, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagaimana keadaan fisik siswa pada saat mengikuti mata pelajaran muatan lokal bordir?

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Bagaimana keadaan fisik siswa pada saat mengikuti mata pelajaran
muatan lokal bordir?

Bagaimana keadaan fisik siswa pada saat mengikuti mata pelajaran

muatan lokal bordir?


Kalau secara fisik baik, tetapi ada pada saatnya siswa merasa lelah karena
mata pelajaran muatan lokal bordir dilaksanakan setelah jam pelajaran.

Bagaimana situasi dan kondisi secara emosi siswa saat mengikuti mata
pelajaran muatan lokal bordir di kelas?
Senang mbak, tapi karena mungkin sudah lelah jadi siswa kurang semangat
mengikuti pelajaran muatan lokal bordir.
Metode apa yang digunakan Ibu dalam mengajar mata pelajaran
muatan lokal bordir?
Metode yang digunakan waktu mengajar adalah demonstrasi, saya
memperagakan terlebih dahulu, baru kemudian siswa mengikuti karena
cara itu mudah dipahami siswa.
Bentuk motivasi apa yang diberikan oleh Ibu untuk menumbuhkan
kepercayaan diri siswa mengikuti mata pelajaran bordir?
Memberikan model-model bordir yang bagus, contoh-contoh bordir dan
bilang pada siswa bahwa siswa bisa dan yakin membuat bordir seperti
contoh dan model-model bordir.
Bagaimana cara Ibu menumbuhkan semangat dalam diri siswa?
Pada saat pelajaran saya memberikan nasehat pada siswa akan berpikir
ternyata bordir itu bagus sehingga siswa bisa tertarik dan semangat
mengikuti mata pelajaran muatan lokal bordir.
Apa saja yang diajarkan Anda pada mata pelajaran muatan lokal
bordir?
Tusuk-tusuk dasar bordir, penegoperasian mesin bordir, teknik dasar
bordir.

Apakah ada kendala pada saat mengajar? Jelaskan!


Ada mbak, kendalanya itu jam pelajaran terbatas hanya 2 jam dan
normalnya itu kan 6 jam pelajaran. Mesin bordir terbatas adanya 6 mesin
bordir, mengakalinya ya menggunakan mesin bordir manual.

Adakah tindakan lanjutan dari kegiatan muatan lokal bordir setelah
siswa lulus nantinya?
Tidak ada mbak, mata pelajaran itu diberikan siswa supaya tahu dan
mengenal bordir tapi itu semua kan tergantung siswanya, jika ingin
berwirausaha busana kan bisa menerapkan ilmunya bordir yang sudah
didapat dan dikembangkan sendiri.
Bagaimana tanggapan keluarga siswa terhadap mata pelajaran
muatan lokal bordir?
Senang-senang saja, mendukung adanya mata pelajaran muatan lokal
bordir ini.
Apa yang dilakukan siswa setelah terjun di masyarakat yang
berkaitan dengan bordir?
Tidak ada mbak, mungkin jika siswa tertarik menekuni di bidang busana
bisa menerapkan bordir pada baju, kebaya, dll.
Bagaimana strategi Ibu menciptakan kelas yang menyenangkan?
Dibuat pelajaran muatan lokal bordir itu santai, enjoy, tidak tegang tapi
serius, karna kalau tegang nanti siswa malah jadi malas dan tidak semangat
mbak.


Apakah aturan-aturan khusus yang diberlakukan di kelas ini?


Aturannya tertib menggunakan dan menjaga alat, tertib mengumpulkan
tugas.
Apakah siswa sudah bersikap disiplin pada aturan-aturan di sekolah?
Sikap displin siswa di dalam kelas saya rasa sudah disiplin tapi kadang-
kadang ada yang tidak disiplin.

Adakah bentuk kerjasama guru dan siswa di luar kegiatan sekolah?
Berikan contohnya!

Tidak ada kok mbak bentuk kerja sama di luar kegiatan sekolah.
Apakah Ibu sebagai guru membantu siswa dalam praktek mata
pelajaran muatan lokal bordir?
iya mbak, jelas guru membantu jika siswa tidak bisa membordir.

0 komentar:

Post a Comment