Menjahit kelim

Menjahit kelim

"Menjahit kelim"

Kelim adalah penyelesaian tiras agar tepi-tepi jahitan mempunyai bentuk yang rapih.Lebar kelim bermacam-macam tergantung dari penempatannya. Dalam pembuatan pakaian,kelim bawah dikerjakan paling akhir.Sebelum mengukur panjang rok,sebaiknya gaun atau rok digantung dulu paling sedikit 24 jam,terutama untuk bahan yang diperkirakan mulur dan rok lingkaran. Dengan menggantung itu,berat bahan pada bagian yang digunting serong akan meregang ke posisi normal dan mencegah tepi bawah rok bergelombang dan tidak sama panjang lagi setelah dipakai beberapa lama atau setelah dicuci.
Mengukur panjang rok dilakukan pada waktu mengepas,sebaiknya dikerjakan oleh orang lain.Menandai panjang rok tersebut dapat dikerjakan dengan bantuan jarum pentul,kapur jahit dan mistar yang diletakkan tegak lurus dengan lantai bawah kelim.Jalankan perlahan-lahan mistar tersebut mengelilingi rok sambil menyemat dengan jarak lebih kurang 7 cm.  

Setelah batas kelim selesai ditandai,pakaian dibuka hati-hati agar jarum pentul tidak lepas.Kemudian kelim dilipat ke dalam/ bagian buruk kain.Ikuti langkah kerja berikut ini:

Langkah kerja menjahit kelim rok dengan mesin

1) Lipat dalam kelim,bahan dsemat jarum pentul tegak lurus dengan tepi lipatan,kemudian dijelujur.Kelonggaran pada lipatanatas kelim dibagi rata.Arah gelombang kelonggaran juga tegak lurus dengan tepi bawah r) Jarum pentul dilepas dan tepi lipatan dimampat.
3) Diratakan dengan penggaris bentuk dengan lebar yang sama sekeliling rok.
4) Kemudian batas lebar kampuh digunting.
5) Kelim kemudian dimampat dengan setrika uap atau setrika biasa,tetapi kelim ditekan-tekan dulu dengan lap lembab agar kelonggaran kelim tidak bergelombang Waktu memampat kelim,jepitkan kerttas diantara lipatan kelim,agar tekanan setrika pada kelim tidak membekas ada rok.
6) Kemudian kelim diselesaikan dengan penyelesaian:
a. Tusuk kelim/soom.            
b. Penyelesaian kelim dengan jahitan zig- zag/ stik mesin jahit lurus.
c. Penyelesaian kelim dengan rompok.            
d. Penyelesaian kelim dengan obras.

0 komentar:

Post a Comment