, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara membuat kulot santai

 Cara membuat kulot santai

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara membuat kulot santai


cara menghitung kain untuk celana kulot - Hari ini aku flu berat, gegaranya setrika sampai keringat nggobyos plus cuacanya lagi panas terus mandi dan kena AC. Langsung, deh, bersin-bersin 23 kali (hebat ya sampai kuhitung). Kalau gering gini, paling nggak bisa istirahat malah nggelithis pengen ngapain gitu. Pas lagi bersih-bersih nemu kain semeteran dua biji hasil berburu kain murah di Mayestik entah kapan lupa. Toko kain langgananku di Nuri, lokasinya deket pintu keluar. Di situ suka ada kain 10.000-an/m meskipun ya kualitasnya biasa aja, tipis bo! Kadang nggak mikir lagi butuh kain apa enggak, beliii aja.. Hehehe.. eh tapi berguna juga, aku bikin kulot santai buat di rumah.

Bikin kulot ini gampang, nggak perlu pola, nggak perlu waktu lama. Cukup 15 menit! Asalkan ada mesin jahit ya pasti cepet.. Cusss, gini caranya:


Bahan:


    kain se-meter (lebar 115cm) untuk kulot setinggi atas lutut.
    elastis band dan peniti
    benang dan jarum jahit buat yang nggak punya mesin jahit.



Langkah-langkah pembuatan:


1. Untuk pola-nya aku pakai kulotku yang kebetulan ukurannya udah nggak cukup. Yah, maklum kebanyakan dicuci jadinya nyusut...  Lipat kain menjadi empat bagian, seperti ini:
2. Letakkan kulot lama (item) di atas kain yang sudah dilipat. Kulot itemnya dilipat sedemikian rupa. Kemudian gunting mengikuti bentuk pola. Untuk ukurannya suka-suka, aku bikin segede mungkin, soalnya pertama: kulot item ini hanya contoh dan kekecilan, jadi dikira-kira harus lebih besar, kedua: karena modelnya pinggang kerut jadi harus dibuat selebar mungkin.

3. Perhatikan sisi tingginya ada sisi tinggi panjang dan sisi tinggi pendek. Jahit sisi tinggi pendeknya dulu. Ini kebetulan sisi pendeknya nyambung 1-2, jadinya aku nggak perlu jahit untuk menyambungnya. Tapi buat yang udah terlanjur tergunting harus disambung. Sisi tinggi pendek ini letaknya di paha dalam, jadi depan (1) belakang (2) dijahit menyatu. Setelah itu jahit bagian kurva menindas sisi kain b-a.

4. Cara menjahit cukup dengan jahitan lurus,

 lalu untuk merapikan tepi jahitannya bisa pakai jahitan zig-zag sebagai semi obras. Bonus skrinsut tanganku:

5. Setelah sisi paha dalam terjahit dan kurva di tengah yang menghubungkan pantat dan depan, dilanjut dengan menjahit sisi tingginya di kanan dan kiri. Lihat gambar di atas (dua gambar ke atas), sisi 1 tinggi panjang dihubungkan dan dijahit dengan sisi tinggi panjang 2 , hasilnya seperti gambar di bawah. Oiya, jangan lupa semua langkah pembuatan ini menjahitnya di bagian kain yang dalam, ya:

6. Untuk ban pinggang, tekuk kain ke dalam dan jahit melingkari dengan menyisakan sekitar 3 cm untuk tempat memasukkan elastic band. Supaya mempermudah karet masuk, pakai bantuan peniti. Liat langkahnya dari atas ke bawah:

7. Untuk finishing, ujung-ujung bawah kulot bisa dijahit dengan menekuk tepiannya ke dalam supaya jahitan rapi. Voila! Jadilah kulot santai. Mudah, kan!

Sisa kain bisa digunakan dibentuk pita sebagai pemanis. Kalau prinsip dasarnya sudah paham, bisa kemudian modifikasi kulot-kulot cantik, misalnya celana piyama untuk tidur atau kulot sexy alias hot pants buat ke pantai. Nah kalau untuk membuat hot pants ini, tentunya pakai pola yang mempertimbangkan kurva pantat dan depan yang presisi supaya dipakai pas badan. Selamat mencoba!

sumber : http://poppopmeong.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-kulot-santai.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menghitung kain untuk celana kulot

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Pemeliharaan Mesin Jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment