, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Proses Menjahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Proses Menjahit

Proses Menjahit



Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil. Suatu proses mungkin dikenali oleh perubahan yang diciptakan terhadap sifat-sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruhnya. Dalam penelitian ini proses yaitu penilaian yang dilakukan terhadap langkah kerja pembuatan busana pria sesuai dengan gambar model yang telah dibuat. Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit (Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).


Aspek yang dinilai dalam proses menjahit yaitu :


1.teknik menjahit, dalam menjahit busana yang tepat sesuai gambar model dari tiap bagian-bagian busana meliputi kerah, saku, kerung lengan, bahu, sisi badan, kupnat, kerung leher. Dalam teknik menjahit harus memperhatikan urutan tertib kerja yang telah dibuat agar hasil jahitan bagus.

2.Penyelesaian, mahasiswa mampu menyelesaikan busana sesuai dengan bahan, desain dan tujuan.


3.Ketepatan waktu, mahasiswa mampu menyelesaikan pembuatan busana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu 2x180menit.

4. Hasil, yaitu penilaian yang dilakukan terhadap hasil dari proses pembuatan busana pria sesuai desain dari awal sampai akhir.


Aspek yang dinilai dalam hasil, yaitu : kesesuaian desain model dengan hasil akhir, keserasian pada pembuatan busana yaitu keserasian secara keseluruhan hasil jadi busana sesuai model, bahan, kesempatan, warna, corak, bahan dan bagian-bagian busana.Kebersihan dilihat dari teknik jahitan dan teknik penyelesaian busana. Hasil jahitan tidak ada noda, tidak ada tanda rader, bersih dari benang dan kapur jahit. Kerapihan meliputi teknik menjahit yang tepat, teknik penyelesaian yang benar, halus, teliti, jarak posisi kanan dan kiri sama setikannya. Jadi proses menjahit adalah suatu urutan pelaksanaan atau tertib kerja, waktu dan kecepatan, dalam pekerjaan menyambung kain atau membuat suatu busana. Dimana dibutuhkan teknik yang benar dan tepat dalam proses menjahit tersebut. Hal tersebut dapat diukur dengan test tertulis busana pria dalam matakuliah Manajemen Busana Pria.

0 komentar:

Post a Comment