, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bahan dan Kain Yang Cocok Untuk Menyulam


Bahan dan Kain Yang Cocok Untuk Menyulam

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Bahan dan Kain Yang Cocok Untuk Menyulam


Kain Sulam dan Payet


pengertian jahit dan sulam - Menyulam adalah suatu tehnik keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengembangkan kreativitas untuk membuat  media kerajinan  yang berbentuk  gambar atau pola yang terdapat pada kain sebagai penghias dan memberikan suatu  keindahan diantara sisi-sisi kain. Tak asing rasanya mendengar kata menyulam, bagi sekian banyak orang yang mendengar, tak heran kebiasaan menyulam sudah sangat amat menjadi tradisi dalam pembuat kerajinan kain dan memberikan  tampilan warna serta motif yang mewah bagi penggunaan kain dengan teknik dan keterampilan yang akan membuatnya lebih sempurna. Bahan yang digunakanya pun sangat mudah di dapatkan di toko-toko terdekat disekitar rumah anda bahkan sekarang ini banyak yang menjual buku dengan teknik-teknik penyulaman secara detail agar mempermudah untuk menghias kain. Diantara alat dan bahan yang digunakan untuk menyulam yaitu:
Kain Sulam dan Payet
Jarum – Dalam menyulam alat ini adalah tool utama sangat diwajibkan untuk melakukan penyulaman dan mempunyai banyak jenis. Jarum yang baik digunakan dalam penyulaman adalah jarum Crewel/Sharp  yang memiliki ujung halus dan tajam serta berlubang kecil sampai lebar untuk mempercantik sulaman. Ketika ingin menjahit ikutilah titik garis pada sebuah pembidangan sebagai langkah tepat agar hasil gambaran tidak terlalu keluar arah gambar.

Gunting - Kegunaan gunting adalah sebagai pemotong benang pada saat menyulam biasanya gunting yang dibutuhkan berukuran kecil agar mudah untuk proses pemotongan yang lebih cepat dalam penyulaman. Gunakan guting khusus untuk kain agar mudah dipakai.

Pemidangan - Kegunaan alat ini digunakan untuk merenggangkan agar kain menjadi rata. Dan menghasilkan sulaman yang bagus serta tidak berkerut dan tampak rapi ketika digunakan dan pilihlah pemidangan yang sesuai dengan desain anda dan tempatkan pembidangan diantara kain yang ingin anda beri motif hias agar menghasilkan gambar yang indah.

Benang Sulam - Benang sulam tidak dapat dipisahkan dalam penyulaman, dan mempunyai fungsi dalam pembuatan tangkai bunga dan dapa
t merapatkan kain hingga terlihat rapih. Benang sulam mempunyai warna yang bermacam-macam seperti warna merah, kuning, hijau dan lain-lain sesuai dengan kesukaan anda. Gunakan benang secukupnya jangan terlalu tebal agar gambar mudah dibentuk.

Kain - Kain mempunyai  banyak jenis diantaranya serat sintesis, dan serat alam, jenis ini sangat cocok untuk melakukan penyulaman  karena mempunyai serat  yang tidak rapat dan mudah untuk  ditembus oleh jarum. Penggunaan kain disesuaikan dengan kebutuhan anda ada baiknya menggunakan kain yang tidak begitu lebar agar mudah untuk pembuatan sulaman yang di inginkan. Jangan menggunakan kain yang tebal dan rapat karena tidak dapat disulam bahkan dapat menyebabkan jarum menjadi patah.

Pita - Pita digunakan sebagai penghias kain dengan membentuk sebuah bunga yang dapat membuat pancaran keindahan dalam penyulaman dan sebagai desain hias dengan menggunakan berbagai macam pernak-pernik untuk memperindah sulaman. Ukuran pita sangat besar dibandingkan dengan benang.  Gunakan pita tipis agar jarum dapat menembus kain dalam pembuatan bunga agar lebih rapih dan melekat diantara kain.

Pensil - Pensil digunakan untuk menggambar pola terlebih dahulu di antara pembidangan  sebagai penjiplak desin agar penyulaman lebih mudah dengan mengikuti gambar yang terdapat pada pembidang.

Pendedel atau Pembuka jahitan - Digunakan untuk mendedel apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan sulaman yang kurang bagus tetapi dengan penggunaan yang harus berhati-hati agar sulaman kain tidak rusak, apabila pendedelan digunakan dengan cara kasar atau tidak teliti maka kain sulaman akan rusak bahkan sobek dan tidak dapat melanjutkan penyulaman karena hasilnya akan buruk ketika dikenakan.
Filed Under: Seni Menyulam Tagged
With: alat-alat yang digunakan dalam menyulam, apa itu menyulam, cara dan teknik menyulam, jarum sulam, Jarum yang digunakan untuk menyulam, jenis-jenis menyulam, kain sulam, kain yang digunakan untuk menyulam, menyulam, menyulam adalah, pengertian menyulam, pita sulam


Cara Pasang Payet di Hijab dan Kerudung


Menyulam adalah kegiatan yang dapat mengisi waktu luang anda dan mengasyikan atau hobi sebagai kreativitas yang dimiliki. Salah satunya yang cukup populer sekarang ini adalah sulam pita,  Helaian kain yang disulam dengan motif dan warna-warna  yang berbeda dapat mempercantik barang – barang anda seperti  jilbab muslimah yang kita kenal saat ini karna dengan model – model jilbab yang trendi yang membuat penampilan seorang wanita lebih menarik, cantik dan modis. Sulam pita  adalah salah satu teknik  yang dipakai untuk menghias jilbab, diperlukan keterampilan khusus untuk pembuatanya. Jangan kawatir saat ini telah ada buku khusus untuk pembelajaran membuatan jilab muslimah pun telah hadir  di toko – toko buku terdekat. Bahan –  Bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam menghias jilbab antara lain Pita.

Pita Merupakan bahan dasar yang digunakan untuk menyulam  dan mempunyai variasi yang berbeda-beda dan macam-macam jenis warna biasanya pita digunakan untuk membuat pola bunga sebagai penghias jilbab. Dalam penyulaman biasanya menggunakan pita yang berlipat emas maupun perak , carilah pita yang berbahan lembut agar mudah untuk menyulam.

Jarum: Ketika Menyulam Pakailah jarum yang berukuran besar atau jarum khusus untuk sulam pita, jarum ada beberapa jenis ada yang ujung nya runcing dan ada juga yang berukuran tumpul, biasanya untuk menghias jilbab harus menggunakan yang ujungnya tumpul supaya lebih mudah untuk penyulaman

Benang: Benang yang kwalitas bagus dalam menyulam yaitu jenis benang DMC karena lebih kuat dan tebal agar sulaman tidak mudah rapuh dan kuat ketika dipakai, pemilihan benang sangat penting, apabila salah memilih benang maka hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kain: Pilihlah jenis kain yang akan digunakan untuk menyulam , kain yang baik digunakan dan mudah untuk di jahit adalah kain yang berbahan sutra karena mudah tembus pada jarum pita. Kain sebagai alat untuk membuat motif bung
a,  daun serta tangkai sebagai penghias jilbab supaya nampak cantik dan modis

Mutiara: Mutiara Sebabgai Penghias Jilab yang berfungsi untuk membuat menambah aura kecantikan yang terdapat pada diri wanita. Dan biasanya direkatkan di antara kain pita agar menjadi satu kesatuan dan perpaduan antara motif, bentuk dan disejajarkan dengan gambar yang melekat pada jilbab.

Skrup Pemidangan: Adalah Suatu Alat Yang Berbentuk Bundar  biasanya digunakan untuk pembuatan pola atau gambar gunanya untuk mengencangkan kain tanpa adanya kerutan agar kain mudah dibentuk dan terlihat rapih.

Tips Membuat Hiasan Sulaman Jilbab:


    Siapkan peralatan untuk menghias jilbab seperti, kain ,jarum, benang, pita, mutiara, dan skrup bidang
    Buat pola pembuatan yang di inginkan dengan menggunakan skrup pembidang sebagai membuat gambar agar mudah dibentuk  pada saat sedang menyulam.
    Pilih bagian kain yang ingin dibuat gambar biasanya di tengah kain atau dipinggir sudut agar terlihat indah dan menarik ketika dilihat.
    Masukan sulam pita ke dalam jarum untuk pembuatan bunga yang di inginkan hingga menembus bagian bawah, lakukan secara berurutan agar gambar bunga nampak terlihat jelas.
    Kemudian jahit pita sulam dengan menggunakan benang pada bagian pinggir sulam pita untuk meratakan dan melekatkan pita pada kain agar tidak mudah kerut  pastikan jahitan terlihat rapih.
    Kemudian tambahkan mutiara dibagian tengah bunga agar kelihatan berkilau dan nampak cantik indah menawan.

Sepintas cara menghias jilbab telah dijelaskan diatas, bagaimana pun sebagus apapun jilbab yang digunakan adalah harus sesuai dengan kaidah yang berlaku, dimana di dalam agama islam jilbab adalah kewajiban yang harus di tegakan oleh seluruh wanita muslimah di dunia ini. Dan kecantikan yang di miliki oleh seorang wanita akan menjadi berkah apabila ditampakan hanya kepada suaminya tercinta, tidak untuk orang lain.

 membuat produk kerajinan jahit dan sulam


1.pengertian produk kerajinan jahit dan sulam

     Pengertian produk kerajinan de
ngan teknik jahit adalah benda-benda kerajinan yang di buat dengan cara di jahit.contohnya ,yaitu tempatkoran,tempat sisir,tas sekolah,dan lain-lain.
     Adapun pengertian produk kerajinan dengan teknik di sulam adalah benda-benda kerajinan yang terbuat di sehelai kain yang di tambah hiasan dengan berbagai benang. Benang tersebut ,yaitu benang emas,perak,benang sutra atau dengan berbaga manik-manik.contohnya taplak mejam,sapu tangan,sarung bantall handuk,dan lain-lain.

2.prosedur pembuatan kerajinan jahit dan sulam


    Prosedur  pembuatan benda kerajinan dengan teknik jahit dan teknik sulam ,yaitu :
1. membuat rancangan gambar kerja
2. menghitung biaya produksi
3. pesiapan bahan dan alat: a.Dalam teknik jahit,yaitu mesin jahit,jarum jahit,gunting,pita meteran,jarum pentul,penggaris kayu,
kapur,dan kain.
b.dalam teknik sulam,yaitu mesin jahit,jarum jahit,
gunting,pita meteran,jarum pentul,penggaris kayu,
                                                      kapur,ram,pensil,pendedel,rader,dan kain
4. pembuatan pola
5.pembentukan karya secara glo
bal
6.finishing


buka mesin jahit : http://glokup.blogspot.com/2014/02/membuat-produk-kerajinan-jahit-dan-sulam.html
http://www.jasapayet.com/tag/pengertian-menyulam

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian jahit dan sulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     3 Prakarya cara wirausaha tekstil di bidang kejarinan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment