, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

harga motor mesin jahit

harga motor mesin jahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
harga motor mesin jahit

Motor (Dinamo) Control

harga motor mesin jahit-Motor (Dinamo) Control, bagian penting pada mesin jahit bertenaga motor listrik, motor kontrol ini menjadi speed control yang sangat sederhana untuk mengatur kecepatan putaran dari motor dengan cara memindahkan sebagian daya yang seharusnya diberikan ke motor pada sebuah resistor beban yang terbuat dari kepingan-kepingan carbon.

Keping-keping carbon ini selanjutnya berfungsi sebagai hambatan (resistor) yang bersifat variable karena effect tekanan gaya yang diberikan padanya melalui mekanikal pegas yang terhubung pada pedal switch atau saklar injak. Perubahan resistansi sekitar 600 – 250 Ohm sehingga motor secara perlahan berubah kecepatannya sebanding  dengan tekanan kaki pada pedal, perubahannya dari lambat menjadi cepat dengan kompesasi resistansi mulai dari 600 sampai 250 dan terhubung singkat atau tersambung.  mem-bypass resistornya.

Berikut ini cicuit sederhana dari motor control yang banyak di pasaran dari brand motor National dari Matsushita Electric,  Brand-brand  lain mustinya mempunyai prinsip yang lebih kurang  sama .. mudah-mudahan :)



Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila terjadi masalah pada motor control (pedal switch) ini adalah:

1. Semua sambungan kabel dari stacker sampai pada switch dan motor apakah masih terhubung sebagai mana mustinya pengukuran dapat dilakukan dengan mengunakan multitester (AVO meter), apabila ada kabel yang putus atau solderan yang lepas, perbaikilah kembali kabel tersebut dengan cara mengantinya atau menyolder kembali bagian-bagian yang lepas.

2. Flapper yang terbuat dari metal bisa saja mengalami korosi sehingga membuat aliran listrik ke motor tidak lancar dan menimbulkan panas yang berlebihan pada pedal switch, apabila hal ini terjadi  perlu dilakukan pembersihan pada metalnya dengan amplas dan pembersih contact.

3. Keping Carbon bisa saja terbakar apabila terlalu besar mendisipasikan daya atau Pecah dan retak bila terlalu besar mendapat tekanan sehingga mengurangi fungsinya sebagai penghilang daya dan menyebabkan motor selalu bekerja dengan full rating atau kecepatan penuh sehingga agak sulit mengontrol saat menjahit. gantilah karbon yang pecah atau terbakar.

demikian dulu saya akhiri pembahasan pada Motor kontrol pada mesin jahit ini semoga ada manfaatny


sumber : https://wiwike.wordpress.com/motor-dinamo-control/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang harga motor mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang belajar menjahit otodidak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment