Rajutan (Knitted)

Rajutan (Knitted)

"Rajutan (Knitted)"

Berbeda dengan kain tenun yang dibuat dengan menyilangkan dua macam benang yaitu benang lusi dan benang pakan, maka kain rajut pada dasarnya dibuat dengan cara membentuk sengkelit-sengkelit. Dari satu macam benang saja yang searah dengan lebar kain atau yang searah dengan panjang kain.
Apabila Anda mengamati selembar kain rajut, Anda akan melihat alur-alur pada kain itu baik ke arah panjang kain maupun ke arah lebar kain. Alur-alur ini terbentuk oleh rangkaian sengkelit. Menurut arah alur tersebut istilah baris sengekelit (wale) dan deret jeratan (course), baris sengkelit (wale) adalah satu deretan sengkelit ke arah panjang kain yang dalam pembuatannya dibentuk oleh sebuah jarum. Sedangkan deret sengkelit (course) adalah satu deretan sengkelit rajut ke arah lebar kain.
Konstruksi kain rajut berbeda dengan kain tenun, maka sifat-sifatnya pun berbeda pula. Kain rajut pada umumnya mulur dan daya elastisitasnya lebih tinggi daripada kain tenun, sehingga kain rajut cocok untuk pakaian-pakaian yang berukuran tubuh (body size) dan mengikuti bentuk tubuh tanpa mengganggu gerakan tubuh (press body). Hal ini disebabkan karena adanya lengkungan sengkelit pada kain rajut dapat mudah tertarik ke segala arah.
Kelemahan dari rajutan adalah apabila sehelai benangnya putus maka akan mudah menjalar melepaskan sengkelit lainnya, sehingga lubang kain menjadi bertambah besar. Tetapi dengan perkembangan teknologi di bidang rajut, telah banyak dibuat kain rajut yang kokoh seperti kain tenun tanpa mengurangi elastisitasnya.
Konstruksi bahan rajutan bermacam, diantaranya adalah sebagai berikut.


(1)Kain Rajut Rata/Polos (Plain Single Jersey)

Adalah yang dikenal dengan pola-pola vertikal berbentuk “V” pada permukaan bahan, dan deretan-deretan horizontal dari setengah lingkaran pada bagian belakang. Rajutan ini mulur (stretch) pada bagian horizontalnya.

(2)Kain Rajut Trikot (Triko)

Rajutan lusi termasuk rajutan triko dan rajutan raschel. Triko mempunyai tekstur rib yang halus serta drape lembut dan seringkali digunakan untuk bahan pelapis (lining), pakaian sehari-hari (casual) dan pakaian dalam (lingerie).

(3)Kain Rajut Double (Double Knits)

Dirajut dengan dua jarum dan dua benang secara serentak sehingga seolah-olah dirajut. Bagian baik dan bagian buruk bahan kelihatan sama. Rajutannya stabil dan kuat, banyak memberikan keleluasaan dengan tidak mulur maupun kendur.

0 komentar:

Post a Comment