Rangkuman Dasar Busana

Rangkuman Dasar Busana

"Rangkuman Dasar Busana"

Blus adalah busana yang menutupi badan dari pundak sampai ke bawah garis pinggang. Blus di bagi menjadi dua yaitu Tuck–in (diselipkan) dan  overblouse (blus luar).
Rok merupakan busana terpisah yang terletak pada bagian bawah garis pinggang.
Gaun adalah sebagian busana yang mempunyai bagian badan atas dan bagian bawah badan yang disatukan garis pinggangnya, disebut juga bebe/gaun.
Kebaya merupakan busana nasional Indonesia dan sebagai warisan budaya. Dalam mengenakanya dapat dipadukan dengan kain panjang, sarung, rok panjang, celana panjang, dan gaun terusan panjang.
Jas (jackets) adalah busana luar yang menutupi badan dari pundak sampai ke bawah, di atas garis pinggang, garis pinggang, di bawah garis pinggang, atau di bawah garis pinggul.
Celana adalah busana luar yang menutupi badan dari pinggang ke mata kaki dalam dua bagian kaki yang terpisah.
Celana terusan (jumpsuit) adalah busana satu bagian yang merupakan celana yang langsung bersambungan dengan blusnya.
Rompi (Vest) adalah busana sepanjang pinggang tanpa lengan baik telangkup tunggal maupun telangkup dobel, dengan penutup kancing, atau rits, yang di pakai di bawah sebuah jas.
Mantel adalah busana yang dipakai di atas busana sebagai perlindungan terhadap cuaca.



Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.Apakah yang kamu ketahui tentang overblouse !
2.Sebutkan empat bentuk dasar rok !
3.Apakah yang di maksud dengan gaun !
4.Apakah yang di maksud dengan double breasted jacket !
5.Jelaskan pengertian dari rompi (Vest) !

Kunci Jawab.

1.Overblouse (blus luar) dengan panjang blus bisa di mulai dari  garis pinggang dan memanjang ke bawah sampai paha (tergantung trend mode yang sedang berlaku).
2.Empat bentuk dasar rok adalah :
. Lurus (straight)
. Mengembang (flored)
. Menyempit ke bawah (pegged)
. Lingkaran atau sirkel (circular)
3.Gaun adalah sepotong pakaian yang mempunyai bagian badan atas(bodice) dan bagian bawah badan (skirt) yang di satukan garis pinggangnya.
4.Double breasted jacket adalah suatu desain jaket yang mempunyai penutup pada bagian depan melampaui garis tengah muka, sehingga dapat dipasang dua baris kancing.
5.Rompi (vest) adalah busana sepanjang pinggang tanpa lengan baik telangkup tunggal maupun telangkup doble, dengan penutup kancing atau sebuah Rits.

0 komentar:

Post a Comment