, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Penguasaan Materi Teknologi Busana

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Penguasaan Materi Teknologi Busana

Penguasaan Materi Teknologi Busana


Penguasaan berarti menguasai atau mengusahakan, pemahaman atau kesanggupan untuk menggunakan pengetahuan, kepandaian (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001:534). Sedangkan dalam psikologi belajar penguasaan dapat diartikan menerapkan, mengeneralisasikan, menyusun, mengklarifikasikan, mengubah struktur suatu masalah (Ngalim Purwanto, 2002:59). Berdasarkan pengertian tersebut dapat dinyatakan bahwa penguasaan adalah pemahaman. Pemahaman bukan saja berarti mengetahui yang sifatnya mengingat (hafalan saja), tetapi mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain atau dengan kata-kata sendiri sehingga mudah mengeti makna bahan yang dipelajari, tetapi tidak mengubah arti yang ada didalamnya.
Materi adalah sesuatu yang jadi bahan berfikir, berunding, mengarang dan sebagainya(W.J.S. Poerwadarminto, 1996:638 ). Materi adalah suatu abstraksi yang mewakili suatu kelas objek-objek, kejadian-kejadian, kegiatan-kegiatan atau hubungan yang mempunyai atribut-atribut yang sama.

Materi diperlukan untuk memperoleh dan mengkomunikasikan pengetahuan karena dengan menguasai materi dapat memperoleh pengetahuan baru yang tidak terbatas (Dahar,1996:80). Penguasaan materi merupakan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi setelah kegiatan pembelajaran. Penguasaan materi dapat diartikan sebagai kemampuan mahasiswa dalam memahami makna secara ilmiah, baik materi secara teori maupun praktek (Dahar,2003:4). Teknologi, berasal dari kata teknos / teknik adalah cara / metode. Logos adalah ilmu / pengetahuan. Sedangkan busana menurut Porrie adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Dari pengertian tersebut maka arti busana adalah segala sesuatu yang dipakai seseorang yang melekat dibadan dari ujung rambut sampai ujung kaki yang berguna untuk menambah keindahan si pemakai. Jadi pengertian Teknologi Busana adalah pengetahuan seseorang untuk dapat memahami tentang suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik menjahit dan juga tentang peralatan menjahit (peralatan apa saja yang digunakan) serta dapat melatih mahasiswa untuk dapat membuat busana sesuai dengan pola dan desain busana serta sesuai dengan teknik-teknik menjahit yang benar dari mulai memahami model sampai pada penyelesaian. Jadi, teknologi busana adalah suatu ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mempelajari cara, metode, pembuatan dan penyelesaian busana.

0 komentar:

Post a Comment