, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis Renda

Jenis Renda

les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit

Berdasarkan jenisnya renda dibagi menjadi 3 yaitu: renda bordir, renda air, privolite.

1) Renda bordir yaitu renda yang mempunyai tenunan dasar kemudian disulam atau dibordir. Umumnya terbuat dari bahan katun dan polyester lebih kaku dan agak tebal serta tidak tembus pandang.

2) Renda air, yaitu renda yang dibuat dengan mesin khusus (Jaguard) terbuat dari nylon, acetat dan polyester, tipis dan tembus pandang.

3)  Privolite renda yang dibuhul dengan tangan atau mesin khusus, terbuat dari katun atau polyester.

4)  Renda rajutan atau kaitan, terbuat dari benang yang kasar seperti benang parel dari katun atau polyester.

5)  Renda elastik yang terbuat dari nylon dan karet khusus dipasang pada bahan mulur (tricot, jersey). Renda elastik mempunyai fungsi ganda yaitu selain sebagai hiasan juga penyelesaian pinggir seperti pada pakaian dalam.



Bentuk Renda

Bentuk renda ada 2 yaitu: renda pinggir dan renda tengah.

1)Renda pinggir yaitu letak motif hanya pada satu sisi sedangkan sisi yang lain tidak bermotif yang merupakan bagian yang akan dijahit.
2)Renda tengah yaitu letak motif di tengah dan kedua sisinya sama bentuk.

keywords:les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit  

0 komentar:

Post a Comment