, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

JENIS DAN PEMBUATAN KERAMIK

JENIS DAN PEMBUATAN KERAMIK

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
JENIS DAN PEMBUATAN KERAMIK
 penjelasan,cara membuat dan bahan untuk membuat keramik/gerabah (vas bunga) - Jenis keramik Gerabah (Earthenware), dibuat dari semua jenis bahan tanah liat yang plastis dan mudah dibentuk dan dibakar pada suhu maksimum 1000°C. Keramik jenis ini struktur dan teksturnya sangat rapuh, kasar dan masih berpori. Agar supaya kedap air, gerabah kasar harus dilapisi glasir, semen atau bahan pelapis lainnya. Pot, anglo, kendi, gentong dan sebagainya termasuk keramik jenis gerabah.
Cara pembuatan gerabah ini menggunakan Teknik cetak.
Teknik pembentukan dengan cetak dapat memproduksi barang dengan jumlah yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula. Bahan cetakan yang biasa dipakai adalah berupa gips, seperti untuk cetakan berongga, cetakan padat, cetakan jigger maupun cetakan untuk dekorasi tempel. Cara ini digunakan pada pabrik-pabrik keramik dengan produksi massal, seperti alat alat rumah tangga piring, cangkir, mangkok gelas dll.


Sejarah Keramik

 
Keramik adalah semua benda-benda yang terbuat dari tanah liat/lempung yang mengalami suatu proses pengerasan dengan pembakaran suhu tinggi. Pengertian keramik yang lebih luas dan umum adalah “Bahan yang dibakar tinggi” termasuk didalamnya semen, gips, metal dan lainnya.
Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani, keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya. Tetapi saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah felspard, ball clay, kwarsa, kaolin, dan air. Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya. Oleh karena itu sifat keramik juga tergantung pada lingkungan geologi dimana bahan diperoleh. Secara umum strukturnya sangat rumit dengan sedikit elektron-elektron bebas.
Kurangnya beberapa elektron bebas keramik membuat sebagian besar bahan keramik secara kelistrikan bukan merupakan konduktor dan juga menjadi konduktor panas yang jelek. Di samping itu keramik mempunyai sifat rapuh, keras, dan kaku. Keramik secara umum mempunyai kekuatan tekan lebih baik dibanding kekuatan tariknya.
Pada prinsipnya keramik terbagi atas:
1. Keramik tradisional.
Keramik tradisional yaitu keramik yang dibuat dengan menggunakan bahan alam, seperti kuarsa, kaolin, dll. Yang termasuk keramik ini adalah: barang pecah belah (dinnerware), keperluan rumah tangga (tile, bricks), dan untuk industri (refractory).
2. Keramik halus.
Fine ceramics (keramik modern atau biasa disebut keramik teknik, advanced ceramic, engineering ceramic, techical ceramic) adalah keramik yang dibuat dengan menggunakan oksida-oksida logam atau logam, seperti: oksida logam (Al2O3, ZrO2, MgO,dll). Penggunaannya: elemen pemanas, semikonduktor, komponen turbin, dan pada bidang medis.
sifat yang umum dan mudah dilihat secara fisik pada kebanyakan jenis keramik adalah britle atau rapuh, hal ini dapat kita lihat pada keramik jenis tradisional seperti barang pecah belah, gelas, kendi, gerabah dan sebagainya, coba jatuhkan piring yang terbuat dari keramik bandingkan dengan piring dari logam, pasti keramik mudah pecah, walaupun sifat ini tidak berlaku pada jenis keramik tertentu, terutama jenis keramik hasil sintering, dan campuran sintering antara keramik dengan logam. sifat lainya adalah tahan suhu tinggi, sebagai contoh keramik tradisional yang terdiri dari clay, flint dan feldfar tahan sampai dengan suhu 1200 C, keramik engineering seperti keramik oksida mampu tahan sampai dengan suhu 2000 C.
 

Bata Merah


Kerajinan tanaah liat yang lain adalah kerajinan bata merah. Bata merah merupakan bahan bangunan untuk membuat tembok atau dinding rumah. Pengolahannya diawali penentuan lokasi tanah yang akan dijadikan bata merah. Jenis tanah yang digunakan bukanlah sembarang tanah tetapi dipilih teksturnya yang bagus.

Tanah yang cocok dicangkul dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat dibentuk menjadi bata. Untuk mendapatkan kualitas yang bagus, tanah dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti sampah dan batu kemudian baru kemudian dimasukkan air. Selanjutnya tanah diolah sampai merata airnya dan pada keesokan harinya baru dibuat bata dengan menggunakan cetakan yang disebut rembagan. Setelah agak kering kemudian dibersihkan kembali sisa-sisa cetakan agar bentuknya lebih bagus. Beberapa minggu kemudian setelah banyak bata yang terkumpul dibawa ke tempat pembakaran agar terbentuk bata merah.
 


TUNGKU KERAMIK

 
Tungku pembakaran atau kiln adalah suatu tempat/ruangan dari batu bata tahan api yang dapat dipanaskan dengan bahan bakar atau listrik dan dipergunakan untuk membakar benda-benda keramik.

 Fungsi tungku pembakaran adalah untuk membakar benda-benda keramik yang disusun di dalamnya dan dibakar dengan menggunakan bahan bakar khusus (kayu, batu bara, minyak, gas, atau listrik) sampai semua panas menyebar dan membakar semua yang ada di dalam tungku itu. Pembakaran atau radiasi panas berlangsung di dalam tungku atau di bawah ruang bakar dan kelebihan asap keluar melalui saluran api atau cerobong tungku. Sirkulasi panas harus dibiarkan  secara merata dan bebas di sekeliling benda pada saat dibakar.

 Saat ini berbagai jenis tungku pembakaran dapat dijumpai baik di sentra-sentra kerajinan keramik (gerabah), studio keramik, maupun industri keramik. Penggunaan jenis tungku pembakaran yang digunakan sudah tentu dengan melihat beberapa faktor. Beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih atau merancang tungku pembakaran

cara membuat tungku

Bahan:

1.Tanah gembur 2 ember

2.Sekam padi 2 ember

3.Abu bekas kayu yang dibakar di tungku 2 ember

4.Pohon pisang untuk lubang tungku

5.Cetakan berbentuk persegi panjang.

6.Air

Cara membuat tungku kayu bakar:

1.Campurkan tanah,abu kayu bakar,sekam padi jangan lupa tambahkan air aduk hingga rata.

2.Taruh cetakan berbentuk persegi panjang di dapur tempat tungku diletakan jangan lupa di tengah cetakan taruh pohon pisang tadi untuk lubang tungku.

3.Taruh campuran tanah tadi ke dalam cetakan,biarkan mengering.

4.Angkat cetakan beserta pohon pisang setelah tanah tadi kering.

5.Untuk proses lubang untuk kayu bakar manual buat dengan pisau kaya sedang buat gua.

KENDI

Kendi merupakan salah satu produk yang dihasilkan di Kasongan, produk ini merupakan salah satu produk favorit untuk rumah tangga bahkan dipakai di rumah makan besar untuk penghias interior mereka.Fungsi utama kendi gerabah adalah sebagai wadah penyimpanan air minum, agar air tetap dingin sepanjang hari. Karena kendinya berlubang, air langsung dapat dituang ke mulut melalui tanpa menyentuh mulut. Kendi juga dapat berguna sebagai wadah cairan seperti obat atau ramuan magis, seperti kendi di Jawa yang bertangkai panjang. Tangkai tersebut berfungsi untuk mencegah tutup terlepas dan airnya terbuang, bilamana digunakan seseorang yang terbaring di tempat tidur. Bentuk lain yang berfungsi sebagai wadah obat ialah kendi yang berlubang pada ujung lehernya dan berbentuk bawang.
 

POT BUNGA


Pot adalah salah satu media untuk menanam tanaman yang biasanya berbentuk bundar mengerucut ke bawah sebagai pengganti tanah halaman untuk menanam tanaman baik tanaman hias ( angrek, mawar, melati dll ) atau tanaman buah buahan seperti kedondong, rambutan dll.Fungsi pot bunga sebagai tempat menanam bunga.Bahan: Cetakan dari bahan gypsum
Bahan keramik
Cat
Cara mencetak vas bunga
Mencetak vas bunga bisa menggunakan beberapa macam cara, misalnya teknik putar, memijit atau menekan dengan tangan, dan disini saya mencoba untuk menjelaskan memakai teknik casting atau menuang. Pertama siapkan cetakkan dari gypsum, kemudian tuang cairan bahan keramik ke cetakan
Satukan ketiga bagian cetakan dengan menggunakan karet dari potongan bekas ban mobil. Jangan sampai longgar agar tidak bocor,Tuangkan cairan bahan keramik kedalam cetakan perlahan agar tidak mengeluarkan gelembung.
Setelah sampai penuh, tunggu sekitar 15-20 menit agar ketebalannya mencukupi. Biasanya tebal 6mm sudah cukup. Kalau vas bunga yang lebih besar, ketebalan sebaiknya ditambah.
Tuangkan cairan keramik tadi setelah ketebalannya cukup, ketempat semula. Yang nantinya bisa dipakai kembali

Tunggu lagi sampai bahan keramik tadi agak kering sehingga cukup kuat untuk dikeluarkan, sekitar 15 sampai 20 menit. tergantung bahan yang dipakai, buka cetakan, kemudian cat sesuai keingiinan
 

Gentong


Dulu, mungkin beberapa dekade yang lalu kita masih ingat gentong yang berada di depan rumah. Fungsi gentong itu adalah menyediakan air segar bagi pejalan kaki. Dalam masyarakat yang komunal, masyarakat yang tidak dihidupkan pada fungsi hak milik, tapi dihidupkan pada kebersamaan, maka gentong adalah "wilayah' paling depan kesadaran manusia bahwa dirinya tak sendiri, ia bagian dari gerak dunia, bagian dari gerak masyarakat dan bagian dari gerak lingkungannya.

BAHAN DAN PERALATAN

Semen ¾ sak

Pasir beton 10 ember kecil

Plat besi tebal 2,5 meter panjang 3 meter

Karung bekas 3 buah ukuran 125 x 112 cm

Sekam padi 2 karung

Jerami dan tali karung

Sendok adukan besar dan kecil

Ember kecil

Plat besi

Skop, pacul dan penyaring pasir

BAHAN DAN PERALATAN

Semen ¾ sak

Pasir beton 10 ember kecil

Plat besi tebal 2,5 meter panjang 3 meter

Karung bekas 3 buah ukuran 125 x 112 cm

Sekam padi 2 karung

Jerami dan tali karung

Sendok adukan besar dan kecil

Ember kecil

Plat besi

Skop, pacul dan penyaring pasir

PEMBUATAN

Pembukaan dan penyatuan kembali karung-karung. Tiga karung bekas dibuka dari jahitannya, 2 karung disatukan dengan cara dijahit pada bagian kiri dan kanan, sedang bagian atas dan bawah dibiarkan terbuka, 1 karung dipergunakan untuk alas.

COBEK

Fungsi cobek berguna untuk menghaluskan rempah – rempah.

Cara pembuatannya dalam 2 minggu, membutuhkan bahan mentah tanah yang biasanya ditukar dengan uang  Rp.15.000,00, tanah itu kemudian digiling dengan ongkos giling Rp.10.000,00. Tanah yang telah digiling tersebut  di cetak menjadi cobek atau lainnya.. Tak berhenti sampai disitu, cobek yang telah dicetak akan dikeringkan 3 sampai 4 hari dahulu sebelum dibakar. Nah..... setelah dibakar, cobek siap dipasarkan.
 

GENTENG



Genteng adalah atap rumah yg terbuat dari bahan tanah liat pada umumnya. dewasa ini, atap rumah tidaklah hanya genteng, namun banyak lagi (asbes, aluminium, dll)

Genteng merupakan bagian utama d
ari suatu bangunan sebagai penutup atap rumah.

Fungsi utama genteng adalah menahan panas sinar matahari dan guyuran air hujan.

Jenis genteng bermacam

-

macam, ada genteng beton,

genteng tanah liat, genteng

keramik, genteng seng dan genteng kayu (sirap). Keunggulan genteng tanah liat

(lempung) selain murah, bahan ini tahan segala cuaca, dan lebih ringan dibanding

genteng beton. Sedangkan kelemahannya, genteng ini bisa pecah karena

kejatuhan

benda atau menerima beban tekanan yang besar melebihi kapasitasnya. Kualitas

genteng sangat ditentukan dari bahan dan suhu pembakaran, karena hal tersebut akan

menentukan daya serap air dan daya tekan genteng.

Cara pembuatannya Genteng tanah liat dibuat dari tanah liat yang ditekan atau di-press di mesin cetak, setelah itu di bakar di dalam sebuah bangunan khusus pembakar genteng tanah liat dan batu bata (anglo)  dengan derajat kepanasan yang tinggi. Pembakaran genteng tanah liat bahkan bisa sampai 3 hari, ini membuat daya tahan genteng atap rumah jenis ini sangat kuat.

GUCI

Guci adalah merupakan salah satu aksesoris untuk rumah anda, bentuk dari guci ini biasanya adalah pada bawah oval menggembung dan semakin ke atas semakin mengerucut pada lehernya sempit dan lebar pada bagian atasnya.
Fungsi Gucci sendiri adalah untuk pajangan di rumah anda ataupun sebagai tempat barang lain yang dapat disesuaikan fungsinya seperti tempat payung, aksen guci dapat memberikan kesan pada sudut ruangan rumah anda, sehingga memberikan aura yang kosong menjadi padat berisi dan cantik pada rumah anda.

proses awal pembuatannya, si guci telah beberapa kali mengalami tempaan yang keras. Dihempas diatas permukaan landasan cetakan yang berputar, dipukul-pukul badannya, lalu dibuat berdiri dengan cara ditarik ke sisi atas sesuai keinginan sang pengrajin.

Sudah begitu, badan si guci pun diguyur dengan air. Untuk sesaat, sang pengrajin memandangi dengan seksama bentuk si guci apakah bentuknya sudah sempurna atau belum. Jika belum, si guci pun kembali dibuat sakit dan menderita karena tubuhnya dipukul-pukul dan diremas kembali ke bentuk semula, berupa onggokan tanah liat. Namun, jika bentuknya telah sesuai dengan keinginan sang pengrajin, si guci pun bisa bernafas
lega sesaat namun akan segera menuju ke fase “menyakitkan” berikutnya, dijemur dibawah terik matahari agar tubuh si guci bisa segera kering.

buka mesin jahit : http://hasrulscout.mywapblog.com/jenis-dan-pembuatan-keramik.xhtml

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang penjelasan,cara membuat dan bahan untuk membuat keramik/gerabah (vas bunga)

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA & MACAM-MACAM SENI

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment