, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

CONTOH

CONTOH

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
CONTOH


5 macam kerajinan tekstil beserta keterangan, cara membuat, dan fungsinya - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah     : SMK Negeri 4 Padalarang
Bid. Keahlian.     : Teknologi dan Rekayasa
Mata Pelajaran     : Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas/Semester     : XI/ 1
PertemuanKe-     : 1
Alokasi Waktu     : 1 TM @ 90 menit

Kompetensi Inti :
KI 1     :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologo, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :   Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar :
1.1 :  Menghayati bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna, sehingga manusia dituntut untuk dapat memaksimalkan potensi yang diberikan Tuhan untuk memberikan hasil yang maksimal.
2.1 :  Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam memaksimalkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 :  Menghayati prilaku jujur, percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3 :   Menghayati sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.1 :   Memahami desain kerajinan bahan lunak  berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
4.1 :   Mendesain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak  berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya

Indikator
1. Dapat menghayati bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang paling paling sempurna
2. Dapat menunjukkan sikap dan prilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari
3. Dapat menghayati prilaku jujur, percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan produk  pengolahan di wilayah setmpat dan lainnya
4. Dapat menghayati sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahhan dan membuat produk di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
  5.Dapat memahami desain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak  berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
  6.Dapat mendesain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak  berdasarkan konsep berka berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.


I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran siswa dapat :
1.  Mengapresiasi keanekaragaman karya kerajinan dari bahan lunak dan pengemasa nnya di wilayah setempat dan lainnya sebagai ungkapan rasa bangga d rasan syukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
 2.  Mengidentifikasi bahan, motif hias, teknik pembuatan, dan fungsi karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.  Menganalisis unsur estetika dan endogonomis karya kerajinan dari bahan lunak serta menunjukan semangat kewirausahaan dan inovasi berkarya.
4. Merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak dan pengemasan dengan menreapkan prinsip perencanaan produksi kerajinan serta menunjukkan perilaku  jujur, percaya  diri sendiri dan mandiri.
5.  Mendesain produk dan pengemasan produk kerajinan dari bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan  budaya setempat dan lainnya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
6.     Membuat karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif.
7.    Mengalanalisis keberhasilan dan kegagalan serta peluang usaha kerajinan dari bahna lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika dan nilai ekonomis untuk membangun semangat usaha.


II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kerajinan bahan lunak 
2. Aneka jenis produk makanan khas daerah setempat dari kerajinan bahan lunak
3. Fungsi Produk Kerajinan dari bahan lunak
4. Unsur Estetika dan Engonomis produk kerajinan dari bahan lunak
5. Motif Ragam Hias pada Produk kerajinan dari bahan lunak
6. TeknikPembuatan Produk kerajinan dari bahan lunak
7. Perencanaan Proses Produksi kerajinan dari bahan lunak

III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Diskusi
3. Latihan
4. Presentasi

IV. Alat/Media/Bahan
1. Alat : Seperangkat computer, jaringan computer, contoh gambar, contoh makanan
2. Bahan ajar : Buku-buku
3. Bahan : Bahan membuat Kerajinan dari Bahan Lunak


 

V. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU

Pendahuluan
  • Apersepsi ( Guru bertanya apakah  siswa mempunyai kerajinan
  • Orientasi  ( Guru menunjukan contoh kerajinan dari bahan lunak
  • Motivasi ( memberi contoh tentang mamfaat mempelajari  kerajinan dari bahan lunak
  • Memberikan acuan
ü   Garis besar tentang kerajinan dari bahan lunak
ü   Pembentukan kelompok diskusi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran


15 Menit

Kegiatan Inti
Mengamati
  • Siswa mengamati contoh kerajinan dari bahan lunak
  • Siswa mengamati cara dan sumber membuat kerajinan dari bahan lunak
  • Guru menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
  • Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai kerajinan dari bahan lunak
  • Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara dan sumber kerajinan dari bahan lunak
  • Guru bertanya tentang mengenai cara dan sumber kerajinan dari bahan lunak



60 menit

Mengumpulan informasi
·           Siswa membaca buku teks berkaitan dengan  kerajinan dari bahan lunak
·           Siswa mencari dari internet tentang hal-hal yang berkaitan dengan kerajinan dari bahan lunak
·           Siswa mencari informasi dengan bertanya kepada orang yang paham tentang kerajinan dari bahan lunak
Mengasosiasi
·           Siswa dibagi menjadi kelompok kecil, masing-masing terdiri 5 orang
·           Siswa dalam  kelompo diminta mendiskusikan  tentang cara dan sumber kerajinan dari bahan lunak
·           Siswa dalam  kelompo diminta mendiskusikan  alat dan bahan
           pengolahan kerajinan dari bahan lunak
Mengumunikasikan
·           Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan,  menganalisa, menggunakan teori dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami tentang cara dan sumber kerajinan dari bahan lunak




Penutup
·           Bersama siswa menyimpulkan tentang cara, sumber serta alat dan bahan kerajinan dari bahan lunak
·           Memberikan tugas kepada siswa untuk observasi tentang usaha kerajinan dari bahan lunak sebagai bahan presentasi
·           Melakukan postes

15 Menit


Penilaian
1.    Mekanis dan prosedur
Penilaian dilakukan dari poroses dan hasil. Penilain proses melalaui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi,  dan laporan tertulis, Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis
2.    Aspek dan instrumen prnilaian
Instrumen observasi menggunakan pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas kelompok tanggung jawab dan kerjasama.


Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama  aktivitas  peran serta, kualitas visual presentasi dan isi presentasi.
Instrumen laporan praktek menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistimatika sajian data, kejujuran dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan pilihan ganda.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  5 macam kerajinan tekstil beserta keterangan, cara membuat, dan fungsinya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 3. SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : download.smkn4padalarang.sch.id/.../7.%20CONTOH%20RPP%20PRAKARYA%20...

0 komentar:

Post a Comment