, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Rangka untuk Gaun Pengantin

 Cara Membuat Rangka untuk Gaun Pengantin

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Cara Membuat Rangka untuk Gaun Pengantin

cara membuat gaun pengantin mengembang - 3 Metode:Membuat Penopang Reguler (atau Traditional)Membuat Penopang French (atau Penopang Bawah)Membuat Penopang Atas

Walaupun kebanyakan gaun pengantin tidak memiliki penopang langsung di gaun itu, tapi penting sekali untuk membuatnya sendiri setelah upacara pernikahan. Penopang gaun pengantin akan menarik bagian belakang gaun dari permukaan tanah sehinga gaunnya tidak rusak atau kotor, memudahkan pengantin perempuan untuk bergerak dengan leluasa setelah upacara pernikahan, dan juga mengurangi rasa takut akan tersandung ekor gaun pengantin yang terlalu panjang. Ada beberapa jenis penopang gaun, masing-masing terlihat berbeda namun pada dasarnya sama-sama membantu bagi si pemakai gaun. Berikut ini adalah beberapa pilihan penopang yang bisa diselipkan ke gaun pengantin Anda.


Metode 1 dari 3: Membuat Penopang Reguler (atau Traditional)


Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 1
    1
    Putuskan apakah Anda menyukai bentuk penopang reguler ini. Dengan penopang ini, ujung ekor gaun pengantin yang panjang dilipat ke dalam bagian belakang gaun dan akan menciptakan efek yang terlihat bulat dan penuh di bagian belakang rok pengantin.[1] Penopang biasa ini bahkan tidak mudah terlihat orang lain, karena ekor gaun tidak akan terlihat.
        Penopang reguler biasanya lebih mudah digunakan pada gaun pengantin yang memang sudah terlihat mengembang secara bawaan, namun tidak memiliki banyak lapisan kain di bawahnya karena lapisan tersebut akan membuat gaun tidak terlihat jatuh secara alami jika diberi penopang.
Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 2
    2
    Pasang tali di bagian dalam rok. Tali itu harus diposisikan sedemikian rupa agar ketika penopangnya jadi, rok pengantin Anda akan terlihat jatuh secara alami. Anda, atau tukang jahit Anda, dapat menjahitnya di bagian dalam pelipit rok pengantin sehingga tidak terlihat dari luar.
Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 3
    3
    Jahit kaitan di bagian ujung belakang gaun pengantin Anda. Pengait ini juga harus tertutup sedemikian rupa. Ada banyak pengait yang berbentuk seperti renda atau manik-manik hiasan, jadi jangan memasang kaitan yang terlalu terlihat jelas kalau itu kaitan.
        Perlu diingat, kaitan tersebut harus kuat dan bisa menahan ekor gaun pengantin Anda, jadi jika ekor gaun pengantin Anda terlihat berat, pastikan Anda memasang kaitan yang kuat untuk menahannya.
    Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 4
    4
    Lipat bagian belakang rok ke atas ke bagian dalam rok pengantin Anda. Anda mungkin akan memerlukan seseorang untuk membantu Anda melakukannya. Kaitkan pengait yang sudah dipasang sebelumnya pada tali yang terpasang di bagian dalam. Ini akan membuat keliman rok Anda membulat dan rok pengantin Anda akan terlihat lebih mengembang. Rapikan rok Anda dan pastikan bagian belakangnya terpasang dengan benar.
        Anda mungkin harus memasang lebih dari satu pengait agar penopang keliman Anda terlihat alami. Jika ragu, minta bantuan tukang jahit yang sudah ahli untuk membuat penopang ini.
    Iklan

Metode 2 dari 3: Membuat Penopang French (atau Penopang Bawah)


Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 5
    1
    Anda harus memutuskan apakah Anda menyukai penopang bergaya French ini. Dengan penopang bergaya French ini, tali dan kancing terletak di bawah rok. Ketika dihubungkan, tampilan akhirnya akan memperlihatkan rok Anda yang terlihat mengembang di bagian tengah bagian belakang rok Anda dengan setengah bagian bawahnya terlihat jatuh lurus ke bawah. Penopang bergaya ini sangat mudah terlihat, menciptakan satu, atau beberapa layer (lapisan), di bagian belakang gaun yang terlihat penuh dan mengembang.
Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 6
    2
    Pasang tali di bagian dalam rok Anda sampai ke bagian pinggang. Posisi tali ini tergantung pada bagian mana Anda menginginkan rok terlihat mengembang. Perlu diingat bahwa bagian atas dari bagian yang mengembang adalah tempat di mana Anda memasang talinya.
        Jika Anda berencana untuk membuat beberapa titik untuk pengait, misalnya jika bagian belakang gaun pengantin Anda sangat panjang, atau Anda memang menyukai tampilan rok yang terlihat mengembang di beberapa bagian, maka Anda harus memasang beberapa tali di bagian atas sebelah dalam rok pengantin Anda.
Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 7
    3
    Pasang tali di bagian lain sebelah dalam rok pengantin Anda, kali ini agak bawah dari tali yang pertama. Tali ini harus cukup tinggi untuk menjaga rok pengantin Anda tidak terseret ke tanah tapi juga harus lebih jauh dari tali pertama agar ketika disatukan talinya akan menciptakan bagian yang mengembang dengan bagus. Anda mungkin akan membutuhkan lebih dari satu tali, tergantung seberapa panjang ekor gaun pengantin Anda.
        Jika menggunakan beberapa tali, gunakan warna tali atau pita yang berbeda agar dengan mudah diketahui bagian tali yang mana terhubung ke bagian yang mana ketika nantinya dihubungkan. Hal ini akan membuat pekerjaan ini lebih mudah dan juga memudahkan tali terlihat di bawah semua lapisan dan lipitan rok pengantin Anda. Jika Anda khawatir bahwa warna tali yang berbeda tersebut akan terlihat, beri saja nomor pada ujung tali untuk memudahkan ketika Anda menghubungkannya.[2]
 Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 8
    4
    Kencangkan kedua tali tersebut. Dan pastikan bahwa talinya cukup kencang dan kembangkan bagian belakang rok Anda sesau dengan yang Anda inginkan. Jika Anda memasang beberapa tali, pastikan tali tersebut terhubung dengan sesuai.
        Penting untuk meminta bantuan seseorang dengan penopang gaya ini. Mintalah bantuan seseorang untuk membantu Anda memasang penopang di hari pernikahan Anda. Biasanya Anda akan memasang penopang ini di sela-sela waktu antara upacara pernikahan dan resepsi. Minta orang yang Anda mintai bantuan ini untuk datang ketika Anda melakukan fitting gaun pengantin sehinga mereka bisa belajar bagaimana memasang penopang tersebut. Umumnya, orang yang dimintai bantuan ini adalah pendamping pengantin perempuan atau anggota keluarga lain yang ada di acara pesta.


Metode 3 dari 3: Membuat Penopang Atas

Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 9
    1
    Anda harus memutuskan apakah Anda menyukai tampilan penopang gaya ini. Penopang atas mungkin merupakan gaya penopang yang paling simpel. Dibuat dengan hanya mengaitkan titik tengah dari bagian belakang gaun pengantin Anda yang panjang ke kancing yang berada di bagian atas dari bagian belakang gaun pengantin Anda, dan semuanya berada di bagian luar gaun pengantin Anda. Bisa dilakukan hanya dengan satu titik hubung, terutama pada gaun pengantin yang ringan dan tidak memeiliki bagian ekor yang panjang, atau dengan beberapa titik hubung, untuk gaun pengantin dari bahan yang agak berat atau memiliki ekor yang panjang.[3]
        Penopang gaya ini adalah penopang yang terbaik jika ekor gaun pengantin Anda memiliki banyak detail atau bordiran, karena penopang gaya ini akan sangat mudah terlihat.
Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 10
    2
    Pasang pengait atau kancing pada bagian luar gaun pengantin Anda. Pengait atau kancing tersebut harus terpasang pada bagian atas ekor yang paling dekat dengan kaki Anda. Penopang yang bagus akan tersembunyi pada lipitan yang dikreasikan dengan bagus.[4]
    Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 11
    3
    Pasang tali di bagian agak bawah sekitar setengah dari panjang rok pengantin Anda. Pita biasanya tidak digunakan pada penopang gaya ini, karena akan sangat jelas terlihat. Orang-orang pada umumnya lebih memilih menggunakan pengait.
    Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 12
    4
    Kaitkan pengait tersebut. Jika sudah terpasang kaitannya, bagian bawah rok pengantin akan benar-benar terangkat dari lantai. Luruskan bagian ekor yang sudah dikaitkan tersebut, pastikan agar rapi.
    Gambar berjudul Bustle a Wedding Dress Step 13
    5
    Pasang beberapa pengait jika diinginkan. Rok pengantin kemungkinan memiliki beberapa penopang untuk mengangkat bagian belakang gaun untuk memperlihatkan dekorasi gaun pada bagian ekor gaun. Jikalau demikian, Anda harus melipat beberapa bagian agar gaun terlihat memiliki layer.


Tips


    Ada banyak style penopang. Bicarakan dengan penjahit Anda mengenai opsi untuk gaun tertentu, karena mereka lebih tahu penopang yang mana yang terlihat bagus pada gaun tersebut.
    Pabrikan gaun pengantin tidak memasang penopang pada gaun pengantin, sehingga harus ditambahkan sendiri oleh penjahit.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat gaun pengantin mengembang

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sulam Alis

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Membuat-Rangka-untuk-Gaun-Pengantin

0 komentar:

Post a Comment