, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan tekstil kain tenun

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kerajinan tekstil kain tenun
 macam macam kerajinan tekstil - Kain tenun merupakan warisan asli nenek moyang bangsa Indonesia yang dibuat dengan cara menggunakan alat tenun bukan mesin. Dimana proses pembuatannya dengan memintal kapas menjadi benang dan menenunnya secara bergantian dengan dua buah benang yang saling silang. Benang yang memanjang disebut benang lungsi dan benang yang melintang disebut benang pakan. Benang-benang tersebut diwarnai dengan pewarna alami yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan, motif yang dipakai dipengaruhi oleh kebudayaan dan kondisi masyarakat disekitar.
Kerajinan tekstil kain tenun dulunya digunakan untuk upacara dan ritual tertentu, pemakainya pun bukan orang sembarangan. Kerajinan tekstil kain tenun dikategorikan sebagai kerajinan karena dalam proses pembuatannya hampir seluruhnya menggunakan ketrampilan tangan.
Kerajinan tekstil kain tenun di Indonesia berdasarkan cara pembuatannya dibagi menjadi dua, yaitu kain tenun songket dimana kain tenun dibuat dengan cara menyulamkan benang emas pada kain tenun dasar untuk menciptakan motifnya. Tenun songket merupakan kerajinan tekstil kain tenun yang berakar dari kebudayaan melayu dan banyak dikembangkan diminang kabau. Kain ini tergolong kain mewah karena dibuat dari benang emas sehingga harganya sangat mahal, selain bahan yang mahal yang membuat harga kain ini mahal karena proses pembuatanannya yang sangat rumit.
Yang kedua ada kain tenun ikat, kain tenun jenis ini yang mendominasi jenis kain tenun di Indonesia. Hampir seluruh daerah memiliki kain tenunnya sendiri, disebut tenun ikat karena dalam proses pembuatannya mengikat benang lungsi sebelum dicelupkan kepewarna. Proses ini yang menjadi ciri khas kain tenun ikat, selain untuk keperluan upacara kain tenun ikat juga dipakai untuk busana sehari-hari.
Kerajinan tekstil kain tenun berdasarkan dungsinya dibedakan menjadi 4 macam kegunaan, pertama kain tenun untuk ikat kepala. Kain tenun ini biasanya dipakai oleh kaum pria saat upacara adat atau saat menghadiri acara resmi seperti upacara pernikahan. Yang kedua ada selendang, selendang dipakai oleh para wanita untuk menutup dada mereka ketika berlangsungnya upacara sebagai pelengkap budaya. Beberapa daerah pria juga memakai selendang yang disilangkan dibahu mereka, tetapi motif untuk pria berbeda dengan motif yang dipakai wanita. Yang ketiga yaitu ikat pinggang, umumnya kain tenun untuk ikat pinggang memiliki ukuran luas yang sempit tetapi memanjang seperti kain setagen di jawa.

Yang terakhir ada kain tenun sarung, sekarang kain tenun sarung identik dengan masyarakat muslim untuk keperluan beribadah di masjid. Tetapi sebenar kain tenun sarung juga dipakai oleh seluruh suku di Indonesia saat upacara maupun pelengkap baju adat mereka, kain tenun sarung memang tidak mencerminkan atau hanya diperuntukan untuk suku dan agama tertentu. Meskipun sebenarnya bentuk sarung tiambil dari kain Yaman tetapi masyarakat Indonesia menjadikannya budaya berpakaian sejak lama.

Bagaimana mendesain kerajinan tekstil yang berasal dari kain tenun serat [download]


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang macam macam kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Apa yang dimaksud Kerajinan Tekstil?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.tenunikatindonesia.com/kerajinan-tekstil-kain-tenun/

0 komentar:

Post a Comment