, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pola System Kombinasi

Pola System Kombinasi

 
les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit


Untuk  mempelajari pola system  kombinasi peserta diklat terlebih  dahulu mempelajari konsep–konsep pola  kombinasi untuk mempermudah dalam prakik pembuatannya. Konsep–konsep yang  perlu dipelajari  sebagai berikut:

Pengertian kombinasi

Pengertian  kombinasi adalah  perpaduan  antara yang satu    dengan yang lain,  jadi pengertian pola  kombinasi adalah pembuatan  pola  dengan menggunakan  teknik lebih dari satu yaitu teknik  konstruksi dipadukan dengan teknik drapping.


Perbedaan pola  system kombinasi  dengan system   konstruksi    ditinjau dari:
a)penggunaan alat dan bahan
b)tempat mengerjakan
c)cara mengerjakan
d)hasil jadi pola

Keuntungan pembuatan pola system  kombinasi ditinjau dari segi pengepasan/koupe pada pemakai antara lain:
a)Garis–garis proporsi pada tubuh lebih jelas
b)Dapat  melihat dengan jelas pas atau  tidaknya  pola tersebut  pada Tubuh
c)Keseimbangan garis – garis desain akan  lebih  mudah  dikontrol.

Peggunaan alat dan bahan untuk pola sistem kombinasi. Untuk membuat  pola sistem  kombinasi  harus disiapkan  alat  kusus sesuai  dengan  kebutuhan, alat  tersebut akan memperlancar proses pembuatan pola dan  dapat  menghasilkan pola  yang  baik.

Macam–macam alat tersebut akan anda lihat pada lembar kerja. Bahan  yang digunakan untuk membuat pola  kombinasi  terdiri dari dua macam bahan yaitu bahan  untuk  membuat pola langsung  pada dress form  dan  bahan/kertas  untuk  memindahkan pola.

Langkah kerja  pembuatan pola sistem kombinasi secara umum  dimulai  dari  desain  hingga  pola  siap pakai. Langkah kerja  tersebut adalah sebagai berikut:
a)membuat pola pada boneka jahit/dress form,
b)memindahkan pola pada kertas pola,
c)merapikan garis–garis pola dan menyesuaikan ukuran,
d)menggunting dan menyimpan pola.



keywords : les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit

0 komentar:

Post a Comment