, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

 Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

 jahit aplikasi tentang tenun kelas 9 - Mata pelajaran baru yang ada di kurikulum 2013 SMP adalah prakarya seperti yang telah berjalan pada kelas VII dan VII. Mata pelajaran ini ada karena ada beberapa mata pelajaran yang dihapus yaitu TIK, PLKJ dan Mulok (Tata Boga, Tata Busana dan Jasa Niaga). Karena penghapusan mata pelajaran tersebut, maka muncullah satu mata pelajaran yang pada dasarnya merupakan gabungan dari mata pelajaran yang dihapus tersebut yaitu Prakarya.
Prakarya sendiri terdiri dari 4 aspek yaitu kerajinan, pengolahan, budidaya, dan rekayasa. Mata pelajaran ini juga disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya di daerah setempat. Pelajaran ini dikembangkan agar siswa bisa memberikan apresiasi akan makna multikultural. Karena hal itu juga, pelajaran ini masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang di masa depan diharapkan dapat memberi sumbangan dalam mengembangkan sumber daya manusia.

Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013
Buku Prakarya kelas 9 kurikulum 2013 ini sama halnya dengan kelas sebelumnya yang mencakup materi Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Secara umum materi pelajaran rakarya kelas IX Kurikulum 2013 sebagai berikut:

1. Kerajinan

Kerajinan yang dimaksud adalah kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Pada semester I di kelas IX, siswa akan mempelajari Kerajinan Fungsi Hias yang akan terbuat dari janur, lukis kaca, tenun serat, sulam, dan logam (Bab 1). Sedangkan untuk semester II, siswa akan mempelajari Kerajinan Fungsi Pakai seperti produk dari makrame, rajut, batik, jahit aplikasi, dan tenun (Bab 1).

2. Rekayasa
Rekayasa adalah materi pelajaran yang berkaitan dengan elektro. Untuk siswa kelas IX semester I akan mempelajari Teknologi Listrik dan Teknologi Konstruksi (Bab 2). Adapun pada semester II, materi yang akan dipelajari adalah Model Bangunan Instalasi Listrik dan Rangkaian Listrik (Bab 2).
 

3. Budidaya

Budidaya memanfaatkan potensi alam yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa, baik yang ada di kota atau di daerah, sehingga akan membantu siswa untuk berpikir kreatif untuk berbudidaya. Pada semester I, siswa akan mempelajari Budidaya Ternak Hias (Bab 3) dan pada semester II akan mempelajari tentang Budi Daya Satwa Harapan (Bab 3).

4. Pengolahan

Pengolahan adalah bagian dari mata pelajaran Tata Boga. Pada semester I siswa kelas IX akan belajar tentang Pengolahan Bahan Pangan Ikan Dan Daging (Bab 4). Untuk semester II, siswa akan belajar tentang Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi Dari Bahan Ikan Dan Daging Menjadi Makanan (Bab 4) dan Pengolahan Hasil Samping Dari Ikan Dan Daging Menjadi Produk Nonpangan (Bab 5).
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang jahit aplikasi tentang tenun kelas 9

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian Kerajinan Kayu

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.infoguruterbaru.com/2015/08/materi-pelajaran-buku-prakarya-kelas-9.html

0 komentar:

Post a Comment