, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Makalah Tentang Benda dengan teknik Potong, Sambung dan Kontruksi

 Makalah Tentang Benda dengan teknik Potong, Sambung dan Kontruksi

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Makalah Tentang Benda dengan teknik Potong, Sambung dan Kontruksi
 Kata Pengantar

Assalamu’alaikum wr.wb.
cara membuat dengan teknik potong sambung - Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan tugas ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Tugas ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Seni Drama, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Prakarya yaitu Bapak Jamil Fauzi, S.Pd.I yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara kami menyusun karya tulis.
Semoga karya tulis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun Karya tulis ini ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.

Wassalamu’alaikum wr.wb

                                      Purabaya, April 2013


                                                   (Penyusun)
BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Benda-benda kerajinan yang terdapat disekitar kita dibuat dengan berbagai macam cara, antara lain dengan teknik jahit, bordir, ukir, anyam, serta perpaduan antara berbagai macam teknik seperti teknik potong, teknik sambung yang dipadukan dengan teknik Kontruksi. Melalui berbagai macam teknik tersebut, tercipta beragam benda kerajinan yang memiliki fungsi praktis, seperti meja, kursi, tempat koran, tempat tisu, tempat pensil, taplak meja, dan lain-lain, maupun sebagai benda hias contohnya guci, hiasan dinding, dan lain-lain.
B. Rumusan Masalah
1.     Apa pengertian dari Kerajinan dengan teknik Potong, sambung dan Kontruksi?
2.    Bagaimana Tahapan-tahapan pembuatan benda kerajinan dengan teknik Potong, sambung dan Kontruksi?
C. Tujuan
1.     Untuk mengetahui Pengertian teknik potong, sambung dan kontruksi
2.    Untuk mengetahui tahapan-tahapan cara membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung dan kontruksi.


BAB II

PEMBAHASAN


1.  Pengertian Kerajinan dengan Teknik Potong, Sambung dan Kontruksi
Benda kerajinan dengan teknik potong, sambung dan kontruksi adalah suatu produk kerajinan yang dibuat cara memotong, menyambung, dan menyusun (Kontruksi), bahan-bahan tersebut menjadi sebuah benda kerajinan tertentu berupa benda pakai, seperti meja, kursi, rak buku, atau benda hias yang dimanfa’atkan sebagai hiasan dinding.
2.  Jenis Peralatan dan Bahan
Peralatan dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung dan kontruksi ada bermacam-macam. Hal ini bergantung dari bahan yang dipakai untuk membuat benda kerajinan serta bentuk benda yang dibuat. Sebagai contoh, peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan benda kerajinan yang terbuat dari bahan kayu dengan teknik potong, sambung da kontruksi, antara lain: gergaji, palu, pasah (raut), dan bor.
Benda kerajinan yang terbuat dari rotan sesuai dengan bentuk yang diiinginkan. Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan benda kerajinan yang terbuat dari bambu antara lain: gergaji, palu, bor sabit, dan pisau, sedangkan benda kerajinan yang terbuat dari kertas karton dengan teknik potong, sambung dan kontruksi membutuhkan peralatan seperti: gunting, pisau (Cutter), Kayu penggaris dan lain-lain.
3.  Fungsi Peralatan dan Bahan
Peralatan yang dipakai dalam pembuatan benda kerajinan yang dibuat dengan teknik potong, sambung dan kontruksi disesuaikan dengan fungsi alat tersebut. Contohnya gergaji berfungsi sebagai alat peotong kayu, bambu, atau rotan. Palu berfungsi untuk memasang paku pada sambungan agar tercapai kontruksi yang kuat, bor sebagai alat pelubang pada bahan kerajinan untuk dimasuki bambu,  paku, atau tali sabit untuk membelah bambu, sedangkan pisau untuk membuat iratan bambu atau rotan, gunting untuk memotong kertas dan penggaris untuk mengukur bahan jadi, penggunaan peralatan disesuaikan dengan fungsi alat tersebut.
Adapun bahan yang dipakai untuk membuat benda kerajinan disesuaikan dengan sifat dan karakter bahan, contohnya kayu dapat dipakai sebagai kerangkan kontruksi pada sebuah kursi, sedangkan anyaman rotan dapat dipakai pada sandaran kursi. Jadi, pemanfa’atan bahan disesuaikan dengan fungsi sebuah benda kerajinan
4.  Membuat Benda Kerajinan dengan teknik Potong, Sambung, dan Kontruksi
Setelah desain dibuat dan segala bahan serta peralatan yang dibutuhkan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah tahap pembuatan benda kerajinan, contohnya pembuatan tempat pencil, adapun tahap-tahap dalam pembuatan tempat pencil adalah sebagai berikut:
a.    Menghaluskan permukaan kayu, dengan menggunakan asah atau alat serut.
b.    Mengukur panjang dan lebar kayu sesuai dengan desain, lalu memotongnya dengan menggunakan gergaji.
c.    Setelah kayu dipotong-potong sesuai dengan ukuran, lalu kayu disambung dengan paku. Penyambungan kayu disesuaikan dengan kontruksi pada desain.
d.    Setelah selesai disambung, selanjutnya tahap pembuatan hiasan pada permukaan kayu sesuai dengan desain.
e.    Setelah selesai membuat desain, permukaan kayu lalu di cat dengan cat kayu.

BAB III

PENUTUP

a.  Kesimpulan

Ada Beberapa macam Teknik pembuatan benda kerajinan, antara lain, teknik jahit, bordir, sablon, potong, sambung dan kontruksi.
Teknik pembuatan benda kerajinan ada yang memadukan berbagai macam teknik  seperti teknik potong, sambung dan kontruksi. Contoh benda kerajinan hasil perpaduan teknik potong, sambung dan kontruksi antara lain: meja, kursi, rak buku, tempat pensil, tempat sepatu dll.
Tahap-tahap dalam pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung dan kontruksi adalah merencanakan prosedur kerja, membuat desain, menyiapka alat dan bahan, membuat benda kerajinan, dan tahap Finishing atau sentuhan terakhir dalam pembuatan karya, serta membuat kemasan atau pembungkus.

b.  Kritik & Saran

Dari pembahasan yang kami tuliskan dalam karya ilmiah ini, kami berharap para pembaca, termasuk siswa dan siswi mengetahui tentang pengertian benda kerajinan dengan teknik Potong, Sambung dan Kontruksi, dan juga mengetahui tentang pembuatan benda-benda kerajian dengan teknik potong, sambung dan kontruksi.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !






sumber : http://profilustadz.blogspot.com/2014/11/makalah-tentang-benda-dengan-teknik.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat dengan teknik potong sambung

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Product : Kids Backpack

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment