, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara memayet kebaya

cara memayet kebaya

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara memayet kebaya


Menjahit Payet Bunga 3 Dimensi


cara memayet kebaya-Payet adalah manik-manik yang pipih. Payet biasanya digunakan untuk menghiasi aneka busana maupun kain peralatan rumah tangga. Payet ada yang berjenis kilap dan ada pula yang tidak kilap. Hiasan payet umumnya digunakan bersamaan dengan manik-manik kecil yang di daerah Jawa disebut manik-manik pasir.

Pelekatan payet pada kain haruslah menggunakan tangan. Sementara benang yang digunakan untuk menjahitnya dapat berupa sehelai benang maupun dua helai benang. Untuk melekatkan payet pada kain tipis dan halus, gunakan sehelai benang. Pada kain yang tebal, gunakan dua helai benang untuk memantapkan posisi hiasan payet.

Kreasi hiasan payet sangat beragam. Mulai dari bentuk bunga, daun, sampai bentuk abstrak dapat dibuat. Kreasi bentuk hiasan payet yang indah tergantung dari kreativitas pemayet. Berikut ini cara membuat hiasan payet bunga bundar dengan efek timbul atau efek 3 dimensi.

Siapkan:



– Kain yang akan dihiasi payet.

– Pemidang.

– Pensil untuk menggambar pola.

– Koin untuk menggambar bentuk.

– Payet.

– Manik-manik kecil.

– Jarum jahit ukuran kecil.

– Benang jahit.

– Gunting.

Langkah-langkah pembuatan:


1. Gambar bentuk pola pada kain menggunakan pensil dan koin. Buatlah titik pusat di tengah lingkaran.

2. Pasang pemidang di sekitar pola.



3. Siapkan jarum jahit yang telah disisipkan benang. Simpulkan ujung benang. Tusukkan jarum dari arah bawah pemidang menuju ke atas.

4. Ambil payet dari wadahnya. Caranya, arahkan ujung jarum pada lubang payet. Payet akan secara otomatis terselip ke badan jarum.

5. Ambil manik-manik dari wadahnya. Caranya, arahkan ujung jarum pada lubang manik-manik. Manik-manik akan secara otomatis masuk ke badan jarum.

6. Ambil lagi payet, kemudian ambil empat buah manik-manik dari wadahnya. Urutan payet dan manik-manik pada jarum yaitu, payet-manik-payet-empat buah manik.

7. Tusukkan jarum ke arah tengah pola, namun tidak sampai ke pusat. Usahakan posisi payet dan manik-manik pas dan tidak longgar.

8. Kerjakan langkah ke-5 sampai langkah ke-8 sampai seluruh lingkaran luar tertutup.

9. Untuk menutup lingkaran dalam, tusukkan jarum dari arah bawah ke akhir sebuah manik-manik. Ambil sebuah payet dengan jarum. Kemudian, ambil tiga buah manik-manik. Tusukkan jarum ke arah pusat lingkaran.  Kerjakan langkah ke-11 dan ke-12 sampai seluruh lingkaran dalam tertutup.

10. Untuk menutup lingkaran, sematkan sebuah payet tepat di pusat lingkaran. Tusukkan jarum dari arah bawah ke atas, kemudian ambil sebuah payet dan sebuah manik-manik. Tusukkan jarum kembali ke bawah melalui lubang payet di bawah manik-manik.

11. Simpul mati benang di bawah kain. Sematkan benang ke atas kain, kemudian tusukkan kembali ke bawah di salah satu sisi lingkaran. Gunting benang.

12. Bunga payet 3 dimensi selesai.

13. Variasikan bentuk bunga dengan aneka kreasi sulam manik-manik di sekitar bunga.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara memayet kebaya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang blog pola baju

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment