, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

5 Macam Teknik Jahit Aplikasi

5 Macam Teknik Jahit Aplikasi

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
5 Macam Teknik Jahit Aplikasi


jelaskan pengertian teknik jahit aplikasi - Jahit aplikasi merupakan salah satu teknik menghias permukaan bahan kain dengan cara menempelkan potongan kain pada bahan kain lain yang lebih lebar, selanjutnya diselesaikan dengan jahit tangan atau teknik sulam. Bahan yang dipilih dapat berupa bahan polos atau bercorak tergantung dari desain, bahan yang agak kaku, bahan yang tidak mudah bertiras dan tidak mudah luntur. 


Proses pembuatan aplikasi pada kain secara keseluruhan dapat dikerjakan dengan tusuk feston, tusuk jelujur, tusuk kelim dan lain sebagainya. Sementara untuk membuat bentuk garis, titik dan lain-lain dapat digunakan tusuk-tusuk hias, seperti tusuk tangkai, tusuk tikam jejak, tusuk rantai, maupun tusuk pipih.


Teknik jahit aplikasi yang dapat diterapkan untuk menghias bahan kain sendiri terbagi atas berbagai macam variasi, mulai dari jahit aplikasi standart, potong sisip, potong motif, lipat potong, dan pengisian.


Jahit Aplikasi Standart

Jahit aplikasi standard (onlay) merupakan teknik membuat benda kerajinan tekstil yang dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting. Potongan kain tersebut kemudian ditempel pada lembaran kain lainnya dan dijahit dengan teknik sulam.
 Jahit Aplikasi

Potong Sisip

Jahit aplikasi potong sisip (inlay) merupakan teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melubangi bagian dasar kain yang telah digambar dengan motif tertentu. Kain yang sudah berlubang tersebut kemudian diberi tempelan kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston atau dijahit menggunakan mesin bordir.
 Jahit Aplikasi

Potong Motif

Jahit aplikasi potong motif merupakan teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain. Teknik penyelesaiannya sama dengan jahit aplikasi yang lain.

Jahit Aplikasi
Lipat Potong

Jahit aplikasi lipat potong termasuk kedalam salah satu teknik menghias permukaan kain yang dapat dikerjakan dengan tangan atau mesin. Caranya pembuatannya yaitu mula-mula lembaran kain dilipat dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk feston. Teknik aplikasi biasanya dikombinasikan dengan sulam datar.
 Jahit Aplikasi

Pengisian

Jahit aplikasi dengan pengisian merupakan  teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan secara manual atau mesin. Cara pembuatanya hampir sama seperti pada jahit tindas, bedanya terdapat penambahan potongan kain yang berbeda warna. Pengisi susulan dapat juga ditambahkan dengan penambahan renda dan pita penyelesaian sama dengan teknik aplikasi yang lain.

Jahit Aplikasi
Semoga bermanfaat


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jelaskan pengertian teknik jahit aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PERKEMBANGAN KONSEP KRIYA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/5-macam-teknik-jahit-aplikasi/

0 komentar:

Post a Comment