, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan Tekstil Tenun

Kerajinan Tekstil Tenun

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kerajinan Tekstil Tenun


nama jenis kerajinan tekstil - Pakaian orang-orang jaman dahulu sangat berbeda dari pakaian yang kita pakai sekarang. Dulu orang-orang menggunakan kulit kayu sebagai alat pelindung tubuh mereka. Bersyukurlah kita karena pada jaman kita sekarang ini manusia telah bisa mengolah sumber daya alam menjadi bahan tekstil untuk pakaian kita sebagai pengganti kulit kayu. Industri kain tekstil terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Dan jenis tekstil yang diproduksi juga bermacam-macam. Salah satu kerajinan tekstil yang menyimpan nilai sejarah adalah kerajinan tekstil tenun yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Beberapa Negara penghasil kerajinan tekstil tenun sebelum Indonesia adalah Cina, Mesir, dan India. Di Indonesia sendiri keraajinan tekstil tenun dikenal sejak jaman Neoliticum.
    • Hasil gambar untuk nama jenis kerajinan tekstil
    • Hasil gambar untuk nama jenis kerajinan tekstil
    • Hasil gambar untuk nama jenis kerajinan tekstil
    • Hasil gambar untuk nama jenis kerajinan tekstil
    • Hasil gambar untuk nama jenis kerajinan tekstil
    Gambar lainnya untuk nama jenis kerajinan tekstil
Di Indonesia, perkembangan kerajinan tekstil tenun terus berjalan dan tersebar di berbagai daerah. Pasalnya, Indonesia adalah Negara paling kaya akan ragam kain tenun karena produk kain tenun di setiap daerah memiliki corak dan motif khas masing-masing yang mencerminkan cirikhas dan budaya daerah asal. Seorang pengamat kerajinan tekstil bernama Joseph Fisher menyatakan dalam bukunya yang berjudul “Threads of Tradition: Textiles of Indonesia and Serawak” bahwa kerajinan tekstil tenun yang paling kaya di dunia adalah karya anak Indonesia.
Daerah-daerah di Indonesia yang terus mengembangkan kerajinan teksti tenun antara lain Lombok, Bali, Sumatera, Sumba, Sumbawa, dan lain-lain. Salah satu kerajinan tenun karya anak bangsa juga telah meraih prestasi dalam pameran kerajinan internasional yang diikuti oleh dua belas Negara di Jakarta pada tahun 1985, yaitu tenun ikat Sumba dari Nusa Tenggara Timur.
Keberadaan kerajinan tekstil tenun sekarang ini tak hanya untuk pelindung tubuh dari pengaruh alam, atau untuk estetika, ataupun status sosial, tetapi juga sebagai sebuah simbol. Symbol tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat dalam hubungan vertical (hubungan dengan Tuhan) maupun hubungan horizontal (hubungan dengan sesa
ma). Kain tenun juga sarat dengan konsep sosioreligi seperti pakaian adat, upacara keagamaan, hadiah dan lain sebagainya.

Harga produk kerajina tekstil tenun memang relatif mahal karena proses pembuatannya yang sangat lama dan cukup rumit, juga bahan-bahan pewarnanya yang alami dari tumbuh-tumbuhan. Seiring berkembangnya kerajinan tekstil tenun, jenis tenun juga bertambah, di antaranya tenun ikat dan tenun songket.
Tenun ikat adalah jenis kerajinan tekstil tenun yang ditenun dari helaian benang pakan dan benang lungsin yang sebelumnya diikat dengan tali plastik lalu dicelupkan ke dalam pewarna. Bagian benang yang diikat dengan plastik tersebut tidak akan terwarnai sehingga setelah kering akan membentuk pola yang akan menghasilkan motif yang diinginkan.

Sedangkan tenun songket adalah jenis tenun khas Melayu. Berbeda dengan tenun ikat, cara pembuatan motif pada songket adalah menggunakan benang emas atau perak dengan mengaitkan dan mengambil sejumput kain kemudian diselipkan benang emas.

Indonesia memang kaya akan kerajinan tekstil tenun. Keindahan dan nilai budaya yang terkandung di dalamnya akan membuat orang yang memakai kain tenun terlihat berbeda dan menarik. Bagi anda yang ingin memiliki kain tenun, silahk
an kunjungi katalog kami dan hubungi kami. Kami bersedia melayani anda dengan senang hati.

buka mesin jahit : http://www.tenunikatindonesia.com/kerajinan-tekstil-tenun/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang nama jenis kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MENGGAMBAR RAGAM HIAS GEOMETRIS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment