, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Piyama atau pakaian tidur

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Piyama atau pakaian tidur

Piyama atau pakaian tidur


Piyama adalah pakaian untuk tidur, yangterdiri dari celana panjang dan kemeja memakai bahan yang sama. Piyama dikenakan untuk tidur atau didalam rumah, tetapi tidak boleh untuk menerima tamu. Model sangat sederhana, karena dipakai untuk tidur maka harus longgar.Bahan yang dipakai menghisap keringat dan warna polos atau bergaris-garis.

Tertib kerja menjahit piyama



 Faham gambar dan coup



Sebelum membuat patron atau pola, terlebih dahulu harus mendapatkan faham gambar atau model serta ukurannya.Yang dimaksud dengan faham gambar adalah model keseluruhan yang terdapat bentuk sesuatu busana, pemilihan busana, ukuran dan perlengkapannya.Yang dimaksud dengan coup adalah keindahan busana dalam bentuk keseluruhan yaitu keseimbangan, perbandingan, pusat perhatian, seirama dan harmonis.

Mengukur


Sebelum mengukur,ikatlah pinggang orang yang hendak diukur. Kedudukan tali pengikat harus datar, tidak tinggi/miring kedepan, atau tinggi/miring kebelakang.Mintalah pada orang yang hendak diukur agar berdiri seperti biasa, tidak memiringkan badan, tidak menundukkan kepala, tidak membesarkan dada dan juga tidak membungkuk.

Hasil pengukuran sangat menentukan bagus tidaknya serta enak tidaknya pakaian bila dipakai.Oleh karena itu, lakukan pengukuran dengan tepat, jangan sampai lebih atau kurang.Telitilah ukuran yang dicatat, jangan sampai ada yang terlupakan. Apabila ada ukuran lain yang dipesan, tambahkan pada catatan.Semua ukuran harus diambil pas, jangan ditambah dan jangan pula dikurangi.

0 komentar:

Post a Comment