, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA

 CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA



contoh kegiatan wawancara - LAPORAN HASIL WAWANCARA
I.Latar Belakang

Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami sebagai salah satu kelompok wawancar

a di kelas x-6 dapat melaksanakan tugas bahasa indonesia di semester genap ini dengan sebagaimana semestinya.

Kegiatan wawancara ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber.Selain itu kami juga ingin menambah pengalaman dan sebagai bekal masa depan. Hasil diskusi kami memutuskan untuk mewawancarai seorang  pengusaha bandeng ”SARI RASA”  yang berada di Loram Kulon,Kudus.

Dengan terlaksanakanya kegiatan wawancara ini, maka insya Allah kami telah memenuhi tugas bahasa indonesia dengan harapan kami mendapatkan nilai yang memuaskan. Dan semoga hasil wawancara ini bermanfaat bagi teman

-teman.

II.Maksud dan Tujuan


    Memenuhi tugas Bahasa Indonesia semester genap.
    Meningkatkan solidaritas antara anggota kelompok.
    Belajar untuk dapat bekerjasama dan menesampingkan ego.
    Melatih mental  dalam berbicara dengan orang yang lebih berpengalaman.
    Melatih untuk disiplin dan bertanggungjawab.
    Memperoleh informasi dari narasumber langsung.

III.Topik Wawancara

Usaha Kuliner



IV.Waktu dan Tempat Kegiatan

Wawancara ini dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal                       :Selasa, 12 Maret 2013

Pukul                                     :07.30 WIB – selesai

Tempat                                   :Pusat Bandeng Presto pak kumis.


Hasil Wawancara

            Pada hari Selasa, 12 Maret 2013, pukul 07.30 wib kami berkumpul di rumah teman kami yang dekat dengan rumah narasumber.Setelah semuanya siap kami menuju ke rumah narasumber untuk melaksanakan wawancara.Kesan pertama kami datang pasti ada rasa nervous.Aroma bandeng sudah tercium setelah kami sampai di sana.Kebetulan, saat itu sedang berlangsung proses pembutan bandeng.Sehinnga kami dapat melihat proses pembuatan olahan dari bandeng.Disana kami tidak langsung bertemu dengan narasumber yang bernama “Bapak H.Abdurrahman” atau lebih akrab disapa dengan pak Kumis.Beliau bersikap ramah kepada kami.

Pertanyaan Pembuka:

    1.    Assalamualikum pak,apakah kami boleh mewancarai bapak?

    Waalaikumsalam ,oh boleh saja tapi sebentar saja ya, karena saya mau  istirahat.

    2.    Siapa nama lengkap bapak?

    Nama saya H. Abdur Rahman tapi biasa dipanggil pak kumis.

    3.    Kenapa bisa dipanggil dengan nama pak kumis?

    Karena pada waktu pak kumis itu sudah mempunyai kumis sehingga masyarakat senang memanggil saya dengan nama pak kumis.

    4.    Apa cita-cita bapak pada waktu masih kecil?

    Ingin berdagang seperti orang tua saya dulu.

    5.    Boleh kami tahu tempat tanggal lahir bapak.


    Ohh iya,saya lahir di loram kulon kab.Kudus pada tanggal 7 mei 1944.

Pertanyaan isi :

    6.    Kapan usaha ini didirikan?

    Usaha ini didirikan oleh mertua saya , dan saya mulai mengambil alih usaha ini pada tahun 1969.sebelumnya tahun 1967 saya mulai belajar berjualan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain.

    7.    Bagaimana asal mulanya usaha bapak ini?

    Awalnya usaha ini menjual bandeng kuning di PASAR JOHAR SEMARANG tapi lama kelamaan bandeng kuning mulaI tidak laku karena tergeser oleh adanya bandeng presto.oleh karena itu bapak berusaha untuk membuat bandeng presto. Awalnya saya mencoba membuat sampai 12 kali dan selalu hancur,tapi saya tetap berusaha untuk dapat membuat bandeng yang berkualitas.sampai-sampai saya menjual perhiasan istri saya.Dan akhirnya saya dapat membuatnya. Selain itu para pelanggan juga menyukai bandeng presto saya.

    8.    Biasanya bapak menjual bandeng berapa kilo?

    Biasanya saya menjual bandeng 60 kg dalam satu minggu. Tapi, sekarang karena banyak saingannya saya hanya memproduksi  5kwintal .

    9.    Awalnya bapak membuat sendiri atau sudah ada pegawai?

    Belum,,dulu saya membuat sendiri tapi sekarang saya sudah dibantu sama pegawai.

10. Kalau kami boleh tahu, berapa pegawai bapak sekarang?

    Sekarang pegawainya ada 15 orang.yang bekerja di rumah ada 10 orang di Pasar johar ada 5 orang.

11. Kebanyakan pegawai itu dari mana?


    Kebanyakan pegawainya dari kerabat saya sendiri lebih jelasnya keponakan-keponakan.

12. Biasanya bapak memproduksi berapa kali dalam 1 minggu?

    Kalau dulu setiap hari bisa memproduksi tapi sekarang hanya tiga kali dalam satu minggu.

13. Bekerjanya berapa jam?

    Kalau yang memasak itu sampai jam 5 sore tapi kalau yang pengolahan ikanya itu sampai ba’da dzuhur.

14. Bahan-bahan yang digunakan apa saja pak?

    Bandeng,bumbu-bumbu seperti kunyit, garam, dan air untuk mencampurnya.

15. Bandengnya itu dari mana pak?budi daya sendiri atau membeli?

    Ooo kalau bandengnya itu dari juwana.

16. Kriteria bandeng yang digunakan seperti apa pak?

    Yang pasti bandengnya yang sudah dewasa.

17. Ukuranya berapa pak?

    Bervariasi,tergantung yang menyetori.

18. Berapa lama waktu yang digunakan untuk membuat bandeng presto ini pak?

    Kurang lebih sekitar 9 jam.

19. Selain bandeng presto bapak memproduksi apa saja?

    Ada otak-otak itu dari otak bandeng,kincho dari bagian dalam bandeng,terus ada juga nugert bandeng,tapi yang memproduksi anak saya.

20. Kemana saja bapak mendistribusikan produk bapak itu?

    Di sekitar kudus , Pasar Johar Semarang, purwodadi, jepara tapi yang purwodadi dan jepara jarang.

21. Kira –kira selama memproduksi bandeng presto ini kendala apa saja yang bapak alami?

    Sekarang banyak yang ikut membuat bandeng presto jadi bandengnya pak kumis sudah tidak seperti dulu.

22. Apakah bapak ingin membuka usaha selain bandeng presto?

    Oh tidak,,saya kan sudah tua jadi saya fokus di usaha ini saja.

Pertanyaan penutup :

23. Pertanyaan terakhir dari kami pak,motivasi  bapak apa?

    Kejujuran dan kerja keras karena itu merupakan kunci dari suatu keberhasilan. Selain itu saya tidak memikirkan keuntungan dan kerugian yang saya peroleh karena rezeki itu dari Allah.

24. Pesan-pesan buat kami apa pak?

    Kalian belajar yang sungguh-sungguh,jangan mudah menyerah supaya kalian nanti bisa sukses.

25. Terima kasih bapak atas kesediaanya untuk kami wawancarai.

    Oww iya sama sama.

Selesai kami mewancarai narasumber kami,kami meminta foto bersama sebagai bukti otentik bahwa kami telah melaksanakan tugas bahasa indonesia. Tidak lupa kami berterimakasih kepada narasumber dan berpamitan untuk pulang.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA

 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kegiatan wawancara
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya

tentang  LIMBAH ORGANIK, ANORGANIK, DAN B3

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://noorkholifahsaidahm2k.wordpress.com/2013/10/30/contoh-laporan-hasil-wawancara/

0 komentar:

Post a Comment