, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pola Menjahit Baju Dalam Majalah Wanita


Pola Menjahit Baju Dalam Majalah Wanita

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Pola Menjahit Baju Dalam Majalah Wanita


ukuran-ukuran yang dibutuhkan untuk membuat kemeja dan cara ukur di atas kertas - Pengetahuan mengenai cara membuat pola baju merupakan salah satu modal dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin terjun kedalam dunia desain fashion. Pola menjahit baju dapat didefinisikan sebagai potongan-potongan kertas atau prototipe bagian-bagian pakaian dan produk jahit-menjahit. Pola busana wanita tersebut merupakan acuan atau contoh yang dibutuhkan untuk meminimalisir kesalahan sewaktu menggunting kain. Selain memakai pola buatan sendiri, seseorang dapat menjahit busana di rumah dengan memakai contoh pola baju siap pakai (pola jadi) yang dimuat oleh majalah wanita maupun artikel fashion. Sewaktu membuat pakaian, pola disesuaikan dengan ukuran-ukuran bentuk badan dan model pakaian. Untuk pakaian yang dijahit menurut pesanan, sebelum pola busana wanita dibuat, bagian-bagian tertentu dari tubuh pemakai diukur satu persatu dengan bantuan pita ukur.

Pengenalan Ebook Menjahit



Ebook atau lebih populer dengan nama electronic book merupakan sebuah dokumen yang dikemas dalam bentuk file komputer berekstensi pdf, exe, doc, ppt, dan sebagainya. Seperti halnya pembuatan document manual/kertas, dalam membuat ebook indonesia seorang penulis juga dituntut untuk memenuhi kaidah-kaidah penulisan dan penyusunan buku yang baik dan benar. Salah satu contohnya adalah dalam pembuatan ebook menjahit yang membahas banyak sekali cara membuat pola baju lengkap dengan cara menjahit pakaian. Ebook yang disusun dalam bentuk file berekstensi pdf (portable document format) adalah buku elektronik yang bisa dibuka dengan program-program pdf reader seperti adobe acrobat reader, foxit reader, dan semacamnya. Format pdf lebih banyak digunakan dalam pembuatan ebook karena file ini memang lebih praktis, mudah dalam management pembuatannya. Disamping file pdf, Ebook berekstensi exe (executable) juga tidak kalah populer kerena cara download ebook exe ini lebih praktis dan dapat dijalankan tanpa perlu program pendukung seperti pdf.

Bentuk-Bentuk Garis Leher Busana


Dalam mendesain baju dikenal banyak sekali bagian-bagian yang melengkapi busana, mulai dari garis leher (neckline), kerah (collar), lengan (sleeve), manset (cuff), saku (pocket), dan belahan (closing). Garis leher yang biasa disebut sebagai tanda garis leher merupakan pelengkap desain baju yang terletak disekitar leher. Bentuk garis leher yang biasa digunakan oleh para designer baju dapat dikelompokkan menjadi garis leher bulat (round neck line), garis leher persegi (square neck line), dan garis leher V (V-neck line). Dari masing-masing bentuk dasar garis leher tersebut kemudian dibuat berbagai macam variasi berupa:

-       Variasi garis leher bulat : henley, bateau, decollate, norse-shoe, U, dan Gretchen.
-       Variasi garis leher persegi : mitred, florentine, vionnet, scooped, diamond, dan sweet-heart.
-       Variasi garis leher V : dickie, slot, plugging, surplice, halter, dan off the shoulder.

Semoga bermanfaat.

Pengertian Adibusana



Adibusana atau dalam bahasa perancis lebih populer dengan nama haute couture merupakan sebuah teknik mendesain baju tingkat tinggi yang dibuat secara khusus untuk pemesannya menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik. Dalam membuat karya desain baju yang bersifat haute couture sebagian besar designer baju banyak memanfaatkan detail hiasan pakaian yang dikerjakan langsung dengan tangan sehingga proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Pada masa Belle epoque, sebuah rumah mode haute couture ternama di Paris mempekerjakan dua ratus sampai enam ratus tenaga kerja. Mereka bekerja dalam ruang-ruang terpisah, dan pada masing-masing ruang hanya dikerjakan satu jenis pekerjaan. Proses pembuatan pakaian diawali dengan seorang penjual yang memperlihatkan mode terbaru pada seorang klien, dengan bantuan seorang model. Setelah klien tersebut menentukan pilihannya, berturut-turut dimulailah pembuatan pola menjahit baju, penjahitan, dan pengepasan pakaian. Barulah kemudian pada tahun 1900 teknik pembuatan busana dengan haute couture mulai diperkenalkan kedunia internasional pada event Exposition universelle yang berlangsung di Paris.

Mengambil Ukuran Badan



Pengambilan ukuran badan merupakan salah satu langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat baju. Karena pada prinsipnya, ukuran tersebut dapat dijadikan acuan dalam membuat pola menjahit baju. Saat kita hendak mengambil mengambil ukuran badan dari orang yang memesan pakaian, model atau orang yang mau diukur harus berdiri lurus dengan sikap tegak supaya semua ukuran yang mau kita ambil tepat dan akurat. Sebelumnya, ikat bagian pinggang orang yang mau kita ukur dengan ban elastic atau tali ban berukuran kecil dengan lebar kurang dari 2 cm. Ban pinggan tersebut berperan sebagai pembatas antara badan bagian atas dan badan bawah. Perhatikan dengan benar agar letak tali yang digunakan sebagai acuan dalam mengambil ukuran untuk membuat pola busana wanita berada tepat di tempatnya dan tidak berkelok-kelok.

Tentang Pola Menjahit Baju



Mengambil ukuran badan menggunakan pita ukur merupakan tahap paling awal yang dapat dilakukan dalam cara membuat baju. Berbeda dengan cara membuat pola baju pada umumnya, proses pembuatan pola kemeja diatas kain umumnya langsung dikerjakan diatas kain, tanpa membuat pola menjahit baju di atas kertas terlebih dahulu. Cara mengambil ukuran yang diperlukan untuk membuat pola menjahit baju di atas kain diantaranya mengukur panjang kemeja, mengukur lingkar badan, mengukur lebar dada, mengukur lingkar kerung leher, mengukur lingkar pinggang dan panggul, mengukur lebar punggung, mengukur lebar bahu, mengukur lingkar kerung lengan, mengukur panjang lengan dan lebar lengan kemeja.

-       Panjang kemeja diukur dari bahu bagian atas sampai panjang yang diinginkan. Diukur dari kerung leher bagian depan sampai panjang yang diinginkan.
-       Lingkar badan diukur pada bagian badan terbesar dalam keadaan bernafas.
-       Lebar dada atas diukur di atas bahan dari ujung bahu sebelah kanan sampai ujung bahu sebelah kiri.
-       Lebar dada bawah diukur dari kiri ke kanan pada ujung ketiak sebelah kiri sampai ujung ketiak sebelah kanan.
-       Lingkar kerung diukur pada bagian leher terbawah sekelilingnya.
-       Lebar punggung atas diukur diatas bahu dari ujung bahu sebelah kanan sampai ujung bahu sebelah kiri.
-       Lebar punggung bawah diukur dari kiri ke kabab tepat pada ujung ketiak.
-       Lebar bahu diukur dari bahu tertinggi sampai kerung lengan.
-       Lingkar kerung lengan diukur mendatar melalui bawah ketiak.
-       Panjang lengan diukur dari bahu terendah sampai panjang yang dikehendaki.
-       Lingkar Ujung lengan pendek diukur sekeliling lengan pendek bagian bawah.
-       Lingkar lengan diukur sekeliling pada bagian bawah lengan.



Mengikuti Kursus Desain Baju



Fashion desain merupakan seni merancang pakaian yang bersifat fungsional dan estetis. Untuk menjadi seorang desainer, seseorang  harus mengasah keterampilan menggambarnya dan berlatih mengenai konsep dasar mendesain baju. Salah satu wadah yang tepat yaitu dengan mengikuti sebuah kursus fashion desain yang dapat memberikan pengenalan mengenai cara buat desain baju. Sebuah desain tidak mungkin tercipta tanpa ada unsur-unsur pembentuknya, dan tidak akan indah atau menarik dilihat tanpa mempertimbangkan prinsip-prinsip desain. Desain baju merupakan pola rancangan yang dihasilkan melalui pemikiran dan pertimbangan yang dituangkan di atas kertas berwujud gambar. Hal yang tidak kalah penting adalah, desain baju tersebut hendaknya dapat dipahami oleh orang lain sehingga bisa diwujudkan ke bentuk benda yang sebenarnya dengan mudah. Semakin maju tingkat kehidupan dan selera masyarakat maka tantangan untuk menjadi seorang designer baju juga semakin besar. Terlebih lagi setiap tahunnya selalu bermunculan desainer muda tanah air yang siap meramaikan dunia mode tanah air.

Membuat Pola Dasar Sistem Draping



Teknik pembuatan pola dasar dengan sistem draping dapat didefinisikan sebagai sebuah metode membuat pola menjahit baju dasar yang dikerjakan langsung pada dressform/boneka jahit. Teknik draping biasa diterapkan untuk membuat pola busana wanita yang cukup rumit dan menggunakan banyak variasi. Membuat pola dasar sistem draping adalah membuat pola menjahit baju sesuai ukuran dan bentuk badan model. Untuk mempermudah prosedur cara membuat pola baju, model dapat diganti dengan boneka jahit atau dressform, yang mempunyai ukuran sama atau mendekati ukuran model. Langkah kerja pembuatan pola menjahit baju sistem draping adalah sebagai berikut.

1) Pembuatan pola busana wanita berdasarkan desain busana.
2) Membuat pola menjahit baju pada boneka jahit sesuai desain busana.
3) Meneliti/melihat kembali garis-garis desain
4) Memperbaiki garis-garis pola.
5) Menyesuaikan ukuran pola.
6) Pola siap pakai.

Untuk mempelajari cara membuat pola baju selengkapnya anda bisa mengunjungi situs video menjahit yang mengupas berbagai macam teknik pembuatan pola lengkap dengan cara menjahit pakaian. 

Tips Mempelajari Cara Membuat Baju


Pelajaran membuat pola busana wanita maupun pola menjahit baju pria biasanya terkesan rumit dan sulit, sehingga terkadang membuat orang enggan untuk memulainya. Pada dasarnya untuk mempelajari cara buat baju hal terpenting yang dibutuhkan adalah keuletan dan kemauan untuk belajar menjahit sehingga anda bisa membuat pakaian secara mandiri. Bagi anda yang mungkin memiliki keinginan untuk belajar cara membikin baju mungkin tips berikut ini bisa menjadi bekal anda untuk belajar cara menjahit pakaian. 

-          Untuk penjahit pemula sebaiknya buat model-model pakaian yang sederhana dan tidak terlalu ribet.
-          Pergunakan kain yang murah atau kain sisa bekas pembungkus terigu untuk menghemat pengeluaran.
-          Jangan malu untuk bertanya kepada para profesional yang sudah ahli dalam membuat busana.
-          Dan yang terakhir, anda harus memotivasi diri sendiri supaya tetap semangat dalam mengikuti kegiatan menjahit pakaian meski mengalami banyak hambatan dan masalah.

Untuk mempelajari cara buat baju selengkapnya, anda bisa membeli panduan menjahit dari tempat-tempat yang jual ebook menjahit untuk menunjang proses belajar anda.

Busana : Cermin Kepribadian Seseorang



Dalam sebuah artikel wanita disebutkan, jika pemilihan sebuah busana yang lebih terarah dapat memberikan kesan lebih dewasa dan berkarisma pada tampilan seorang wanita. Kunci utamanya terletak pada pemilihan bahan yang tepat serta perpaduan warna yang serasi. Sehingga model busana apapun yang dikenakan juga memperjelas dan mempertegas kepribadian pemakainya. Semahal apapun busana yang dikenakan namun jika tidak nyaman saat dikenakan maka akan membuat penampilan seseorang tampak biasa saja. Tengok saja berbagai gaya busana selebritis luar negeri yang kerap dibahas dalam artikel fashion. Meski potongan dan desain baju yang dikenakannya terkesan simple namun aura yang ditampilkan mampu memikat hati para penggemarnya. Sebelum memutuskan untuk membeli pakaian ada baiknya anda memperhatikan kualitas bahan busana yang digunakan, karena gaya busana yang dikenakan oleh seseorang biasa digunakan sebagai cermin kepribadian dari pemakainya. Pilihlah busana yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh anda.

sumber : http://fashionline091.weebly.com/fashion-lineblog/previous/2

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang ukuran-ukuran yang dibutuhkan untuk membuat kemeja dan cara ukur di atas kertas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara menjahit sarung bantal

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment