, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Macam Mesin Jahit dan Fungsinya (Bagian 1)

 Macam Mesin Jahit dan Fungsinya (Bagian 1)

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Macam Mesin Jahit dan Fungsinya (Bagian 1) 

 

bagian-bagian dan fungsi mesin obras - Dalam bisnis konveksi/Jasa CMT/Jasa Makloon, peranan mesin jahit sangatlah vital. Secara umum, mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit high speed. Mesin jahit high speed tentu saja berbeda dengan mesin jahit rumahan. Secara kasat mata, biasanya mesin jahit rumahan mempunyai dinamo kecil, atau bisa juga mesin jahit portabel dengan dilengkapi bermacam-macam fungsi, dari mulai jahit lurus, zigzag, lubang kancing, sampai dengan fungsi embroidery. Yang membedakan dengan mesin jahit industri adalah ukuran dinamo yang lebih  besar, disamping kecepatan dan lam menjahit jauh lebih cepat.

Berbeda dengan mesin jahit rumahan, basanya mesin jahit industri hanya mempunyai satu fungsi saja. Jika dilihat dari fungsinya, ada berbagai macam jenis mesin jahit industri. Untuk membuat satu celana saja paling tidak dibutuhkan 13 jenis mesin jahit.

1. Mesin Jahit Single Needle (Jarum 1)


 Mesin jahit single stitch merupakan mesin jahit yang paling umum dipakai. Mesin jahit ini dipakai untuk segala jenis pakaian yang membutuhkan jahitan 1 jarum saja, seperti untuk menjahit kerah kemeja, jahitan dasar, dll. Mesin ini menghasilkan jahitan dengan tipe jeratan kunci (lockstitch).

2. Mesin Jahit Double Needle (Jarum 2)

Mesin jahit double needle (Jarum 2) ini biasanya diperlukan untuk menjahit celana atau kemeja berupa jahitan double stittch. Fungsi dari mesin jarum 2 digunakan untuk memperkuat jahitan dan untuk lebih mempercantik tampilan jahitan, karena pola jahitannya yang rapih dan sejajar antara satu jahitan dengan jahitan yang lain.

Jenis mesin jahit jarum 2 ada dua jenis, mesin jarum 2 manual dan mesin jarum 2 otomatis. Yang membedakan keduanya adalah mesin jarum 2 otomatis terdapat fungsi untuk menggunakan satu jarum saja, sedangkan untuk mesin jarum 2 manual tidak.

3. Mesin Obras (Overlock)


Mesin obras merupakan mesin untuk membuat jahitan tepi yang berfungsi sebagai pengaman agar kain/bahan tidak mudah terurai. Mesin obras ini dilengkapi dengan pisau pemotong kain, sehingga jahitan tepinya terlihat lebih rapi. Ada beberapa jenis mesin obras:

    Mesin obras benang 3, biasanya digunakan untuk tepian kemeja
    Mesin obras benang 4, biasanya digunakan untuk kaos
    Mesin obras benang 5, biasanya digunakan untuk jeans dan celana

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bagian-bagian dan fungsi mesin obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya

tentang Translate Birth Certificate

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://jasacmt.blogspot.co.id/2013/06/mesin-jahit-pada-jasa-cmt-bagian-1.html

0 komentar:

Post a Comment