, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Membuat Saku Bertutup

Membuat Saku Bertutup

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Membuat Saku Bertutup




 Siapkan bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan




Bahan Praktikum :
1). Pola model saku bertutup
2). Kertas pola
3). Kain kaci
4). Kain pelapis antara ( kain gula )
5). Benang jahit dan kancing celana


Alat Kerja :
1). Pinsil merah biru
2). Mistar
3). Pita ukur
4). Gunting kertas
5). Gunting kain
6). Mesin jahit
7). Alat-alat jahit


2. Jahit kupnat belakang kanan dan kiri



3. Jahit tutup saku belakang, bisa diisi dengan kain keras, lalu balik dan atut agar bagian pinggir bundar dan bagus. Setrika dan tindas dengan mesin dipinggirnya.
4. Letakkan kain saku pada garis yang ada di bawah kain celana. Beri kampuh 2 cm pada bagian sebelah kiri dan kanan serta atas pola saku (a)




5. Pasang tutup saku pada garis tanda, jahit dari ujung sampai ujung. Kuatkan pada setiap ujungnya (b)






6. Pasang paspoal, tirasnya rapat dengan tiras ujung saku, dan letak ujungnya sama rata dengan ujung jahitan tutup saku (c). Jahit selebar 1 cm dari jahitan tutup saku
7. Gunting dua lapis kain di tengah jahitan paspoal dan tutup saku hingga kurang 1 cm dari ujung jahitan, kemudian gunting bercabang ke kanan dan kiri. Ujung guntingan harus tepat sampai ujung jahitan (d).
8. Balikkan kain paspoal masuk ke dalam lubang yang baru digunting. Belah tiras kampuhnya menjadi 2, setrika hingga rapid an mudah ditutup
9. Lipat kain paspoal 1 cm, hingga menutupi tiras yang sudah pipih, jelujur kemudian tindas dengan mesin dari dalam (e).
10. Lipat tiras kain paspoal yang baru dibalik sebesar ½ cm, jahit dengan mesin (f).





11. Pasang kain beset pada kain saku. Letak tiras celana 4 cm dari tiras atas kain saku. Lipat tiras beset bawah ½ cm, jahit dengan mesin hingga melekat pada kain saku (g).

12. Pasang kain beset yang sudah dijahit pada kain saku berpaspoal. Padukan permukaan kain yang bagus dan atur supaya tirasnya bertemu. Jahit dengan mesin mulai dari ujung atas (h) sampai sudut bawah (i), sudut kiri (j) dan terus ke ujung atas.







13. Balik kain saku seputar jahitan hingga menutup lubang saku. Tusuk bagian pinggir dan kedua sudutnya dengan gunting hingga rapi (l)
14. Balik tutup saku hingga menutup paspoal atau lubang saku (m). Setrika bagian pinggir tutup (n-n).
15. Jahit tutup pinggir saku dan lubang saku dari dalam (o).
16. Tindas keliling kain saku yang sudah dibalik dipinggirnya hingga melekat pada pinggir tiras kain celana (p-p).







0 komentar:

Post a Comment