, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

8 “To Do List” Agar Bisa Otodidak Menjahit

8 “To Do List” Agar Bisa Otodidak Menjahit



cara menjahit bagi pemula  - Apa kamu salah satu orang yang penasaran jika melihat kain-kain lucu di toko bahan? Penasaran ingin mengolahnya menjadi sebuah kreasi jahitan sendiri. Atau kamu mau bikin kerajinan tangan seperti tas, dompet, sarung bantal, dan lainnya? Yuk belajar menjahit! Tanpa kursus kamu bisa lho belajar menjahit sendiri, ini nih to do list nya.

1. Niat



Belajar praktek langsung menjahit memang sangat penting, tetapi niat awal tidak kalah penting. Biasanya apa yang sudah kita niatkan kuat bisa terwujud. Karena menjahit itu tidak semudah memasak air, perlu proses, ketekunan, dan kesabaran.

2. Belajar online

Langkah awal, coba kamu browsing situs-situs yang memiliki tutorial menjahit bagi pemula. Memang kebanyakan bukan situs Indonesia, tapi mereka memiliki packaging yang mengasyikan untuk belajar sendiri. Jangan lupa buka tutorial video yang ada.

3. Baca buku

Buku juga bisa menjadi sumber belajar otodidak yang baik. Banyak toko buku besar yang sudah menjual berbagai tips menjahit bagi pemula. Coba beli beberapa buku dan baca satu per satu. Buku juga akan mempermudah kamu yang suka coret-mencoret catatan.

4. Siapkan starter pack menjahit

Kalau kamu mau mulai praktek, tentu kamu butuh memiliki alat jahit menjahit. Mulai kumpulkan alat-alat seperti jarum, benang, kancing, pita, kain, dan lainnya. Tidak usah pilih yang terlalu bagus, untuk pemula kamu akan butuh banyak peralatan tempur.

5. Pilih kain


Coba mulai dari kain-kain perca atau kain sisa kiloan yang dijual murah. Hindari kain seperti ciffon atau bahan kaos untuk praktek pertama. Gunakan bahan katun yang tidak mahal, karena kamu biasanya akan butuh media kain untuk awal belajar.

6. Belajar dari yang mudah

Bikin pola jahitan bukan pekerjaan yang bisa dipelajari sehari semalam. Untuk itu, sebagai awal cobalah menjahit dari pola yang mudah seperti sarung bantal, dompet serut, memasang kancing, merapihkan baju yang jahitannya terbuka, mendedel jahitan, dan sebagainya. Lama-lama kamu akan terlatih untuk menjahit lurus. Langkah berikutnya, baru belajar bikin pola jahitan yang lebih rumit.

7. Mesin jahit untuk pemula

Mesin jahit adalah sarana praktek yang dibutuhkan meski untuk pemula. Jika kamu ada budget, tidak masalah untuk memilih mesin yang mahal dan otomatis. Tapi jika anggaranmu terbatas, coba beli mesin jahit model lama seperti merk singer. Model manual ini akan lebih melatih koordinasi tangan dan kaki dengan lebih baik.

8. Praktek dan sabar


Menjahit bukan seperti belajar menghafal. Praktek adalah kunci keberhasilan dari belajar menjahit. Jika masih gagal, jangan berhenti mencoba lagi dan lagi. Sabar adalah modal penting lainnya untuk belajar menjahit, karena agar mahir kamu mungkin butuh waktu yang tidak sebentar.

Nah, sudah yakin dong sekarang kalau tanpa kursus kamu pasti bisa menjahit? Asal ada kemauan kamu bisa lho Sisters! Menjahit adalah sebuah keahlian yang sangat berguna untukmu. Belajar menjahit yuk!

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
8 “To Do List” Agar Bisa Otodidak Menjahit

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit bagi pemula

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  MEMBUAT MUKENA/ RUKUH MODEL ATAS-BAWAHAN SENDIRI

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://hijapedia.com/8-to-do-list-agar-bisa-menjahit-otodidak/

0 komentar:

Post a Comment