, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Contoh 5 gambar tekstil modern/tradisional dan nama produknya

Contoh 5 gambar tekstil modern/tradisional dan nama produknya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Contoh 5 gambar tekstil modern/tradisional dan nama produknya

contoh gambar tekstil modern - Kerajinan Ulos, Kain Ulos, Souvenir Ulos

kerajinan ulos
   
kerajinan kipas ulos

Kerajinan ulos merupakan sesuatu yang kerap ditemukan di Sumatera Utara sana. Tentu saja, kerajinan sepert ini bisa menarik banyak orang karena memang hasilnya yang indah. Kain ulos merupakan kain tradisional batak yang bahkan telah dibuat semenjak produk tekstil belum dibuat. Ulos tentu saja indah untuk digunakan sebagai pakaian keseharian. Namun, penting untuk Anda ingat bahwa ada beberapa jenis kain ulos yang tidak bisa digunakan sembarangan. Seperti contohnya ulos ragi hidup. Ini adalah jenis ulos yang hanya boleh digunakan untuk acara keperluan adat saja. Tentu saja, ada beragam jenis ulos yang dengan keindahan dan fungsi masing-masing.
Pembuatan Kerajinan Ulos
Dalam hal pembuatan, secara garis besar pembuatan kerajinan ulos hampir sama dengan pembuatan kain tradisional pada umumnya. Untuk membuat sehelai kain ulos, diperlukan beragam kain tenun dan tentu saja alat tenun tradisional. Alat tenun ini biasa dikenal dengan ATBM, yang kepanjangannya adalah Alat Tenun Bukan Mesin. Karena alat ini bukan mesin modern, tentu saja pengerjaannya menjadi lama. Untuk membuat sehelai kain ulos, Anda membutuhkan kesabaran dan keuletan tersendiri untuk membuat sehelai kain ulos. Itulah mengapa tidak semua orang bisa membuatnya. Biasanya hanya pengrajin ulos berpengalaman sajalah yang bisa membuat satu helai kain ulos berkualitas tinggi.
Tahap Pembuatan Kerajinan Kain Ulos
Ada beberapa langkah yang harus dilalui untuk membuat sehelai ulos. Langkah yang pertama adalah menenun benang. Saat benang ditenun, saat itulah jenis dan motif ulos yang akan dibuat ditentukan. Langkah yang kedua adalah mewarnai kain. Pada dasarnya, warna yang kerap ditemui pada kain ulos adalah putih, hitam, dan merah. Untuk pewarnaan dasar, pengrajin ulos biasanya menggunanak pewarna alami. Saat warnanya telah ditentukan, kain tadi bisa langsung dicelupkan ke pewarna. Tentu saja proses ini juga memakan waktu yang lama. Apalagi ulos biasanya memiliki beragam warna. Untuk itu, kain harus dicelupkan berulang-ulang ke cairan pewarna. Langkah terakhir adalah mengeringkan kain. Setelah tiga tahap tersebut, barulah kerajinan ulos bisa digunakan sesuai selera. Bagi anda yang bertanya-tanya, kerajinan ulos apakah yang ada di gambar di atas. Itu merupakan salah satu kerajinan berbahan kain ulos yang diproduksi oleh salah satu produsen kerajinan dan souvenir pernikahan yang sangat rocemended yakni Dani-Craft. Anda bisa request mengenai kerajinan ulos berbentuk souvenir kipas tersebut langsung di situsnya.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh gambar tekstil modern
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kursus Menjahit Di Jogja Murah Terbaik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://artikel.blogdosen.com/kerajinan-ulos-kain-ulos-souvenir-ulos.html

0 komentar:

Post a Comment