, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Melakukan Pengukuran Badan


Melakukan Pengukuran Badan

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Melakukan Pengukuran Badan


lingkar tangan dan bahu pada pola kaos - Membeli pakaian yang pas dengan tubuh kita bukanlah perkara mudah. Sebab pakaian-pakaian itu dibuat menggunakan ukuran standar. Sekalipun biasanya Sahabat   pas dengan ukuran “s”, belum tentu kali lain bisa demikian. Oleh karena itu pengetahuan tentang ukuran tubuh kita maupun ukuran standar kiranya dapat membantu kita dalam memilih pakaian yang pas.

Demikian halnya  . Kami memiliki ukuran standar yang disebut Ukuran Standar   yang mengadopsi standar internasional di industri garment. Ukuran Standar   terdiri dari dua macam ukuran. Pertama adalah Ukuran Badan, yaitu ukuran standar internasional yang diambil pas ke badan. Ukuran Badan dibagi ke dalam 4 kategori antara lain S, M, L, dan XL. Kedua adalah Ukuran Baju yang merupakan ukuran baju jadi (ready to wear) untuk ukuran badan standar. Jadi kalau kamu bingung dengan cara mengukur badan, kamu bisa memilih data ukuran badan standar, kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran sebenarnya (tentu kamu harus mengukur). Jika kamu ingin mencoba baju ready to wear, perhatikan ukuran yang tercantum adalah ukuran baju. Dalam pembuatan baju, ukuran baju adalah ukuran badan yang diberikan kelonggaran (allowance).

Selain menyediakan Ukuran Standar juga mempersilahkan kamu untuk melakukan pengukuran badan sendiri agar mendapatkan pakaian yang lebih nyaman dan pas. Mungkin tak banyak dari kita yang pernah melakukan pengukuran badan untuk pembuatan sebuah baju. Sebab jika kita memakai jasa penjahit, merekalah yang akan melakukan pengukuran. Oleh karena itu agar kamu tidak kebingungan, berikut ini  akan membagi informasi tentang cara pengukuran badan.

Informasi ini tentunya akan membantu kamu jika ingin memesan sebuah baju  . Dengan mengetahui cara mengukur tubuhmu dan kemudian mengetahui ukuran tubuhmu, hal ini juga dapat membantu kamu dalam memilih pakaian ber-size standar yang dijual di pasaran.
Sebelum melakukan pengukuran, terlebih dahulu siapkan perangkat yang diperlukan, antara lain:

- meteran

Meteran

- kertas dan pena (untuk menuliskan ukuran)

Kertas dan Pensil

- vetter-band (atau pita atau tali)


Ingatlah untuk mengenakan pakaian yang pas di badan, misalnya atasan dan bawahan dari bahan kaos. Jangan memilih pakaian yang tebal, sebab dapat mengurangi keakuratan hasil ukuran badan kamu. Nah sekarang waktunya mengukur badanmu, berdirilah dengan tegak pada lantai yang rata. Kepala tegak tetapi tetap rileks. Saat menggunakan pita meteran jangan ditarik terlalu kencang. Berikut ini bagian-bagian yang akan di ukur:

1. Lingkar Dada. Pengukuran dimulai dari bagian terpenuh dari dada kemudian melingkar ke punggung sampai kembali lagi ke titik permulaan. Jika kamu sudah mendapatkan angka lingkar dadamu, segera catat dan kita berlanjut ke pengukuran selanjutnya.
Lingkar Dada
Lingkar Dada

2. Lingkar Pinggang. Pertama-tama gunakan vetter band atau pita/tali untuk melingkari bagian terkecil dari pinggangmu kemuadian diikat. Ukurlah bagian yang terikat itu dalam keadaan pas, jadi jangan dilebih-lebihkan ukurannya. Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukurannya.
Lingkar Pinggang
Lingkar Pinggang

3. Lingkar Pinggul. Pengukuran dilakukan pada bagian terbesar dari punggulmu. Caranya dengan melingkarkan meteran. Ambil ukuran dalam keadaan pas.
Lingkar Pinggul
Lingkar Pinggul

4. Tinggi Pinggul. Pengukuran ini dilakukan dengan cara menarik garis dari bagian pinggang ke bawah, yaitu sampai ke lingkar pinggul.
Tinggi Pinggul
Tinggi Pinggul

5. Lebar Bahu. Pengukuran dilakukan dari batas leher sampai bagian bahu terendah pada keadaan pas. Jangan dilebih-lebihkan ukurannya, agar bahu bajumu tidak kepanjangan. Untuk mengetahui titik bahu terendah, gerakkan tangan ke atas, kemudian rabalah dengan tanganmu untuk menemukan titik pertemuan antara tulang bahu dan pangkal tulang lengan atas.
Lebar Bahu
Lebar Bahu


6. Panjang Punggung. Pengukuran dimulai dari punggung atau dari ruas tulang belakang yang menonjol di pangkal leher bagian bawah sampai dengan garis pinggang.
Panjang Punggung
Panjang Punggung

7. Panjang Rok. Pengukuran dimulai dari garis pinggang lurus ke bawah sampai dengan 5 cm di atas dengkul.
Panjang Rok
Panjang Rok

8. Panjang Siku. Pengukuran dimulai dari ujung bahu atau pangkal lengan atas sampai bagian siku.
Panjang Siku
Panjang Siku

9. Panjang Lengan. Untuk pengukuran ini, posisikan lengan di samping badan. Siku sedikit ditekuk/dilengkungkan. Lakukan pengukuran dari ujung bahu atau pangkal lengan atas sampai ke pergelangan tangan, atau sepanjang yang Kamu inginkan.
Panjang Lengan
Panjang Lengan

10. Lingkar Pergelangan Tangan. Pengukuran dilakukan dengan cara melingkarkan meteran pada pergelangan tangan.
Lingkar Pergelangan Tangan
Lingkar Pergelangan Tangan

11. Lingkar Telapak Tangan. Pengukuran dilakukan dengan cara melingkarkan meteran pada bagian terbesar dari telapak tangan.
Lingkar Telapak Tangan
Lingkar Telapak Tangan

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  lingkar tangan dan bahu pada pola kaos

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Penyelesaian Tepi Busana: Kelim 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/melakukan-pengukuran-badan/

0 komentar:

Post a Comment