Penyelesaian kerung lengan

Penyelesaian kerung lengan

"Penyelesaian kerung lengan"

Lengan termasuk bagian pakaian yang paling sulit dikerjakan.Untuk mendapatkan hasil  pemasangan lengan yang jatuhnya pada badan terasa enak dan terlihat rapih,diperlukan keterampilan yang melebihi keterampilan untuk menyelesaikan bagian-bagian lain.Dengan melihat jahitan dan pas lengannya ,dapat diketahui sejauh mana mutu jahitan dan keterampilan si pembuat pakaian itu.
Ada dua tipe dasar lengan yaitu lengan setali dan lengan yang dipasang. Lengan setali ialah lengan yang dipotong menjadi satu dengan badan, jadi tidak mempunyai sambungan pada kerung lengan.Lengan yang dipasang ada yang terdiri dari satu bagian dan ada yang terdiri dari dua bagian.Yang terdiri dari satu bagian misalnya lengan licin dan lengan gelembung.Lengan yang terdiri dari dua bagian misalnya lengan jas.Ada lengan yang dipasang tidak pada kerung lengan yang biasa,tetapi  pada tempat yang dibentuk khusus,misalnya lengan setali dengan pas bahu. Ada lengan-lengan dengan kerung lebih ke dalam atau lebih ke luar dari garis kerung aslinya sebagai variasi,misalnya lengan raglan,lengan dolman dan lengan kimono.Lengan kimono ada yang dipotong setali dengan badan.Memasang lengan licin,dikerjakan setelah mengepas bahu dan menentukan garis kerung lengan muka dan belakang pada badan.

Lengan dapat diselesaikan dengan pemasangan lengan dan tanpa lengan.
1) Penyelesaian tanpa lengan:
Penyelesaian tanpa lengan dapat diselesaikan dengan cara dirompok, didepun dan diserip.Penyelesaian lengan sama dengan penyelesaian leher tanpa kerah.
2) Penyelesaian dengan lengan :
1. Pemasangan lengan licin.
2. Pemasangan lengan setali.
3. Pemasangan lengan raglan

0 komentar:

Post a Comment