, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Macam -Macam Sulam Putih

 apa yang disebut sulaman berwarna dan sewarna - Sulaman adalah teknik membuat ragam hias pada permukaan kain dengan benang. Benang tersebut diatur secara dekoratif pada permukaan kain dengan jalan menusukkan benang dengan bermacam-macam cara. Macam - macam tusuk ini dinamakan dengan tusuk hias. Sulaman dibedakan menjadi 2 yaitu sulaman putih dan sulaman berwarna.

Sulaman putih adalah sulaman yang warna benang hiasnya sama dengan warna bahan yang dihiasinya. Disebut juga sulaman sewarna.Sulaman putih dikerjakan pada kain polos dengan benang hias sewarna, lebih tua atau lebih muda. Pada zaman dahulu sulaman putih dikerjakan pada tenunan yang putih dengan benang hias putih. Keindahan dari sulaman ini terletak pada serat timbul dan berlubang dari ragam hias.


Macam – macam sulaman putih yaitu :

SULAMAN INGGRIS

Adalah salah satu teknik sulam putih yang dikerjakan pada tenunan rapat dan mempunyai motif tertentu, warna benang sewarna dengan warna bahan. Sulaman Inggris dikenal pada bentuk motif hias yang terdiri dari lubang-lubang bundar, lonjong atau berbentuk tetes air yang diselesaikan dengan tusuk feston atau tusuk cordon, dirangkai dengan tusuk pipih dan tusuk tangkai. Tepi sulaman diberi pinggiran yang berbentuk lengkungan yang disebut bentuk ringgitan. Untuk membuat lubang, digunakan alat pelubang yang disebut priem. Untuk membuat lubang yang besar dan bentuk yang lonjong, keliling lubang dijelujur dua kali kemudian lubang dibuat dengan menggunakan gunting kecil.

Teknik sulaman Inggris dikerjakan pada kain polo
s misalnya tetoron, oxford, berkolin, poplin, mori dan lain-lain. Benang yang digunakan benang katun sewarna dengan kain, atau boleh berbeda, hanya tingkatan warnanya saja misalnya hijau dengan hijau muda. Benda yang dapat dihias yaitu blus, kerah, saku, alas vas, serbet, saputangan dan sebagainya.

SULAMAN RICHEULIEU

Sulaman Richeulieu ini disebut juga dengan sulaman terbuka karena efeknya terbuka (seperti renda). Motif dari sulaman ini berlubang-lubang. Lubang tersebut diberi beberapa rentangan benang yang difeston (brides). Dengan demikian lubang- lubang pada sulaman Richeulieu harus lebar (lebih besar dari pada sulaman inggris). Diluar lubang masih ada garis motif yang mengelilinginya yang harus diselesaikan dengan tusuk feston yang kaki festonnya menghadap kedalam sedangkan bagian lubang kakinya menghadap keluar. Sulaman Richeulieu ini dapat digunakan untuk menghiasi berbagai macam pakaian atau lenan rumah tangga. Kain yang dihias haruslah rapat tenunannya dan polos.

SULAMAN BAYANGAN

Sulaman bayangan yaitu sulaman putih yang berfungsi sebagai hiasannya adalah bayangannya saja.Bahan yang digunakan adalah bahan yang tembus pandang seperti: paris, sifon, organdi, dan voile. Benda yang dihias adalah blouse, kebaya, alas kaki, selendang, kerudung dsb. Tusuk hias yang digunakan adalah tusuk bayangan ( bila dikerjakan dari bagian baik) dan tusuk flannel ( bila dikerjakan dari bagian buruk ), dan tusuk tikam jejak.

SULAMAN MATELASE

Sulaman matelase disebut juga dengan sulaman relief atau sulaman timbul. Relief ini terjadi bukan karena tusuk-tusuk hias melainkan dari kain-kain pelapisnya ataupun kapas.Benda yang dapat dihias dengan teknik ini misalnya selimut, tutup teko, cempal, sarung bantal kursi dan lain-lain
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Macam -Macam Sulam Putih

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang apa yang disebut sulaman berwarna dan sewarna

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Aneka Payet

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://tutorialsulampita.blogspot.co.id/2015/10/macam-macam-sulam-putih.html

0 komentar:

Post a Comment