Cara Menjahit Pakaian

Cara Menjahit Pakaian

"Cara Menjahit Pakaian"

Ketika anda masih kecil, memiliki ketrampilan menjahit merupakan sebuah keharusan sebagai seorang wanita, bahkan tidak jarang sebagian dari anda pasti mengalami kelas tata busana saat duduk di SMP.  Nyatanya ketrampilan menjahit memang membawa berbagai manfaat bagi anda, karena selain bisa membuat aneka ragam pakaian sendiri juga bisa memperoleh penghasilan dari ketrampilan yang satu ini. Nah, bila anda saat ini anda ingin belajar menjahit sepotong baju, tidak ada salahnya kalau anda mencoba tahapan-tahapan cara menjahit berikut ini.

# Mengukur
Langkah pertama dalam menjahit pakaian adalah mengukur setiap bagian dari pakaian yang akan dijahit agar dapat dipakai. Berikut ini adalah bagian-bagian yang harus diukur untuk menjahit pakaian:

# Menggambar pola

Bagian ukuran yang diperlukan untuk menggambar pola adalah:

Lingkar badan
Lingkar leher
Lingkar pinggang
Lebar bahu
Panjang dada
Lebar dada
Panjang punggung
Lebar Punggung
Panjang sisi
Tinggi puncak
Jarak payudara

# Memotong Pola

Setelah pola baju yang diinginkan sudah siap, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memotong pola di kain. Nah, cara memotong pola secara benar adalah sebagai berikut:

Letakkan pola badan depan pada lipatan kain yang akan dijahit.
Letakkan pola badan belakang dan lengan pada sisi kain yang lain
Gunting bahan tepat pada pola, ingat anda tidak perlu memberi kelebihan ukuran pada kain.

# Menjahit
Jika kain telah dipotong sesuai dengan pola, anda hanya perlu menjahit kain sesuai dengan contoh baju yang anda inginkan.

sumber : http://carapedia.com/menjahit_pakaian_info2959.html

0 komentar:

Post a Comment