, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

7 Jenis Sulaman Penghias Kain


7 Jenis Sulaman Penghias Kain

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

7 Jenis Sulaman Penghias Kain
 sulaman prancis - Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menghias kain polos maupun kain bercorak adalah dengan teknik sulaman. Jenis sulaman yang dapat digunakan untuk menghias busana sendiri memiliki beragam variasi mulai dari sulaman yang dibuat dengan tangan sampai jenis sulaman yang dihasilkan mengunakan bantuan mesin. Pengunaan mesin sulam komputer yang dijalankan oleh satu operator mampu menghasilkan jumlah sulaman yang lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih singkat. Namun sampai saat ini jenis sulaman yang dikerjakan dengan tangan lebih dihargai dengan harga yang relatif tinggi. Berikut beberapa jenis sulaman hias yang dapat digunakan untuk mempercantik kain maupun busana.

Jenis-Jenis Sulaman



Sulaman Fantasi

Sulaman fantasi merupakan jenis sulaman pada bahan polos seperti kain tetoron yang terbuat dari paling sedikit tiga macam tusuk hias seperti tusuk pipih, tusuk tangkai, tusuk veston dari benang beraneka warna. Ragam hias yang diaplikasikan pada sulaman fantasi umumnya berbentuk bunga, binatang, serta pemandangan alam. Kombinasi warna yang kontras dan harmonis mampu memberikan kesan lebih rapi pada sulaman yang dihasilkan.


Sulaman Aplikasi

Sulaman aplikasi merupakan salah satu sulaman yang dibentuk dari bahan lain kemudian ditempelkan pada permukaan kain. Bahan yang digunakan untuk membuat sulaman aplikasi diantaranya berupa kain, pita, payet, tali maupun benang yang bertekstur kasar. Jenis ragam hias yang diterapkan untuk membuat aplikasi ini umumnya berbentuk bunga-bunga, pohon, pemandangan, maupun binatang. Sementara jenis tusuk hias yang digunakan pada sulaman aplikasi yaitu berupa tusuk klim untuk menjahit bahan yang tipis, tusuk veston untuk bahan tebal, serta tusuk pipih atau tusuk batang sebagai pemanis hiasannya.



Sulaman Perancis


Sulaman Perancis merupakan jenis sulaman yang banyak diaplikasikan pada blus, kemeja, maupun pakaian anak-anak. Jenis tusuk hias yang digunakan untuk membuat sulaman perancis yaitu berupa tusuk jelujur, tusuk pipih dan tusuk balut untuk menjahit bagian tepian serta tusuk rantai sebagai pengisi bidang yang kosong atau penebal motif sulaman.



Mengubah Corak

Teknik menyulam dengan merubah corak kain dapat diterapkan pada kain bermotif kotak-kotak, kain bergaris, maupun kain bermotif bintik-bintik. Jenis tusuk hias yang dapat digunakan diantaranya berupa tusuk jelujur, tusuk silang, tusuk rantai terbuka, dan tusuk biku. Untuk mendapatkan hiasan variasi yang indah dapat ditambahkan jahitan menggunakan  benang pada jarak tertentu yang berwarna sama atau menyerupai warna corak kain yang dihias.



Sulaman Hongkong

Sulaman hongkong merupakan jenis sulaman yang dijahit bolak-balik dengan variasi tusuk pipih menggunakan kombinasi warna bertingkat pada seluruh permukaan motifnya. Ragam hias yang digunakan untuk sulaman hongkong diantaranya berupa ragam hias naturalis atau ragam dekoratif berupa tumbuhan maupun hewan. Penerapan warna bertingkat dapat diperoleh dari campuran warna hitam dan putih (value), campuran warna lain dengan warna hitam (shade), serta campuran warna lain dengan warna putih (tint).


Sulaman Terawang

Sulaman terawang merupakan jenis sulaman dengan ragam hias geometris berbentuk empat persegi berlubang yang dihiasi dengan trens atau rentangan benang dan dapat juga dihias dengan teknik sisipan. Dengan menarik satu helai benang atau lebih dari tenunan, maka akan terdapat benang lepas, benang yang lepas itulah yang kemudian diikat dengan tusuk terawang sehingga terdapat hiasan terawang. Sulaman terawang sendiri terdiri atas berbagai variasi mulai dari terawang hardanger, terawang inggris, terawang richeliu, terawang putih, terawang fillet, sampai terawang persia.


Sulaman Melekatkan Benang


Jenis sulaman ini diperoleh dari benang sulam kasar yang ditempelkan pada permukaan kain dengan mengunakan tusuk hias. Ragam hias yang digunakan pada sulaman melekatkan benang yaitu berupa ragam hias geometris berbentuk garis-garis lengkung. Untuk mendapatkan desain yang seimbang dapat digunakan benang berwarna tunggal atau berwarna kontras dengan kain yang akan dihias.

sumber : http://fitinline.com/article/read/7-jenis-sulaman-penghias-kain

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang sulaman prancis

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jenis-Jenis Bahan Kain dan Karakteristiknya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.



0 komentar:

Post a Comment