik
Model Baju BLus Crepe 2
Model Baju BLus Crepe 2

Model Blus Polos Muslimah
Model Blus Polos Muslimah
Baju blouse muslim sekarang muncul dengan gaya yang sangat apik dan di buat dengan gaya yang lucu-lucu sangat cocok di gunakan untuk para remaja. Jadi model baju blouse muslim tidak hanya dapat di gunakan sebagai baju kerja saja, para remaja juga bisa memakainya di berbagai momentum. Apalagi dengan desain blouse sekarang lebih funny dan sangat cassual. Model baju blouse muslim bisa anda pakai pada saat kuliah, jalan-jalan, bekerja, dan bersantai.

Model Blus Katun Terbaru
Model Blus Katun Terbaru
Model Blus Katun 3
Model Baju Blus Katun

Model Baju Blus Katun
Model Blus Katun 3
Model Baju Blus Katun 2
Model Baju Blus Katun 2

Model Baju Blus Jersey Muslimah
Model Baju Blus Jersey Muslimah
Model Blus katun muslimah
Model Blus katun muslimah
Berikut adalah serba-serbi mengenai model baju blouse muslim. Semoga anda semakin tampil cantik dan modis dengan memakai baju blouse muslim. Jangan lupa tunggu dan saksikan model baju blouse muslim dengan gaya terbaru 2016 iya.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  baju. blus bahaan kaki

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pola Dasar Lengan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.inkfashionmuslim.com/model-baju-blouse-modern-dan-terbaru/
Cara Menyelamatkan Ukuran Baju yang Menyusut Habis Dicuci. Semua Perserta Kursus Jahit yang Nge-Kost Pasti Pernah Mengalami!

1. Untuk pakaian berbahan rajutan seperti katun, wol, dan kasmir, gunakan rendaman air hangat dan sampo bayi atau kondisioner.

2. Cara kedua adalah menggunakan boraks atau cuka, yang khusus diterapkan untuk bahan wol dan kasmir dan nggak dianjurkan pada bahan sintetis atau rajutan rapat seperti katun.

3. Celana jeans-mu yang menyusut juga bisa diakali menggunakan  rendaman air hangat.

#jahitku #jogja #jogjaku #kursusjahit #infojogja #jogjakarta #fashiondesign #fashionschool #mesinjahit #kebaya #internationalfashionbusiness #businessfashionschool #bisnisfashion #businessmode #sekolahfashion #sekolahmode #shortcourse #fashioncourse #kursusfashion #fashiondesigner #fashionlife #fashioncareer #fashionshow #peragaanbusana

Sumber Daya, Material, Teknik dan Ide Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Sumber Daya, Material, Teknik dan Ide Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material - Kegiatan wirausaha didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan, Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan 6 M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar). Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material), keterampilan produksi (Man & Machine) dan budaya lokal yang ada di daerah setempat. Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya-karya kerajinan inovatif kepada pasaran. Pasar sasaran (Market) dari produk kerajinan ini adalah orang-orang yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional. Kemampuan mengatur keuangan (Money) dalam kegiatan usaha akan menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha.
Hasil gambar untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material
Hasil gambar untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material
Hasil gambar untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material
Hasil gambar untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material
Hasil gambar untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan materialWirausaha
Gambar lainnya untuk ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan materialRagam budaya tradisional nonbenda yang terdapat di daerah akan menjadi inspirasi untuk perancangan kerajinan yang akan dibuat. Perancangan kerajinan juga harus mempertimbangkan ketersediaan material/ bahan baku dan keterampilan produksi yang terdapat di daerah sekitar. Untuk itu, dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat digunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan di daerah setempat.

Ragam Materi Alam


Praktek Untuk Anda
Identifikasi Ragam Material dan Teknik Produksi di Lingkungan Sekitar

    Amati lingkunganmu. Perhatikan ragam material atau bahan baku yang tersedia di lingkungan sekitarmu.
    Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari perajin yang ada di daerahmu tentang ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk setiap material tersebut.
    Diskusikan dalam kelompok tentang ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan dengan inspirasi budaya. Tuliskan sebanyak-banyak tentang ragam bahan baku/material dan teknik produksi yang ada di lingkungan sekitarmu.
    Presentasikan dalam bentuk tabel LK 3 atau bentuk presentasi lain yang lebih menarikdan kreatif.

Perancangan dan Produksi Kerajinan dengars Inspirasi Budaya Nonbenda
Perancangan dan produksi didasari oleh data yang telah diperoleh melalui Tugas 2 tentang Ragam Budaya Nonbenda dan Tugas 3 tentang Identifikasi Ragam Material dan Teknik produksi di lingkungan sekitar. Budaya tradisional daerah dan material serta teknik khas daerah merupakan pot
ensi yang harus dikembangkan sehingga lestari dan menjadi manfaat bagi daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya tradisional yang berbeda-beda. Pengembangandarisetiap budaya tradisional tersebutakan menjadi kekayaain bersama yang luar biasa, yang akan memberikan warna bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Salah satu kekayaan pengembangan budaya tradi'si adalah melalui pengembangan kerajinan.

Potensi budaya nonbenda dan potensi material serta teknik produksi khas daerah sebagai dasar pengembangan kerajinan.
Potensi budaya nonbenda dan potensi material serta teknik produksi khas daerah sebagai dasar pengembangan kerajinan.
Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumber inspirasi dan pencarian ide produk kerajinan, pembuatan sketsa ide, pembuatan studi model kerajinan, dilanjutkan dengan pembuatan petunjuk produksi. Ide kerajinan dengan inspirasi budaya lokal akan dikembangkan menjadi produk kerajinan yang akan diproduksi dan siap dijual. Dengan demikian produk yang dihasilkan harus memiliki nilai estetik dan inovasi agar diminati pasar.



Perancangan kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda akan menerjemahkan sesuatu yang abstrak (tak berbenda) menjadi benda (berwujud). Misalnya, inspirasi diambil dari sebuah cerita rakyat (tak berbenda) menjadi sebuah diorama mini yang menggambarkan salah satu adegan dalam cerita rakyat tersebut. Contoh lain adalah mengambil inspirasi dari kepercayaan simbolis (tak berbenda), burung enggang untuk dibuat menjadi ide untuk tekstil atau busana (benda). Tahapan penerjemahan meliputi: pemahaman terhadap makna simbol; mencari kata kunci yang dapat menjadi dasar dari pengembangan ide produk; mencari ide-ide fungsi dan bentuk kerajinan.

Contoh tahapan penerjemahan budaya nonbenda menjadi ide benda kerajinan.
Contoh tahapan penerjemahan budaya nonbenda menjadi ide benda kerajinan.
Pencarian Ide Produk

Kita telah mengenali berbagai kekayaan budaya non benda di daerah setempat, tokoh-tokoh cerita rakyat, filosofi dari pantun, simbol-simbol, cerita rakyat dan tarian tradisional. Pengetahuan dan apresiasi kita terhadap hal-hal tersebut dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan produk kerajinan. Ide bisa muncul secara tidak berurutan, dan tidak lengkap, tetapi dapat juga muncul secara utuh. Salah satu dari kita bisa saja memiliki ide tentang suatu bentuk unik yang akan dibuat. Ide bentuk tersebut akan menuntut kita untuk memikirkan teknik apa yang tepat digunakan dan produk apa yang tepat untuk bentuk tersebut. Salah satu dari kita juga bisa saja mendapatkan ide atau bayangan tentang sebuah produk yang ingin dibuatnya, material, proses dan alat yang akan digunakan secara utuh. Untuk memudahkan pencarian ide atau gagasan untuk rancangan kerajinan dengan inspirasi budaya non benda, mulailah dengan memikirkan hal-hal di bawah ini.
Budaya nonbenda apa yang akan menjadi inspirasi?

    Produk kerajinan apa yang akan dibuat?
    Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat?
    Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut?
    Bahan/material apa yang apa saja yang akan dipakai?
    Warna dan/atau motif apa yang akan digunakan?
    Adakah teknik warna tertentu yang akan digunakan?
    Bagaimana proses pembuatan produk tersebut?
    Alat apa yang dibutuhkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diungkapkan dan didiskusikan dalam kelompok dalam bentuk curah pendapat (brainstorming). Pada proses brainstorming ini, setiap anggota kelompok harus membebaskan diri untuk menghasilkan ide-ide yang beragam dan sebanyak-banyaknya. Beri kesempatan jug
a untuk munculnya ide-ide yang tidak masuk akal sekalipun. Tuangkan ide-ide tersebut ke dalam bentuk tulisan atau sketsa. Kunci sukses dari tahap brainstorming dalam kelompok adalah jangan ada perasaan takut salah, setiap orang berhak mengeluarkan pendapat, saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya, dan jangan lupa mencatat setiap ide yang muncul. Curah pendapat dilakukan dengan semangat untuk menemukan ide baru dan inovasi. Semangat dan keberanian kita untuk mencoba membuat inovasi baru akan menjadi bekal kita berkarya di masa depan.
Contoh Sketsa Ide dari Burung Enggang Menjadi Selendang Pelindung

Membuat Gambar/Sketsa
Ide-ide produk, rencana atau rancangan dari produk kerajinan digambarkan atau dibuatkan sketsanya agar ide yang abstrak menjadi berwujud. Ide-ide rancangan dapat digambarkan pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan menggunakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hidari penggunaan penghapus.Tariklah garistipis-tipis dahulu. Jika ada garis yang dirasa kurang tepat, abaikan saja, buatlah garis lain pada bidang kertas yang sama. Demikian seterusnya sehingga Anda berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya, dapat berupa variasi produk, satu produk yang memiliki fungsi sama, tetapi dengan bentuk yang berbeda, produk dengan bentuk yang sama dengan warna dan motif yang berbeda.
Membuat Sketsa

Pilih IdeTerbaik
Setelah anda menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa, mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik, menyenangkan dan memungkinkan untukdibuat.

Prototyping atau Membuat Studi Model
Sketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adaiah format dua dimensi. Artinya hanya digambarkan pada bidang datar. Kerajinan yang akan dibuat berbentuktiga dimensi. Maka, studi bentukselanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi, yaitu dengan studi model. Studi model dapat dilakukan dengan material sebenarnya maupun bukan material sebenarnya.

Perencanaan Produksi
Tahap selanjutnya adaiah membuat perencanaan untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan tersebut. Prosedur dan langkah-langkah kerja dituliskan secara jelas dan detail agar pelaksanaan produksi dapat dilakukan dengan mudah dan terencana.

Tugas Praktek

Pengembangan Desain dan Persiapan Produksi Kerajinan dengan Inspirasi

Budaya Nonbenda

    Carilah ide produk kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda yang akan dibuat Pencarian ide dapat dilakukan dengan curah pendapat (brainstorming) dalam kelompok.
    Buat beberapa sketsa ide bentuk dari produk tersebut. Pertimbangkan faktor estetika dan kenyamanan penggunaan dari produk tersebut.
    Pilih salah satu ide bentuk yang paling baik.
    Pikirkan dan tentukan teknik-teknik yang akan digunakan untuk membuatnya serta bahan dan alat yang dibutuhkan.
    Buatlah produk tersebut. Proses pembuatan model ini dilakukan untuk mengetahui bahan, teknik dan alat yang tepat untuk digunakan pada proses produksi yang sesungguhnya.
    Buat petunjuk pembuatan produk tersebut dalam bentuk tulisan maupun gam bar.
    Susunlah semua sketsa, gambar, studi model, daftar bahan dan alat serta petunjuk pembuatan yang dibutuhkan ke dalam sebuah laporan portofolio yang baik dan rapi.

Budaya Nonbenda

    Carilah ide produk kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda yang akan dibuat Pencarian ide dapat dilakukan dengan curah pendapat (brainstorming) dalam kelompok.
    Buat beberapa sketsa ide bentuk dari produk tersebut. Pertimbangkan faktor estetika dan kenyamanan penggunaan dari produk tersebut.
    Pilih salah satu ide bentuk yang paling baik.
    Pikirkan dan tentukan teknik-teknik yang akan digunakan untuk membuatnya serta bahan dan alat yang dibutuhkan.
    Buatlah produk tersebut. Proses pembuatan model ini dilakukan untuk mengetahui bahan, teknik dan alat yang tepat untuk digunakan pada proses produksi yang sesungguhnya.

    Buat petunjuk pembuatan produk tersebut dalam bentuk tulisan maupun gam bar.
    Susunlah semua sketsa, gambar, studi model, daftar bahan dan alat serta petunjuk pembuatan yang dibutuhkan ke dalam sebuah laporan portofolio yang baik dan rapi.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  ragam contoh kerajinan,ragam teknik dan material

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Apa perbedaan antara jahit perca teknik tumpang dengan teknik jiplakan pola 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.animasi.click/2016/10/sumber-daya-material-teknik-dan-ide.html
Copyright © 2016 Kursus Menjahit.