, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

^!contoh gambar kerajinan tekstil dan bahannya

^!contoh gambar kerajinan tekstil dan bahannya

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
^!contoh gambar kerajinan tekstil dan bahannya


Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

contoh gambar kerajinan tekstil – Pagi ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Seni Rupa yang sangat beragam diseluruh indonesia, pasti di daerah kita masing-masing akan banyak sekali contoh seni rupa yang dapat kita temukan, oleh karena itu penting untuk kita bahas pada kesempatan kali ini, nah seperti apa aja si bentuk seni rupa itu, kita akan membahas secara serius disini.
Pengertian Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni Rupa Nusantara merupakan bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di daerah masing-masing di seluruh wilayah yang mencakup Indonesia. Beragam bentuk kesenian nusantara tumbuh hasil dari budaya masyarakat di wilayah yang sesuai dengan adat istiadat serta kondisi lingkungan yang di tempatinya. Dari kesekian banyak bentuk kesenian yang berkembang, salah satunya merupakan bentuk seni Rupa. Taukah sobat genggaminternet.com bahwasanya bentuk karya seni rupa di setiap daerah tidaklah sama, semua memiliki ciri khas yang berbeda-beda di setiap daerah. hal ini tentu saja di karenakan karya seni Rupa yang di hasilkan merupakan bentuk dari pengolahan gagasan, teknik, media serta keahlian dari masyarakat yang membuatnya, dan tidak tercampur oleh pemikiran dari luar karena di waktu lalu tidak ada media yang memudahkan untuk melihat dunia luar yang nan jauh.
Akan tetapi walau bentuknya sangat beragam, sobat genggaminternet.com masih bisa menikmati keindahan beragam karya seni Rupa daerah tersebut, hal ni karena senu Rupa mempunyai Sifat sebagai berikut ini.

Rumah adat Gadang


Rumah adat Gadang 
a. Kreatif

Kreatif adalah Kemampuan untuk mengubah atau membuat sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada.

b. Individu / kelompok

Ciri khas yang melekat pada sebuah karya yang membedakannya dengan hasil karya orang lain atau kelompok masyarakat lain.

c. Perasaan

Penciptaan seni selalu melibatkan emosi, ekspresi dan perasaan.

d. Abadi

Keindahan atau kesan yang disampaikan si pencipta karya akan diterima oleh orang yang melihat atau mendengarnya.  Hal ini akan bertahan dalam waktu yang lama tergantung pada keindahan yang dihasilkan.

e. Umum

Tidak mengenal batasan wilayah.  Seni dapat diterima secara umum oleh segala bangsa, bahasa berlaku sepanjang waktu.
Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Langsung saja ya kita Ke Contoh-contoh Seni rupa terapan Nusantara, kita simak langsung di bawah ini.
1. Ragam Karya Seni Rupa Nusantara Masa Lampau

a. Bejana Dan Perunggu

Seni Rupa Bejana 
Seni Rupa Bejana

Bejana perunggu di Indonesia ditemukan di tepi Danau Kerinci (Sumatera) dan Madura, bentuknya seperti periuk tetapi langsing dan gepeng. Kedua bejana yang ditemukan mempunyai hiasan yang serupa dan sangat indah berupa gambar-gambar geometri dan pilin-pilin yang mirip huruf J.

b. Seni hias nekara (gendering dari perunggu)

Senirupa Nekara 
Senirupa Nekara

Gong nekara adalah gong perunggu buatan kebudayaan Dong Son, yang terdapat di delta Sungai Merah Vietnam Utara. Gong ini diproduksi pada sekitar 600 tahun sebelum masehi atau sebelumnya, sampai abad ketiga Masehi. Dengan menggunakan metode pengecoran logam yang telah hilang (lost wax method), gong ini oleh para peneliti sejarah dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari budaya pengerjaan logam.


c. Seni Hias Keris

Seni Rupa Senjata
Seni Rupa Senjata

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit.

d. seni hias kalamakara

seni hias kalamakara 
seni hias kalamakara

Kalamakara adalah salah satu bentuk wajah raksasa dan diapit oleh relief wanita cantik, desain ornamentis yang selalu menghiasi bagian atas pintu candi-candi di Jawa. Bentuk kalamakara ini merupakan salah satu wujud ornamen figuratif yang memiliki fungsi spirutual, yaitu sebagai ‘tolak balak’ (pengusir roh-roh Jahat). Biasa kita menyebutkan penolak sial atau penolak ancaman batin yang tidak tampak secara lahiriah.

e. Seni hias kaligrafi

Seni Kaligrafi

Seni Kaligrafi 
Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι “keindahan” + γραφος “menulis” ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.

f. Seni hias ukiran

seni hias ukiran

seni hias ukiran 
Seni hias ukiran merupakan ragam hias yang unik dan memiliki daya seni yang tinggi, beragam jenis ukiran yang ada di indonesia sudah sangat terkenal di seluruh dunia. banyak orang luar negri yang membeli kerajinan kayu yang berasal dari Indonesia

g. Seni hias patung/relief

Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukiran ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia, relief pada dinding candi Borobudur merupakan salah satu contoh yang digunakan untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya.

h. Seni bangunan

menhir
menhir

Sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha, bangsa Indonesia telah mengenal seni bangun dalam bentuk bangunan-bangunan besar dari masa megalithikum yang tekait dengan kegiatan pemujaan kepada roh nenek moyang.

i. Seni hias wayang

Seni Rupa Wayang
Seni Rupa Wayang

Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

j. Seni hias kain

Motif hias nusantara terkenal di mancanegara dengan keindahan tersendiri. Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Karya ini dapat berupa tenunan, tulisan pada kain (misalnya batik), songket, ukiran, atau pahatan pada kayu/batu. Ragam hias dapat distilisasi sehingga bentuknya bervariasi. Keanekaragaman motif hias ini semakin memperkaya kebudayaan bangsa kita. Keterampilan yang akarnya sudah berumur ribuan tahun tersebut wajib kita lestarikan agar tidak punah.
2. Ragam Karya Seni Rupa Nusantara Masa Baru

a. Seni Anyaman
Seni terapan ayaman
Seni terapan ayaman

Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot.

b. Seni Tekstil

Seni Rupa Batik

Seni Rupa BatikKerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama. Tekstil adalah bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dari  pengertian tekstil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan/produk tekstil meliputi  produk serat, benang, kain, pakaian dan berbagai jenis benda yang terbuat dari serat.

c. Seni Keramik /gerabah
seni keramik indonesia
seni keramik indonesia

Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. dan kini masyarakat indonesia juga membuat keramik dan gerabah degan berbagai corak.

d. Seni Ukiran dan Pahatan
seni pahatan
seni pahatan

Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung ( kruwikan ) dan bagian-bagian cembung ( buledan ) yang menyusun suatu gambar yang indah. Pengertian ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain.

e. Seni Patung

Patung diartikan sebagai benda tiruan yang berbentuk manusia/binatang yang di buat dengan cara di pahat.

f. Seni Bangunan

Seni Bangunan kebanyakan sebagai seni terapan yaitu seni yang memiliki segi kegunaan dalam kehidupan manusia.

g. Seni Dekorasi

Kata Dekorasi berasal dari bahasa Belanda yaitu “decoration” yang artinya hiasan.Dekorasi diciptakan dengan tujuan untuk melengkapi bangunan dan membuat suatu ruangan menjadi lebih indah dan lebih nyaman.

h. Seni Lukis
Seni Lukis Indonesia
Seni Lukis Indonesia

Seni Lukis adalah jenis seni rupa 2 dimensi yang hanya dapat dilihat dari 1 arah yaitu dari rah depan.Dari karya seni ini dapat menimbulkan rasa marah, gembira, sedih, haru, indah, serta bersemangat.Aliran lukisaan yang berkembang antara lain naturalisme, realisme, imprealisme, ekspreonisme, kubisme, surealisme, futurism, dan abstrak .

Nah Sobat Saya rasa artikel mengenai Ragam seni rupa di indonesia atau nusantara ini, kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, kita akan menyambungnya pada kesempatan berikutnya, jika teman-teman masih ada yang ingin di tanyakan maka silahkan saja hubungi admin lewat contac us ya, terima kasih banyak.
Incoming search terms:

    contoh seni rupa terapan
    Seni rupa nusantara
    seni rupa terapan nusantara
    karya seni rupa terapan masa lampau
    contoh karya seni rupa terapan
    contoh seni rupa terapan nusa
ntara
    karya seni rupa terapan nusantara
    contoh karya seni rupa terapan nusantara beserta penjelasannya
    contoh karya seni rupa terapan dan penjelasannya
    kliping karya seni rupa terapan nusantara

buka mesin jahit : http://genggaminternet.com/pengertian-dan-contoh-karya-seni-rupa-terapan-nusantara/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh gambar kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Apa saja Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment