, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara membuat pola baju

cara membuat pola baju

Pengembangan Keterampilan Motorik Halus
melalui Menjahit Untuk Anak Usia Dini *
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara membuat pola baju


 Anak usia dini bertumbuh dan berkembang menyeluruh secara alami. Jika pertumbuhan dan perkembangan tersebut dirangsang maka akan mencapai tahap yang optimal. Bimbingan dan pengarahan dari pendidik mengambil peran penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Aspek-aspek perkembangan tersebut terdiri dari perkembangan kognitif, bahasa, motorik, emosi, sosial, moral, konsep diri, dan disiplin. Pengembangan aspek-aspek tersebut terintegrasi satu sama lain. Pengembangan salah satu aspek yang optimal mendukung perkembangan aspek yang lain. Aspek perkembangan motorik merupakan salah satu aspek perkembangan yang dapat mengintegrasikan perkembangan aspek yang lain. Perkembangan motorik menurut Elizabeth B. Hurlock adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Perkembangan pengendalian tersebut terbentuk dari kegiatan yang dilakukan berulang-ulang atau terus menerus diawali dengan gerakan refleks anak sejak baru lahir.
Optimalisasi perkembangan motorik anak berdampak positif terhadap perkembangan, yaitu; kesehatan yang baik, anak dengan koordinasi motorik yang baik akan merasa senang, bahagia, termotivasi, lebih percaya diri dan aktif untuk
* Makalah Pendamping pada Seminar Pendidikan FIP 3 Maret 2007 † Dosen FIP PGTK


mengambil bagian dalam kegiatan kelompok; kemandirian, semakin anak mampu mengendalikan dan mengkoordinasikan anggota tubuhnya maka semakin kecil kebergantungannya terhadap orang dewasa; hiburan diri, kemahiran anak dalam mengendalikan motorik memungkinkan anak untuk melakukan kesenangannya sendiri walaupun tidak ada teman sebaya; sosialisasi, perkembangan motorik yang baik membantu penerimaan anak dilingkungannya; percaya diri, anak yang mampu mengendalikan motorik dengan baik dan sewajarnya akan menghasilkan rasa percaya diri yang didapat secara psikologis. Hurlock mengemukakan lima prinsip perkembangan motorik. Prinsip yang pertama, perkembangan motorik bergantung pada kematangan otot dan syaraf. Anak tidak akan mampu melakukan suatu kegiatan jika otot dan syaraf yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut belum matang. Perkembangan otot dan syaraf dimulai dari gerakan refleks. Oleh karena itu, gerakan refleks yang distimulasi akan berkembang lebih baik sehingga jika gerakan tersebut berguna maka akan menjadi gerakan terkoordinasi yang baik. Prinsip perkembangan motorik yang kedua yaitu belajar keterampilan motorik tidak terjadi sebelum anak matang. Jika kemampuan otot dan syaraf belum berkembang dengan baik, maka kegiatan dengan mengajarkan keterampilan tertentu pada anak akan sia-sia.
Prinsip ketiga yaitu perkembangan motorik mengikuti pola yang dapat diramalkan. Dengan berpijak pada prinsip ini maka para pendidik dapat melakukan analisis terhadap perkembangan anak saat ini dan memberikan prediksi kemampuan atau perkembangan apa yang akan dikuasai oleh anak pada tahap selanjutnya. Prinsip keempat, ramalan perkembangan motorik dapat dijadikan sebagai acuan.

Prinsip ini


semakin memperjelas bahwa perkembangan motorik anak dapat dijadikan sebagai ukuran untuk membandingkan anak yang normal atau tidak. Prinsip terakhir yaitu perkembangan motorik masing-masing individu berbeda-beda. Meskipun rata-rata perkembangan motorik sama dan dapat diramalkan, namun setiap individu memiliki ritme perkembangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik seharusnya lebih bijak untuk menanggapi kesulitan anak ketika memberikan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan motorik. Perkembangan motorik pada anak terbagi atas perkembangan motorik halus dan kasar. Perkembangan motorik kasar berkaitan erat dengan perkembangan koordiansi otot-otot kasar dalam tubuh seperti berjalan, berlari, meluncur, melompat, dan lain sebagainya. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan perkembangan otot-otot halus yang kompleks dalam tubuh seperti menulis, mengancing baju, memegang sendok, memegang kuas, menempel payet dan lain sebagainya. Pada intinya pengembangan motorik kasar dan halus melibatkan koordinasi setiap otot dan syaraf.
Motorik tidak hanya berkembang melalui kematangan saja namun perlu ada pembelajaran. Untuk mempelajari keterampilan motorik perlu adanya kesiapan belajar, hal ini terkait dengan kemampuan dan kesiapan anak secara fisik. Anak yang sudah mencapai kematangan secara fisik untuk melakukan sesuatu maka keterampilan yang akan dipelajari akan lebih baik hasilnya. Yang kedua untuk mempelajari keterampilan motorik maka setiap anak perlu mendapat kesempatan. Oleh karena itu pendidik seharusnya memberikan peluang dan menyediakan kesempatan pada anak untuk melatih keterampilan motoriknya. Ketiga, anak akan belajar keterampilan motorik dengan baik jika anak menemukan model yang baik, anak memperoleh bimbingan untuk mampu memperoleh model yang betul dan perlu motivasi dari orang dewasa untuk mempertahankan minatnya mempelajari sesuatu. Keempat, keterampilan motorik sebaiknya diajarkan secara individu dan satu persatu. Hal ini berkaitan erat dengan prinsip perkembangan motorik bahwa setiap anak memiliki ritme sendiri dalam mengembangkan keterampilan motoriknya.

A. Menjahit Untuk Anak Usia Dini


Menjahit adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk anak usia dini sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Selain untuk mengembangkan keterampilan motorik halus menjahit juga dijadikan media pendidikan yang dapat membantu anak meningkatkan konsentrasi, kemampuan logika, dan melatih koordinasi mata dan tangan anak, juga untuk kemampuan menulis dan meningkatkan kemampuan gerakan tangan, pergelangan tangan dan jari. Selain itu, menjahit juga dapat melatih anak untuk sabar dan mampu memecahkan masalah, berpikir kreatif, dan memupuk semangat untuk terus berjuang.
Menjahit untuk anak tidak sama dengan menjahit untuk dewasa. Pada dasarnya teknik menjahit untuk anak sama dengan teknik menjahit yang dilakukan orang dewasa, yaitu menggunakan benang, jarum dan bahan. Namun untuk anak, kain, jarum dan benang yang digunakan sedikit berbeda. Bahan dan alat menjahit untuk anak diciptakan dengan memenuhi kriteria keamanan dan mudah untuk dipegang.

Alat permainan menjahit sampai saat ini banyak dipasarkan dengan bentuk dan model yang bermacam-macam. Tidak hanya berbentuk 2 dimensi tapi semakin banyak alat permainan menjahit yang berbentuk 3 dimensi. Berikut ini disajikan beberapa mainan menjahit untuk anak dengan berbagai variasi dan kreativitas.
Salah satu alat kegiatan menjahit adalah meronce, memasukkan benda-benda yang berlubang kedalam tali. Permainan ini tergolong menjahit.

Beberapa alat mainan dibuat berbentuk binatang dan berbentuk buah. Jika dilihat sekilas alat permainan tersebut tidak seperti alat permainan menjahit, namun pada prinsipnya teknik yang digunakan adalah teknik menjahit. Alat permainan ini tersedia dalam berbagai tingkat kesulitan. Untuk usia anak yang lebih besar, kegiatan menjahit dapat dilakukan selayaknya kegiatan menjahit yang dilakukan orang dewasa.


  Kriteria bahan-bahan dan alat menjahit untuk anak



Benang yang digunakan untuk menjahit pada anak menggunakan berbagai ukuran. Menjahit untuk anak tidak menggunakan benang jahit yang digunakan orang dewasa karena benang yang digunakan orang dewasa terlalu halus dan tipis. Benang untuk menjahit pada anak-anak menggunakan tali atau benang kingwool yang berukuran lebih besar. Tali sepatu juga kadang digunakan sebagai benang. Tali/benang yang digunakan untuk anak memiliki diameter yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatan umur. Untuk anak yang masih berusia 2 tahun tali yang digunakan harus berukuran lebih besar dari pada tali yang digunakan anak yang berusia 3 tahun atau lebih. Usahakan anak tidak merasa kesulitan memegang tali tersebut. Jarum yang digunakan untuk menjahit pada anak usia dini umumnya tidak menggunakan jarum yang digunakan orang dewasa. Sebagai pengganti jarum, tali untuk menjahit, pada salah satu ujungnya dibuat agak keras. Namun ada beberapa alat permainan menjahit yang menggunakan jarum plastik (berbentuk seperti jarum, tetapi ukuran lebih besar seperti pensil). Bahan kain untuk menjahit pada anak adalah bahan keras yang biasanya terbuat dari kayu lembut dan halus. Kayu untuk menjahit biasanya terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan. Kayu digunakan sebagai bahan untuk menjahit karena beberapa jenis kayu padatan dari rempah potongan kayu biasanya lebih ringan, kuat dan tidak mudah rusak. Kayu tersebut berbentuk beragam objek dan pada hamparan kayu tersebut terdapat lubang-lubang yang diatur jarak dan jumlahnya. Jumlah lubang pada kayu biasanya dihubungkan dengan tingkatan usia. Semakin besar usia anak maka jumlah lubang yang disediakan semakin banyak.

C. Mengajarkan menjahit pada anak


Mengajarkan menjahit untuk anak tidak untuk mendapatkan hasil jahitan yang rapi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun lebih kepada proses anak untuk melakukan kegiatan tersebut. Pada prinsipnya penilaian menjahit untuk anak adalah anak mampu mengkoordinasikan tangan dan mata untuk memasukkan dan mengeluarkan sesuatu dari sebuah benda sambil berpikir agar tali/benang terjahit semua. Untuk anak yang lebih besar menjahit dapat menggunakan teknik yang dilakukan oleh orang dewasa dengan berbagai macam tusuk dan kreasi. Menjahit untuk anak yang agak besar bisa juga dilakukan dengan menghias dan membuat baju boneka secara sederhana. Anak-anak menyukai kegiatan menjahit karena menjahit merupakan hal yang baru bagi mereka. Secara psikologis ada aliran kepuasan tersendiri setelah berhasil memasukkan benang kedalam lubang dan menghabiskan sisa benang yang ada ke semua lubang yang masih kosong. Pendidik bertindak sebagai motivator dan fasilitator. Kesulitan yang dihadapi anak dapat dibantu jika sekiranya anak membutuhkan bantuan. Berikan sedikit waktu pada anak untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah. Kesalahan-kesalahan menjahit yang sering terjadi pada anak seperti anak tidak mampu memasukkan benang secara berurutan sesuai dengan lubangnya, atau anak memasukkan benang pada sisi yang salah, atau benang yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi setiap lubang satu per satu, sebaiknya tidak langsung diperbaiki oleh guru. Berikan kesempatan pada anak untuk berusaha memecahkan masalahnya dan menemukan kesalahannya sendiri. Jika memang perlu bantuan, guru dapat memberikan contoh bagaimana cara pemecahannya, kemudian anak dapat mengulangi apa yang dicontohkan guru. Untuk memberikan evaluasi terhadap hasil karya anak, sebaiknya tidak dilakukan dengan memberikan penguatan yang negatif. Guru memberikan pujian dan penghargaan anak terhadap hasil kerjanya.

D. Membuat media untuk menjahit sendiri

Alat permainan untuk menjahit tidak hanya dibeli dipasaran namun pendidik dapat membuatnya sendiri untuk melatih dan mengembangkan kreativitas pada anak. Menciptakan alat permainan menjahit sendiri memiliki banyak keuntungan, antara lain : harganya lebih murah, kreasi yang dihasilkan juga lebih baik, pendidik juga dapat menyesuaikan jumlah lubang dengan tingkatan usia. Selain itu media tersebut dapat dipadukan dalam kegiatan di kelas yang sesuai dengan tema. Misalnya tema kegiatan hari ini adalah kebutuhanku dengan sub tema berpakaian, maka kegiatan pembelajarannya dapat dilakukan salah satunya dengan menjahit baju.

E. Contoh pembuatan media menjahit sendiri

Bahan-bahan :
 Kertas karton/kardus
 Benang kingwoll
 Isolasi
Alat-alat :
 Gunting/cutter
 Pembolong kertas
 Crayon
 Spidol

Cara pembuatan : Bahan keras
a. Membuat sketsa bentuk pakaian yang ingin digunakan.
b. Mencetaknya di kertas karton/kardus
c. Menggunting kertas kardus sesuai dengan gambar yang dicetak
d. Melubangi sisi pinggiran gambar (jumlah lubang disesuaikan dengan tingkatan usia)
e. Hias dengan berbagai corak dari krayon dan spidol (untuk aktivitas ini anak dapat mengerjakan sendiri)
Tali/benang
a. Ukur tali/benang yang akan digunakan untuk menjahit
b. Usahakan tidak terlalu panjang namun cukup untuk mengisi seluruh lubang (jangan membuat anak kerepotan menarik dan memasukkan tali/benang)
c. Ikat salah satu ujung tali dengan menggunakan sedotan sebagai pembuhul
d. Ujung tali yang lainnya dibalut dengan isolasi bening agar kaku
Alat permainan untuk menjahit dapat dibagikan kepada anak untuk dikerjakan. Untuk menghias corak kertas dapat menggunakan payet atau pensil warna/krayon. Berikut ini beberapa contoh alat permainan menjahit untuk anak yang dibuat sendiri.

Foto-foto diatas merupakan hasil karya peserta pelatihan pamong PAUD 2007. Mereka menciptakan media pengembangan motorik halus melalui kegiatan menjahit.
Untuk menbuat sendiri alat permainan ini, dituntut kreativitas pendidik dalam menciptakan kreasi-kreasi baru. Pemahaman pendidik terhadap kemampuan anak didiknya juga menjadi pertimbangan bagi pendidik dalam menentukan banyak lubang jahitan dan panjang tali. Pemilihan warna, bahan dasar, dan keterkaitannya dengan tema harian jika dirancang dengan baik akan membuat permainan ini menjadi permainan yang sangat menarik. Selain itu, pengenalan konsep bilangan juga dapat dilakukan dengan cara mengajak anak bersama-sama menghitung lubang-lubang sebelum melakukan kegiatan. Oleh karena itu, kegiatan bermain menjahit menjadi salah satu alternatif kegiatan terintegrasi yang dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan terutama untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak.


F. Rangkuman

Mengajarkan menjahit kepada anak memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dan memecahkan masalahnya menjadikan menjahit sebagai cara yang efektif untuk membantu anak mempersiapkan diri memasuki jenjang sekolah.

0 komentar:

Post a Comment