, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ESTETIKA KERAJINAN

ESTETIKA KERAJINAN

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
ESTETIKA KERAJINAN
  mengapa unsur estetika dan ergonomis sangat di perlukan dalam produk kerajinan , jelaskan - Kegiatan membuat lrerajinan berawal dari dorongan kebutuhan manusia untuk membuat alat atau barang yang diperlukan dalam lrehidupan sehari-hari. Kerajinan merupakan salah satu produk karya seni rupa yang diciptakan berorientasi paria aspek fungsional. Sebagai karya fungsional harus memiliki sifat aman dan nyaman digunakan (ergonom). Kerajinan sebagai karya fungsional tidak cukup hanya memenuhl aspekfungsi saja melainkan memerlukan sentuhan keindahan untuk meningkatkan kualitasnya. Tulisan ini mencoba menguraikan aspek estetika dblam karya lrerajinan.Banyak orang beranggapan bahwa karya lrerajinan adalah karya tukang yang memiliki ni/ai estetik dan ekonomi yang rendah. Penulis mencoba menanggapi hal tersebut dengan mengkaji lebihjault tentang aspekestetikdalam karya lrerajinan. Nirai estetik dalam karya kerajinan dilihat dari aspek bentuk, warna, rqgam hias, danfungsinya. Dari segi bentuk disuguhkan beranekaragam bentuk sesuai fungsinya, baik bentuk dua atau tiga demensi. Lahirnya dibentuk mengikutifungsi dan bedasar pada proporsi, komposisi balance dan kaidah penciptaan karya seni rupa yang lainnya. Dari segi warna sangat banyak pilihan baik warna sebagai penunjang keindahan sampai warna sebagai perlambangan. Bahkan telah muncul warna pada produk keerajinan yang berlresa nanti seolah-olah menggambarkan karya masa lampau. Dari segi fungsi lahir kerajinan dari gantungan kunci sampai meja kursi yang sangat bervariasi. Berangkat dari fungsi kerajinan harus mempertimbangkan aspek lreamanan dan lrenyamanan digunakan. Hadirnya nilai estetik pada karya kerajinan dapat meninglcatkan citra karya tersebut. Lebih-lebih hal ini jika diukur dari ni/ai fungsi dan ekonomi. Dari fungsi kerajinan dapat diukur dengan banyaknya orang memiliki atau menggunakan produk tersebut. Dari segi ekonoml' dapat dilihat dari naiknya ni/ai nominal karya lrerajinan dan peningklztan ekonomi bagi perajin dan pengusaha lrerajinan. Dari Aspek ragam hiaspada lrerajinandapat dikenali identitas pribadi pencipta atau daerah (Yang memproduk lrerajinan tersebut. Dalam aspek ekonomi kerajinan adalah lahan subur sebagai mata pencaharian yang menjanjikan investasi besar dalam perlrembangan pariwisata dan globalisasi perdagangan dewasa ini. Pada prinsipnya karya kerajinan diciptakan dengan menggunakan kaidah penciptaan yang relatif sama dengan proses penciptaan cabang seni yang lainnya. Oleh sebab itu karya lrerajinan.atau kria layak disebut sebaga! karya seni rupa.

 

A. Pendahuluan

Tuntutan kebutuhan sehari-hari, sehingga dibutuhkan kreativitas untuk menciptakan peralatan sarana hidup, salah satu peralatan adalah produk kerajinan. Perkembangan produk kerajinan dewasa ini sangat beragam, baik bendabenda yang dipakai untuk kebutuhan upacara, kebutuhan praktis sampai benda-benda untuk cinderamata. Dilihat dari jenis dan kualitas produk kerajinan begitu beragarnnya, banyak orang memandang sebelah mata dengan argumentasi masing-masing mengatakan bahwa kerajinan bukan karya seni, karya kerajinan kurang berkualitas, murahan, dan berbagai sinisme lain yang disarnpaikan. Melihat kenyataan itu sehingga timbul pertanyaan apakah kerajinan itu karya seni atau bukan karya seni. Sebagai jawabannya adalah bahwa kreativitas penciptaan berkembang, selera penciptil dan konsumen menuntut keragarnan bentuk, corak, gaya, dan kebutuhan, maka lahirlah produk kerajinan yang beragam, bernilai seni, bernilai fungsi dan bernilai ekonomi.
Pada awalnya dorongan kerajinan diciptakan dari dorongan manusia untuk membuat barang atau alat untuk kebutuhan sehari-hari seperti alat makan, anyaman, dan peralatan dapur. Dalam perkembamgan masyarakat selanjutnya produk kerajinan mulai dibutuhkan banyak orang maka terjadi pertukaran benda atau barang dengan orang lain. Di sini nampak mulai ada pertukaran dengan komunitas yang lebih luas. Dari sinilah mulai berkembang jenis produk kerajinan yang memiliki kebutuhan yang lebih luas.
Hakekat penciptaan kerajinan diawali dengan proses pemikiran, perenungan, penghayatan, dan pengolahan pikir dan rasa. Untuk mewujudkan karya kerajinan seperti layaknya seorang seniman membuat lukisan, seorang insinyur membuat rancangan bangunan. Semua itu
didasari oleh motivasi dan kebutuhan untuk mengungkapkan gagasan idealnya. Mungkin yang membedakan diantaranya adalah tujuan penciptaan, jumlah produksi, pemikiran kebutuhan orang banyak, ekonomi, dan fungsional. Penciptaan kerajinan menggunakan kaidah-kaidah penciptaan seni seperti komposisi, proposi, unity, dan sebagainya, sarna seperti penciptaan karya seni lainnya.Melihat proses penciptaan dan kriteria tersebut maka layak jika kerajinan sebagai karya seni rupa seperti yang lainnya.
Sesuai pendapat Will Durant (dalarn Suryasumantri, 1995:25) bagai mengatakan bahwa tiap ilmu diawali dengan filsafat dan dia/chiridengan seni. Berbicara seni dan kerajinan dalam konteks tulisan ini adalah membicarakan suatu produk kerajinan yang dilihat dari aspek bentuk dan estetikanya atau dengan kata lain bahwa kerajinan itu memiliki nilai selain fungsi juga nilaiestetika atau keindahan. Kerajinan adalah bagian dari seni rupa dan seni rupa adalah cabang seni. Istilah seni rupa, seni kerajinan atau seni kria memililki makna ganda atau rancujika tidak melihat makna kata tersebut dalam konteks yang berbeda atau khusus. Jika memahami makna seni dan kerajinan dalam konteks anak-anak keduanya dapat menyuguhkan makna lain. Aktivitas berseni rupa dan berkerajinan sulit untuk dibedakan. Sebagai senirupawan dituntut kreativitas dan sebagai seorang perajin dituntut keorisinilan, pengetahuan, keahlian, kemampuan pengindraan, dan pengalaman yang dimiliki untuk menciptakan keragaman bentuk dan menanamkan nilai khusus pada obyek yang dibuatnya, baik nilai,ekonomi, praktis maupun nilai estetik. Berbicara kerajinan juga berbicara tentang seni rupa, karena kerajinan adalah bagian dari seni rupa, dan seni rupa bagaian dari seni. Difinisi seni yang paling sederhana adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia. Maka menurut pengertian ini seni adalah produk keindahan.
Jadi seni adalah suatu usaha untuk menciptakan yang indah-indah yang dapat menimbulkan kesenangan, walaupun ada seni yang melahirkan kesan menakutkan, seram, misterius, dan sebagainya. Kalau berbicara tentang seni, lebih-Iebih hal ini dikaitkan dengan seni tradisional kita misalnya seni kerawitan, seni ukir, wayang kulit, batik, seni arsitektur maka sangatlah nampak jelas dan mudah dipahami bahwa hakekat seni adalah menciptakan keindahan clan kesenangan. Selanjutnya Reimond (dalam Gie, 1996:14) menyebutkan seni adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk mengubah bahan alami menjadi benda-benda yang berguna atau indah, atau keduaduanya adalah seni. Difinisi Reimond lebih dekat dengan batasan seni rupa dan kerajinan.
Kerajinan atau kria adalah merupakan cabang seni rupa yang sangat memerlukan kekriaan (crafunanship) yang tinggi seperti misalnya seni ukir kayu, anyaman, batik, wayang kulit dan sebagainya. Cabang seni ini merupakan penghasil seni terapan yang kecil-kecil (tidak seperti rumah) misalnya kursi berukir, wayang kulit, jamban bunga , dan sebangsanya.GSoedarso SP.l987). Selanjutnya dipertegas lagi' batasan. Estetim Kerajinan (Marlono) kerajinan menurut Mattil (1971 : 1) mengatakan crafts were created forritual, social actjvities, theatre, and entertainment. M~ksudnya adalah kerajinan diciptakan untuk tujuan praktis di dalam rumah tangga, di dalam industri, atau barang-barang tersebut digunakan di dalam upacara ritual keagamaan, aktivitas sosial, teater, dan dunia hiburan. Dua difinisi tersebut secara tegas menjelaskan bahwa produk kerajinan diciptakan untuk kebutuhan praktis bukan untuk kebutuhan berekspresi. Selanjutnya Suri Soeroto (1983:20) menjelaskan kerajinan adalah usaha produktif disektor non pertanian, baik merupakan mata pencaharian utama maupun sampingan, karena kerajinan adalah kegiatan ekonomi maka usaha kerajinan dikategorikan dalam usaha industri, dilihat dari cara dan besamya kegiatan maka usaha kerajinan masih belum memasuki tingkat pabrik dan baru tingkat kerajinan rumah tangga. Dalam batasan ini dijelaskan bahwa usaha kerajinan sebagai kegiatan ekonomi. Pemikiran yang lebih luas lagi seperti yang disampaikan Yudoseputro (1983:1) bahwa kerajinan ada~ah usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup yang didukung oleh perasaan dalam menggunakan bahan dan hasilnya dapat dilihat dan diraba maka karya ini dapat disebut karya seni rupa. Dalam difinisi ini dijelaskan bahwa karya kerajinan adalah karya seni rupa. Melihat perkembangan kerajinan dari waktu sewaktu sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta tuntutan kebutuhan masyarakat, maka sangat dibutuhkan produk kerajinan yang bervariasi dan memenuhi tuntutan nilai fungsi yang ergonomi, ekonomi, dan estetik. Sesuai dengan tuntutan inimaka kerajinan dapat didifinisikan sebagai karya produk masal yang memiliki nilai fungsi yang ergonqmik dan estetik, baik fungsi aktif seperti meja, kursi. pot bunga, cermin, dan fungsi pasif seperti hiasan dinding, hiasan meja, menong, dan sebagainya. Dilihat dari sudut pandang estetika kerajinan adalah suatu obyek pengetahuan yang memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah bentuk, fungsi, dan keindahan. Obyek kajian dari estetika adalah masalah keindahan. Seperti disampaikan oleh Aristoteles (dalam Gie, 1997:13) merumuskan keindahan dalam kalimat that which being good is also pleassant artinya sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Jadi obyek estetika atau keindahan adalah sesuatu yang indah"dan menyenangkan.
Sealanjutnya Herbert Read mengatakan keindahan sebagai unity of formal relations among our sense-perceptions. Maksudnya kesatuan dari hubunganhubungan bentuk diantara pencerapan-pencerapan indra kita. Jadi sesuatu dikatakan indahbila ada kesatuan bentuk dari unsur-unsumya yang bersifat harmonis. Sedangkan menurut George Santana (dalam Gie,1997:15) mengatakan keindahan adalah Beauty ispleasure regarded as the quality of a thing, artinya keindahan adalah kesenangan yang dianggap sebagai sifat dari suatu benda . Dari ketiga definisi ini menjelaskan bahwa bidang kajian estetika adalah suatu obyek yang indah dan menyenangkan. Estetika adalah cabang filsafat yang berhubungan dengan teori keindahan. Kalau definisi keindahan memberitahu orang untuk mengenali apa keindahan itu, maka teori keindahan menjelaskan mengapa alasannya dan bagaimana keindahan itu terwujud. Salah satu persoalan pokok dalam teori keindahan ada~ah mengenai sesuatu yang indah, apakah keindahan merupakan sesuatu yang ada dan melekat pada benda itu, atau keindahan hanya terdapat pada alam pemikiran ,angan-angan, dan imajinasi penikmat.
Pemyataan tersebut menjelaskan bahwa dalam perkembangan sejarah estetika timbul :dua kelompok teori keindahan yang dikenal dengan teori obyektif dan teori subyektif. Aliran kelompok obyektif dianut oleh Plato, Hegel, dan Bemart Bosanquet, sedang kelompok aliran subyektif dianut oleh Henry Home, Lord Ashley, dan Edmu,ndBurke. Teori obyektif berpendapat bahwa keindahan adalah sesuatu nilai estetik yang memang sudah melekat pada obyek benda yang bersangkutan terlepas dari siapa yang mengamatinya. Pengamatan seseorang hanya menemukan sifat indah yang sudah ada pada benda yang diamatinya. Selanjutnya dimanakah letak keindahan dalam sebuah obyek estetika ini. Untuk menjawab persoalan ini adalah bahwa keindahan terletak pada perimbangan antara bagian-bagian yang tersusun dengan komposisi yang harmonis . Nilai estetik tercipta dengan terpenuhinya kaidah-kaidah tertentu mengenai bentuk yang ada pada benda khususnya obyek karya seni atau kerajinan. Kaidah-kaidah itu dalam seni dikenal dengan komposisi, proporsi,
balans, dan ritme. Kaidah ini jika disusun dengan baik, harmonis dalam sebuah karya sel1imaka akan menghasilkan karya yang indah.
Teori subyektif menyatakan bahwa, ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda sesungguhnya tidak ada, yang ada sesungguhyaadalah persepsi perasaan seseorang yang. mengamati suatu obyek adanya keindahan rasa atau selera keindahan yang dimilikinya. Kalaupun dinyatakan sesuatu itu memiliki nilai estetik hal ini lebih dikarenakan oleh seorang pengamat mendapatkan sesuatu pengalaman estetik sebagai tanggapatl terhadap benda tersebut. Sesuatu benda dikatakan indah menurut penlepsi dan selera pengamat bukan keindahan benda itu sendiri. Sesungguhnya sesuatu benda secara obyektif memang indah kalau aliran subyektif memandang jika b61da itu tidak sesuai dengan selera dan perasaannya dikatakan tidak indah, karena letak keindahan terletak pada persepsi dan selera pengama'tnya. Keputusan sesuatu itu indah atau tidak indah tergantung bagaimaqa persepsi dari pengamat. Aliran ini memandang keindahan bukan pada kualitas obyek yang memiliki keindahan melainkan pada subyektiftasnya. Estetika pada prinsipnya adalah mengkaji suatu qbyek keindahan baik keindahan yang diciptakan Tuhan maupun keindahan 'yang diciptakan manusia. Keindahan yang diciptakan Tuhan seperti beraneka bunga, burung, satwa laut, pemandangan alam dan sebagainya. Sedangkan'keindahan yang diciptakan manusia meliputi karya seni patung, lukisan, tarian, ukiran, wayang, dan sebagainya. Dalam tulisan ini hanya membiearakan masalah estetika yang terdapat pada karya seni kerajinan. Wujud karya kerajinan ditentukan oleh beberapa hal yaitu bentuk, wama, omamen, dan fungsi. Bentuk kerajinan meliputi bentuk dua demensi seperti wayang kulit, panel ukiran,.cermin, jam dinding, hi~san dinding dan sebagainya. Sedangkan karya kerajinan tiga demensi meliput1I meja, kursi, kap lampu, patung, wadah, wayang golk, dan sebagainya. Wamaldalamkerajinan yang dimaksud adalah wama sebagai penunjang estetik karya kerajinan.
Penggunaan Wamayang dimaksud adalah wama imitatif meniru wama yang ada di alam sekitarya misal warna hijau meniru wama daub, merah meniru wama buah, biru meniru wama langit dan sebagainya. Wamasimbolik artinya pemberian wama pada karya kerajinan memiliki makna tertentu. Wama kreatif maksudnya penggunaan wama untuk kerajinan sebagai ungkapan kreatif perajin untuk mewujudkan estetika karya kerajinan. Wama ini dapat diterapkan dalam karya kerajinan sebagai elemen es1etiknya.Omamen atau I ragam hias dalam kerajinan ikut menentukan keindahan dan identitas dari kerajinan tersebut. Fungsi kerajinan yang dimaksud disini adalah kerajinan  diciptakan untuk apa, apakah fungsi aktif seperti meja, kursi, kap lampu, wadah, cinderamata atau fungsi pasif seperti hiasan, patung pajangan, dan sebagainya. Herbert Read (1968) dalam sebuah karya seni terdapat tiga aspek penting yaitu contour, content, dan context: Contour berhubungan dengan ujud atau bentuk karya seni, content berhubungan dengan isi, makna, pesan, atau informasi, dan context berhubungan dengan keperluan apa seni itu diciptakan. Oleh sebab itu penulis mencoba mengulas karya kerajinan berdasarkan pertdapat tersebut dan dikembangkan untuk mendapatkan hasil pemikiran barn. Tulisan ini mencoba menguraikan estetika kerajinan dari aspek bentuk, warna, ragam hias, dan fungsinya.

B. Bentuk Kerajinan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi terciptalah teknplogi produksi yang memberikan kemudahan, efektivitas dan efisiensi. Berkat pemanfatan teknologi tersebut lahirnya sebuah karya kerajinan yang: didasari oleh pentingnya akan produk untuk menunjang kebutuhan sehilri-hari, bukan dorongan emosional untuk berekspresi.
Penciptaan desain kerajinan yang baik bentuk mengikuti fungsi (form follow function) bukan fungsi mengikuti bentuk. Kadang terjadi seorang perancang desain terlalu asyik bermain artistik maka lupa akan kriteria fungsi yang seharusnya lebi~ diutamakan, sedangkan kriteria estetik sebagai faktor kedua untuk menambjih nilai keindahan sebuah karya kerajinan agar tampil lebih menarik. Pertirnbangan yang dipakai dalam syarat proses desain yang baik adalah faktor kbgunaan, produksi, pemasaran, bahan, keuntungan dan nilai rupa atau esteti~ dari benda pakai itu Gunawan (1986:74).
Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan sangat penting karena bahan memilik1ikekuatan, bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan. Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempumaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomi). Nilai estetik karya k~rajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda selain fungsi praktis Bentuk karya seni yang baik menurut Thomas Aquinas (dalam Gie,1997) berpendapat bahwa keindahan suatu karya meliputi tiga persyaratan (1). Keutuhan atau kesempurnaan (integrity or perfection), (2) Perimbangan atau keserasian (proporsi or harmoni), dan (3) Kecemerlangan atau kejelasan (brightness or clarity). Selanjutnya disebutkan bahwa sesuatu yang cacat atau tidak utuh atau sempurna adalah jelek, sedangkan sesuatu yang berwarna cemerlang, jelas, adalah indah. Oleh para ahli modern ketiga unsur keindahan ini kemudian desebut kesatuan, keseimbangan, dan kejelasan.
Sedangkan unsur yang dapat membuat suatu karya menjadi indah menurut Monroe Beardsley (1997: 43) adalah (1) Kesatuan (unity) unsur ini berarti karya seni yang estetis tersusun secara baik dalam kesatuan yang harmonis atau sempurna bentuknya, (2) Kerumitan (complex
ity) unsur ini menunjukan bahwa karya yang estetik terdiri atas unsur-unsut yang kompleks yang saling mendukung membentuk suatu kesatuan yang dapat menimbulkan nilai keindahan, (3) Kesungguhan (intensity) maksudnya bentuk karya seni yang memiliki bobot kualitas yang lebih menonjol daripada sekedar bermain unsurunsur seni belaka. Karya seperti ini misalnya wayang kulit, keris, batik tradisional, dan sebagainya. Jadi keindahan bentuk karya kerajinan ditentukan oleh unsurunsur tersebut di atas atau dengan kata lain keindahan merupakan esensi dari karya seni. Orang Yunanikuno sejak abad 5 sebelum masehi sampai abad 17di Eropa menggunakan teori perimbangan dalam keindahan seperti yang dikemukakan oleh Wladyslaw Tatarkiewicz (dalam Gie, 1997:51) yang dikenal dengan teori besar tentang keindahan atau teori besar estetika Eropa dijelaskan beauty consists in theproportion of theparts, moreprecisely in the proportion and arrangement of the parts, or still more predsely, in the size equality, and number of the part and their Interrelationsh,ip. Maksudnya keindahan terdiri atas perimbangan dari bagian-bagian, lebih tepat perimbangan dan susunan dari bagian-bagian, atau lebih tepat lagi terdiri atas ukuran , persamaan, dan jumlah daTi bagian-bagian serta hubunganhubngannya satu sarna lain. Misalnya seni arsitek .Yunaniterdiri atas pilarpilar yang tersusun menyangga atap dengan perbandingan yang sarna atau tepat dalam berbagai demensinya, seperti keindahan dan keunikan bangunan Candi Parthenon. Keindahan dianggap sebagai kualitas dari benda-benda yang bersusun (mempunyai bagian-bagian). Hubungan dari bagian-bagian itu yang menciptakan keindahan dapat dinyatakan sebagai perimbangan atau perbandingan aqgka-angka. Bangsa Yunanimenemukan hubungan-hubungan matematik yang cermat sebagaimana terdapat dalam ilmu ukur dan berbagai pengukuran proporsi ternyata dapat diwujudkan dalam benda-benda bersusun yang indah. Selanjutnya Mazhab Pythagoras yang mencetuskan teori proporsi
menemukan bahwa macamnya nada yang dikeluarkan seutas senar tergantung pada panjangnya senar itu dan bahwa sekumpulan senar akan menghasilkan suara yang sela~as dan enak didengar. Apabila panjangnya senar itu masingmasing mempunyai perimbangan sesuai dengan teori proporsi maka akan menghasilkan harmonisasi. Menurut teori proporsi keindahan terdapat dalam suatu benda y~ng bagian-bagiannya memiliki hubungan satu sama lain . sebagai bilangan-bilangan kecil, misalnya perimbangan yang menurut Bangsa Yunani disebut indah adalah bentuk persegi panjang dan elips yang masing-masing: memiliki proporsi 3 : 5 . Perimbangan ini dikenal dengan nama perbandingan keemasan (golden ratio) Teorikeindahan yang berdasarkan perimbangan didukung oleh para filosuf dan dipraktikan para seniman sejak zaman Yunanikuno melalui zaman Romawi, abad pertengahan sampai jamanmodern. Teori agung ini berkuasa dalam sejarah estetika selama 22 abad. Demikian juga implikasinya dalam dunia penciptaan kerajinan teori perimbangan sangatlah bermakna, apalagi kerajinan diciptakan untuk barang-barang funsional. Selanjutnya Sahman (1992:29) men~atakan secara fenomenologik bentuk (form) dan isi (content) akan hakiki kedudukannya setelah terpadu ke dalam karya seni sebagi simbul atau lambang. Penciptaan kerajinan terus berkembang sesuai perkembangan kebutuhan manusia. Desain-desain baru selalu bermunculan dengan berbagai corak dan gayanya. Ada desain kerajinan yang menonjolkan karakter bahan, ada yang memanfatakan warna dan sebagainya. Sejalan dengan hal tersebut Rohendi Tjetep (2000:203) mengatakan bahwa penciptaan seni kria. diharapkan dapat mengembangkan seni kria yang berbasis nilai-nilaitradisional sebagai sumber acuan simbolis estetisnya, dengan pandangan baru dapat memperkaya kasanah dunia desain keraj inan yang yang berkualitas.

C. Warna Dalam Kerajinan

Penggunaan warna dalam finishing kerajinan sangatlah menentukan kualitas dan makna dari karya tersebut. Bentuk yang bagus akan lebih bagus dan bermakna jika diberi finishing warna yang sesuai dan harmonis. Dapat terjadi sebaliknya bentuk baik jika finishing warnanya kurang tepat akan kurang bermakna. Selain hal tersebut warna dalam kerajinan dapat memberikan makna simbolis dan daya tarik benda tersebut terhadap konsumen. Dalam peciptaan desain kepandaian seorang perancang memanipulasi bentuk dan penambahan warna disana sini desain menjadi tampilan baru yang cukup menarik. Satu bentuk dengan tampilan warna yang berbeda-beda sudah dapat memberikan alternatif pilihfm yang tidak menjemukan. Di sinilah letak pentingnya warna dalam dunia kerajinan.
Secara ekonomi prinsip penggunaan finishing warna seperti ini sangatlah tepat dan menguntungkan. Penerapan finishing warna seperti ini dapat memberikan nilai estetik pada produk kerajinan. Penggunaan warna simbolik dalam kerajinan dapatlkita amati pada produk seni kerajinan tradisional seperti pada batik motif semen, parang, kawung, dan pada wayang kulit dan sebagainya. Dalam keraj~nan,fungsi dan bentuk merupakan kualitas primer dan warna merupakan kualitas sekunder.
Agar karya seni menjadi nampak indah pemberian warna harus didusun secara serasi sesuai karakter benda yang akan difinishing. Dalam kerajinan khususnya tradisional dikenal penggunaan warna secara simbolik misalnya merah melambangkan panas, kegembiraan, dan sangat baik untuk menimbulkan suasana hangat, bahkan ada yang menggambarkan sebagai semangat keberanian. Warna biru adalah warna langit dan laut luas sehingga sehingga menimbulkan suasana adem. Warna kuning adalah warna matahari, percobaan psikologis membuktikan bahwa warna ini adatah warna yang paling mnyenangkan dan merangsang mata maupun saraf. Warnabiru adalah warna adem menurut Elizabeth Halzey menyatakan bahwa wnrna biru secara psikol
ogis seolah-olah membuat kesan bergerak menjauhi dari orang yang melihatnya, sedangkan warna lainnya seperti merah, kuning tampak mendekati seseorang. Dengan mengetahui sifat-sifat warna ini dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memilih pakaian , cat rumah, dan lebih khusus lagi untuk pemikiran finishing produk kerajinan. Kerajinan yang baikjuga ditentukan oleh finishing dengan pemilihan warna yang sestIai karakter bentuknya. Kebanyakan finishing kerajinan menggunakan wama-wama trendjamannya misalnya wama etnik kedaerahan muneul cukup menarik untuk semua jenis kerajinan. Warna kontemporer seperti wama-wama mencolok, wama eampuran berkesan granit, bahkan sampai wama millenium silver untuk hapir semua jenis produk seperti elektronika, busana, mainan anak, sampai kerajinan.

D. Ornamen Atau Hiasan Pada Kerajinan

Salah satu indikator untuk mengenali produk kerajinan adalah lewat bentuk ataujenis pmamen apa yang diterapkan pada kerajinan tersebut. Orang dapat mengenal produk kerajinan itu lewat omamen atau ragam hiasnya. Misalnya bentuk plenong atau sepasang pengantin yang diYogyakarta dikenal dengan istilah loroblonyo, hampir semua orang tahu itu kerajinan produk Yogyakarta. Ker/ljinan mebel ukir gaya eropa dari bahan kayu jati orang menduga ukiran Jepara. Tenun ikat gambar motif manusia dan kuda orang menyebut tenun ~umba. Keramik atau gerabah yang diberi hiasan anyaman orang menyebut gerabah dari Lombok, keramiklgerabah bentuk kuda beban dengan motif teknik tempel orang mengenal keramik Kasongan, dan masih banyak contoh lai nnya. Corak dan amamen ini memberikan identitas suatu produk daerah dimana kerajinan tersebut dibuat, meskipun kerajinan pada dewasa ini telah mengalami perk~mbangan globalisasi yang sudah hampir tidak mengenal batas kedaerahan tersebut. Desain kerajinan di Indonesia sudah mulai mengglobal, banyak kemasukan unsur desain dari luar daerah bahkan luar negeri, sehingga ~udahmulai sulit membedakan mana desain daerah tertentu, mana desain Indonesia mana desain yang bukan Indonesia. Bahkan yang lebih memprihatinkan,lagi adalah kerajinan Indonesia yang dikembangkan di luar negeri dan dibuatkan hak paten menjadi identitas kerajinan negara tersebut.
Walaupun kenyataannya seperti itu pemberian omamen masih tetap manjadi identitas suatu produk dan menambah nilai estetik produk kerajinan. Dari produk apa saja dan dari mana saja asalkan produk tersebut masih membawa identitas donnilalesteJl, mlleraJL ters.L 1. tetap bermakna, berbobot, dan diminati konsumen. Secara aksiologi keilmuan untuk apa produk kerajihan itu dirancang dan dibuat, sebagaijawaban atas pertanyaan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia. Ada dua hal yang akan penulis sampaikan dalam tulisan ini hubungannya dengan nilai fuqgsi kerajinan dan nilai ekonomis kerajinan. Dua hal inilah yang paling utama1danberpengaruh terhadap nilai estetik kerajinan yang perlu dikaji lebihjauh. Dengan kata lain nilai estetik kerajinan dapat menaikan citra nilai fungsi dan nilai ekonomi produk kerajinan.

E. Nilai Fungsi Kerajinan

Berbicara fungsi dari suatu produk kerajinan benda pakai tentu berbicara tentang masalah keamanan dan kenyamanan (ergonomi). Setiap penciptaan karya kerajinan harns memperhatikan aspek fqngsi yang paling utama baik itu fungsi praktis maupun fungsi hias atau rlekorasi. Fungsi tersebut baik bersifat personal, religius, fisik, politik, pendjidikan, ekonomi, dan sebagainya. Dalam hal ini Sahman (1992:38) mengatalcan bahwa fungsi penciptaan karya seni meliputi : (1) Fungsi ekspresi atau memecahkan problem tertentu. Setiap gagasan atau problema mempersy1tratkandipilihnya karya seni yang relevan dengan gagasan atau problema tersebut. (2) Fungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar, yang dimaksud kebut«han dasar adalah menyatakan identitas, seremoni, masing-masing membtJtuhkan hadirnya karya seni dengan karakteristik tertentu. (3) Fungsi kontekStual maksudnya memberi fungsi tertentu pada karya seni yang bersangkutan. Misalnya karya seni untuk upacara keagamaan akan memperoleh fungsi yang lain apabila karya tersebutditempatkan di museum.
Lepas dari beberapa fungsi tersebut di atas penulis ,lebih menekakan fungsi kerajinan pada fungsi ekonomis dan fungsi praktis" karena kerajinan pada prinsipnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan akan fungsi praktis sehari-hari dan kebutuhan akan ekonomi bagi penciptanya. Kerajinan adalah produk komoditas ekonomi yang sangat potensial. Eksport kerajinan Indonesia ke manca negara dari waktu ke waktu menunjuk kenaikan yang menggembirakan. Hal ini menunjukan kerajinan memiliki fungsi ekonomi yang potensial. Kerajinan memiliki fungsi praktis dapat dilihat semakain banyaknya masy~rakat membutuhkan kerajinan untuk menunjang kehidupan sehari-harinya seperti meja, kursi, larnpu, cermin, maupun untuk hiasan interior.
Katergori nilai estetik pada benda fungsional terletak pada ciri praktis, obyektif, dan rasional, serta berorientasi pada faktor guna atau manfaat. Estetika ergonomi memiliki ciri pada nyaman digunakan, kesehatan, dan keamanan yang akhirnya beorientasi pada kearnanan, kebahagiaan, dan kesejahteraan (Sachari, 1989:80).Lebih lanjut dijelaskan bahwa menciptakan produk benda pakai harus mempertimbangkan fungsional, ergonomi, teknis, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Sebuah produk kerajinan yang baik tidak hanya enak dan cantik dilihat saja secara fisik tapi juga enak dan nyarnan untuk digunakan.'Iniiah ciri utama benda pakai khususnya produk kerajinan.

F. Nilai Ekonomi Kerajinan

Pada pendahuluan dijelaskan oleh Suri Suroto (1983) bahwa kegiatan membuat barang Ikerajinansebagai aktivitas sambilan atau mata pencaharian utama sebagai kegiatan ekonomi. Ditinjau dari segi ekonomi dunia kerajinan secara tidak langsung berorientasi pada perajin atau pedagang kerajinan, bukan pada konsumen kerajinan. Meskipun demikian konsumen merasakan atau ikut menikmati produk tersebut. Kategori nilai estetika ekonomi menurut Sachari (1989:90~memiliki ciri efektifitas dan efisiensi dengan orientasi pada biaya, harga, dan daya saing produk. Dalam dunia ekonomi dikenal prinsip biaya produksi serendah-rendahnya dan penjualan setinggi-tingginya. Kerajinan sebagai komoditas ekonomi telah terbukti memberikan kesejahteraan bagi para perajin maupun pengusaha kerajinan . Yang perlu diperhatikan adliIlah bagaimana menjaga mutu produk, dan kontinuitas produksi untuk ",emenuhi kebutuhan pasar, dan tetap menjaga kualitas nilai fungsi dan esteti~ produk tersebut. Secara ekonomi kerajinan cukup menjanjikan dan memiliki peluang pasar yang mengembirakan. Apalagi ditunjang dengan melimpahnya bahan baku, tenaga kerja yang relatif murah dibanding negara lain, sehingga dapat menekan biaya produksi. Penambahan ragam hias dan warna yang beraneka ragam sesuai dengan karakteristik bentuk kerajinan dan stlera pasar dapat menambah nilai estetik dan sekaligus dapat meningkatkJn nilai ekonomi produk tersebut. Sentuhan estetik pada produk kerajinan sangat diperlukan untuk mengangkat citra kerajinan. Lebih lanjut Sachari (1989:82) mengatakan bahwa seorang desainer, hal-hal yang berkaitan dengan pertimbangan ekonomi adalah merupakan tujuan estetik yang diperhitungkan secara ekonomi. Kadang-kadang estetik yang tercipta merupakan tuntutan pasar yang menjadi trend pada saat itu. Estetik dalam desain digunakan sebagai daya pikat agar konsumen tertarik untuk membeli. Kadang-kadang estetik digunakan sebagai alat penjual, daya saing, spekulasi ekonomi, dan sebagainya. Jika produk kerajinan memiliki nilai estetika, nHaiekonomi, nilai fungsi yang ergonomi, secara tidak langsung mendidik masyarakat konsumen untuk belajar apresiasi seni budaya sendiri.

G. Kesimpulam

Dari uraian di atas dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa karya kerajinan adalah sebagai suatu produk yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Penciptaan tersebut memiliki beberapa tujuan yang penting antara lain, kegiatan membuat kerajinan sebagai mata pencaharian yang dapat memenuhi kebutuhan ekonomi. Kerajinan sebagai wahana penciptaan barang-barang fungsional yang memiliki nilai estetik. Nilai estetik pada karya kerajinan dapat diwujudkan dalam aspek bentuk, warna, dan ragam hiasnya, sedangkan nilai praktisnya dapat diwujudkan dalam bentuk yang ergonomik dan sesuai dengan anatomi tubuh manusia. Sebagai benda fungsional praktis harns dapat menjawab akan keamanan, kepuasan, dan kenyamanan digunakan. Pertimbangan ergonomi karya fungsional adalah kriteria utamanya, bukan estetiknya, estetik adalah sebagai eleman pelengkap yang memberikan nilai keindaha.. dan kesenangan.
Nilai estetik dalam karya kerajinan dapat menambah daya tarik atau pemikat para konsumen dan memberikan kepuasan rasa indah tersendiri. Terciptanya sebuah karya kerajinan didasarkan atas pemikiran akan perpaduan bahan, ide, teknik perwujudan, sehingga lahirlah kerajinan bentuk dua dan tiga demensi. Bentuk kerajinan itu dilahirkan dengan perpaduan komposisi, proporsi,.harmoni, keseimbangan, nuansa, simbolik, dan komponen estetik lainnya. Hal ini adalah merupakan suatu sistem komunikasi dari logika intUitif untuk membentuk karya kerajinan sebagai karya fungsional, esteti$,dan ekonomis.
Pemilihan bahan baku yang baik, teknik pengerjaan yang teliti, finishing karya yang benar adalah kriteria yang penting dalam membuat produk kerajinatI. Nilai estetik pada sebuah karya kerajinan dapat meningkatkan ni~airasa keindahan, dapat meningkatkan nilai fungsi dan nilai ekonomi. Oleh li-arena itu sentuhan estetik pada produk kerajinan sangat penting artinya. Karya kerajinan tanpa sentuhan estetik hanyaakan menjawab tantangan guna Rraktis saja akan hambar dan kurang bemilai karena tidak
memberikan kep~asan rohani pemakainya. Karya kerajinan yang memiliki nilai estetik dapat meningkatkan daya tarik konsumen sehingga secara langsung dapat meningkatkan nilai ekonomi produk tersebut. .
Demikiaplah pentingnya estetika dalam sebuah penciptaan karya-karya visual khususnya karya kerajinan. Untuk mewujudkan kriteria nilai estetik karya ker~inan dapat ditentukan melalui penciptaan bentuk kerajinan yang menjawabI kenyamanan fungsi. Penentuan wama finishing yang menunjang karakter bentuk dan nilai-nilai tertentu bagi pencipta atau masyarakatnya. Pemberian ragam hias pada benda kerajinan harus memeprtimbangkan faktor ketepatan, keserasian, dan kesatuan. Semua unsur tesebut diolah depgan baik akan melahirkan bentuk kerajinan yang baik dan diterima semua pihak.

DAFTAR PUSTAKA

Baker Sj .1992. F~lsafat Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius, Kuntjoroningrat'i 1985. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan.
Jakarta: vramedia
Jelantik A.A.M. !999. Estitika.Bandung: MSPI
Mattil Edward L.11971.Meaning In Craft.New Jersey. Prentis Hall Inc.
Rohidi Rohendi Tjetjep. 2000. Kesenian Dalam Pendekatan Kebudayaan.
Bandung: STISI

Estetika Kerajinan (Martono)


buka mesin jahit : https://www.academia.edu/5585797/ESTETIKA_KERAJINAN

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang mengapa unsur estetika dan ergonomis sangat di perlukan dalam produk kerajinan , jelaskan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Boneka Kain Perca

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment