, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan Tangan dari Barang yang Mudah Kamu Dapatkan

 cara membuat perca tenun sederhana - Pertama kali  membuat sebuah kerajinan tangan atau biasa disebut dengan hasta karya yaitu saat masih di sekolah dasar. Saat itulah kita mulai mengenal istilah kerajinan tangan yang termasuk dalam pelajaran muatan lokal. Pelajaran yang memuat pelajaran seni dan budaya lokal. Berbagai macam tugas yang kita terima untuk pelajaran ini. Di antaranya adalah membuat kipas dari kertas. bagi anak SD kelas satu mungkin kerajinan tangan ini dianggap agak sulit walaupun pada kenyataanya sekarang terlihat sangat mudah untuk dibuat bagi orang dewasa.
kerajinan tangan sekolah dasar kipas kertas - kittymanu.comkerajinan tangan sekolah dasar kipas kertas – kittymanu.com

Setelah naik kelas, tugas kerajinan tangan pun mulai naik ke tahap yang lebih rumit, tapi mengasikkan bagi kami yang waktu itu masih kecil. Apalagi kalau kerajinan tangan yang dibuat merupakan mainan yang nantinya bisa kita gunakan jd alternatif mainan murah. Salah satunya yang banyak disukai anak-anak sampe sekarang adalah membuat kincir angin mini.

cara membuat kincir angin mini
kincir angin mini – novehasanah.blogspot.com

Kerajinan tangan berikutnya yang paling berkesan untuk beberapa orang waktu sekolah dasar karena tingkat kerumitan dalam pembuatanya yaitu  kerajinan tangan anyaman kertas. Kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan tangan sewaktu kelas 4 dan 5 SD. Susahnya minta mapun, terutama saat memotong kertas yang harus digaris terlebih dahulu. Pun memotong kertas dengan ukuran 5 milimeter untuk isi anyamannya. Belum selesai sampai di situ saja, kesulitan selanjutnya adalah menyusun anyaman dengan memakai lidi panjang untuk memudahkan memasukan isi anyaman. Dan yang paling susah adalah memasukkan aisi anyaman yang terakhir, karena ruangnya sudah sempit dan kadang potongan kertasnya yang tidak pas. Untuk membuat kerajinan tangan anyaman kertas ini memang dibutuhkan ketelitian yang tinggi serta keuletan yang maksimal untuk membuatnya sampai jadi seperti gambar berikut ini

kerajinan tangan anyaman kertas
kerajinan tangan anyaman kertas – girindraaguita.blogspot.com

Benda-Benda Ini Biasanya Digunakanan untuk Membuat Kerajinan Tangan


Untuk membuat sebuah kerjainan tangan yang dibutuhkan paling utama adalah bahannya. Bahan ini biasanya berupa benda yang mudah didapatkan baik berupa barang bekas ataupun barang yang masih baru, tapi mudah untuk mendapatkannya. Beberapa jenis kerajinan tangan bisa dibuat dari benda-benda ini :

1. Kerajinan Tangan dari Barang Bekas


Barang bekas yang ada di sekitar, bisa kita jadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Beberapa barang bekas yang sudah lumrah untuk dijadikan kerajinan tangan di antaranya adalah botol bekas, koran bekas, kain perca, kardus bekas, sedotan dan lain sebagainya. Barang-barang bekas ini biasanya sudah tidak terpakai lagi dan sudah masuk kategori sampah. Namun di tangan seorang seniman, barang-barang ini bisa di sulap menjadi sebuah karya seni yang istimewa. Mari kita lihat contoh-contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari barang-barang bekas :

Kotak kado dari botol bekasKotak kado dari botol bekas – caramembuatonline.blogspot.co.id

Cara membuatnya cukup mudah, gunting bagian bawah botol sebagai alas dan tu
tupnya. Buat lubang di salah satu potongan alas botol tadi lalu tempelkan ranting buatan beserta daunnya. Satukan kedua potongan tersebut hingga membentuk seperti buah apel. Warna kotak bingkisan tergantung dari warna botol yang kamu pakai
kotak bingkisan dari botol bekas kotak bingkisan dari botol bekas – caramembuatonline.blogspot.co.id

Untuk kreasi yang kedua cukup sederhana, kamu hanya butuh 1 botol bekas, lalu potong sesuai pola yang ada di gambar bawah. Setelah itu, lipat bagian potongan tadi hingga menutupi kotak bingkisan tersebut. Masukkan isi kado, lalu ikat dengan menggunakan pita hias.

2. Kerajinan Tangan dari Sedotan


Sedotan adalah salah satu bahan plastik yang sering kita temui di warung-warung makan atau warung-warung minuman. Fungsinya jelas sebagai alat untuk mempermudah kitsa saat minum. Harganya pun terjangkau, dalam satu kemasan biasanya ada 20-30 sedotan plastik tidak sampai sepuluh ribu rupiah saat ini (baca: tahun 2015). Berbagai macam kreasi kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari bahan ini contohnya adalah:

kerajinan tangan dari sedotan
kerajinan tangan bunga plastik – zhahab.blogspot.com

Bunga plastik dari sedotan ini lucu banget lho. Bentuknya yang mini membuat mata jadi semakin gemes kalau liat hasil karya yang satu ini. Kamu pasti bakal suka deh kalau dikasih bunga kayak gini, apalagi kalau dikasihnya pake rasa cinta.hihihi

kerajinan tangan bunga plastikkerajinan tangan dari sedotan – ibuaing.wordpress.com

Tas model seperti ini mungkin susah untuk dibuat sendiri. Bentuknya yang unik dan pembuatanya yang cukup memakan waktu memang sudah sepantasnya menjadikan produk kerajinan tangan dari sedotan ini menjadi primadona di kelasnya. Buat para feysenista, tas ini sangat layak buat kamu miliki.

kerajinan tangan dari sedotan 2kerajinan tangan dari sedotan 2 – ibuaing.wordpress.com

Tidak mau kalah dengan model kerajinan tangan dari sedotan sebelumnya, karya yang satu ini juga sangat memanjakan mata pemiliknya. Dengan balutan desain serta kombinasi warnanya yang pas semakin membuat  kerajinan tangan ini diburu para pembeli.

Kerajinan tangan bunga dari sedotanKerajinan tangan bunga dari sedotan – www.okeplus.net

Bunga plastik dengan model seperti pada gambar di atas, cocok sekali dipadukan dengan tanaman imitasi untuk dijadikan pajangan ruangan kantor anda sehingga suasana ruangan pun jadi lebih terkesan hidup.

 

3. Kerajinan Tangan dari Kain Flanel


Seperti apa sih kain flanel itu? Flanel atau felt  adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa tenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan shingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel ini mudah kita temukan di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam pula. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitannya tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Ngomong-ngomong tentang kain flanel, kain ini adalah jenis kain tertua bahkan lebih tua dari kain tenun dan rajut. Di Turki, bekas penggunaan kain flanel yang ditemukan, diperkirakan berasal dari
tahun 6500 SM. Jenis kain flanel terumit yang pernah ditemukan dalam bentuk awetan ada di Siberia pada tahun 600 M. Menurut legenda di Sumeria, kain flanel pertama kalinya dibuat oleh Urnamman.
Secara umum kain flanel terdapat 2 tipe  yaitu kain flanel polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya, sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda. Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal.

Kain flanel dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan seperti aksesoris bunga, menghias kotak tisu, gantungan kunci, dompet, boneka dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak sekali kreasi dari kain flanel yang memiliki bentuk unik dan lucu seperti contoh berikut ini :

kerajinan tangan boneka dari kain flanel  kerajinan tangan boneka dari kain flanel – redstarlight-jantunghati.blogspot.com

Bentuknya yang lucu dan imut membuat para penggemar boneka flanel berlomba-lomba mngoleksinya. Gantungan kunci ini memang banyak penggemarnya lho. Mungkin kamu salah satunya. Kreatif banget memang yah yang membuatnya, ada yang bentuknya ikan, gajah, babi, jerapah, monyet, singa. Semua bentuk hewan yang aslinya meyeramkan pun langsung berubah jadi lucu dan menggemaskan ketika berubah menjadi boneka flanel. Kamu mau?

kerajinan tangan dari kain flanel boneka jari
kerajinan tangan dari kain flanel boneka jari – astydwinandaa.blogspot.com

Ayah atau ibu anak-anak setiap harinya pasti bercengkrama dengan buah hatinya. Bercerita dari mulai kisah kancil dan buaya sampai seisi ragunan pun mungkin sudah pernah menjadi bahan cerita. Dengan boneka jari inilah sang buah hati jadi lebih tertarik. Banyangan hewan-hewan dalam cerita pun praktis berubah image menjadi lucu atau menakutkan tergantung dari pengisi suaranya, Si Ayah atau Si Ibu yang menjadi dalang cerita. Metode dongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendidik anak, karena dalam otak mereka pasti akan terekam cerita-cerita itu bahkan sampe dewasa nanti. Entah cerita dongeng kancil dan buaya kah, kura-kura dan kelinci kah sampai cerita nabi-nabi pun bisa terpatri dengan kuat dalam otak anak-anak kita. Terutama, saat kita bercerita dengan menggunakan boneka jari yang akan memudahkan si anak mencerna gambaran karakter-karakter dalam cerita-cerita itu.

kerajianan dari kain flanel - miniatur makanan
kerajianan dari kain flanel – miniatur makanan – kaskus.co.id

Terlintas dalam pikiran, kok gantungan kunci yang ini mirip banget yah sama  kue-kue yang biasa kita makan. Dari warna san bentuk memang sangat menggiurkan apalagi kalau lagi bulan puasa. Huuuh, bikin laper deh pasti.

Kerajinan tangan dari kain flanel - dompet
Kerajinan tangan dari kain flanel – dompet – morry-cupcuppida.blogspot.com

Dompet flanel juga jadi favorit loh untuk kriteria kerajinan tangan flanel. Bentuknya sih biasa, tapi kalau kamu bersentuhan dengan tekstur dompet ini yang notabane-nya terbuat dari kain flanel yang lembut kamu pasti jadi naksir sama dompetnya atau sama yang punya dompet. Dompet flanel cenderung lebih feminim, jadi kebanyakan pemiliknya adalah cewek. Walupun, cowok juga ada yang punya sih. Tapi bilanganya jauh lebih besar pemiliknya adalah cewek. Mungkin karena untuk mendukung sisi feminim dari si cewek jadilah Hello Kitty ini selalu bersama para kaum Hawa.

4. Kerajinan Tangan dari Kardus


Membuat karya berbahan kardus bekas sebenernya dapat menghemat dari segi biaya. Mungkin banyak kardus-kardus bekas yang tidak terpakai menumpuk di gudang rumah. Daripada membuat penuh ruangan alangkah baiknya kardus-kardus ini kita manfaatkan. Dari segi ekonomi kardus bekas memang ada nilainya tapi itu pun harus ber kilo-kilo gram. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang di rumahnya sudah penuh dengan tumpukan kardus bekas dan sedang mencari ide membuat sebuah kerajinan tangan yang berbahan kardus bekas. Kalau memang benar, yuk kita lihat beberapa contoh kerajinan tangan berbahan kardus bekas yang bisa kamu jadikan inspirsi untuk pembuatan karyamu nanti di rumah. Berikut ini contoh-contoh kerajinan tangan dari kardus bekas yang bisa kamu tiru :

kerajinan tangan dari kardus bekas - labirin
kerajinan tangan dari kardus bekas – labirin – bintang.com

Labirin. Bisa dijadikan alternatif mainan yang aman buat anak-anak. Cukup dengan membeli beberapa kardus ukuran agak gede dan disusun sedemikian rupa sehingga bisa membentuk sebuah labirin. Permainan ini bisa melatih otak kanan dan kiri anak, karena di samping berpikir untuk mencari solusi keluar labirin juga dibarengi dengan emosi apabila gak bisa keluar. Permainan ini pun sangat aman untuk anak, karena tidak ada unsur-unsur yang berbahaya di dalamnya.

Buat orang dewasa pun bisa dicoba, tapi kardusnya yang agak besaran lagi supaya cukup untuk masuk badan kita. Kalau mau iseng, kamu bisa membuat labirin di dalam kamar kamu. Sayartnya kamar harus dikosongkan dulu dari perabot-perabot yang ada supaya bisa lebih luas. Idenya, pintu masuk kamar dijadikan sebagai pintu pertamanya dan goal-nya adalah tempat tidur kamu…hehehe Mungkin kamu mau mencobanya di rumah. Monggoh

kerajinan tangan dari kardus bekas - lampu
kerajinan tangan dari kardus bekas – lampu

Lampu kardus. Kerajinan tangan ini tergolong sederhana, tapi kalau desainnya bagus akan memberi nilai maksimal. Hanya bermodalkan cutter  dan penggaris serta lampu lengkap dengan kabel-kabelnya kamu bisa membuat sebuah kerajinan tangan sendiri. Ide desain, carilah ide yang baru dan unik supaya hasilnya juga lain daripada yang sudah ada.

kerajinan tangan dari kardus 1
kerajinan tangan dari kardus – pinkapomacraft.blogspot.co.id

Lemari berbahan kardus. Haruslah dengan kardus tipe tebel sekitar 1-2 centimeter. Lebih tebal lebih baik karena bisa lebih kuat untuk menopang beban yang berat. Jika bahan kardusnya masih menggunakan yang tipis hendaknya isinya disesuaikan dengan kekuatan penopangnya. Jangan terlalu diisi dengan barang-barang yang berat. Cukup disisi dengan pakaian atau buku-buku yang ringan saja.

 

5. Kerajinan Tangan dari Kain Perca


Kalau kamu belum tau apa itu kain perca, simak baik-baik ya penjelasan tentang kain perca berikut ini.

Kain perca, juga dikenal dengan kain sisa. kain perca ini berupa kain sisa guntingan saat proses pembuatan pakaian, kerajinan atau produk tekstil lainnya. Untuk menggabungkan kain perca sehingga menjadi kain yang lebar ini ada tekniknya untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus. Beberapa teknik jahit perca yang pertama yaitu patchwork, merupakan teknik menjahit, menyusun dan menggabungkan kain perca mengikuti pola berulang sesuai rencana. Kedua, Appligue, adalah teknik membentuk gambar dari potongan kain kemudian menempelkan di atas permukaan kain dasar membentuk pola tertentu. Kedua seni ini kemudian disempurnakan dengan teknik jahit tindas. Teknik ini dilakukan setelah menyisipkan dakron atau koldore/busa angin atau silikon atau kapas, di antara lembaran kain sehingga hasilnya lebih rapi dan memiliki ketebalan yang memberikan keindahan dan keunikan. Produk jahit perca di antaranya adalah bedcover, selimut, sarung bantal kursi, hiasan dinding, tutup kotak tisu, cempal, alas panas, taplak meja, sarung toples, tas, tutup kulkas, tutup galon, tutup tudung saji, tempat surat dan lain sebagainya.

kerajinan tangan dari kain perca broskerajinan tangan dari kain perca bros – bisniskonfeksi.com
kerajinan tangan dari kain perca dompet
kerajinan tangan dari kain perca dompet – anesanurul.wordpress.com

kerajinan tangan dari kain perca Quilt
kerajinan tangan dari kain perca Quilt – zhahab.blogspot.com

kerajinan tangan dari kain perca tas etnikkerajinan tangan dari kain perca tas etnik – maika-konoka.blogspot.co.id

6. Kerajinan Tangan dari Kertas Bekas


Tentu saja di setiap sudut rumah kita pasti ada kertas bekas. baik itu bekas majalah atau pun bekas koran bahkan bekas buku pelajaran yang sudah tidak terpakai lagi. Banyak orang menganggap kertas bekas ini hanyalah sampah yang menumpuk yang siap menunggu tengkulak rongsok untuk menimbangnya dan segera ditukar dengan beberapa rupiah saja. Berkilo-kilo tumpukan kertas yang sudah terkumpul berbulan-bulan bahkan mungkin ada yang sudah sampai tahunan jika dibeli oleh bakul rongsok pastinya akan dihargai dengan semena-mena. Cerdaslah sedikit, buat kamu yang memiliki kreatifitas atau pun tidak mungkin bisa mencontoh dari karya-karya berikut ini :

kerajinan tangan dari kertas bekas bunga mawar kerajinan tangan dari kertas bekas bunga mawar – vtmdiy.blogspot.com


Bunga mawar adalah salah satu bunga favorit hampir setiap wanita. Mawar yang melambangkan cantik tapi tidak bisa dijangkau dengan mudah ini bisa kamu buat imitasinya dengan kertas-kertas bekas yang kamu miliki. Untuk memberi kesan lebih nyata, warnailah dengan warna sesukamu. Merah pastinya lebih menjadi kandidat kuat untuk jadi warna utama bunga ini. Carilah batang pohon kering yang memiliki banyak tangkai untuk dijadikan sebagai penopang bunga mawar kertas ini.

kerajinan tangan dari kertas bekas hiasan dinding
kerajinan tangan dari kertas bekas hiasan dinding

Hiasan dinding yang satu ini adalah hisan yang mengadaptasi bentuk hewan dengan bentuk yang sedemikian rupa sehingga menjadi lebih terkesan hidup saat berada di dinding. Hanya dengan kertas-kertas yang kamu miliki dan pewarna kertas kamu bisa membuatnya tanpa harus menyewa jasa desain interior rumah.

kerajianan tangan dari kertas bekas hiasan rumah
kerajianan tangan dari kertas bekas hiasan rumah – treksandtreats.com

Origami merupakan seni melipat kertas yang populer di Jepang. salah satu bentuk origami yaitu burung kertas. Kamu dapat menggantungkan burung-burung kertas itu pada atap kamarmu. Dengan hiasan ini, yakin deh kalau kamar kamu akan semakin terlihat lebih ind
ah.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kerajinan Tangan dari Barang yang Mudah Kamu Dapatkan

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat perca tenun sederhana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Ukuran Pakaian Wanita Pria Anak-anak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.bikinpinter.com/kerajinan-tangan/

0 komentar:

Post a Comment