, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Penggolongan Motif Batik : Motif Geometris & Non Geometris

Penggolongan Motif Batik : Motif Geometris & Non Geometris



pola batik jenis geometris beserta gambar  – Pada prinsipnya motif batik itu dibedakan hanya menjadi 2 jenis, yaitu motif batik geometris dan motif batik non geometris.  ingin tau apa itu motif batik geometris dan non geometris? simak ulasan dibawah ini . .
Motif Batik Geometris
Motif batik geometris ini merupakan batik dengan motif yang ornamenya tersusun secara geometris. Dalam golongan motif geometris ini mempunyai motif bentuk dasar seperti ilmu ukur biasa, seperti segiempat, persegi panjang, lingkaran, laying-layang dan bentuk lainnya.
MOTIF BATIK TAMBAL

contoh motif batik geometris

Contoh batik dengan motif geometris antara lain :


Motif batik swastika adalah motif batik berbentuk dasar huruf z yang saling berlawanan. Di dalam batik motif swastika biasanya digunakan sebagai hiasan pinggir.

Motif batik banji adalah motif swastika berkait atau saling berhubungan. Motif ini digunakan sebagai penghias bidang. Motif banji lengkap dengan motif isen-isen dan motif pengisi lainnya.

Motif batik pilin adalah motif batik yang mempunyai bentuk dasar huruf s atau spiral. Motif ini berfungsi untuk hiasan pinggir dan pengisi bidang.

Motif  batik meander adalah motif yang me
miliki bentuk dasar huruf t . Motif ini biasanya digunakan untuk membuat hiasan pinggir.

Motif batik pinggir awan merupakan pengembangan motif batik meander. Motif ini digunakan untuk hiasan pinggir.

Motif batik kawung adalah motif batik berbentuk dasar lingkaran. Kawung berarti aren atau kolang-kaling. Motif kawung menyerupai buah aren atau kolang-kaling yang dipotong melintang sehingga kelihatan empat potongan bijinya. Motif ini digunakan untuk hiasan pinggir namun lebih banyak digunakan untuk hiasan bidang.

Motif batik tumpal adalah motif batik yang mempunyai bentuk dasar  segitiga. Ragam hias ini digunakan untuk hiasan pinggir.

Motif batik ceplokan adalah ragam hias yang terdiri atas satu motif dan disusun berulang-ulang. Motif batik ini disebut juga motif kertas tempe
l.
Motif Batik Non Geometris

batik non geometris

contoh motif batik non geometris


Motif Batik Non Geometris adalah motif batik yang susunan motifnya tidak teratur menurut bidang geometris. Motif-motif golongan non geometris tersusun dari ornamen-ornamen tumbuhan, Meru, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Burung, Garuda, Ular(Naga) dalam susunan tidak teratur.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Penggolongan Motif Batik : Motif Geometris & Non Geometris
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pola batik jenis geometris beserta gambar

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Yuk Kenali 10 Kain Tradisional Indonesia

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://bahankain.com/2013/08/26/penggolongan-motif-batik-motif-geometris-non-geometris/

0 komentar:

Post a Comment