, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Aneka Kreasi Kerajinan dari Kain Perca

 cara membuat tas dari kain perca dan gambarnya - Kreasi dari kain perca sangatlah unik serta menarik. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas kerajinan tangan dari kain flanel, kali ini kita akan mengulas tentang kerajinan dari kain perca. Perbedaan yang paling signifikan dari kedua kain ini adalah kain flunel adalh kain baru yang bisa dibeli di toko-toko sedangkan kain perca adalah kain sisa yang bisa kamu dapatkan di konveksi ataupun penjahit-penjahit rumahan. Kain perca adalah jenis kain dari sisa pembuatan pakain, biasanya berupa potongan kain-kain kecil yang dibuang oleh pemiliknya karena di anggap sebagai sampah sisa pembuatan pakaian. Tapi tahukah kamu bahwa kain perca bisa dibuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual?
Kerajinan dari kain perca bisa dibilang adalah gabungan dari seni tradisional bisa dilihat pada proses pembuatannya, dan juga seni modern bisa dilihat dari hasil karajinan yang dihasilkan. Hasil kreasi dari kain perca tidak hanya memiliki nilai jual tetapi juga memiliki keunikan tersendiri dari kaerajinan tangan dari bahan lain. Hasil dari kerajinan kain perca biasanya berupa bed cover, sarung bantal, penutup galon mineral tas dan masih banyak lagi yang lainnya. Penampilan serta kreasi yang dihasilkan tentu akan memiliki nilai tersendiri dari kain biasa yang utuh.
Kerajinan Tangan dari Kain Perca
Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Percaartenergic.blogspot.com
Keunikan serta kecantikan produk yang dihasilkan dari kreasi kain perca bisa timbul dari paduan warna, motif serta modifikasi lainnya sesuai dengan kreativitas sang pengrajin.

Kerajinan dari kain perca biasanya di jalankan dalam industri rumah tangga yang di dalamnya diisi oleh orang-orang kreatif yang mempunyai jiwa seni yang tinggi. Tapi saat ini sudah banyak individu yang sekedar ingin mencoba membuat kreasi kerajinan dari kain perca sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Kerajinan dari kain perca layak untuk tersu di kembangkan sebagai salah satu usaha kreatif yang di kerjakan uleh UKM. Tidak sedikit anak-anak sekolah di beberapa daerah yang mendapatkan tugas untuk mebuat kerajinan dari kain perca untuk mendidik jiwa seni serta kreasi anak tersebut.
Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca
Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan dari Kain Percahttp://i.ytimg.com/
Cara membuat kerajinan dari kain perca tidaklah terlalu sulit seperti apa yang kamu bayangkan. Bahkan orang-orang awampun bisa membuat aneka kreasi sederhana dari kain perca.

Yang perlu di pelajari dalam pembuatan kerajinan tangan d
ari kain perca adalah teknik yang digunakan. Dalam proses pembuatannya kerajinan dari kain perca dapat di lakukan dengan cara manual yaitu dengan cara dijahit dengan tangan dan bisa juga menggunakan mesin jahit sebagai alat bantu. Kamu bisa mencoba membuat kreasi dari kain perca dengan memanfaatkan kain-kain sisa yang tidak terpakai sehingga bisa memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki.
Taknik-teknik Menjahit Kain Perca
Sebelum kamu mencoba membuat aneka kerajinan tangan dari kain perca, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami serta mempelajari berbagai beberapa teknik dalam menjahit kan perca.

Berikut ini adalah beberap teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan dari kain perca.
Teknik Patcwork

Teknik menjahit kain perca patchwork merupakan salah satu cara menjahit dalam menggabungkan beberapa kain perca dengan cara mengikuti alur atau potongan-potongan kain tersebut. Mejahit dengan teknik patchwork bukanlah hal sulit, kamu tidak perlu menjadi sorang ahli untuk bisa melakukannya. Cukup dengan belajar menjahit lurus, kamu sudah bisa mengerjakan patchwpork.

Meskipun mudah kadang tidak semua orang bisa melakukannya, kunci utamnya adalah membuat karya dengan ketelitian mengukur, kesabaran dan juga ketekunan dalam menyelesaikan. Selama ini Patchwork di kenal sebagai sebuah seni yang mewah dan mahal, karena untuk membuat karya ini diperlukan sebuah ketekunan dan juga waktu yang cukup lama. Selain itu peralatan seperti patchwork masih sulit untuk didapatkan serta harganya yang cukup mahal.
Applique

Teknik applique adalah sebuah teknik membentuk aneka motif dari kain perca. Hasil dari kreasi kain perca dari teknik applique akan ditempekan pada helai kain utuh yang di gunakan sebagai lapisan dasarnya. Dengan teknik ini kamu bisa membuat banyak pilihan desain kreasi kain perca yang kamu buat. Kamu bisa menambahkan berbagai gambar atau motif agar kreasi yang kamu buat terlihat lebih menarik. Hasil akhir dengan menggunakan teknik ini akan sangat bergantung pada kreativitas kamu.
Quilting

Teknik yang ssatu ini hanyalah teknik penyempurnaan saja yaitu teknik untuk menambahkan lapisan busa sebagai tambahan lapisan agar kerajinan tangan dari kain perca terlihat lebih tebal. Pola quilting bisa digambar sendiri atau dengan menjiplak pola yang sudah jadi. Pola yang paling sederhana adalah berupa garis-garis lurus yang mengikuti pola patchwork, pola segitiga, kotak dan lain sebagainya.
Contoh Kreasi dari Kain Perca
Seperti yang telah kita bahas di awal bahwa kain perca bisa dibuat berbagai kreasi yang memiliki nilai jual yang tinggi. Hasil kerajinan dari kain perca sangat bergantung dengan tingkat kreativitas pengrajin.

Oleh karena itu kami akan memberikan berbagai contoh kerajinan dari kain perc
a yang mungkin akan memberikan inspirasi buat kamu dalam mencari ide membuat kerajinan dari kain perca.
Lukisan dari Kain Perca
Lukisan dari Kain Perca
https://henrinurcahyo.wordpress.com
Lukisan Kaligrafi dari Kain Perca
kaligrafibatikgrosir.wordpress.com

Jika Melihat Kedua gambar lukisan di atas mungkin kamu tidak akan percaya bila bahan utama untuk membuat lukisan tersebut adalah kain perca. Ya, di tangan orang-orang kreatif ternyata kain perca bisa dibuat lukisan yang indah dan tentu memiliki nilai jual yang tinggi. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat lukisan dari kain perca ini?.
Aneka Kreasi Bantal dari Kain Perca

Bantal Sulam dari Kain Percapurplebeecollection.blogspot.com
Sarung Bantal dari Kain Percakoleksi-qta.blogspot.com

Dengan memanfaatkan kain perca kamu juga bisa membuat bantal yang unik dan lucu ini loe. Dengan tekstur kain yang lembut dan nyaman serta lukisan yang lucu pasti akan disukai oleh anak-anak, sehingga cocok untuk adik, atau anak kamu.
Keset Unik dari Kain Perca

Keset Unik dari Kain Percahttp://mojokerto.blog.com/
Kreasi Keset dari Kain Percabrainly.co.id

Bila di rumah kamu belum ada keset, mungkin saatnya untuk membuat keset hasil kreasi kamu sendiri. Dengan menggabungkan beberapa kain perca dan juga beberapa pola unik untuk menghias tampilan keset tersebut. Sehingga keset hasil karya kamu akan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan keset yang dijual di pasaran.
Aneka Kreasi Bros dari Kain Perca

Bros Unik dari Kain Percamynameislindaqhan.blogspot.com
Aneka Bros dari Kain Percadessy-deris.blogspot.com

Siapa yang menyangka bila bros yang unik dan indah ini dibuat dari potongan-potongan kain hasil limbah dari konveksi. Kain perca tersebut disulap menjadi aneka bros yang indah dan memiliki nilai jual.

Oke sampai disini dulu ya, pembahasan aneka kreasi dari kain perca yang bisa kamu buat di rumah. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam belajar membuat kerajinan dari
kain perca.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat tas dari kain perca dan gambarnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Belajar Menjahit Baju Kebaya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://sarungpreneur.com/aneka-kreasi-kerajinan-dari-kain-perca/

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Aneka Kreasi Kerajinan dari Kain Perca

0 komentar:

Post a Comment