, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Apa sajakah produk kerajinan menjahit dan menyulam

Apa sajakah produk kerajinan menjahit dan menyulam

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Apa sajakah produk kerajinan menjahit dan menyulam

 kerajinan menjahit dan menyulam - Pakaian (baju,celana,dll) ,syal, sapu tangan, sweater rajutan, topi ,bando rajutan, dll

Jaket,baju,celana,dasi,topi kupluk

Kerajinan Tgn & Kesn SD 6 (2005)


Menyulam adalah membuat gambar pada kain menggunakan teknik menjahit. Jarum yang digunakan jenisnya khusus berbentuk seperti jarum jahit tangan

Terampil Berkreasi


Berbeda dengan produk kerajinan jahit, . produk kerajinan sulam lebih bersifat benda hias. Kalaupun terdapat pada benda pakai

Sulaman cantique ^,^


Maw cerita kenapa bunda milih sulaman buat belajar jualan alias bisnis kecil-kecilan? Bisnis kecil-kecilan yang dah dilaunching beberapa waktu lalu (psst…bisa melongok ke situs sederhana lanaline yang kubikin sendiri :wink: , ditunggu masukannya)

Soalna aku sukaaa banget sama sulam-menyulam, karna bagian dari jahit-menjahit. Sebenernya siy suka mix and match baju dulunya, termasuk sama tas dan sepatu (juga jilbab saat sudah berhijab), kepikiran pengen punya baju model begini dipadanin sama model ini lucu kalik ya… Maw jadi fashion designer, belajar lagi…hmm bole dipikirin deh next time :wink: Coba jahit di orang banyak ga puasnya, belom nunggunya, belom cerewet minta permak ini ituh, mending belajar sendiri :) btw, tau ga situs yang cool buat nyalurin aspirasi desainer pakaian tak kesampaian (halaah :wink: ) coba di polyvore deh, nanti deh kuaplot hasil mix match-ku… So udah lulus kursus menjahit dasar (alhamdulillah menghasilkan 1 blus, 1 rok, 1 gamis) keinginan buat lanjut belajar nyulamnya juga jalan. Sempet kursus sulam pita dan punya beberapa koleksi buku-bukunya, nyoba-nyoba dikit, ah insyaAllah bisa deh :grin:
aplikasi sulam pita pink fuchsia kombinasi lilac di mukena katun kombinasi garis, bagus banget yak (bisa didapetin di mukena katun garis koleksi)

aplikasi sulam pita pink fuchsia kombinasi lilac di mukena katun kombinasi garis, bagus banget yak (bisa didapetin di mukena katun garis koleksi)

aplikasi sulam pita pink fuchsia kombinasi lilac di mukena katun kombinasi garis, bagus banget yak (bisa didapetin di mukena katun garis koleksi www.lanaline.com)  
Tapi untuk bisnis ini blom produksi sendiri, coz masih repot (hehe alasan :wink: ) jadi masih ngambil dari perajin, sambil ngumpulin supplier-supplier produk sulaman yang eksklusif, maksutna yang produknya ga pasaran, dan dikerjakan dengan touch of art si perajin, biar hasilnya insyaAllah ada personal, art and touchy value-nya. Makanya gag heran, sebagian besar produk lanaline, juga kupake sendiri (hihi ga maw rugi). Kayak jilbab katun paris sulam benangnya, baju dan tunik sulam benang, mukena katun sulam pita, mukena katun paris bordir, mukena sutra plisket sulam pita, mukena sutra kombinasi sulam pita, mukena sutra renda sulam pita, semwa akyu punyaaa…Sekalian jadi manekin berjalan, kan kalo orang nanya wah jilbabnya bagus, beli dimana? Produk lanaline dong :grin: Niy salah satu yang kusuka, sulaman warna pastelnya soft banget cucok dipadupadan sama jilbab paris yang lagi ngetren, warna-warni pastel masuk aja tuh :grin:
blouse putih sulam benang lengan balon, cuakep banget sulamannya (koleksi) :)

blouse putih sulam benang lengan balon, cuakep banget sulamannya (koleksi) :)

PS. Dalam waktu dekat maw ngaktifin lagi mesin jahit digitalku buat ngewujudin ide-ide segar dari pola-pola yang bertebaran di burdastyle. So inspiring :smile:

Tags: biz, embroidery, hobby, jahit-menjahit, kerajinan tangan, mix match, sulam benang, sulam pita, sulam-menyulam
 

Diluncurkan…


Bismillahirrahmanirrahim…

Barengan sama ulbulnya Lana yang ke11, bunda maw nge-(re-)launch online biz sulamannya, sekarang ada webnya lanaline :razz: Maap ya kalo masih berantakan, maklum yang ngerjain orang HSE bukan orang IT (cuma istri orang IT :wink: ), ngerjainnya juga disela-sela ngasuh bebeLana, pas dah bobo, ato tengah malem diem-diem :smile: Sekarang lagi beresin pembukuannya. Duh, ini bikin keringet dingin nich, secara dulu pas sekolah paling alergong sama akuntansi, tapi ya sekarang mau ga mau harus belajar (sedikit), kalo memang maw ngerasain bisnis beneran. Ayo kuatkan diri hihi… :wink: Alhamdulillah udah mulai ada pesanan, mudah-mudahan jadi rezeki yang berkah, amin! :grin:

Eh ada juga yang di multiply, berkunjung ya, yuukkk mareee…
 
Tags: biz, hobi, jahit-menjahit, lanaline, sulam benang, sulam pita, sulam-menyulam

Let’s go creative

Gara-gara beli baju mini dress gituh dari M*LM S*vero yang tiada enak dipakai (heheu… :oops: maap), atasnya dari bahan katun gingham kotak-kotak hijau dipadu sama batik lawas warna kecoklatan buat bawahannya (ntar potonya ku-uplod yach), jadi pengen punya lagi batik dengan desain kontemporer :cool: langsung deh rasanya pengen terbang ke ITC Cempaka Mas, dimana tempat batiknya dulu pernah kuputer-puterin waktu nyari kain maw nikah. Ah tapi dasar waktu itu aku masih once, taunya batik tho’, jenis batik apa kaga ngarti…sekarang juga masih ga ngarti sech, cuma sekarang lebih menghargai :smile: woosh, apaan sech…

Maen ke jelita-nya Mba Novi eh ada batik katun dobbi lucu, coba pesen ah, tapi blom transfer siy otomatis blom ada barang juga ding hihi…eh kepikiran pengen punya batik yang kembaran sama ayah dan lana, kayak model sarimbitan gituh dech. Manataw bisa buat lebaran :) Eh inget-inget si Uda Wira penjait-yang-udah-lumayan-cocok-tapi-bikinnya-berbulan-bulan di Pasar Sunan Giri sana, pasti dah kebanjiran order nich maw lebaran gini, wah bisa-bisa nunggunya gering juga. Padahal ada beberapa baju yang dibeli dikala hamil (was on size XXL!) pengen dikecilin ga sempet-sempet kesananya. Kenapa ga gw coba jahit sendiri ajah tuh kain batik, kan akyu punya pengalaman waktu kursus jahit…udah menghasilkan kemeja, dress sama rok (girang) :grin:

Jadi inget masa-masa kursus menjahit di Monalita Pasar Sunan Giri dulu…ah…masa-masa muda, temenannya aja ma Puji temen ngaji di YISC dulu yang hobi dan kebetulan wajahnya mirip ma pemain film Korea (inget masa-masa nungguin Rain di Full House ma nangis-nangisnya *halah*) :shy:

Dulu niat banget lho belajar jahit…kan niatnya maw buka butik onlen, supaya ga once-once amat, yah belajarlah teknik dasar menjahit sekalian beli mesin jahit digital yang untuk ukuran waktu itu mehel bow…3,9 juta :shock: heheu sekarang tuch mesin teronggok tak berdaya aduh… Pernah juga niat banget kursus sulam pita nun jau
h di belakang terminal Senen sana hehe untung bareng-bareng sama temen-temen kul

Wah mumpung selain kerja dan ngurus anak, pas wiken kan ga ada kerjaan ya, coba lagi ah jahit menjahit, sulam menyulam…sulam pita dan benang, woow daku seneng bangets tuch :mrgreen: Apalagi pas bros-bros nemu web hobikriya, blog-nya chez-vies, burdastyle, totallytutorials …wah wah jadi semangat lagi ngutak-ngutik kembali jahitan dan perintilannya…

Ini niy contekan dari dydy, admin web hobikriya yang bikin semangat lagi buka kotak jahitankuw

    Gunting Kain Jadikan Gaun

    “Kerja, kerja, ayo kita kerja,
    Gunting kain, jadikan gaun…”
    Sepenggal lirik lagu dari film Cinderella-nya Ira Maya Sopha tahun 80an itu menjadi ide tulisan saya. Dari kain menjadi gaun atau jenis pakaian lainnya, bagaimana prosesnya?

    Kita tahu pakaian terbuat dari kain, tapi bagaimana prosesnya hingga kain itu ‘berubah bentuk’ menjadi gaun, blus, rok, kemeja, atau jenis pakaian lainnya? Selama ini kita hanya tahu beres saja, beli di toko atau berikan ke penjahit.

    Agar si kain menjadi pakaian, secara umum ada beberapa tahapan :

    1. Desain/rancangan
    Pakaian yang kita ingin wujudkan dari kain tadi, harus jelas dulu desain atau rancangannya. Kita dapat merancangnya sendiri atau mengambil rancangan yang sudah ada, misalnya dari majalah.

     2. Pola
    Setiap potongan pakaian ada polanya yang tertentu. Untuk membuat pola sendiri dibutuhkan pengetahuan khusus pattern making. Bagi yang tidak dapat membuat pola sendiri, beberapa majalah wanita menyediakan lampiran pola untuk beberapa halaman modenya. Di luar negeri bahkan banyak majalah khusus membuat pakaian, jadi semua pakaian yang ada di dalamnya dilampirkan polanya.

    3. Potong
    Kain tadi dipotong sesuai pola. Memotong kain pun tidak sembarangan. Pola diusahakan diatur sedemikian rupa sehingga kain terpakai secara optimal, dan tidak banyak yang terbuang. Hal ini akan sangat terasa jika membuat pakaian dalam jumlah banyak.

    4. Jahit

    Kain yang telah dipotong sesuai pola tadi kemudian disambung – sambungkan sehingga membentuk pakaian yang diinginkan. Dalam proses ini diterapkan berbagai teknik menjahit, misalnya bagaimana memasang saku, menyambungkan lengan agar rapi, dan lain-lain.

    5. Finishing
    Mungkin ada pakaian-pakaian yang masih perlu diolah lagi setelah dijahit. Misalnya dipasang kancingnya, atau ditambahkan sula
man atau dekorasi lainnya. Di sini semuanya diselesaikan.

    Begitulah perjalanan si kain menjadi si gaun…

KERAJINAN MENJAHIT SULAMAN [download]

buka mesin jahit : https://lanaline.wordpress.com/tag/sulam-menyulam/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajinan menjahit dan menyulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment