, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

pengertian kerajinan limbah tekstil

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
pengertian kerajinan limbah tekstil
 pengertian kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik konstruksi - 1) Menjelaskan pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame,tenun, tapestry, dll)
2) Menjelaskan aneka karya kerajinan limbah tekstil.
3) Menjelaskan fungsi karya kerajinan limbah tekstil
4) Menjelaskan proses produksi dan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi
5) Menjelaskan desain proses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil berdasarkan prosedur berkarya.
6) Menetapkan desain roses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil berdasarkan prosedur berkarya
7) Mengidentifikasi kebutuhan sumberdaya pada sentra/usaha (dikenal dengan istilah 6M) kerajinan limbah tekstil
8) Mempraktekkan kerajinan limbah tekstil berdasarkan kebutuhan sumberdaya (bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik pengolahan, dan penyajian/penge-masan)
9) Menjelaskan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
10) Menjelaskan langkah keselamatan kerja
Menjelaskan klaim asuransi kerja dan produk

1. kerajinan tekstil limbah adalah kerajinan yang bahan dasarnya berasal dari limbah yang semula tidak berguna, menjadi barang ynag sangat berguna dan indah

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Matapelajaran           : Prakarya dan Kewirausahaan
Materi pokok             : Mendesain Produk Kerajinan
Kelas/Semester          : X Kerajinan/Ganjil
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2x pertemuan)
                       
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keragaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah tuhan
2.1.Menunujukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2.Menghayati perilaku jujur,percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapakan wirausaha
3.3.Memahami proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber
4.1.Mendesain produk pengemasan karya kerajinan berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya


C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui peserta didik dapat:
1.      Mengapresiasikan keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerjinan di wlayah setempat dan lainnya sebagai anugrah tuhan
2.      Mengidentifikasi karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan ketersediaan sumber daya alam yang tersedia
3.      Menganalisis proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat dan jiwa wirausaha kerajinan melalui pengamatan dari berbagai sumber
4.      Memahami karya tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan ketersediaan sumber daya alam yang tersedia

D.  Materi Pembelajaran
1.    Pengertian desaian produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit,jahit aplikasi,macramé,tenun,tapestry dll)
2.    Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya,bahan dasar,alat,teknik dan prosedur pembuatan kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah tuhan
3.    Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang karya kerajinan tekstil
4.    Mempresentasikan hasil observasi dengan teknik wawancara tentang karya kerajinan tekstil

E.  Model dan Metode Pembelajaran
1.  Model Pembelajaran    :
2.  Metode Pembelajaran  : Tanyajawab,diskusi,kerja kelompok,dan penugasan

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media :
a.         LK (Lembar Kerja)
b.         Gambar
2.    Alat/Bahan :
          Karya kerajinan tekstil dengan dengan berbagai teknik

Sumber Belajar :
a.   Majalah,internet
b.   2013.Prakarya dan kewirausahaan untuk SMA-
MA/SMK kelas X

Pengertian desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik [download]
 Produk kerajinan tekstil dan pengemasannya  [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik konstruksi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Mencari 10 gambar kerajinan tekstil modern dan penjelasan nya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://herlinraihan.blogspot.co.id/2014/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html

0 komentar:

Post a Comment