, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan Tekstil


Kerajinan Tekstil

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Kerajinan Tekstil

karya kerajinan tekstil - KERAJINAN TEKSTIL
Tekstil adalah bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kainsebagai bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dari pengertian tekstil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan/produk tekstil meliputi produk serat, benang, kain, pakaian dan berbagai jenis benda yang terbuat dari serat.Pada umumnya bahan tekstil dikelompokkan menurut jenisnya sebagai berikut:
1. Berdasar jenis produk/bentuknya: serat staple, serat filamen, benang, kain, produk jadi (pakaian / produk kerajinan dll)
2. Berdasar jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, serat campuran
3. Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar
4. Berdasarkan jenis kontruksinya: tenun, rajut, renda, kempa. benang tunggal, benanggintirAdapun jenis-jenis kerajinan tekstil yaitu :

1. KERAJINAN BATIK

Pengertian Dan FungsinyaMembatik merupakan kegiatan berkarya seni menggunakan bahan lilin yang dipanaskandan menggunakan alat canting atau kuas untuk membuat pola gambar atau motif yangdioleskan di atas selembar kain. Teknik pewarnaannyamenggunakan teknik tutupcelup. Karya seni batik ini merupakan salah satu seni terapan Nusantara yang menjadiciri khas kebanggaan bangsa Indonesia.Sekarang ini, teknik membatik sudah lebih berkembang. Membatik tidak sajamenggunakan alat canting tetapi sudah menggunakan jenis peralatan lain seperti kuas dancap (printing). Maka karya seni batik kemudian dibedakan menjadi :
a. Karya seni Batik Tulis Menggunakan alat tradisional berupa canting dengan teknik yang lebih sederhana.
b. Karya seni Batik Cap (printing)Menggunakan alat modern dengan teknik yang lebih bebas dan kreatif. Berdasarkanfungsinya, seni membatik dibedakan menjadi dua yaitu :
a. Fungsi Praktis Kain Batik dipergunakan sebagai bahan sandang untuk pakaian, sarung bantal, taplakmeja dan sebagainya.
 b. Fungsi Estetis Kain dengan motif batik dapat dipergunakan sebagai karya seni hias atau lukisan.POLA BATIKGambar-gambar yang digunakan dalam membatik biasanya menggunakan ragam hias.Untuk karya seni batik tradisional selalu menggunakan ragam hias tertentu yang telahlama diterapkan secara turun-temurun sejak jamandulu. Ragam hias tersebutmempunyai makna atau simbolik tertentu. Namun saat ini sudah banyak dijumpai ragamhias batik dengan pola kreasi yang lebih bebas.Pola Hias merupakan unsur dasar yang dapat dipergunakan sebagai pedoman dalammendesain sebuah hiasanMotif Hias merupakan pokok pikiran dan bentuk dasar dalam ragam hias, meliputi bentuk manusia, alam, tumbuhan dan hewan.Ragam hias adalah bentuk susunan pola hias dari satu atau lebih motif hias dengankaidah estetik tertentusehingga menghasilkan bentuk yang indahRagam hias dibedakan menjadi tiga yaitu :
a. Motif geometris (pilin ganda, swastika, tumpal)
 b. Motif non geometris (manusia, tumbuhan, hewan)
c. Motif benda mati (air, awan, batu, gunung, matahari)

2. KERAJINAN SULAM

Pengertian Bordir dan sulamanBordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kainatau bahan-bahan laindengan jarum jahitdan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapatmenggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payetHasil akhir sulaman dapat dibedakan menjadi:§ Sulam datar: hasil sulaman rata dengan permukaan kain§ Sulam terawang (kerawang): hasil sulaman berlubang-lubang, misalnyauntuk  taplakmejadan pinggiran kebaya§ Sulam timbul: hasil sulaman membentuk gelombang di permukaan kain sesuai lekuk gambar.Jenis bordiran dan sulamanSulam bebas atau sulam benang .Dalam sulam benang, benangdijahit di atas kain dengan mengabaikan pola tenun kain.Teknik sulam seperti ini dipakai dalam sulam wolseperti bordir tradisional Cina danJepang.Sulam hitung jahitanSulaman dibuat sambil menghitung jumlah jahitan yang dibuat. Sulaman dilakukan diatas kain tenunan sejajarseperti kain kanvas,kain aida, kain strimin, dan kain linen. Jenissulaman yang termasuk sulam hitung jahitan adalah kruistik, sulam Assisi, needlepoint, dan blackwork.

3. KERAJINAN JAHIT PERCA

Pengertian jahit percaPerca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karyakerajinan tekstil lainnya. Jahit perca/tambal seribu/patchwork adalah proses pembuatansuatu produk kerajinan tekstil yang terbuat dari potongan-potongan kain / perca yangdigabungkan dengan cara dijahit sesuai dengan rencana. Jahit perca pada dasarnyadipelajari keteknikannya bukan pada bahannya.
Jenis-jenis jahit perca
Ada beberapa jenis Jahit Perca ditinjau dari cara pembuatannya adalah:
Cara acak (tak beraturan)
Jahit perca cara acak (tak beraturan) adalah teknik jahit dengan menggabungkanguntingan-guntingan kain dengan bentuk dan ukuran potongannya tidak sama, kemudianguntingan- guntingan tersebut dijahit sesuai dengan desain. Berikut ini adalah contohkarya jahit perca teknik acak.
Cara jiplakan pola (template)
Jahit perca teknik jiplakan pola adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang dipola terlebh dahulu, dan selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana.
Cara tumpang tindih (overlapping)
Jahit perca teknik tumpang tindih adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang di pola terlebih dahulu dengan cara meletakkan pola bagian tengahdiatas kain telah disiapkan dan selanjutnya dijahit bagian tepinya, kemudian tindihlah

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  karya kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda

bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://elysanur.wordpress.com/kerajinan-tekstil/

0 komentar:

Post a Comment