, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Merawat Kain Sulaman Agar Tidak Mudah Rusak


Cara Merawat Kain Sulaman Agar Tidak Mudah Rusak

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Merawat Kain Sulaman Agar Tidak Mudah Rusak



cara menyulam taplak meja teknik timbul - Merawat  kain sulam memang  diharuskan agar bahan atau warna yang terdapat pada kain sulam tidak mudah pudar dan awet. Merawat kain sulam terbilang sulit karena benang yang disulam memiliki serat sensitif dan dapat membuat sulaman rusak sehingga harus membutuhkan penanganan khusus untuk merawatnya. Kebanyakan orang tidak mengerti cara perawatan kain sulam terkadang disamakan dengan kain yang lainya. perawatan kain sulam  sama dengan anda merawat pakaian biasa hal yang membedakan adalah perawatan dengan bahan-bahan kain sutra dan kain linen atau katun. Dengan motif yang terdapat pada kain sulam dapat membentuk sebuah bunga dengan beraneka ragam gambar dan motif yang terdapat pada kain. Dibalik keistimewaan pada kain sulam mempunyai keindahan tersendiri bagi pemakainya . dengan perawatan yang benar dan terampil dapat membuat motif pada sulaman yang tidak berubah agar penampilan kain tetap terjaga kemewahanya.
Cara Merawat Kain Sulaman Agar Tidak Mudah Rusak
Kain sulaman yang dibuat dengan motif biasanya memakai bahan kain yang dapat ditembus oleh jarum dan mudah dijahit agar pemakainyapun merasa nyaman. Namun, untuk merawat bahan kain sulaman dibutuhkan  perawatan ekstra dalam teknik perawatanya agar kain sulam nampak utuh dan tidak terjadi kerusakan dan dapat membuat kain sulam menjadi bagus kembali seperti sediakala. Cara merawat kain sulaman agar tidak mudah rusak yaitu dengan cara:

Pencucian, Saat pencucian gunakanlah detergen secukupnya yang dicampurkan dengan air. Serat yang terdapat pada kain sulam rentan hancur ketika pencucuian dalam penyikatan. Hindari pencucuian dengan menggunakan mesin cuci atau pencucian dengan menggunakan tangan karena dapat membuat kain sulam menjadi rusak. Ketika rendaman tunggu dalam waktu beberapa menit agar kotoran atau noda-noda yang terdapat pada kain sulaman dapat hilang. bilaslah dengan air bersih kemudian peras perlahan-lahan agar kain sulaman tidak rusak. Dan sebaiknya anda harus mengetes terlebih dahulu biasanya kain sulaman  ada yang dapat mudah luntur ketika direndam dengan air maka dari itu pisahkan kain sulaman dengan pakaian lain agar  tidak terkena lunturan.

Pengeringan, Gantunglah kain sulaman dengan menggunakan hanger atau alat untuk mengeringkan kain dan direntangkan di daerah permukaan rata yang tidak terlalu terkena sinar matahari, jangan membiarkan kain sulaman terlalu kering oleh panas agar kualitas kain sulam dengan motif dan gambar yang menghiasi kain sulam dapat dipertahankan keaslianya dan tidak mudah pudar warnanya.

Menyetrika, Ketika dalam proses pengeringan sebaiknya dilakukan cara kerapihan dengan memakai alat setrikaan. Kain sulam yang sudah kering diharuskan untuk disetrika agar kain sulam nampak terlihat rapih dan halus. Tetapi harus lebih berhati-hati jangan sampai terlalu panas karena dapat membuat kain terbakar. Gunakan volume setrikaan yang tidak terlalu panas agar kain sulam tampak terlihat berkilau dan berwarna cerah. Gunakan alat diatas kain sulam untuk alas agar menghindari kerusakan yang terdapat pada kain sulaman.

Penyimpanan, Simpanlah kain di lemari yang tersusun rapih. Hindari lipatan yang dapat membuat kain sulaman yang mengakibatkan putusnya benang karena lipatan yang salah pada bagian kain sulaman. Atau lebih baik lagy  kain sulaman digantungan dengan menggunakan hanger agar kain sulaman tidak mudah membentuk suatu kerusakan atau tidak terlihat kusut pada bahan kain sulaman.

Mudah sekali untuk Merawat kain sulaman tidak perlu biaya mahal yang paling penting adalah melakukan perawatan dengan benar dan memiliki kemampuan atau keterampilan dalam menggunakan kain sulaman.


Macam-Macam Pita Yang digunakan Untuk Menyulam

Jenis-Jenis Pita Sulam


Jenis-Jenis Pita Sulam


Jenis-Jenis Pita SulamDalam teknik penyulaman tak ketinggalan pita hias yang digunakan sebagai penambah keindahan dalam menyulam. Sulam pita sangat mudah digunakan dan dapat diaplikasikan sebagai variasi dan macam-macam produk, maupun  hiasan benda  seperti taplak meja, hiasan dinding atau pakaian sebagai pelengkap tampilan serta menjadi ragam hias dengan semakin bernilai jual tinggi dipasaran. Maka tak jarang orang menggunakan pita hias sebagai kebutuhan untuk tampilan yang elegan. Biasanya dari kalangan wanita khususnya sangat mengedepankan motif hias dengan penggunaan pita sebagai aksesoris yang dipakai dalam sehari-hari sebagai tampilan gaya yang trendi dijaman modern ini.  Penampilan yang dikreasikan pada sebuah pita dapat membuat suatu kepercayaan diri yang timbul sebagai mana wanita yang memiliki kreatifitas dalam mengembangkan dirinya dalam penggunaan aksesoris yang di pakai dalam berpakaian ataupun dalam menghias benda yang dimilikinya dengan menggunakan kain sebagai alat untuk berkarya dalam penyulaman menggunakan pita.

Dengan rangkaian jenis bunga dan warna yang bervariasi dalam pita serta dapat dikombinasikan dengan kain dan hiasan yang senada dapat memancarkan perpaduan yang harmonis serta rangkaian jenis warna serta bunga yang indah membuat semua orang terkesima melihatnya. dalam pembuatan tanggkai serta bunga diperlukan juga jarum jahit yang berbatang besar agar mudah dalam membentuk pola dan tersedia pula jenis ukuran yang terdapat pada pita untuk menyulam dengan menggunakan bahan tersebut maka akan membuat gambar atau pola yang anda inginkan dengan maksimal.

Penampilan sulaman yang terdapat pada pita sangat bergantung pada warna serta ukuran pita yang dipakai serta pemilihan bahan dasar kain sulaman yang dapat dijahit dan dapat mempercantik sulaman ini biasanya digunakan dalam hiasan kamar atau ruang tamu sebagai daya tarik serta memiliki tekstur yang indah. Dalam teknik pembuatanya pilihlah suatu penempatan dimana pita akan digunakan untuk menghias sulaman agar kecocokan dapat terjadi dengan hasil yang diinginkan biasanya pita dilekatkan pada bagian tengah bahan atau pada bagian sisi-sisi pinggir kain agar memperluas corak serta penampilan yang serasi dengan bagan dan warna-warna yang dikombinasikan dalam penyulaman.

Jenis-jenis pita yang digunakan dalam menyulam diantaranya:


Pita organdi, merupakan pita yang berbahan ringan, transparan serta tipis dan memiliki serat yang merenggang sehingga mempermudah dalam penyulaman mengunakan pita yang dilekatkan pada kain. Berbagai macam ukuran dan warna yang terdapat pada pita yang mempunyai berbagai variasi ada yang berlipat perak dan emas yang berbahan lembut serta mempermudah dalam penyulaman dan  menghasilkan bentuk bunga yang agak menggelembung serta bersifat unik.

Pita Satin, berbahan  tebal, berserat rapat dengan warna yang mengkilat seperti cahaya dan mempunyai warna-warna yang bermacam-macam meskipun cenderung agak kaku dan memerlukan alat lain dalam penyulaman tetapi pita satin sangat menghasilkan kualitas yang memuaskan dalam menyulam seperti pembuatan teknik membuat bunga serta tangkai yang berukuran kecil 1/8 inci dan berbentuk datar.

Pita Sutra Organdi, tidak jauh berbeda dengan pita organdi dengan bahan yang sangat lembut dan mudah disulam serta mempiliki serat renggang agar mudah disulam dan memiliki warna yang bervariasi serta ukuran. Dalam penyulaman menggunakan pita sutra organdi. kualitas penyulamanpun terkesan sangat mewah serta memiliki corak unik serta hasil yang baik dan terlihat nampak lebih indah. inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi pita sutra organdi yang dapat menghasilkan sebuah karya yang berkualitas tinggi.



Jenis Jenis Benang Yang di Gunakan Untuk Menyulam


Jenis-Jenis Benang Sulam

Jenis-Jenis Benang Sulam


Sebagian besar orang pastinya sudah tak asing jika mendengar atau mengenal  arti sebuah benang. Bahkan hampir setiap hari membutuhkanya untuk menjahit baju atau bahan yang sobek. Pada saat ini benang divariasikan untuk membuat suatu keindahan dengan mengekspresikan suatu keindahan dengan menyulam. Seperti yang anda ketahui sekarang, bahwa benang Sulaman adalah teknik menghias kain dan memperindah suatu gambar atau benda yang diinginkan  dibuat dengan menggunakan benang sulam dan jarum jahit. sebagai hiasan benda-benda yang terdapat dirumah anda. Dalam menyulam tentunya harus menggunakan benang dengan warna-warna yang di inginkan bukan??

Pemilihan benang pun  hendaknya harus disesuaikan dengan ketebalan bahan dan serat bahan yang digunakan untuk menyulam agar hasil yang dibentuk sesuai dengan apa yang diinginkan. menyulam pun diharuskan untuk dapat mempunyai keterampilan khusus  agar memahami bentuk atau gambar apa yang ingin dibuat. Di pasaran banyak sekali penjual benang dengan merk yang bagus namun  Benang  yang dapat digunakan untuk menyulam biasanya harganya lebih mahal karena kualitasnya yang tidak mudah kusut dan kuat sehingga jahitan yang dihasilkan akan maksimal.

Adapun jenis-jenis benang yang digunakan dalam menyulam diantaranya :


Benang Sulam Lokal,  yaitu benang ini selain harganya murah namun mempunyai keuntungan tersendiri untuk menyulam benang sulam ini adalah benang alternatif  yang dibuat untuk menyulam, membuat kreasi dengan pemilihan warna namun warna yang digunakan terbatas. Cara penggunaanyapun tidak perlu mengurai benang karena benang ini dapat langsung digunakan untuk menyulam tanpa harus mengurainya terlebih dahulu dan cocok digunakan untuk menyulam dengan motif yang anda inginkan.

Benang Sulam Rose, yaitu merk benang sulam yang  tidak mudah terurai pada saat digunakan dalam menyulam, dengan memproduksi warna umum yang digunakan walaupun teksturnya tidak halus tetapi kualitasnya cukup baik untuk dipakai dan tidak mudah luntur atau pudar ketika digunakan namun benang ini kurang nyaman untuk dipakai karena bahanya yang kasar dan teksturnya agak seret namun benang ini banyak yang menggunakanya dalam menyulam.

Benang Sulam Blue Moon, yaitu benang yang digunakan untuk menyulam dengan  warnadan jenis bermacam-macam. walaupun kualitasnya belum dikatakan baik namun benang Blue Moon ini memiliki tekstur yang licin dan lembut sehingga tidak menyulitkan untuk menyulam dalam pembuatan simpul dan mempunyai warna luas untuk kreasi yang anda inginkan untuk memperindah pola atau gambar yang terdapat diatas kain yang anda gunakan.

Benang Sulam DMC, yaitu jenis benang sulam dengan kualitas sangat tinggi dan berbagai jenis  warna terdapat pada benang sulam  DMC dengan menghasilkan kreasi tak terbatas. Benang yang bisa dibilang sempurna dalam penyulaman dengan kualitas baik. Hamper semua orang menyukain benang sulam DMC  demi kualitas nomor 1 dan benang yang paling termahal diantara benang- benang yang lain. Dengan benang yang tidak mudah terurai serta tidak mudah rapuh dan sangat nyaman ketika digunakan dalam menyulam dan sangan bervariasi untuk pembuatan yang maksimal.

Benang Sulam Anchor, yaitu merupakan benang kualitas ke-2 dari benang DMC dan mempunyai kualitas yang baik. Dengan paduan warna yang terdapat pada benang sulam anchor dapat membuat sulaman terlihat lebih menarik dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan benang  sulam DMC  Akan tetapi benang sulam anchor ini sangat sulit didapatkan tak jarang yang menjual jenis benang ini dibandingkan benang merk DMC yang dijual dipasaran.




Memperindah Taplak Meja dengan Sulaman Pita

Sulam Payet Pada Taplak Meja

Sulam Payet Pada Taplak Meja


Pita Adalah Suatu teknik menghias perlengkapan rumah tangga untuk mempercantik dekorasi  dengan paduan warna-warna yang menggabungkan sebuah kain dengan membentuk bunga yang cantik. Membuat pita sangat mudah tanpa perlu banyak waktu. pita bukan hanya dipakai dalam pengikat kotak kado atau ikat rambut saja tetapi pita digunakan untuk menghias kain sehingga membentuk suatu desain yang unik dan cantik terutama sebagai penghias taplak meja yang terdapat didalam rumah sebagai pelapis meja yang memiliki tampilan serta pemuas kebutukan dekorasi rumah seperti peralatan yang terdapat dirumah  anda khususnya taplak meja . Pada saat ini kain pita sangat digemari oleh orang banyak sebagai material pendukung dalam seni kerjinan tangan termasuk dalam pembuatan taplak meja. Pemilihan warna  pita harus sesuai dengan warna kain taplak meja agar terlihat indah dengan perpaduan bahan hingga motif yang ditampilkan agar terkesan mewah.

Motif dalam menyulam kini  tidak hanya menggunakan bahan berupa benang. Banyak sekali variasi sulam yang terdapat di masyarakat. Sulam vita pun dapat diaplikasikan dalam sebuah benda-benda  yang dapat disulam dengan teknik menjahit.  bahkan sulam pita pun banyak digunakan untuk mempercantik perlengkapan rumah seperti taplak meja.  Sebagai segi Keindahan yang terdapat dalam berbagai macam produk. Membentuk suatu rangkaian dalam menyulam cobalah untuk membuat bunga dengan diikuti oleh pembuatan daun dan tangkai maka hasilnya akan maksimal dan disulam pun menjadi nampak indah dengan warna yang dapat dikombinasikan dengan keserasian agar mewujudkan suatu kerajinan yang menampilan sebuah taplak meja yang indah. Pita yang biasa digunakan dalam penyulaman taplak meja adalah sebagai berikut:

Pita Satin - pita satin mempunyai bahan yang tebal dengan warna yang mengkilat serta memiliki serat yang rapat dan cenderung kaku agar mudah dijahit dan dilekatkan pada bagian taplak meja sebagai penghias untuk mempercantik tampilan kain dan biasanya direkatkan pada bagian tengah kain dan pinggir-pinggir taplak meja dengan menggunakan jarum khusus untuk merangkai bunga pada bagian kain

Pita Organdi - berbahan tipis dan transfaran dengan ukuran yang sama dan dapat mempermudah penyulaman pada taplak meja.  meskipun ukuran sangat kecil, pita organdi sangat amat mudah untuk membentuk suatu rangkaian warna dan bentuk gambar atau bunga yang terdapat pada taplak meja dan dapat membuat kolaborasi antara pita dengan kain serta warna dan motif yang dipadukan menjadi tampilan yang modis dan elegan.

Taplak meja yang terbuat dari kain katun dapat lebih mudah pembuatanya dengan tekstur renggang dan mempunyai celah kecil agar dapat mempermudah meratakan pita yang melekat diantara celah-celah kain tipis yang berbahan halus dan lembut. Maka tak jarang kita lihat berbagai macam jenis, corak yang terdapat pada taplak meja berbeda-beda dengan hiasan serta keindahan yang dimiliki,  banyaknya berbagai macam jenis sulam pita dapat dijadikan alat untuk berkreasi dalam penambahan bahan pelengkap bagi peralatan rumah, karena sulam pita mempunyai karekteristik sendiri sebagai pelengkap kebutuhan benda yang terdapat didalam rumah .

Teknik Pemasangan pita pada kain katun pun sangat mempengaruhi nilai akhir pada taplak meja dengan perpaduan warna dan motif rangkaian yang menghiasi antara tengah dan sisi-sisi kain dapat membuat kualitas benda maka tak jarang kombinasi dalam pemakaian warna motif yang dipadukan dengan pita harganya pun sangat melambung tinggi, bahkan tidak masalah bagi peminat motif hias karena kepuasan dalam penggunaan taplak meja yang menjadikan nuansa keindahanya.
Filed Under: Seni Menyulam Tagged With: Cara Menyulam Pita di Taplak Meja, Cara Menyulam Taplak Meja, Cara Menyulam Taplak Meja Dengan Pita, Desain Sulam Untuk Taplak Meja, Membuat Sulaman Pita Taplak Meja, Seni Menyulam Taplak Meja dengan Sulam, Taplak Meja Indah Dengan Variasi Sulaman, Teknis Sulam Pita Taplak Menjadi, Variasi Sulaman Pita Pada Taplak Meja


Bahan dan Kain Yang Cocok Untuk Menyulam


Kain Sulam dan Payet

Kain Sulam dan Payet


Menyulam adalah suatu tehnik keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengembangkan kreativitas untuk membuat  media kerajinan  yang berbentuk  gambar atau pola yang terdapat pada kain sebagai penghias dan memberikan suatu  keindahan diantara sisi-sisi kain. Tak asing rasanya mendengar kata menyulam, bagi sekian banyak orang yang mendengar, tak heran kebiasaan menyulam sudah sangat amat menjadi tradisi dalam pembuat kerajinan kain dan memberikan  tampilan warna serta motif yang mewah bagi penggunaan kain dengan teknik dan keterampilan yang akan membuatnya lebih sempurna. Bahan yang digunakanya pun sangat mudah di dapatkan di toko-toko terdekat disekitar rumah anda bahkan sekarang ini banyak yang menjual buku dengan teknik-teknik penyulaman secara detail agar mempermudah untuk menghias kain. Diantara alat dan bahan yang digunakan untuk menyulam yaitu:

Jarum – Dalam menyulam alat ini adalah tool utama sangat diwajibkan untuk melakukan penyulaman dan mempunyai banyak jenis. Jarum yang baik digunakan dalam penyulaman adalah jarum Crewel/Sharp  yang memiliki ujung halus dan tajam serta berlubang kecil sampai lebar untuk mempercantik sulaman. Ketika ingin menjahit ikutilah titik garis pada sebuah pembidangan sebagai langkah tepat agar hasil gambaran tidak terlalu keluar arah gambar.

Gunting - Kegunaan gunting adalah sebagai pemotong benang pada saat menyulam biasanya gunting yang dibutuhkan berukuran kecil agar mudah untuk proses pemotongan yang lebih cepat dalam penyulaman. Gunakan guting khusus untuk kain agar mudah dipakai.

Pemidangan - Kegunaan alat ini digunakan untuk merenggangkan agar kain menjadi rata. Dan menghasilkan sulaman yang bagus serta tidak berkerut dan tampak rapi ketika digunakan dan pilihlah pemidangan yang sesuai dengan desain anda dan tempatkan pembidangan diantara kain yang ingin anda beri motif hias agar menghasilkan gambar yang indah.

Benang Sulam - Benang sulam tidak dapat dipisahkan dalam penyulaman, dan mempunyai fungsi dalam pembuatan tangkai bunga dan dapat merapatkan kain hingga terlihat rapih. Benang sulam mempunyai warna yang bermacam-macam seperti warna merah, kuning, hijau dan lain-lain sesuai dengan kesukaan anda. Gunakan benang secukupnya jangan terlalu tebal agar gambar mudah dibentuk.

Kain - Kain mempunyai  banyak jenis diantaranya serat sintesis, dan serat alam, jenis ini sangat cocok untuk melakukan penyulaman  karena mempunyai serat  yang tidak rapat dan mudah untuk  ditembus oleh jarum. Penggunaan kain disesuaikan dengan kebutuhan anda ada baiknya menggunakan kain yang tidak begitu lebar agar mudah untuk pembuatan sulaman yang di inginkan. Jangan menggunakan kain yang tebal dan rapat karena tidak dapat disulam bahkan dapat menyebabkan jarum menjadi patah.

Pita - Pita digunakan sebagai penghias kain dengan membentuk sebuah bunga yang dapat membuat pancaran keindahan dalam penyulaman dan sebagai desain hias dengan menggunakan berbagai macam pernak-pernik untuk memperindah sulaman. Ukuran pita sangat besar dibandingkan dengan benang.  Gunakan pita tipis agar jarum dapat menembus kain dalam pembuatan bunga agar lebih rapih dan melekat diantara kain.

Pensil - Pensil digunakan untuk menggambar pola terlebih dahulu di antara pembidangan  sebagai penjiplak desin agar penyulaman lebih mudah dengan mengikuti gambar yang terdapat pada pembidang.

Pendedel atau Pembuka jahitan - Digunakan untuk mendedel apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan sulaman yang kurang bagus tetapi dengan penggunaan yang harus berhati-hati agar sulaman kain tidak rusak, apabila pendedelan digunakan dengan cara kasar atau tidak teliti maka kain sulaman akan rusak bahkan sobek dan tidak dapat melanjutkan penyulaman karena hasilnya akan buruk ketika dikenakan.


buka mesin jahit : http://www.jasapayet.com/category/seni-menyulam

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menyulam taplak meja teknik timbul

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Macam Macam Pola

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment