, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Rekayasa Budidaya Pengolahan Kerajinan Prakarya dan Kewirausahaan

 Rekayasa Budidaya Pengolahan Kerajinan Prakarya dan Kewirausahaan

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Rekayasa Budidaya Pengolahan Kerajinan Prakarya dan Kewirausahaan



nama jenis produk kerajinan tekstil beserta gambar dan komentarnya - 6. Nilai yang dihidupkan melalui Prakarya dan Kewirausahaan 6Percaya Diri Perasaan positif terhadap diri sendiri, dan keyakinan akan kemampuan diri dalam melakukan suatu hal yang didasari atas kemampuan mengevaluasi dan pengenalan terhadap potensi diri sendiri. Kepercayaan diri dibutuhkan untuk memulai kerja dan usaha. Kreativitas Kemampuan untuk memiliki pemikiran yang baru, berbeda, dan beragam untuk memecahkan suatu masalah. Kreativitas memerlukan kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kreativitas dapat muncul dari sikap mental yang tidak kaku, penuh toleransi serta ketertarikan kepada hal yang baru dan belum diketahui. Tekun Sikap bersungguh-sungguh, teliti, sabar dan terus-menerus dalam melakukan suatu pekerjaan. Ketekunan dalam bekerja dibutuhkan untuk menghasilkan karya produk yang baik dan berkualitas tinggi. Jujur Sikap positif yang ditunjukan dengan keselarasan kata dan perbuatan, menga-takan kebenaran dan tidak melakukan kebohongan. Sikap jujur akan mendatangkan ketenangan pikiran dan kepercayaan dari lingkungan. Pantang Menyerah Sikap bertahan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi tantangan dan kega-galan. Sikap tersebut didasari oleh motivasi dan keinginan yang kuat, serta keper-cayaan diri. Kerjasama Kemampuan bekerjasama mutlak dimiliki untuk dapat menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat. Kemampuan bekerjasama dilandasi dengan toleransi yaitu sikap untuk menghargai perbedaan. vi Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1
7. Prakarya dan Kewirausahaan 1 Kerajinan Kerajinan atau dalam bahasa Inggris kita kenal dengan handicraft, dapat dipahami sebagai produk yang menuntut keterampilan tangan. Produk kerajinan adalah produk yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan keterampilan berpikir dalam mengolah suatu bahan atau material sehingga menghasilkan estetika atau keindahan sekaligus fungsi tertentu. Produk kerajinan memiliki nilai yang tinggi karena menuntut kemampuan berkarya menggunakan keterampilan tangan, baik tanpa menggunakan alat bantu maupun dengan menggunakan alat bantu sederhana. Prakarya kerajinan akan mengajak kita mengenali karakter material dan teknik pengolahannya untuk menghasilkan estetika atau keindahan. Pemahaman tentang seluk beluk suatu kerajinan akan membuat kita dapat mengapresiasi dan menghargainya. Pada kerajinan, keterampilan tangan harus disertai dengan ketelitian, kesungguhan, dan kesabaran dalam melakukan prosedur atau tahap-tahap pengerjaan produk agar dapat dihasilkan produk yang baik dan berkualitas. Kerajinan pada prosesnya melibatkan sekumpulan orang yang bekerja bersama dengan penuh toleransi, dan semangat kebersamaan. Kerajinan umumnya dihasilkan dari material yang khas dari daerah tersebut. Pengembangan kerajinan dapat didukung oleh penciptaan alat bantu sederhana yang baru, sistem kerja yang tepat yang mendukung kelestarian lingkungan, kemasan yang baik serta informasi yang lengkap tentang produk kerajinan tersebut. Sehingga kerajinan diapresiasi dengan lebih baik lagi oleh masyarakat luas. Kerajinan yang berkualitas, mengangkat kekhasan daerah, dan dilakukan oleh masyarakatnya memiliki nilai jual yang tinggi, dan dapat dimanfaatkan untuk lingkungan dan kesejahteraan bersama. Kerajinan
8. PETA MATERI Kerajinan dan Wirausaha Tekstil Tujuan pembelajaran: Setelah mempelajari bab ini, peserta didik mampu: 1. Mengapresiasi keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya
sebagai anugerah Tuhan 2. Mengidentikasi karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan ketersediaan sumber daya alam yang tersedia 3. Menganalisis proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat dan jiwa wirausaha kerajinan melalui pengamatan dari berbagai sumber 4. Membuat karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur 5. Menyajikan hasil analisis sikap dan perilaku wirausaha kerajinan tekstil 2 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Kerajinan dan Wirausahaha Tekstil Mengenal Kerajinan Tekstil Materuial Tekstil, Bahan Pewarna dan Aksesori Proses dan Alat Produksi Kerajinan Tekstil Membuat Produk Kerajinan Tekstil Cara Merancang Kerajinan Tekstil Pengemasan dan Perawatan Kerajinan Tekstil Wirausaha di Bidang Kerajinan Tekstil
9. Kerajinan dan Wirausaha Tekstil Prakarya dan Kewirausahaan 3 BAB 1 A. Mengenal Kerajinan Tekstil Pengertian kata tekstil adalah jalinan antara lungsin dan pakan atau dapat dika-takan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain, tenunan dan rajutan. Tekstil dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari, yaitu kain biasa digunakan untuk pakaian sebagai kebutuhan sandang, sprei pelapis tempat tidur dan sarung bantal, taplak meja, kain yang dijahit menjadi tas dan produk kerajinan lainnya. Kerajinan tekstil di Indonesia dapat dibagi menjadi kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional. Kerajinan tekstil modern banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau fungsional, sedangkan kerajinan tekstil tradisional umumnya memiliki makna simbolis dan digunakan juga untuk kebu-tuhan upacara tradisional. Perkembangan saat ini para perancang atau desainer mulai memanfaatkan kembali kain tradisional Indonesia pada karya-karyanya. Para perancang atau desainer berusaha mengembangkan ide dari tekstil Indonesia agar menjadi lebih dikenal luas di masyarakat, baik di Indonesia maupun di dunia. Kerajinan Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 1.1 Fungsi kerajinan tekstil modern dan tradisional
10. 1. Kerajinan Tekstil Modern Karya kerajinan tekstil, secara fungsi dapat dibagi sebagai berikut : 1) Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang dan fashion a) Busana b) Aksesoris c) Sepatu d) Topi e) Tas 2) Sebagai pelengkap interior a) Kain tirai b) Kain salut kursi c) Perlengkapan rumah tangga (cempal, alas makan dan minum, tudung saji, sarung bantal, sprei, keset, lap, dll) d) Aksesori ruangan (wadah tissue, taplak, hiasan dekorasi ruangan, kap lampu, dll) 3) Sebagai wadah dan pelindung benda a) Tas laptop b) Aneka tas C) Aneka wadah D) Aneka dompet E) dan lain-lain 4 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber : Dokumen Kemdikbud Gambar 1.1 Tas, sarung bantal dan alas makan dari tekstil
11. Prakarya dan Kewirausahaan 5 Kerajinan Sumber: http://helenrawlinson.bigcartel.com/ http://retaildesignblog.net/2012/03/08/suzusan-lighting-by-hiroyuki-murase/ Gambar 1.2 Kap lampu dari tekstil Tugas 1 Dilakukan individual dalam sebuah buku tugas. 1. Perhatikan produk-produk kerajinan tekstil sekelilingmu. 2. Buatlah tabel untuk mendokumentasikan produk kerajinan tekstil dengan format berikut ini. No Nama Jenis Kerajinan Tekstil 3. Guntinglah beberapa gambar dari surat kabar, majalah, tabloid dan media cetak lainnya atau internet, untuk direkatkan pada kolom gambar pada tabel di atas. 4. Tuliskan komentarmu tentang produk-produk kerajinan tekstil tersebut 5. Ceritakan apresiasimu terhadap karya kerajinan tekstil di depan teman-teman satu kelas. Dokumentasi/ Gambar 1 Nama jenis produk kerajinan tekstil Contoh gambar 1 2 Nama jenis produk kerajinan tekstil Contoh gambar 2 3 Nama jenis produk kerajinan tekstil Contoh gambar 3 4 Nama jenis produk kerajinan tekstil Contoh gambar 4 5 Nama jenis produk kerajinan tekstil Contoh gambar 5
12. Produk kerajinan umumnya memanfaatkan bahan baku yang tersedia dan dihasilkan melalui keterampilan tangan dengan alat bantu sederhana serta diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Oleh sebab itu karya kerajinan biasanya mempunyai ciri khas dari daerah yang membuatnya, demikian pula dengan produk kerajinan tekstil. Keragaman bahan baku dan keterampilan daerah di Indonesia menghasilkan keragaman produk kerajinan tekstil Indonesia. Produk kerajinan tekstil merupakan salah satu sumber budaya bangsa Indonesia yang dapat menjaga dan melestarikan keberadaan budaya setempat dan dikem-bangkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk dapat mengembang-kan tekstil tradisional Indonesia, kita harus mengenalnya lebih dalam. 2. Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia Karya kerajinan tekstil tradisional Indonesia, secara fungsi dapat dibagi sebagai berikut. 1) Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang yang melindungi tubuh, seperti kain panjang, sarung dan baju daerah 2) Sebagain alat bantu atau alat rumah tangga, seperti kain gendongan bayi dan untuk membawa barang 3) Sebagai alat ritual (busana khusus ritual tradisi tertentu), contohnya, a) Kain tenun Ulos b) Kain pembungkus kafan batik motif doa c) Kain ikat celup Indonesia Timur (penutup jenazah) d) Kain Tapis untuk pernikahan masyarakat daerah Lampung e) Kain Cepuk untuk ritual adat di Pulau Nusa Penida f ) Kain Songket untuk pernikahan dan khitanan g) Kain Poleng dari Bali untuk acara ruwatan (penyucian) 6 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: https://encrypted-tbn3.gstatic.com Gambar 1.3 Aneka ragam tekstil Indonesia, diantaranya tenun dan sarung
13. Tekstil tradisional Indonesia berkembang dengan kreativitas setempat baik pengaruh dari suku maupun bangsa lain. Secara geogras, posisi Indonesia terletak pada persimpangan kebudayaan besar, antara dua benua Asia dan Australia, serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasik. Gelombang kontak perdagangan yang melewati wilayah negara kepulauan Indonesia memberikan pengaruh dan mengakibatkan akulturasi (percampuran) budaya yang tampak pada pengembangan karya kerajinan tekstil di Indonesia. Kain-kain tradisional di wilayah kepulauan Indonesia ini pada awalnya merupakan alat tukar/ barter yang dibawa oleh pedagang pendatang dengan penduduk asli saat membeli hasil bumi dan rempah-rempah di Indonesia. Sekitar abad ke-15 Masehi, pedagang muslim Arab dan India melakukan kontak dagang dengan mendatangi pulau Jawa dan Sumatra. Pengaruh Islam secara langsung dapat dilihat pada tekstil Indonesia. Beberapa batik yang dibuat di Jambi dan Palembang di Sumatra, serta di Utara Jawa, dibuat dengan menggunakan ayat-ayat yang berasal dari bahasa Arab Al Qur’an. Di Indonesia juga terdapat kain sarung kotak-kotak dan polos yang banyak digunakan di Semenanjung Arab, Timur Laut Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasik. Pada abad ke-13 pedagang Gujarat memperkenalkan Patola, yaitu kain dengan teknik tenun ikat ganda dari benang sutra yang merupakan busana Gujarat, Barat Laut India. Proses pembuatan kain Patola sangat rumit sehingga di India kain ini digunakan dalam berbagai upacara yang berhubungan dengan kehidupan manusia, seperti kelahiran, perkawinan dan kematian juga sebagai penolak bala. Prakarya dan Kewirausahaan 7 Kerajinan Sumber: Buku Batik Motif Jawa, Yoshimoto Gambar 1.4 Motif batik dengan tulisan atau motif budaya Islam Arab
14. Melalui perdagangan dengan bangsa Gujarat, keberadaan kain Patola terse-bar luas di kepulauan Nusantara. Kain Patola umumnya hanya dimiliki oleh kalangan terbatas. Penduduk setempat yang telah memiliki keterampilan menenun pun mencoba mereproduksi kain yang sangat berharga tersebut dengan tenun ikat pakan. Di Maluku, kain ini sangat dihargai dan dikenakan dengan cara dililitkan di pinggang atau leher. Para penenun di Nusa Tenggara Timur mengembangkan corak kain tenun yang dipengaruhi oleh corak yang terdapat pada kain Patola, dengan corak yang berbeda untuk raja, pejabat, dan kepala adat dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dikenakan pada upacara–upacara adat. Kain Patola dari Lio NTT ini ada yang dibuat sepanjang 4 meter yang disebut katipa berfungsi sebagai penutup jenazah. 8 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: ‘Kain ‘ penerbit Dian Rakyat Gambar 1.5 Kain Tenun Patola dari Gujarat Sumber: ‘Kain ‘ penerbit Dian Rakyat Gambar 1.6 Kain Tenun Sinde Lio
15. Motif Patola juga dikembangkan menjadi kain Cinde di daerah Jawa Tengah. Kain Cinde tidak dibuat dengan teknik tenun ikat ganda, tetapi dibuat dengan teknik direct print, cap atau sablon. Kain ini digunakan sebagai celana dan kain panjang untuk upacara adat, ikat pinggang untuk pernikahan, serta kemben dan selendang untuk menari. Kain serupa terdapat pula di Palembang, disebut kain Sembagi. Sembagi yang berwarna terang digunakan pada upacara mandi pengantin dan hiasan dinding pada upacara adat. Kain Sembagi yang berwarna gelap digunakan untuk penutup jenazah. Motif Patola memengaruhi motif batik Jlamprang yang berwarna cerah yang berkembang di Pekalongan, dan motif Nitik yang berkembang di Yogyakarta dan Surakarta yang berwarna sogan (kecokelatan), indigo (biru), kuning dan putih. Corak Patola juga berkembang di Pontianak, Gorontalo, dan kain tenun Bentenan di Menado. Prakarya dan Kewirausahaan 9 Kerajinan Sumber: Traditional Indonesia Textiles by John Gillow Gambar 1.7 Sultan Daerah Istimewa Yogyakarta bercelana panjang motif patola Sumber: Museum Batik Pekalongan dan Fashion Magazine Gambar 1.8 Motif batik jlamprang dan nitik
16. Kain dengan teknik tenun ikat ganda dibuat di Desa Tenganan Pegeringsingan di Bali. Kain sakral tersebut dikenal dengan nama kain Gringsing yang artinya bersinar. Teknik tenun ikat ganda hanya dibuat di tiga daerah di dunia, yaitu di Desa Tenganan Bali, Indonesia (kain Gringsing), di Kepulauan Okinawa, Jepang (tate-yoko gasuri) dan Gujarat India (kain Patola). Teknik tenun ikat ganda adalah tenun yang kedua arah benangnya, baik benang pada lungsin maupun pakan diwarnai dengan teknik rintang warna untuk membentuk motif tertentu. Kreativitas bangsa Indonesia mampu mengembangkan satu jenis kain tenun Patola Gujarat menjadi beragam tekstil yang sangat indah di seluruh daerah di Indonesia. Contoh perkembangan kain Patola ini hanya salah satu dari bukti kreativitas tinggi yang dimiliki oleh bangsa kita. Pada tekstil tradisional, selain untuk memenuhi kebutuhan sandang, juga memiliki makna simbolis di balik fungsi utamanya. Beberapa kain tradisional Indonesia dibuat untuk memenuhi keinginan penggunanya untuk menunjuk-kan status sosial maupun kedudukannya dalam masyarakat melalui simbol-simbol bentuk ragam hias dan pemilihan warna. Selain itu ada pula kain tradisional Indonesia yang dikerjakan dengan melantunkan doa dan menghi-asinya dengan penggalan kata maupun kalimat doa sebagai ragam hiasnya. Tujuannya, agar yang mengenakan kain tersebut diberi kesehatan, kesela-matan, dan dilindungi dari marabahaya. 10 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: ‘Kain ‘ penerbit Dian Rakyat Gambar 1.9 Kain Tenun Gringsing Nilai Simbolik Status sosial, ekonomi, pendidikan, profesi, dll.
17. Kain tradisional Indonesia dibuat dengan ketekunan, kecermatan yang teliti dalam menyusun ragam hias, corak warna maupun maknanya. Akibatnya, kain Indonesia yang dihasilkan mengundang kekaguman dunia internasional karena kandungan nilai estetikanya yang tinggi. 3. Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern Pada kerajinan tekstil, estetika atau keindahannya dimunculkan oleh bentuk kerajinan, tekstur material, warna serta yang paling menonjol adalah ragam hiasnya. Ragam hias dan warna pada tekstil tradisional umumnya memiliki simbol dan makna tertentu, sedangkan pada tekstil modern ragam hias cenderung berfungsi sebagai nilai tambah estetika atau keindahan. Prakarya dan Kewirausahaan 11 Kerajinan Tugas 2 Mengenali Makna Simbol Kain Tradisional Dikerjakan berkelompok, terdiri atas maksimal 5 orang. 1) Tiap kelompok mencari dan membawa minimal 3 contoh kain tradisional Contoh kain tradisional : 2) Tiap kelompok mempresentasikan makna simbolik, fungsi dan mempe-ragakan cara mengenakan kain tradisional tersebut. 3) Bukalah kesempatan diskusi dengan teman sekelas sehingga dapat melihat kekayaan budaya Indonesia. 4) Catatlah komentar teman sekelas dan buatlah rangkuman dari hasil kegiatan presentasi tersebut pada buku tugas. 5) Lengkapi dengan dokumentasi kegiatan saat mengerjakan tugas ini.
18. a. Ragam Hias Murni, ialah ragam hias yang hanya berfungsi untuk memberi nilai tambah estetika pada benda tersebut dan tidak berhubungan dengan nilai fungsi benda tersebut. b. Ragam Hias Simbolis, ialah ragam hias yang selain berfungsi memperindah juga memiliki makna tertentu yang bersumber dari adat istiadat, agama maupun sistem sosial, yang harus ditaati norma-normanya untuk meng-hindari salah pengertian bagi pengguna ragam hias tersebut. Contoh ragam hias ini di antaranya kaligra, ragam hias pohon hayat, ragam hias burung phoenix, ragam hias swastika, dan sebagainya. 12 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Gambar 1.10 Ragam hias murni Sumber: Buku Batik Motif Jawa by Yoshimoto Gambar 1.11 Simbol dari pedang Dzul Fiqar, yang diabadikan dalam bentuk motif batik periode awal masuknya budaya Islam Arab di bumi Nusantara
19. Secara garis besar, ragam hias pada masyarakat yang hidup di pesisir pantai banyak menggunakan bentuk-bentuk binatang laut, maupun bentuk alam seperti awan, bintang, bulan dan matahari. Masyarakat yang tinggal di tepi hutan dan pegunungan banyak menggunakan ragam hias dari bentuk tumbuh-tumbuhan, buah, burung, dan serangga yang sering mereka jumpai di lingkungannya. Namun, tidak tertutup kemungkinan sumber inspirasi ragam hias bercampur di suatu wilayah. Adapun bentuk-bentuk ragam hias yang dibuat dengan mengambil inspirasi dari lingkungan alam sekitar biasanya yang memberikan manfaat dan berguna bagi kehidupan suatu suku bangsa. Akibatnya, bentuk motif suatu daerah memiliki kandungan makna loso kehidupan suku bangsa tersebut. Prakarya dan Kewirausahaan 13 Kerajinan Sumber: Buku Batik Motif Jawa by Yoshimoto Gambar 1.12 Motif batik dengan tulisan Arab Sumber: “Traditional Indone
sia Textiles” by John Gillow Gambar 1.13 Motif batik yang mengambil inspirasi ora dan fauna
20. Ragam hias di Indonesia, berdasarkan pada pola dan bentuk visualnya, dibagi dalam klasikasi sebagai berikut. a. Ragam Hias Geometris adalah ragam hias yang mengulang suatu bentuk baku tertentu dengan ukuran tertentu dalam komposisi yang seimbang pada seluruh sisinya. 14 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: Kemendikbud 2013 Gambar 1.16 Ragam Hias Geometris Gambar 1.14 Kain Iban pua-kumbu, Kalimantan, teknik tenun-ikat, benang katun, sebagai kain kesuburan Gambar 1.15 Kain Seko Mandi, teknik tenun-ikat, benang katun, sebagai kain penutup jasad (kematian)
21. Prakarya dan Kewirausahaan 15 b. Ragam Hias Tumbuh-tumbuhan adalah ragam hias yang mengambil inspirasi dari tumbuh-tumbuhan pada wilayah tertentu untuk dimodikasi menjadi ragam hias yang mencerminkan ciri khas wilayah tersebut. c. Ragam Hias Mahluk Hidup adalah ragam hias yang mengambil inspirasi dari mahluk hidup di darat, laut, dan udara pada wilayah tertentu dan dimo-di kasi menjadi ragam hias khas wilayah tersebut. Ragam hias ini biasanya dimasukkan dalam kelompok ragam hias untuk menggambarkan dunia tengah. Kerajinan Sumber: Kemendikbud 2013 Gambar 1.17 Ragam Hias Inspirasi Tumbuhan Sumber: http://id.wikipedia.org Gambar 1.19 Motif Batik Semen Romo, terdiri dari Elemen Dunia Bawah, Tengah, dan Atas. Sumber: Dokumentasi Kemdikbud Gambar 1.20 Batik dengan ragam hias dunia atas, tengah dan bawah di Kasepuhan Cirebon
22. e. Ragam Hias Dekoratif adalah ragam hias yang bersifat artisial dan biasanya merupakan penggabungan dari beberapa inspirasi ragam hias pada kelompok yang ada sebelumnya yang dimodikasi sehingga menjadi sebuah bentuk ragam hias yang baru dan memiliki nilai estetika tersendiri. Pola Ragam Hias : Desain ragam hias yang terdapat di wilayah Indonesia ini beberapa di antaranya sudah merupakan pola baku ragam hias wilayah tertentu. Desain ragam hias dapat dikelompokkan dalam jenis pola sebagai berikut. a. Jenis pola tunggal (pattern), yaitu bentuk pola yang disusun dengan ukuran yang berdiri sendiri tanpa diberi bentuk yang lain. b. Jenis pola ulang himpunan (assemblage), yaitu bentuk pola yang tiap bagian merupakan suatu kelompok dan kumpulan dari beberapa bentuk atau unsur yang masih bersifat satu kesatuan. c. Jenis pola ulang menyeluruh, yaitu ragam hias dengan kombinasi-kombi-nasi ulangan disertai dengan membubuhkan bentuk lain yang tidak tercak-up dalam kelompok tanpa merusak bentuk pokok dari ragam hias tersebut. Pola pada ragam hias biasanya terdiri atas ragam hias pokok, ragam hias pendukung, dan ragam hias isian atau pelengkap. Proses penataan ragam hias secara garis besar dapat dikelompokkan dalam proses sebagai berikut. a. Proses pengulangan sejajar, baik secara vertikal maupun horizontal, disusun dalam posisi yang sama, jarak dan ukuran yang sama. Proses terse-but sangat mudah dijumpai dalam ragam hias geometris sebagai desain tepi maupun dalam susunan diagonal dan sudut. 16 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.21 Ragam Hias Dekoratif
23. Kerajinan Gambar 1.22 Pola Proses Pengulangan Sejajar B. Proses pengulangan berpotongan, yaitu pada proses pembuatan motif saling bertumpangan dan berpotongan terhadap bidang gambar. Ragam hias pada tekstil tradisional pada umumnya menggunakan proses pengulangan yang disusun simetris. Pada tekstil modern, proses pengulangan ragam hias, baik yang sejajar maupun yang berpotongan, selain disusun secara simetris sering pula digunakan secara asimetris, bahkan bersifat acak. Prakarya dan Kewirausahaan 17 Gambar1.23 Pola Proses Pengulangan Berpotongan Tugas 3 Mengenali Jenis dan Pola Ragam Hias Tekstil Tradisional Indonesia Dikerjakan berkelompok, terdiri atas maksimal 5 orang. 1) Pada Tugas 2 setiap kelompok sudah memiliki minimal 3 buah kain tradisional. 2) Salinlah sebagian motif kain-kain tradisional tersebut ke dalam selembar kertas. 3) Diskusikan jenis pola dari dari kain tradisional tersebut, apakah termasuk jenis pola tunggal, pola ulang himpunan, atau pola ulang menyeluruh. 4) Diskusikan pula proses pembuatan motif, apakah menggunakan proses pengulangan sejajar, berpotongan, atau campuran keduanya.
24. B. Material Tekstil, Bahan Pewarna, dan Aksesori Produk kerajinan tekstil secara umum terdiri atas material tekstil, warna, dan aksesori yang digunakan pada kerajinan tekstil. Jenis tekstil dilihat dari asal usul bahan baku terdiri atas tekstil yang terbuat dari serat alam dan tekstil yang terbuat dari serat buatan (sintetis), serta semi sintetis (bahan alam yang diproses secara sintetis). Pewarna yang digunakan untuk pewarna tekstil juga ada yang berasal dari bahan alam dan sintetis. Pada kerajinan tekstil, kadang kala digunakan aksesori seperti kancing, manik-manik, ritsleting, dan lain-lain. Aksesori tersebut ada yang berbahan sintetis seperti plastik ada pula berbahan alami seperti kancing batok kelapa atau manik-manik dari batu. 1. Serat Serat alam yang digunakan untuk tekstil terdiri atas serat yang berasal dari tumbuhan di antaranya kapas, batang rami, nanas, batang pisang. Serat alami yang berasal dari hewan seperti wol dari bulu biri-biri dan sutra dari kepom-pong ulat sutra. Serat alami lainnya adalah serat dari logam seperti benang emas dan perak yang digunakan pada tenun Songket dan Tapis. Serat organik pada umumnya lebih mudah menyerap keringat, lebih terasa sejuk pada tubuh (tidak panas), namun mudah kusut sehingga memerlukan penyetrikaan panas, dan rentan terhadap jamur. Tekstil dengan bahan organik dapat rusak jika direndam pada deterjen selama lebih dari 2 jam. 18 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 1.2 Material pembentuk kerajinan tekstil
25. Serat bahan sintetis berasal dari polyester (serupa dengan plastik), yaitu nilon, acrilyc, spandex, dan lain-lainnya. Serat sintetis memiliki elastisitas yang baik sehingga tidak mudah kusut dan tidak memerlukan penyetrikaan panas, namun daya serapnya rendah sehingga kurang nyaman dan kurang terasa sejuk pada tubuh. Tekstil dari serat sintetis tahan terhadap bakteri dan jamur serta tahan terhadap pelarut organik dan kimia/dry cleaning. Selain serat organik dan sintetis, terdapat juga serat semi sintetis dan serat campuran. Serat semi sintetis adalah serat rayon yang terbuat dari polimer dari bahan organik karena tidak sepenuhnya organik dan namun tidak sepenuhnya sintetis. Serat campuran, dibuat dari bahan campuran organik dan sintetis, untuk mengurangi kelemahan dari sifat salah satu bahan. Prakarya dan Kewirausahaan 19 Kerajinan Sumber: Kemendikbud 2013 Gambar 1.24 Tekstil dengan Serat Alam Sumber: http://www.tradekorea.com/products/shirt_fabric.html Gambar 1.25 Tekstil dengan Serat Sintetis
26. 2. Pewarna Perwarna tekstil terdiri atas zat pewarna alam dan zat pewarna sintetis. Zat pewarna alam berasal dari tumbuhan atau hewan. Tekstil tradisional Indonesia pada zaman dahulu menggunakan pewarna alam seperti daun pohon nila (indofera), kulit pohon soga tingi (Ceriops candolleana arn), kayu tegeran (Cudraina javanensis), kunyit (Curcuma), teh (tea), akar mengkudu (Morinda citrifelia) yang menghasilkan warna merah, berasal dari Timur Tengah dan dibawa ke kepulauan Indonesia melalui pedagang India, kulit soga jambal (Pelthophorum ferruginum), kesumba (Bixa orelana), daun jambu biji (Psidium guajava). Pewarna alami mudah diserap oleh tekstil dari bahan alami, terutama sutra, namun tidak oleh tekstil dengan bahan sintetis. Zat pewarna sintetis adalah zat pewarna buatan yang dibuat dari ter arang baru bara atau minyak bumi. Zat warna sintetis lebih mudah diperoleh di pasaran, memiliki keragaman warna lebih banyak, dan menyediakan warna terang. Zat warna sintetis dapat menghasilkan warna yang konsisten atau sama, dan mudah diserap oleh tekstil dengan serat alami maupun tekstil dengan serat sintetis. Kelemahan pewarna sintetis adalah belum tentu aman untuk manusia dan alam. 20 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: http://infotanam.blogspot.com/2013/10/potensi-tanaman-kesumba-untuk-pewarna.html Gambar 1.26 Biji Kesumba
27. Prakarya dan Kewirausahaan 21 3. Aksesori Aksesori ditambahkan pada produk kerajinan tekstil untuk memberikan fungsi dan estetika. Seperti halnya serat dan pewarna, aksesori kerajinan tekstil juga dapat dibagi menjadi berbahan alami dan berbahan sintetis. Pada tekstil tradisional, aksesori dapat berupa manik-manik yang terbuat dari batu, dari kerang, atau gigi hewan. Pada kerajinan tekstil modern, penggunaan aksesori lebih beragam seperti kancing, gesper, ritsleting, velco, dakron atau busa pelapis dan lain-lain. Bahan aksesori modern dapat terbuat dari batu, batok kelapa, kerang, logam, maupun plastik. Kerajinan Sumber: http://www.zenakruzick.com/ indonesian-tribal-art/indonesian_tribal_ art-vest_dayak-1637details.htm Gambar 1.27 Kerajinan tekstil tradisional Dayak Iban menggunakan aksesori dari kerang dan manik-manik batu Sumber: http://www.weddingdressesmall.co.uk/ prom-dresses/silk-jewels-and-matching-natural-stone- embellishments-neckline-bodice-tea-length- prom-dress-2619.html Gambar 1.28 Busana modern yang dihiasi dengan aksesori batu alam Sumber: http://www.etsy.com/market/plastic_button, http://www.cambags.com Gambar 1.29 Kancing dan gesper plastik yang dapat digunakan untuk produk dan kerajinan tekstil
28. C. Proses, Teknik, dan Alat Kerajinan Tekstil Proses pembuatan kerajinan tekstil terdiri atas beberapa tahapan. Pertama, proses serat atau benang menjadi kain, lalu kain menjadi kerajinan tekstil, seperti busana, tas, sarung bantal dan lain-lain, serta pewarnaan dan pemasangan aksesori untuk suatu fungsi tertentu atau menambah nilai estetis atau keindahan pada produk kerajinan tekstil yang dibuat. Proses Material/Produk Proses Tenun Serat/benang Kain/tekstil Kain/tekstil terbentuk Kerajiinan tekstil Jahit Pemasangan aksesori 22 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: http://kancinghiaslucudanunik.wordpress.com/baru/kancing-hias-lucu-dan-unik-kancing-batok- sedang/, http://casplabaliseashell.itrademarket.com/3588758 Gambar 1.30 Kancing yang diolah dari bahan alami yaitu batok kelapa dan kerang, untuk kerajinan tekstil modern Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 1.3 Proses Pembuatan Kerajinan Tekstil Pewarnaan Dekorasi
29. Proses pada pembuatan kerajinan tekstil, seperti tampak pada Bagan 1.3, terdiri atas beberapa tahapan. Pertama, pembuatan serat/benang menjadi kain/tekstil yang menggunakan teknik tenun. Kedua, pembuatan kain/tekstil menjadi satu bentuk kerajinan tekstil. Terakhir, proses pemasangan asesoris atau nishing sehingga menghasilkan kerajinan tekstil yang siap digunakan. Proses pewarnaan dapat dilakukan pada serat/benang, pada kain atau pada bagian akhir setelah kerajinan tekstil terbentuk. Pewarnaan pada benang dilaku-kan dengan pencelupan serat/benang. Pada tekstil tanpa motif/ polos, pewarnaan dilakukan dengan pencelupan dengan 1 warna, sedangkan untuk menghasilkan tekstil dengan motif tertentu, pewarnaan menggunakan teknik ikat dengan bebe-rapa kali pewarnaan. Pewarnaan pada kain/tekstil dapat menggunakan teknik rintang warna, seperti teknik batik atau jumputan, teknik print seperti cap, sablon, atau digital printing serta teknik lukis. Dekorasi dapat dilakukan pada kain atau pada produk yang sudah terbentuk, dengan teknik sulam dan bordir, maupun penambahan aksesori untuk menambah keindahan produk kerajinan tekstil. 1. Teknik Tenun Teknik pembuatan kain yang masih tergolong kerajinan karena mengandalkan keterampilan tangan adalah teknik tenun. Teknik pembuatan kain dengan mesin otomatis tidak termasuk dalam kerajinan. Kain tenun di Indonesia dikerjakan dengan dua jenis teknik, yaitu tenun gendong (benang lungsi yang akan ditenun diikat mengelilingi hingga punggung penenun) yang digunakan di seluruh Indonesia, dan teknik tenun yang menggunakan bingkai kayu sebagai alat bantu tenun. Pada teknik tenun dua jenis, dengan benang lungsin putus yang akan menghasilkan kain panjang atau selendang dan dengan benang lungsin tidak terputus untuk menghasilkan sarung (berbentuk tabung). Prakarya dan Kewirausahaan 23 Kerajinan Sumber: Traditional Indonesia Textiles, John Gillow Gambar 1.31 Alat tenun gendong dengan benang lungsi tidak terputus
30. dibuat. 24 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: Traditional Indonesia Textiles, John Gillow Gambar 1.32 Alat Tenun Gendong dengan benang lungsin yang terputus Sumber: Traditional Indonesia Textile, John Gillow Gambar 1.33 ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin)
31. Proses teknik tenun adalah sebagai berikut. a. Menyiapkan benang lungsin yang panjangnya sama dengan panjang kain Prakarya dan Kewirausahaan 25 yang diinginkan. b. Memasang benang lungsin pada cucukan. c. Menyiapkan benang pakan. d. Penenunan dilakukan dengan memasukan benang pakan ke antara benang-benang lungsin. Kerajinan Sumber: http://www.ultimoparadiso.com/keragaman-corak-tenun-ikat-ores.html Gambar 1.34 Benang Lungsi yang sudah diwarnai dengan teknik ikat celup untuk tenun ikat Flores Keterangan : 1. Benang lungsin 2. Benang pakan Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Lungsin Gambar 1.35 Benang Lungsi dan Benang Pakan
32. 2. Teknik Pewarnaan Pada umumnya, teknik pewarnaan kain-kain tradisional di Indonesia memanfaatkan proses celup dengan rintang warna seperti teknik batik dan teknik pada Kain Sasirangan khas Banjar, Kalimantan Selatan, dan teknik ikat pada pewarnaan serat/b
enang tenun. Teknik pewarnaan pada kain tenun adalah teknik ikat celup. Teknik ikat celup sudah dilakukan sejak lama di seluruh belahan dunia. Asal usul teknik ini diperkirakan berkembang di India dengan sebutan Bhandani sejak 906 s.d. 618 SM. Teknik ini berasal dari dataran Cina pada zaman Dinasti Tang dibuat pada kain sutera yang merupakan alat barter pada masa kejayaan Jalur Sutra, yaitu jalur yang menghubungkan wilayah Cina ke Timur Tengah hingga ke Italia. Teknik pewarnaan ikat terdiri atas ikat (hanya pada benang lungsin atau pakan) dan ikat ganda (pewarnaan pada benang pakan dan lungsin ). Langkah perta-ma teknik ikat celup menempatkan benang pakan/lungsin pada plangkan. Langkah kedua adalah menggambarkan pola motif pada benang yang sudah terpasang pada plangkan. Langkah ketiga adalah mengikat bagian benang sesuai dengan motif yang diinginkan. Ikatan yang kuat, tebal dan rapi akan dapat menghalangi warna dengan baik. Benang yang sudah diikat dicelup dengan warna-warna sesuai dengan rancangan. Pewarnaan dilakukan mulai dari warna yang paling tua, ke warna yang paling muda. Setelah pewarnaan pertama, warna kedua diperoleh dengan melepaskan ikatan pada bagian yang ingin diwarnai, dan seterusnya hingga selesai. Benang yang sudah diwarnai lalu dikeringkan. Setelah kering, benang lungsin dipasang pada alat tenun, sedang-kan benang pakan dipasang pada kelenting. 26 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: Zuriyah, 2012 Gambar 1.36 Pola digambarkan pada benang yang tersusun pada plangkan
33. Prakarya dan Kewirausahaan 27 Proses Kerajinan Sumber: Traditional Indonesia Textiles by John Gillow Gambar 1.37 Teknik ikat celup Sumber: http://tinline.com/article/read/proses-pembuatan-tenun-lurik Gambar 1.38 Kelenting dan Kelenting dalam Teropong
34. Selain teknik pewarnaan ikat celup pada benang tenun, ada pula teknik rintang warna dengan menggunakan lilin/malam, yaitu teknik batik. Pada masa Kerajaan Majapahit, teknik batik diaplikasikan di atas daun lontar. Setelah diperkenalkan material kain dari serat katun, sebagai pengganti serat alam lainnya yang lebih kasar, teknik batik mulai diaplikasikan di atas kain katun. Kain batik, semula hanya dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan kerajaan, namun teknik tersebut mulai dikenal masyarakat di luar keraton dari para pengrajin batik. Lambat laun kegiatan membatik menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar kerajaan. Proses teknik batik adalah sebagai berikut. a) Membuat sketsa motif batik pada kain polos. b) Menyiapkan alat dan bahan seperti malam, canting, kompor batik dan zat warna alam berikut fasilitas pendukung lainnya. c) Memanaskan malam pada kompor batik sampai 60 °C. d) Dengan menggunakan canting (untuk batik tulis) atau cap aluminium (untuk batik cap), mengambil malam dan menutup pola motif pada kain sesuai sketsa yang telah ditentukan. e) Menentukan warna celup. f ) Mencelup kain batik sesuai dengan warna yang telah ditentukan. 28 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Gambar 1.39 Aneka Canting Gambar 1.40 Aneka Cap batik Sumber: Dokumentasi Kemdikbud Gambar 1.41 Proses membantik dengan canting
35. g) Melorod (melepaskan malam) dengan cara merebus kain pada air mendidih, Prakarya dan Kewirausahaan 29 dibilas dan diangin-angin. h) Untuk proses pewarnaan lebih daripada 1 warna, langkah kerja mulai dari menggambar dangan cating atau cap hingga melorod diulang sesuai dengan jumlah warna. Kerajinan Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.42 Proses Pewarnaan dan Melorod Perbedaan utama teknik batik dan sasirangan dengan kain tenun ikat adalah pewarnaan kain batik dilakukan setelah benang ditenun menjadi kain, sedangkan pada kain tenun ikat pewarnaan dilakukan pada benang sebe-lum ditenun menjadi kain. Tugas 4 Praktek Pewarnaan dengan Teknik Rintang Warna dengan Ikatan (Tie Dye) Tugas ini dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Pada tugas praktik ini, setiap siswa harus terlibat secara aktif agar mengenali teknik rintang warna dengan ikatan ini dengan baik sehingga dapat men-dorong munculnya ide untuk karya para siswa di masa mendatang.
36. Selain Lingkaran Bungkus kelereng atau batu di dalam kain, ikat erat dengan benang kasur atau karet gelang. Lilitkan benang atau karet beberapa kali hingga tebal. Memusat Ambil dan angkat bagian tengah kain, hingga bagian sekelilingnya ke bawah. Buat ikatan benang atau gelang karet dengan jarak yang sama satu sama lain. Garis tebal Simpulkan kain dengan jarak tertentu 30 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Tahap 1. Persiapan Persiapkan bahan dan alat untuk melakukan praktek. Siapkan juga tempat kerjanya. Rapikan tempat kerja dari barang-barang yang kemungkinan dapat mengganggu praktik pewarnaan ini. Bahan - Kain katun yang sudah dicuci (agar tidak ada lapisan kanji) - Air (untuk pewarnaan dan pembilasan) - Pewarna kain (sesuai warna yang diinginkan) - Kelereng atau batu - Tali raa, benang kasur atau karet gelang
37. Prakarya dan Kewirausahaan 31 g) Melorod (melepa Kerajinan Alat - Panci besar - Ember plastik - Sendok kayu - Kompor - Sarung tangan karet Catatan: panci dan sendok kayu yang sudah digunakan untuk proses pewar-naan kain jangan gunakan untuk memasak makanan. Tahap 2. Perencanaan dan Perancangan Rencanakan motif apa yang akan dibuat dan warna apa yang akan digu-nakan. Jika tugas ini dilakukan dalam kelompok, diskusikan dengan teman satu kelompok motif apa dan warna apa yang akan digunakan. Berikan kesempatan untuk semua anggota kelompok menyampaikan idenya. Gam-barkan beberapa alternatif rancangan motif dan warna yang diinginkan pada kertas dan warnai. Diskusikan juga teknik-teknik yang dibutuhkan untuk menghasilkan rancangan tersebut. Buatlah keputusan secara bermusyawar-ah. Tahap 3. Praktik Pewarnaan Langkah Kerja: 1. Persiapkan kain yang akan diwarnai dengan ukuran yang diinginkan. 2. Ikat kain dengan tali raa, benang kasur atau karet sesuai motif yang direncanakan. 3. Gunakan sarung tangan karet. 4. Lakukan pewarnaan sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan zat pewarna. Setiap merek pewarna bisa memiliki detail aturan pakai yang berbeda. Sumber: http://www.things-to-make-and-do. co.uk/fabric-and-sewing/tie-dyeing/ tie-dyeing.html Gambar 1.43 Proses pewarnaan panas
38. 3. Teknik Membentuk Kerajinan Tekstil Produk kerajinan tekstil sangat beragam. Namun, secara umum, pembentukan kerajinan tekstil dilakukan dengan memotong dan menyambung bahan. Pemo-tongan diawali dengan penggambaran pola sesuai dengan bentuk dan ukuran produk kerajinan tekstil yang dirancang. Pemotongan dilakukan dengan meng-gunakan gunting khusus kain, untuk kemudahan pemotongan dan menghasil-kan potongan yang rapi. Ingatlah selalu untuk memotong bahan sedikit lebih besar daripada pola, untuk memberikan ruang penyambungan. Penyambung-an bahan dapat dilakukan dengan teknik jahit, manual, teknik jahit dengan menggunakan mesin jahit, dan penggunaan lem. Teknik penempelan dengan lem hanya digunakan untuk kebutuhan tertentu saja, misalnya penempelan aksesori dengan syarat kain atau bahan tekstil cukup tebal atau rapat dan lem cukup kental sehingga lem tidak menembus kain. 32 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan 5. Setelah diwarnai, bilas kain beberapa kali dengan air bersih untuk meng-hilangkan kelebihan zat warna pada kain. 6. Lepaskan ikatan benang atau karet gelang. 7. Keringkan kain. Setelah kering, kain dapat disetrika untuk menghilangkan kusut yang diakibatkan oleh ikatan. Tahap 4. Evaluasi dan Apresiasi Diskusikan dengan teman satu kelompok atau satu kelas tentang pengalaman melakukan praktik pewarnaan dengan teknik tie-dye. Apakah pewarnaan yang dihasilkan sesuai dengan yang dibayangkan atau diharapkan? Jika hasil sesuai dengan yang diharapkan, kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebabkan hal tersebut. Apabila hasil pewarnaan di luar dugaan, jelaskan perbedaan antara hasil dengan yang kamu bayangkan serta kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebabkan hal tersebut? Tuliskan hasilnya dengan bahasa yang baik dan benar pada selembar kertas. Tahap 5. Dokumentasi Tempelkan hasil pewarnaan pada selembar kertas karton, dan juga tulisan hasil evaluasi dan apresiasimu. Ingatlah untuk menyertakan identitas indivi-du atau kelompok pada lembar karton tersebut. Buatlah serapi mungkin agar kamu merasa puas dan bangga atas hasil kerjamu.
39. Kerajinan Sumber: http://www.the-craft-shop.co.uk/idea/11295-a-bag-with-ribbons.aspx, http://blog.houseofty.com/2010/08/creative-lampshade-idea-compliments-of.html Gambar 1.44 Memanfaatkan gluegun untuk pembuatan kerajinan dari bahan tekstil Tugas 5 Praktik Membuat Busana Sederhana Pada tugas ini kita akan membuat celana santai. Tugas praktik dilakukan dengan mengikuti petunjuk pengerjaan yang sudah disediakan. Tugas ini dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Pada tugas praktik ini, setiap siswa harus terlibat secara aktif agar mengenali teknik pembuatan busana sederhana dengan baik sehingga dapat mendorong munculnya ide untuk karya para siswa di masa mendatang. Tahap 1. Persiapan Persiapkan bahan dan alat untuk melakukan praktik. Siapkan juga tempat kerjanya. Rapikan tempat kerja dari barang-barang yang kemungkinan dapat mengganggu praktik pembuatan busana ini. Bahan - Kain dengan ukuran kurang 1,5 m atau lebih (bergantung dari lebar kain Prakarya dan Kewirausahaan 33 dan ukuran celana yang akan dibuat) - Benang jahit - Karet (untuk bagian pinggang) - Hiasan tambahan (bila diperlukan) Alat - Celana yang akan dijadikan sebagai pola - Kapur kain/pinsil/balpoin - Gunting kain - Jarum pentul dan jarum jahit atau mesin jahit
40. lem cukup kental sehingga lem tidak menembus kain. 34 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Tahap 2. Praktek Pembuatan Busana Celana Santai Langkah kerja: 1. Lipat kain menjadi 2 bidang bertumpuk, dengan bagian dalam kain di luar. Lalu gambarkan pola pada kain dengan menggunakan kapur/pinsil atau balpoin (pada garis hijau). Untuk busana sederhana dapat digunakan pakaian yang sudah jadi sebagai pola atau patokan. 2. Pemotongan kain sesuai garis pola
41. Prakarya dan Kewirausahaan 35 g) Melorod (melepa Kerajinan 3. Lipat kain yang tersisa menjadi 2 bidang bertumpuk seperti pada langkah kerja 1, lalu letakkan potongan bahan yang sudah dipotong di atasnya. Pastikan sisi yang terlipat ada pada posisi yang sama. 4. Potong kain, mengikuti potongan yang sebelumnya. Kamu akan mendapatkan 2 bagian yang sama. Pasang jarum pentul pada sepanjang garis kuning, lalu jahit. 5. Kalian akan mendapatkan dua buah tabung celana. Balik kedua tabung celana dan sambungkan dengan jarum pentul.
42. lem cukup kental sehingga lem tidak menembus kain. 36 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan 6. Jahit sambungan yang sudah diberi jarum pentul. Jangan lupa melepas-kan jarum pentul setelah selesai menjahit. 7. Untuk tempat karet, lipat bagian pinggang sekitar 3 cm atau sesuai dengan ukuran karet yang akan digunakan, lalu jahit seluruh tepinya. Jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk memasukan karet. 8. Ukur karet sesuai ukuran pinggangmu, lebihkan sekitar 6-10 cm untuk memudahkan pengerjaan berikutnya. Masukan karet pada tempatnya dengan bantuan peniti. Lalu ikat atau jahit ujungnya sesuai ukuran lingkar pinggang.
43. Prakarya dan Kewirausahaan 37 9. Celana santai siap digunakan! Sumber: How To Make Pajama by GiannyL http://www.youtube.com/watch?v=dnzxo4ZO8b8 Tahap 3. Evaluasi dan Apresiasi Diskusikan dengan teman satu kelompok atau satu kelas tentang pengalaman melakukan praktik pembuatan celana santai. Apakah hasil telah sesuai dengan yang dibayangkan atau diharapkan? Jika hasil sesuai dengan yang diharapkan, kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebab-kan hal tersebut. Apabila hasilnya di luar dugaan, jelaskan perbedaan antara hasil dengan yang kamu bayangkan serta kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebabkan hal tersebut. Tuliskan hasilnya dengan bahasa yang baik dan benar pada buku tugas atau lembar kerja. 4. Teknik Dekorasi Teknik dekorasi di antaranya adalah sulam dan bordir. Sulam sudah menjadi bagian dari tradisi tekstil Indonesia sejak abad ke-16 Masehi. Dekorasi sulam pada kain tenun di antaranya dengan menambahkan benang emas dan manik-manik kaca (cermuk), contohnya seperti kain Tapis Lampung. Kain Tapis bagi masyarakat Lampung melambangkan kesucian dan dipercaya dapat melindungi penggunanya dari segala bentuk sifat buruk manusia. Secara garis besar, corak dan warna kain Tapis menunjukkan kebesaran Sang Pencipta Alam. Kerajinan
44. Suku adat di wilayah Lampung yang menghasilkan dan mengembangkan kain Tapis ini adalah suku Pepadun. Sebelumnya, kain Tapis yang berlapis benang emas ini merupakan pakaian wanita dari daerah Liwa, Kenali dan Talar Padang. Tapis banyak digunakan baik oleh pria dan wanita sebagai kain sarung yang dikenakan pada upacara adat. Misalnya, kain Tapis Jung Sarat digunakan oleh pengantin wanita pada upacara perkawinan adat. Kain Tapis Tuho dikenakan seorang istri yang mengantar suaminya mengambil gelar sutan. Kain Tapis Lampung ini kaya akan ragam warna dan corak, hasil akulturasi budaya yang datang ke wilayah Lampung, di antaranya kebudayaan Dongson, Hindu, Budha, Islam, Eropa, dan China. Dekorasi juga dilakukan dengan memanfaatkan teknik bordir, yaitu teknik sulam yang dikerjakan dengan bantuan mesin jahit modikasi. Beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan kerajinan sulam dan bordirnya, yaitu Tasik-malaya, Sumatra Barat, Gorontalo, Aceh, Sumatra Utara, dan Nusa Tenggara Timur. 38 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: visitwestlampung Gambar 1.45 Karya Kerajinan Tekstil Tapis Lampung
45. Prakarya dan Kewirausahaan 39 Teknik Kerajinan Gambar 1.46 Karya Kerajinan Tekstil Bordir Tasik, Jawa Barat Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.47 Karya Kerajinan Tekstil Bordir Padang, Sumatera Barat
46. Proses sulam atau bordir adalah sebagai berikut. a. Menyiapkan kain yang akan disulam atau dibordir. b. Menentukan pola sulam/bordir atau motif atau ragam hias. c. Menjiplak pada kertas minyak dengan menggunakan spidol atau balpoin. d. Menjiplak ke atas kain dengan menggunakan kertas karbon. e. Menyiapkan kain pada gelang ram atau pamidangan dengan meregangkan kain sampai ketegangan maksimum. f. Kain siap untuk disulam atau dikerjakan dengan teknik bordir. 40 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Sumber: http://lintasgayo.co/2013/11/16/fotografer-ikut-promosikan-kain-kerawang-gayo-lues Gambar 1.48 Sulam Gayo, Aceh Sumber: ANTARA Gambar 1.49 Teknik bordir dengan menggunakan mesin jahit
47. Prakarya dan Kewirausahaan 41 Teknik Kerajinan pengolahan kerajinan tekstil dapat dilakukan berupa pembentukan bahan, pembuatan motif dan nishing. Pengolahan bahan: serut; pintal; tarik. Pembentukan motif: tenun ikat pakan, tenun ikat lungsin, tenun ikat ganda, batik tulis, batik cap, printing mesin, sablon tangan, batik kombinasi, songket, sasirangan, dan lain-lain. Pada tahap nishing: dikanji; kerawang; aplikasi kain; aplikasi manik; aplikasi payet; aplikasi prada; aplikasi hiasan logam; aplikasi kerang-kerangan, dan lain-lain. Kita dapat menghasilkan karya tekstil yang inovatif dan unik dengan kreativitas kita mengolah tekstil dengan teknik-teknik tersebut, secara khusus ataupun mencampurkan beberapa teknik. Tugas 6 Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat. Tugas ini dilakukan oleh kelompok Langkah-langkah yang dilakukan: 1. Mengumpulkan Data Setiap kelompok melakukan kegiatan penelitian dengan metode observasi (pengamatan lapangan) dan wawancara tentang kerajinan tekstil meliputi: sejarah, bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan tekstil, motif ragam hias daerah. Lembar Pengamatan dan Wawancara Nama Industri/Pengrajin : Jenis Produk : Tanggal wawancara dan : observasi Sejarah produk : Kerajinan tekstil Bahan utama : Bahan pendukung :
48. Alat : Teknik dan prosedur produksi secara umum : Jenis-jenis motif ragam hias yang dibuat : Catatan lain : 2. Membuat laporan hasil pengamatan Buatlah laporan dari hasil pengamatan dan wawancara yang telah dilaku-kan. Laporan ditulis dengan rapi, boleh dilengkapi dengan skema dan gambar. Pada bagian akhir tuliskan kesan dan pendapatmu tentang kerajinan tekstil tersebut. Buatlah laporan semenarik mungkin. D. Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil 1. Mencari Ide Kita telah mengenali berbagai kekayaan tekstil Indonesia dan tekstil khas daerah, produk-produk kerajinan tekstil, material, proses, dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan tekstil. Pengetahuan dan apresiasi kita terhadap hal-hal tersebut dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan karya produk dari bahan tekstil. Ide bisa muncul secara tidak berurutan namun dapat juga muncul secara lengkap. Salah satu dari kita bisa saja memiliki ide tentang suatu motif unik yang akan dibuat. Ide motif tersebut akan menuntut kita untuk memikirkan teknik apa yang tepat untuk digunakan dan produk apa yang tepat untuk menggunakan motif tersebut. Salah satu dari kita juga bisa saja mendapatkan ide atau bayangan tentang sebuah produk yang ingin dibuatnya, material, proses dan alat yang akan digunakan secara utuh. Untuk memudah-kan pencarian ide atau gagasan untuk rancangan kerajinan tekstil, mulailah dengan memikirkan hal-hal di bawah ini. 42 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan
49. - Produk kerajinan apa yang akan dibuat? - Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat? - Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut? - Bahan/material apa yang apa saja yang akan dipakai? - Warna dan/atau motif apa yang akan digunakan? - Adakah teknik warna tertentu yang akan digunakan? - Bagaimana proses pembuatan produk tersebut? - Alat apa yang dibutuhkan? Ide juga dapat diperoleh dengan bereksperimen, misalnya eksperimen meng-gunakan teknik pewarnaan rintang warna. Cobalah untuk menggunakan beberapa warna yang disusun dalam komposisi satu motif. Coba juga dengan beberapa variasi motif. Kalian juga dapat mencoba membuat motif sendiri. Semangat dan keberanian kita untuk mencoba membuat inovasi baru akan menjadi bekal kita berkarya di masa depan, seperti pada perancang busana terkemuka Indonesia dan luar negeri. Beberapa di antara mereka terinspirasi dengan teknik rintang warna. Prakarya dan Kewirausahaan 43 Kerajinan Gambar 1.50 Karya desainer Dian Pelangi pada Jakarta Fasion Week 2013 memanfaatkan bahan dengan teknik pewarnaan rintang warna
50. Kita 44 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan Gambar 1.51 Desainer Syah Reza Muslim berusaha untuk mengolah dan mempo-pulerkan kain Sasirangan dengan bahan chion, katun rayon, satin, silk serta aplikasi bebatuan dan manik-manik, di Jakarta Islamic Fashion Week 2013 Gambar 1.52 Rodarte, dirancang oleh kakak beradik Kate dan Laura Mulleavy, gaun dengan motif rintang warna dengan bordir dan aplikasi bunga mawar merah
51. Prakarya dan Kewirausahaan 45 2. Membuat Gambar/Sketsa Buatlah beberapa rencana atau rancangan dari produk kerajinan yang akan dibuat. Gambarkan ide-ide rancanganmu pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan menggunakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hidari penggunaan penghapus. Tariklah garis tipis-tipis dahulu. Jika ada garis yang dirasa kurang tepat, abaikan saja, buatlah garis lain pada bidang kertas yang sama. Demikian seterusnya sehingga kamu berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya, dapat berupa vasiasi produk, satu produk yang memiliki fungsi sama, namun dengan bentuk yang berbeda, produk dengan bentuk yang sama dengan warna dan motif yang berbeda. Kerajinan Sumber: http://delrio-world.com/fashion-global-45696.html, http://thefashionfoot.com/2013/06/25/childhood-ashback-tie-dye/, http://stylishbatik.blogspot.com/2010/04/sasirangan-applications-its-simple-to.html Gambar 1. 53 Produk-produk fashion dari tekstil dengan teknik rintang warna
52. 3. Pilih Ide Terbaik Setelah kalian menghasilkan banyak ide-ide dan menggambarkannya dengan sketsa, mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik, menyenangkan dan memungkinkan untuk dibuat. 4. Perencanaan Produksi Tahap selanjutnya adalah membuat perencanaa
n untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan tersebut. Tuliskan prosedur dan langkah-langkah kerja secara jelas dan detail. 5. Pembuatan Kerajinan Pembuatan kerajinan dimulai dengan tahap persiapan tempat kerja, bahan dan alat. Tahap selanjutnya adalah pengerjaan. Kerjakan setiap tahap sesuai dengan perencanaan produksi yang sudah dibuat sebelumnya. Pembuatan kerajinan diakhiri dengan evaluasi terhadap produk kerajinan yang telah dibuat, apakah produk tersebut dapat berfungsi dengan baik? Apakah sudah sesuai dengan ide, bayangan dan harapan kita? Apabila belum, perbaikan apa yang harus kita lakukan agar produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas? E. Pengemasan dan Perawatan Produk Kerajinan Tekstil Pengemasan dan perawatan memiliki kesamaan tujuan, yaitu untuk membuat produk menjadi awet dan tahan lama. Pengemasan melindungi produk agar tidak mengalami penurunan kualitas pada saat sampai kepada pembeli. Selain berfung-si sebagai pelindung, kemasan juga memiliki fungsi untuk kemudahan membawa serta pengiriman, memberikan informasi, dan untuk menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Pengemasan produk kerajinan selain menjaga kebersihan dan kualitas produk tetap baik, juga akan memudahkan dalam proses pengiriman produk. Pengemasan dapat bersifat satuan maupun bersifat kesatuan untuk satu set atau satu paket atau satu lusin maupun satu kodi. Teknik pengemasan yang baik akan menjaga kualitas produk dalam pengiriman ke tempat tujuan. 46 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan
53. Aneka bentuk karya kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya membutuhkan perawatan khusus. Pada umumnya, kain tradisional Indonesia sebelum disimpan dalam lemari, tiap lembar kainnya dibungkus dengan menggunakan kertas roti dan diberi kamper agar kain tradisional terlindung dari gigitan rayap dan tidak mudah lapuk. Secara berkala kain-kain tersebut harus dikeluarkan dari pembungkusnya supaya tidak lembab dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak mendapat terik matahari secara langsung. Pencucian bagi kain-kain tenun cukup direndam dalam air suam-suam kuku dan dijemur di tempat teduh. Kain batik dicuci dengan menggunakan buah lerak agar warna kain batik tetap terjaga. Kain dibilas dengan air bersih dan dijemur di tempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional namun sudah dibentuk dan berfungsi selain kain dapat dicuci biasa baik dengan menggosok menggunakan tangan maupun dengan menggunakan mesin cuci. Keterangan cara perawatan produk kerajinan tekstil sebaiknya juga dicantumkan pada kemasan agar pembeli mendapat infomasi yang tepat untuk merawat produk tersebut. Prakarya dan Kewirausahaan 47 Kerajinan Sumber: internet Gambar 1.54 Aneka Kemasan Produk Tekstil Tugas 4 Dikerjakan secara berkelompok a) Tiap kelompok terdiri atas 3 orang. b) Tiap kelompok mencoba membuat sebuah kemasan untuk produk kerajinan tekstil yag ditentukan bersama. c) Membuat alternatif kemasan sebanyak 5 buah per kelompok. d) Alat, bahan dan teknik bebas. e) Mempresentasikan konsep kemasan kerajinan dan memajang karya di depan kelas. f ) Komentar teman dan guru dicatat dalam buku tugas.
54. F. Wirausaha di Bidang Kerajinan Tekstil 1. Dasar Kewirausahaan di Bidang Kerajinan Tekstil Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. Arti kata wira adalah pejuang, utama, gagah, berani, teladan, dan jujur, sedangkan usaha adalah kegiatan yang dilakukan. Pengertian wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan serta memasarkannya. Pelaku wirausaha disebut wirausahawan atau entrepreneur. Kewirausahaan, seperti tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yangmengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan esiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atamemperoleh keuntungan yang lebih besar. Entrepreneurship adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan nilai tambah (Overton, 2002). Kreatif berarti menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Inovatif berarti memperbaiki, memodikasi, dan mengembangkan sesuatu yang sudah ada. Nilai tambah berarti memiliki nilai lebih dari sebelumnya. 2. Stimulus dan Motivasi Berwirausaha di Bidang Kerajinan Tekstil Saat ini keragaman tekstil tradisional Indonesia serta keragaman budaya khas daerah merupakan potensi untuk terjadinya akulturasi (percampuran) budaya yang dapat menjadi dasar penciptaan karya-karya tekstil baru yang akan menambah kekayaan tekstil Nusantara. Nilai estetika kain tekstil Indonesia sangat unik dan khas sehingga diminati tidak hanya oleh kalangan pecinta kerajinan tekstil di Indonesia namun juga di mancanegara. Hal itu merupakan peluang wirausaha di bidang tekstil dan produk dari tekstil seperti busana dan perlengkapan interior. Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan sandang dan produk kerajinan pelengkap kebutuhan sandang merupakan peluang yang dapat digarap dan mendorong munculnya bisnis kreatif industri rumahan. Produk kerajinan yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Nusantara memiliki potensi untuk dijadikan peluang berwirausaha. Apalagi bila didukung dengan ketersediaan bahan baku produk dan kemampuan sumber daya manusia yang ada di wilayah tersebut, kerajinan tekstil akan dapat membantu kesejahteraan rumah tangga dan perekonomian daerah tersebut. 48 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan
55. Salah satu kekuatan produk kerajinan tekstil adalah pada keunikan ragam hias, corak dan warna yang berbeda dihasilkan dari tiap wilayah yang berbeda. Kearifan lokal dan nilai budaya yang kental pada suatu produk kerajinan mem-buatnya unik dan mudah digemari oleh masyarakat umum. Hal ini mendorong dan memotivasi kemandirian ekonomi dengan memanfaatkan potensi produk kerajinan. Prakarya dan Kewirausahaan 49 3. Karakter dan Sikap Kewirausahaan Seorang wirausahawan harus mempunyai sikap kreativitas, inisiatif, dan percaya diri. Ciri-ciri seorang wirausahawan adalah: a. Percaya diri (self condence) Merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Kepercayaan diri akan memengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan berkarya. Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah untuk mema-hami diri sendiri. Oleh karena itu, wirausaha yang sukses adalah wirausaha yang mandiri dan percaya diri. b. Berorientasi tugas dan hasil Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras. Dalam kewirausahaan, peluang hanya diperoleh apabila ada inisiatif. Perilaku inisiatif biasanya diperoleh melalui pelatih anda pengalaman bertahun-tahun dan pengembangannya diperoleh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, bergairah, dan semangat berprestasi. c. Keberanian mengambil risiko Wirausahawan adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Wirausaha menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak ada tantangan dan menjauhi situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil. Pada situasi ini ada dua alternatif yang harus dipilih, yaitu alternatif yang mengangung risiko dan alternatif yang konservatif. Kerajinan Tugas Individu Cobalah kemukakan idemu tentang berbagai jenis usaha kerajinan tekstil yang dapat menjadi pilihan bidang wirausaha sesuai dengan potensi wilayah tempat tinggalmu!
56. d. Kepemimpinan Seorang wirausahawan harus memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, keteladanan. Ia selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran. dan selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai. e. Berorientasi ke masa depan Wirausahawan harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan. Kuncinya adalah dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang. f. Keorisinilan : Kreativitas dan Inovasi Wirausaha yang inovatif adalah orang yang memiliki ciri-ciri berikut. 1. Tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik. 2. Selalu menuangkan imajinasi dalaam pekerjaannya. 3. Selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan. Syarat untuk menjadi wirausaha yang berhasil adalah seperti berikut. 1. Memiliki sikap mental yang positif. 2. Memiliki keahlian di bidangnya. 3. Mempunyai daya pikir yang kreatif. 4. Rajin mencoba hal-hal yang baru (inovatif ). 5. Memiliki semangat juang yang tinggi (motivasi) dan komitmen yang tinggi. 6. Mampu mengantisipasi berbagai risiko dan persainngan. 4. Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Berwirausaha Memulai sesuatu yang baru pasti tidak mudah. Oleh karena itu seorang wirausahawan harus berani mencoba dan mengambil risiko. Gagal dalam melakukan suatu hal adalah bagian dari proses untuk menuju kesuksesan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jika kamu mencoba wirausaha dalam suatu bidang, lalu gagal, kamu tidak perlu berkecil hati dan putus asa, cobalah kembali! Tentu sebelum memulai berwirausaha, buatlah perhitungan dan perencanaan yang matang. Carilah dari berbagai sumber kisah-kisah para pengusaha yang sukses dalam menjalankan usahanya. Bacalah dengan saksama, lalu ambil pelajaran dari kisah mereka dalam memulai wirausaha sehingga kamu dapat mengetahui kegagalan dan kesuksesan mereka. 50 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kerajinan
57. G. Membuat Produk Kerajinan Tekstil Bagian ini merupakan bagian terakhir dari pembelajaran pada semester satu. Pada bagian ini siswa secara berkelompok akan
membuat proyek akhir berupa pembuatan produk kerajinan tekstil beserta kemasannya. Produk yang dihasilkan harus memiliki nilai keunikan dan kebaruan. Material yang digunakan sedapat mungkin yang mudah didapat di daerah dan lingkungan sekitar. Proses produksi dilakukan oleh siswa anggota kelompok. Alat produksi yang digunakan adalah yang mudah didapat di daerah dan lingkungan sekitar. Pembuatan produk melalui cara perancangan yang tepat untuk menghasilkan ide produk yang unik dan baru. Produk akhir dikemas dengan baik dan sesuai dengan fungsi kemasan. Produk kerajinan yang dibuat hendaknya mempertimbangkan peluang wirausaha. Hasil akhir dari proyek ini adalah berupa produk kerajinan tekstil, kemasan dan pengemasannya serta laporan portofolio yang menjelaskan konsep produk, proses hingga produk akhir yang dihasilkan. Pada akhir semester, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil karyanya di hadapan kelas atau di seko-lah. Karya juga dapat dipresentasikan dalam bentuk pameran di sekolah agar Prakarya dan Kewirausahaan 51 dapat diapresiasi oleh para siswa dan guru di sekolah. Contoh Kerangka Laporan Portofolio Kerajinan Tugas Individu 1. Cobalah kamu berikan contoh-contoh sikap seorang wirausahawan yang sukses dalam menjalankan usahanya! 2. Cari tokoh wirausahawan di bidang kerajinan tekstil yang sukses! Judul/Nama Produk Konsep Produk - Ide/Latar Belakang - Fungsi Produk - Keunikan Produk (kebaruan, nilai lebih atau unsur pembeda) - Pengguna Produk - Material (dalam bentuk paparan dan potongan contoh material) Proses Produksi dan Alat (dalam bentu paparan dan foto dengan keterangan) Konsep Pengemasan
58. Rekayasa Rekayasa atau dalam bahasa Inggrisnya kita kenal dengan engineering. Engineering atau rekayasa adalah aplikasi ilmu pengetahuan (science) untuk menjawab persoalan praktis dalam kehidupan manusia termasuk di dalamnya kebutuhan komersial atau Industri. Prakarya rekayasa akan mengajak kita untuk mengaplikasikan ilmu pengeta-huan (science) menjadi produk-produk rekayasa sederhana yang dapat digunakan untuk membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari. Produk rekayasa digu-nakan oleh manusia. Oleh sebab itu, produk rekayasa harus aman, nyaman, mudah serta menyenangkan untuk digunakan. Agar menyenangkan untuk dipakai, produk rekayasa harus memiliki estetika (keindahan) yang baik, serupa dengan seni (art). Produk rekayasa juga dapat menjadi produk komersial yang dapat dijual belikan. Pemahaman tentang pasar dan manajemen bisnis menjadi bagian yang dapat memengaruhi karya produk rekayasa yang dibuat. Ilmu rekayasa adalah tempat bercampurnya berbagai pengetahuan untuk diaplikasikan menjadi produk yang membantu kehidupan manusia. Science Art Manajemen bisnis Produk karya rekayasa Ilmu rekayasa Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 3.1 Produk Rekayasa sebagai hasil kajian beragam keilmuan (multidisiplin) 52 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa
59. Pengemasan Prakarya dan Kewirausahaan 53 Peta Materi Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini peserta didik mampu : 1. Menghayati bahwa akal pikiran dan kemampuan manusia dalam berpikir kreatif untuk membuat produk rekayasa serta keberhasilan wirausaha adalah anugerah Tuhan. 2. Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri serta sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam membuat karya rekayasa alat komunikasi sederhana untuk membangun semangat usaha. 3. Mendesain dan membuat produk serta pengemasan karya rekayasa alat komu-nikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan identikasi kebu-tuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkarya. 4. Mempresentasikan karya produk rekayasa alat komunikasi sederhana dengan perilaku jujur dan percaya diri. 5. Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha dan menganalisis sikap dan perilaku wirausaha karya rekayasa alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC yang dapat mendukung keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha. Rekayasa Rekayasa dan Wirausaha Alat Komunikasi Sederhana Mengenal Alat Komunikasi Material, Komponen, dan Sumber Arus Proses dan Alat Produksi Alat Komunikasi Membuat Produk Alat Komunikasi Sederhana dengan Sumber Arus DC Wirausaha di Bidang Alat Komunikasi dan Perawatan Alat Komunikasi Cara Merancang Alat Komunikasi
60. BAB 2 M O D E L KO M U N I K A S I A R I S TOT E L E S 54 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Rekayasa dan Wirausaha Alat Komunikasi Sederhana A. Mengenal Alat Komunikasi 1. Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Ilmu rekayasa adalah ilmu yang melibatkan banyak disiplin ilmu lainnya atau disebut juga multi-disiplin. Produk rekayasa alat komunikasi tidak terlepas dari perkembangan pola komunikasi, penemuan di bidang elektronika, perkembangan ilmu desain visual dan kewirausahaan. Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan manusia sepanjang hidupnya. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komuni-kasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan antar manusia tanpa peran-tara media atau orang lain, dan tidak dibatasi oleh jarak. Komunikasi langsung terjadi saat guru menjelaskan materi pelajaran kepada siswa atau saat kita berdiskusi dengan teman-teman di kelas. Sedangkan komunikasi tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara orang lain atau melalui media. Pada masa lalu komunikasi tidak langsung sudah ada namun masih sangat terbatas medianya. Salah satu contohnya adalah menggunakan media tradisional isyarat asap seperti yang digunakan bangsa Yunani (522 –486 SM) dan Suku Indian Amerika Utara. Komunikasi tidak langsung yang saat ini kita lakukan misalnya dengan mengirimkan sms (short message) atau email kepada teman kita. Komunikasi tidak langsung juga terjadi saat kita menonton televisi atau mendengarkan radio. Pada masa pemikir pada masa Sebelum Masehi, Aristoteles (384-366 SM) menjelaskan model komunikasi secara sederhana dengan adanya pembicara (speaker), pesan yang dikatakan (speech), dalam konteks tertentu (occasion), adanya pendengar dan akibat dari perpindahan pesan tersebut. Speaker Speech Audience Eect Occasion
61. Pada abad ke 20, seiring dengan perkembangan teknologi, Harold Dwight Lasswell, ahli komunikasi, menekankan pentingnya medium atau media dalam model komunikasi. Menurut Lasswell, unsur-unsur komunikasi terdiri atas komunikator, pesan, media, penerima dan akibat. M O D E L KO M U N I K A S I L A S S W E L L Media komunikasi dapat dipahami juga sebagai alat komunikasi. Alat komu-nikasi modern berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi elektronik.Teknologi elektronik berkembang pada abad ke-20, diawali dengan penemuan Efek Edison oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1883. Penemuan tersebut berkembang menjadi penemuan-penemuan berikutnya, telegraf tanpa kabel pada tahun 1896, komunikasi radio jarak jauh pada tahun 1901, radio penerima jarak jauh pada tahun 1918, dan televisi pada tahun 1927. Pada tahun 1966, mesin fax yang memanfaatkan sambungan telepon dipasarkan. Pada tahun 1990-an, alat komunikasi pager (radio panggil) mulai populer digu-nakan di Indonesia dan kemudian menurun popularitasnya seiring dengan munculnya layanan teks sms (short messages) pada pesawat telepon. Saat ini kita mengenal alat komunikasi modern seperti telepon dan telepon genggam atau handphone (HP), televisi, radio, serta personal computer (PC), laptop, dan computer tablet yang tersambung dengan jaringan internet, selain koran dan majalah yang juga merupakan alat komunikasi. Prakarya dan Kewirausahaan 55 WHO COMMUNICATOR SAYS WHAT MESSAGE IN WHICH CHANNEL MEDIUM TO WHOM MESSAGE WITH WHAT EFFECT MESSAGE Rekayasa Gambar 1.1 Alat Komunikasi Modern berkembang mulai awal abad ke- 20
62. Ilmu 56 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Tugas 1 Membuat Timeline Perkembangan Alat Komunikasi Perkembangan media atau alat komunikasi terbagi atas beberapa periode waktu, dimulai dari penggunaan media tradisional hingga media modern yang saat ini digunakan. Perkembangan media atau alat komunikasi di Barat dan Timur juga memiliki perbedaan. Pada pembuatan tugas ini, kelas dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok bertugas mencari data untuk satu periode waktu. Data yang dihasilkan setiap kelompok akan digabung-kan dengan hasil kelompok lainnya, lalu disusun berdasarkan urutan periode waktunya menjadi sebuah timeline. Setiap kelompok, terdiri atas 3-5 orang - Setiap kelompok mencari data tentang sejarah perkembangan media komunikasi pada rentang masa tertentu di wilayah tertentu, baik teks maupun gambar, dari berbagai sumber. Misalnya, kelompok A mencari data tentang media komunikasi pada masa Sebelum Masehi di Dunia Barat. Kelompok B mencari data tentang media komunikasi tradisional di Indonesia, pada masa kerajaan Hindu dan Buddha, dan seterusnya hingga rentang waktu saat ini. Data yang dicari meliputi peristiwa yang terjadi dan latarbelakang terjadinya, penemuan dan penemunya, serta hal-hal penting lain yang terkait dengan perkem-bangan alat komunikasi pada masa tersebut. Ingatlah untuk mencatat sumber data dari setiap bahan yang diperoleh. - Data yang diperoleh didiskusikan dalam kelompok dan dikonsultasikan dengan guru. - Setiap kelompok menampilkan data-data yang diperoleh dalam bentuk timeline, pada selembar kertas karton. Jangan lupa untuk menyertakan keterangan dari mana sumber data tersebut. - Setiap kelompok mengurutkan timeline yang sudah dibuat, dengan timeline dari kelompok lain sesuai dengan urutan kurun waktunya. - Semua kelompok dalam kelas bekerja bersama-sama menghasilkan sebuah timeline tentang Perkembangan Alat Komunikasi
63. Alat komunikasi dapat dibedakan sebagai alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern. Alat komunikasi tradisional pada umumnya meng-gunakan teknik sederhana dan manual, serta memiliki jarak yang terbatas (sebatas kemampuan pancaindra). Alat komunikasi modern memanfaatkan teknologi baru di antaranya teknologi elektronik yang memungkinkan terjadinya telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh. Pemanfaatan teknologi elektronika juga memungkinkan alat komunikasi tidak digunakan di satu tempat, melainkan berpindah atau mobile. Alat komunikasi mobile, memanfaatkan sumber arus DC, sedangkan alat komunikasi yang statis seperti televisi pada umumnya menggunakan sumber arus AC. Alat komunikasi, bila dibedakan dari sumber arus yang digunakannya, dapat dibedakan menjadi alat komunikasi yang menggunakan arus AC dan alat komunikasi yang menggunakan arus DC. Peralatan komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio di antaranya: pemancar radio, pesawat radio, radio panggil (pager), radio walkie talkie (two-way radio transciever), pada umumnya mobile atau dapat digunakan secara berpindah. Oleh karena itu, pesawat radio, radio panggil, dan radio walkie talkie, memanfaatkan arus DC sebagai sumber listrik. Pada alat-alat komunikasi ini menggunakan baterai. Gelombang radio adalah transmisi/pengiriman sinyal tanpa kabel yang disebabkan oleh radiasi elektomagnetik dengan frekuensi antara 30 kHz sampai 300 GHz. Prakarya dan Kewirausahaan 57 Rekayasa Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 2.1 Karakteristik Alat Komunikasi Tradisional dan Modern
64. 2. Faktor Fungsi, Kenyamanan dan Estetik Alat Komunikasi Alat komunikasi saat ini kita kenal dengan sebutan gadget (baca: gejet). Gadget, meskipun arti sebenarnya adalah alat yang sangat berguna untuk fungsi tertentu, tidak hanya harus berfungsi secara teknis melainkan juga mem-pertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanan pakai (ergonomis), dan keindahan (estetis). Sebuah produk komunikasi harus dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, nyaman digunakan, dan memiliki nilai estetis. Sistem (misalnya jaringan radio) dan komponen elektronik yang ada di dalam alat komunikasi menyebabkan alat komunikasi dapat berfungsi dengan baik. Desain casing yang bersentuhan langsung dengan pengguna harus memberikan kenyamanan dalam penggunaan serta memiliki nilai estetis agar pengguna merasa senang menggunakannya. Kenyamanan dan keindahan dipengaruhi oleh bentuk produk, material yang digunakan, tekstur, dan warna. Bentuk produk dan mate-rial yang digunakan untuk membuat casing harus mempertimbangkan sistem dan komponen elektronik yang terdapat di dalamnya. 58 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Sumber: Internet` Gambar 2.2 Pager/Beeper Sumber: Internet` Gambar 2.3 Walkie Talkie Sumber: http://www.123rf.com/ Gambar 2.4 Pesawat Radio Portable
65. Perancangan sebuah produk seperti alat komunikasi, melibatkan keilmuan desain produk dan studi tentang dinamika elektron yang mempelajari ketenagaan listrik (power), kendali (control), komunikasi, keilmuan teknologi informasi (information technology) Prakarya dan Kewirausahaan 59 Rekayasa Fungsi Sistem dan Komponen Elektronik Alat Komunikasi (elektronik) Casing, bagian luar produk yang bersentuhan dengan pengguna Estetis Ergonomis Studi dinamika elektron Desain Produk Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 2.2 Faktor-faktor, bagian serta Keilmuan yang Terkait dengan Alat Komunikasi Latihan Sebutkan faktor kenyamanan dan faktor keindahan dari produk-produk di bawah ini: Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Sumber: Internet Gambar 2.5 Telepon genggam dengan casing berwarna warni
66. mempertimbangkan Sumber: Internet Gambar 2.6 Telepon genggam dengan casing terbuat dari bambu Sumber: Internet Gambar 2.7 Telepon genggam dengan huruf Braille karya desainer Shinku Sun 60 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Sumber: Internet Gambar 2.8 The Glassy Glassy telepon genggam karya desainer Mac Funamizu
67. Selubung atau casing dapat didesain sesuai dengan konsep desain dan estetika yang ingin ditampilkan. Konsep dan estetika disesuaikan dengan calon pembeli atau pengguna produk tersebut. Bila produk ini ditujukan untuk perempuan muda, desain selubung disesuaikan dengan selera perempuan muda, misalnya bentuknya tanpa sudut tajam dan cenderung membulat atau bergaris lengkung. Warna yang dipilih cenderung menggunakan warna yang lembut atau kemerahan, dan dapat pula ditambah dengan elemen gras bergambar bunga. Desain semacam itu dapat disebut dengan konsep desain feminin. Selain konsep desain feminin, terdapat pula konsep desain maskulin, eco design yang mengedepankan ide penghargaan terhadap lingkungan hidup, futuristik yang menggambarkan masa depan, retro yang mengenang masa lalu, konsep modern, dan beragam konsep lainnya. Prakarya dan Kewirausahaan 61 Rekayasa Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Faktor kenyamanan: Faktor keindahan: Sumber: Internet Gambar 2.9 Laptop dengan casing bambu Sumber: Internet Gambar 2.10 Komputer tablet dengan teknologi layar sentuh
68. mempertimbangkan 62 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Gambar 2.11 Konsep desain feminin Gambar 2.12 Konsep Eco Design Gambar 2.13 Konsep desain modern Gambar 2.14 Konsep desain retro
69. B. Material, Komponen dan Sumber Arus Prakarya dan Kewirausahaan 63 1. Material dan Komponen Alat komunikasi dengan teknologi elektronik yang tergolong ke dalam alat elektronik, terdiri dari bagian dalam yang berisi komponen elektronik dan bagian luar yaitu selubung atau yang sering disebut dengan casing. Bagian dalam terdapat beberapa komponen yang terbuat dari material tertentu sesuai dengan fungsinya di dalam sistem elektronik tersebut. Pada bagian casing, material yang digunakan dapat bervariasi sesuai dengan tampilan yang ingin dibuat. Material yang dapat digunakan untuk casing adalah bahan alam solid (seperti kayu, bambu, rotan) bahan sintetis (plastik), bahan olahan seperti plat logam ataupun serat dan tekstil. Material casing harus memenuhi syarat utama yaitu melindungi bagian dalam produk yang berupa rangkaian elektronik. Material casing juga harus mendukung kenyamanan, keamanan pengguna dan estetika. 2. Sumber Arus Teknologi elektronik membutuhkan sumber arus listrik. Arus listrik yang digunakan sebagai sumber arus produk elektronik dapat berupa arus searah/DC (Direct Current) atau arus bolak balik/AC (Alternating Current). Sumber arus searah (DC), sesuai dengan namanya, mengalir satu arah dari kutub positif ke kutub negatif. Generator DC, baterai/elemen kering, aki (Accu)/elemen basah, bias sel (sering disebut baterai jam yang pipih), dan sel surya (solar cell) merupakan sumber arus listrik DC. Alat elektronik yang terdiri atas komponen elektronik daya kecil cukup menggunakan sumber arus DC. Sumber arus bolak balik/AC contohnya adalah sumber listrik yang dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Indonesia dan diesel pembangkit, digu-nakan untuk kebutuhan daya besar. Rekayasa Fungsi Komponen Elektronik Estetis Ergonomis Casing, bagian luar produk yang bersentuhan dengan pengguna Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 2.3 Alat Elektronik terdiri atas Komponen Elektronik dan Casing
70. mempertimbangkan 64 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 2.15 Beragam jenis baterai/elemen kering Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 2.16 Accu/elemen basah Sumber: www.antaranews.com Gambar 2.17 Panel surya
71. C. Proses dan Alat Produksi Alat Komunikasi Proses produksi alat komunikasi dengan teknologi elektronik terdiri dari dua (2) tahapan utama yaitu pembuatan rangkaian elektronik dan proses pembuatan casing, dan diakhiri dengan proses perakitan (assembling) yaitu menggabungkan bagian dalam dengan bagian casingnya. Proses pembuatan rangkaian elektronik membutuhkan ketelitian dan kepresisisan yang sangat tinggi. Satu kesalahan pemasangan komponen elektronik akan menyebabkan produk elektronik tidak dapat berfungsi. Casing harus mempertimbangkan kenyamanan, keamanan dan estetika. Proses produksi dan alat untuk pembuatan casing bergantung daripada material yang akan digunakan, karena setiap material memiliki cara pengolahan yang berbeda. Proses Perakitan Proses produksi dapat dibedakan menjadi produksi secara manual dan produksi dengan mesin (machinal). Proses pembuatan rangkaian elektronik secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan solder (alat pemanas timah) untuk merekatkan komponen-komponen pada papan sirkuit (Printed Circuit Board/PCB), tang untuk memotong dan pinset atau tang kecil untuk mengambil dan memegang komponen elektronik yang berukuran kecil. Proses produksi manual me- mungkinkan pembuatan alat elektronik oleh individu, bukan pabrik. Proses pembuatan rangkaian elektronik dengan mesin atau robot dilakukan di pabrik. Penggunaan mesin pada produksi elektronik akan mengurangi peluang terjadinya kesalahan produksi, dan memastikan setiap produk memiliki kualitas yang sama. Prakarya dan Kewirausahaan 65 Rekayasa Proses Produksi Casing Produk Elektronik Proses Produksi Rangkaian Elektronika Sumber: Dokumen Kemdikbud Bagan 2.4 Proses produksi produk
72. Proses produksi casing juga dapat dilakukan secara manual maupun masinal. Pembuatan casing secara masinal dilakukan di pabrik untuk produksi massal. Pada produksi massal umumnya casing dibuat dari material plastik dengan teknik injec-tion moulding atau vacum forming, atau logam dengan teknik press. Pewarnaan pada proses ini dilakukan dengan mencampur pewarna dengan bijih plastik. Mate-rial yang dapat digunakan untuk pembuatan casing secara manual adalah material alam seperi kayu, rotan, bambu, serat, atau logam lembaran, plastik lembaran, dan tekstil. Teknik manual yang digunakan adalah memotong serta membentuk dengan alat sederhana seperti gergaji, router dan bor dan merekatkan dengan lem, paku atau sekrup. Finishing manual dilakukan sesuai dengan material yang digu-nakan. Pada kayu, rotan atau bambu, nishing berupa pengamplasan, pelapisan pelindung atau pelapisan car dasar, dan cat warna. D. Cara Merancang Produk Alat Komunikasi Pembuatan produk baru selalu dimulai dengan munculnya ide, demikian halnya juga dengan perancangan alat komunikasi. Ide tidak dapat muncul begitu saja, Jika kita tidak melakukan pemikiran-pemikiran. Ide didapat mungkin saat kita melakukan pengamatan tentang hal-hal di sekeliling kita, pembicaraan dengan teman-teman dan maupun informasi yang diperoleh dari buku, surat kabar, televisi, radio dan internet. 1. Riset: Mengetahui, Mengenali, Memahami, dan Mengempati Sebuah produk rekayasa ditentukan oleh unsur-unsur yang ada di dalam produk dan faktor-faktor yang ada di luar produk tersebut. Oleh karena itu sebe-lum membuat rancangan atau desain sebuah produk rekayasa, kita harus melakukan mencari tahu, mengenali, memahami serta mengempati beberapa hal yang ada di dalam produk, maupun hal-hal yang ada di luar produk tersebut. Mari kita mulai tahap pertama ini. Apa yang ada dan terjadi di luar produk? 1. Tentukan target pasar atau pengguna. 2. Kenali target pasar atau pengguna: a. ketahui fungsi apa yang diinginkan b. ketahui bentuk apa yang disukai c. ketahui warna apa yang disukai d. ketahui ergonomi yang sesuai 3. Ketahui trend saat ini, misalnya trend penggunaan barang bekas atau bahan alami sebagai ekspresi dari perhatian terhadap lingkungan hidup, trend menggunakan material, bentuk, motif atau teknik produksi yang merupa-kan ciri khas daerah, atau trend lain sesuai gaya hidup dari target pasar atau pengguna karya produk rekayasa yang akan dibuat. 66 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa
73. Dengan memikirkan hal-hal tersebut kita akan mendapatkan ide tentang produk rekayasa apa yang dibutuhkan konsumen atau desain casing seperti apa yang akan kita buat. Untuk mendesain casing sebuah alat elektronik, seperti alat komunikasi seder-hana, kita harus memikirkan apa yang ada dan terjadi di dalam produk. Apa yang ada dan terjadi di dalam produk? 4. Memahami fungsi-fungsi dari rangkaian elektronik yang akan dikemas. Misalnya, pada rangkaian elektronik alat komunikasi sederhana dengan sumber listrik DC, terdapat bagian-bagian dengan fungsi dan karakter tertentu. Sumber listrik DC, seperti baterai memiliki batas waktu penggu-naan, hingga waktunya sumber listrik harus diperbaharui atau diganti. Selubung pada bagian tersebut harus dapat dibuka-tutup untuk memfasili-tasi pergantian baterai. Bagian transistor umumnya melepaskan panas sehingga selubung pada bagian tersebut sedapat mungkin memiliki ventila-si atau lubang udara yang mendukung udara panas keluar dan udara luar dengan suhu kamar dapat masuk. Media komunikasi yang menggunakan suara menggunakan speaker yang mengeluarkan suara atau mic yang menerima suara. Selubung dirancang untuk dapat mendukung fungsi tersebut, misalnya dengan membuat lubang- lubang suara pada selubung speaker. Prakarya dan Kewirausahaan 67 Rekayasa Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 2.18 Rangkaian radio dengan speaker dan tombol-tombol putar pengatur suara serta pencari gelombang
74. 5. Mengetahui dimensi keseluruhan dari rangkaian, untuk dapat menentukan dimensi keseluruhan produk. 6. Memikirkan kongrasi atau komposisi yang dimungkinkan dari elemen-elemen pada rangkaian elektronik untuk mengetahui peluang pengem-bangan desain selubung. Kongurasi dapat dibuat dengan menempatkan semua tombol dalam posisi sejajar, atau bertumpuk, atau dipisahkan di kedua sisi speaker, atau penempatan lain sesuai ide siswa. 68 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Rekayasa Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 2.19 Dimensi rangkaian radio untuk pembuatan selubung/casing Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 2.20 Beberapa sketsa alternatif kongurasi rangkaian radio
75. 2. Pengembangan Konsep Desain Selubung (Casing) Tahap kedua dalam perancangan casing terdiri atas 4 kegiatan yaitu brain-storming atau curah pendapat, rasionalisasi, pembuatan prototype atau model, Prakarya dan Kewirausahaan 69 dan penentuan desain akhir. a. Curah Pendapat (brainstorming) Pemahaman akan produk dan target sasaran yang akan menjadi pengguna menjadi dasar dari kemunculan ide-ide konsep yang dapat dikembangkan untuk desain selubung. Pada proses brainstorming ini, bebaskan diri untuk menghasilkan ide-ide yang beragam dan sebanyak-banyaknya. Beri kesem-patan juga untuk munculnya ide-ide yang tidak masuk akal sekalipun. Tuangkan ide-ide tersebut ke dalam sketsa. Kunci sukses dari tahap brain-storming dalam kelompok adalah jangan ada perasaan takut salah. Setiap orang berhak mengeluarkan pendapat, saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelum-nya, dan jangan lupa mencatat setiap ide yang muncul. b. Rasionalisasi Rasionalisasi adalah proses mengevaluasi ide-ide yang muncul dengan beberapa pertimbangan teknis, di antaranya: apakah ada materal yang tepat untuk mewujudkannya? Apakah memungkinkan untuk diproduksi dengan teknik produksi yang dimiliki saat ini? Bagaimana proporsi dan ukuran yang sesuai untuk produk tersebut agar mudah digunakan oleh manusia? Rekayasa Sumber: internet Gambar 2.21 Sketsa ide dari proses brainstorming
76. Perhatikan sketsa-sketsa yang telah dibuat, pilih ide-ide yang dianggap baik dan potensial dalam membangun satu (atau lebih) konsep desain selubung. Kembangkan ide-ide ini dengan rasional, dan tuangkan ke dalam sketsa-sketsa. c. Prototyping atau membuat studi model Sketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adalah format 2 dimensi. Produk casing yang akan dibuat adalah tiga dimensi. Jadi studi bentuk selanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi yaitu dengan studi model. Studi model dapat dilakukan dengan material bukan sebenarnya, dapat meng
gunakan karton, styrofoam, lilin malam (clay), tanah liat atau barang bekas. Alat bantu yang dapat digunakan dalam pembuatan studi model adalah gunting, cutter, lem, selotip (alat pemotong dan bahan perekat).

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA

Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Gamis, Jilbab Lebar, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Jl. Veteran No 28
Yogyakarta
HP. 085740028487

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta

Akhirnya, Cara Menjahit di 2017 Terungkap !




Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2017 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI

KEBERHASILANNYA ?
buka mesin jahit : http://www.slideshare.net/RandyExe51088/bs-prakarya-sem1sma-kelas-x-kurikulum-2013blogerkupangcom

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang nama jenis produk kerajinan tekstil beserta gambar dan komentarnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment