, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pecah Pola Blus Sesuai Desain

 cara membuat pola dasar garis princess - Blus merupakan pakaian yang dikenakan pada badan atas sampaibatas pinggang atau ke bawah hingga panggul sesuai dengan yang diinginkan. Blus dapat dipasangkan dengan rok atau celana. Secara garis besar blus dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Blus luar yaitu blus yang dipakai diluar rok atau celana.

2. Blus dalam yaitu blus yang pemakaiannya dimasukkan kedalam rok atau celana. Biasanya blus seperti ini mempunyai model lurus sampai batas panggul dan adakalanya juga lebih longgar dibanding blus luar.
Berikut ini beberapa model blus dan pecah polanya :Desain 1
Blus luar dengan kerah ½ rebah, memakai garis princes dari bahu melewati kup dan lengan suai pendek . Panjang blus ± 10 cm dari garis panggul. Panjang lengan ± 25 cm dan krah pas pada garis leher dasar.
Pakaian ini dapat dipakai untuk kesempatan resmi seperti ke kantor.
Pola blus
Keterangan :
Pertama-tama pola dasar rok dan badan disatukan. Untuk membuat garis princes pada pola depan terlebih dahulu tutup kup sisi dan bentuk garis princes dari pertengahan bahu melewati puncak dada dan kup pinggang dan luruskan dari kup ke bawah. Tambahkan tengah muka 2 cm untuk lidah belahan dan 4 cm untuk lapisan ke bagian dalamnya.
Turunkan bagian sisi ketiak 1 cm dan keluarkan 1 cm, bentuk sampai batas panggul. Pada sisi bawah blus dikeluarkan 2 cm untuk melebarkan bagian bawah blus.

Untuk pola belakang sama dengan pola depan yang mana bagian sisi pada ketiak diturunkan 1 cm dan dikeluarkan 1 cm. Bagian pinggang dikeluarkan 1 cm dan bagian sisi bawah blus dikeluarkan 2 cm kemudiian hubungkan garis tersebut.
Pola lengan dan kerah
Pola kerah ½ rebah Pola lengan
Lingkar leher -1 ½
Keterangan :
Untuk membuat pola kerah lihat gambar di atas. Ukuran lingkar leher diperoleh dari ukuran leher depan sampai batas tengah muka ditambah ukuran leher belakang.
Pola lengan dibuat sama dengan cara membuat pola dasar lengan tetapi ukuran lingkar kerung lengan disesuaikan dengan lingkar lengan yang sudah dirobah.

Desain 2

Blus luar dengan belahan asimetris ± 7 atau 8 cm dari garis tengah muka, panjang blus ± 25 cm dari garis pinggang atau 10 cm dari garis panggul. Memakai kerah board dan lengan kop poff dengan panjang ¾  lengan. Pada ujung lengan ada bis yang ujungnya diikat. Mempunyai kup pinggang dan kup sisi.
Keterangan :
Hubungkan pola dasar rok dengan pola dasar badan. Tambahkan bagian tengah muka 2 cm untuk lidah belahan. Untuk belahan asimetris atau overslah, dibentuk dari garis leher ke arah tengah muka. Besar overslah ini disesuaikan dengan model atau lebih kurang 7 atau 8 cm.
Bentuk garis tersebut sampai ke batas pinggang seperti terlihat pada gambar. Untuk lapisan tengah muka di buat 4 – 5 cm. Pada bagian sisi atas blus atau bagian ketiak, diturunk
an 1 cm dan dikeluarkan 1 cm.
Pada pinggang dikeluarkan 1 cm, panggul 1 cm dan bagian bawah baju 1 ½ - 2 cm, kemudian dibentuk. Pola bagian belakang sama halnya dengan pola depan. Pada bagian sisi dilonggarkan sama dengan pola depan.
Gunting pola lengan pada garis tengah lengan lalu lebarkan 5 cm dan naikkan 3 cm. Kemudian bentuk pada bagian puncak lengan.
Semakin tinggi dinaikkan pada puncak lengan maka kerutan pada puncak lengan akan semakin tinggi pula dan semakin lebar dilebarkan pola maka semakin banyak kerutan pada puncak lengan.
Untuk pembuatan pola kerah dapat dilihat pada gambar Panjang kerah = ½ lingkar leher pada pola badan.

Desain 3

Blus dalam atau blus yang dimasukkan ke dalam rok, menggunakan kerah setali model runcing, lengan kop pendek ± 30 cm dan belahan memakai kancing. Garis leher turun ± 8 cm. Panjang blus ± 25 cm karena dilebihkan untuk gelembung pada pinggang 329
Keterangan : Untuk kelonggaran blus pada sisi baju atau pada ketiak diturunkan 2 cm dan dikeluarkan 3 cm sama dengan pada bagian panggul. Untuk membuat kerah setali pada tengah muka dikeluarkan 2 cm untuk lidah belahan. Untuk membentuk kerah pertama-tama dibuat garis patahan kerah dengan cara turunkan dari garis leher dasar ke bawah 8 cm pada garis TM. Panjang kerah belakang = ½ lingkar leher belakang. Lebar kerah ± 7 cm. Bentuklah kerah seperti pada gambar. Lapisan kerah dan tengah muka dibuat dari garis bahu sampai bawah blus mengikuti bentuk kerah dengan lebar 3 cm pada garis bahu dan 8 cm pada bagian bawah blus. Bentuklah seperti terlih
at pada gambar.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Pecah Pola Blus Sesuai Desain

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat pola dasar garis princess

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Bunga Cantik Dari Kantong Kresek

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://mode.ok-rek.com/2010/05/pecah-pola-blus-sesuai-desain.html

0 komentar:

Post a Comment