, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

UJI POLA

UJI POLA

les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahi

Bentuk badan manusia secara umum sama, namun secara individu ada 
perbedaan. Ada yang proporsi badan seimbang atau ideal, ada yang badan besar, panggul kecil. Ada yang bungkuk, ada pula yang dada atau badan muka membusung. Ada yang bahu tinggi sebelah dan lain-lain. Oleh sebab itu sebaiknya kita uji cobakan lebih dulu pola dasar kepada si pemakai. Dalam uji coba pola ini bagian yang utama kita perhatikan ialah :
-Badan pas dengan sedikit kelonggaran.
-Pinggang pas tanpa kelonggaran.
-Panggul pas dengan sedikit kelonggaran.
-Garis pinggang tepat pada pinggang dan rata sekelilingnya.
-Panjang muka tidak kelebihan dan kekurangan.
-Panjang punggung tidak kelebihan dan kekurangan.
-Garis liku dari bahu rata.
-Kupnat tepat pada tempatnya.
-p rok muka, sisi dan dan belakang harus rata.
-Lengan rata, tanpa tarikan atau gelombang.

Uji coba pola   dapat dilakukan dengan pola dalam bentuk pola dasar bebe menyatu dari bahu sampai rok. Dapat pula badan atas dari pinggang ke bawah. Cara yang kedua ini lebih baik karena kalau ada perubahan pada satu bagian (atas atau bawah) saja tidak mengganggu bagian lain waktu perbaikan. Setelah tepat baru digabungkan kembali.

Untuk uji coba pola dapat memakai kain yang murah (mori, poplain atau blacu), dapat juga menggunakan kertas singkong, hanya saja kertas singkong susah di dapat sekarang.

 Rangkuman


Uji coba pola dasar perlu dilakukan agar tidak terjadi ketidaksesuaian dalam pembuatan busana, ini disebabkan secara individu ada perbedaan bentuk tubuh pemakai. Bagian yang perlu mendapat perhatian dalam uji coba pola dasar ialah :
-Bagian atas
-Pinggang
-Panggul
-Panjang muka
-Panjang punggung
-Garis leher dan bahu
-Kupnat
-Panjang rok
-Lengan
-dan lain-lain
Uji coba sebaiknya dipisahkan pola bagian atas dan bagian badan bawah (rok). Jika sudah pas/ tepat dapat digabungkan kembali pola tersebut atau tetap dibiarkan terpisah.

Uji coba pola dasar dapat memakai kain mori, poplain, atau blacu. Dapat juga memakai kertas singkong.


1.Kenapa pola dasar perlu diuji cobakan sebelum merubah/pecah pola sesuai desain?
2.Bahan apakah yang dapat dipakai untuk uji coba pola dasar?
3.Pola yang bagaimanakah yang baik untuk bagian pinggang?

Kunci Jawaban

1.Pola dasar perlu diuji cobakan sebelum dirobah/pecah pola agar busana yang dibuat pas tanpa ada ketidak sesuaian.
2.Bahan yang dapat dipakai untuk uji coba ialah mori, poplain, atau blacu atau kertas singkong karena harganya lebih murah dari bahan sebenarnya.
3.pola yang baik pada bagian pinggang pas, tidak sempit dan tidak longgar serta garis pinggang tepat dan rata sekeliling.

keywords : les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit  

0 komentar:

Post a Comment