, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Soal dan jawab prakarya dan kwu.

Soal dan jawab prakarya dan kwu.  

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Soal dan jawab prakarya dan kwu.  

1. Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang  menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalampembuatan produk kerajinan, yaitu seperti berikut:

 2. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Luna
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.Berikut ini contoh produk kerajinan dari bahan lunak:

3. Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Fungsi produk kerajinan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias.

4.Sebutkan Contoh pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak dengan teknik pembuatannya:

No

Bahan
Teknik
1.
Tanah Liat
Membentuk dengan teknik coil
Membentuk dengan teknik putar
Membentuk dengan teknik cetak
2.
Serat Alam
Menganyam
Menenun, membordir
3.
Kulit
Mengukir
4.
Gibs
Membentuk dengan teknik cetak
Mengukir
5.
Lilin
Mengukir
Membentuk dengan teknik cetak
6.
Sabun
Mengukir
7.
Bubur Kertas
Membentuk dengan teknik coil
Membentuk dengan teknik cetak



5. SebutkanTujuan Setelah mempelajari materi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak, agar siswa dapat :

1.Mengapresiasi keanekaragaman karya kerajinan dari  bahan lunak dan pengemasannya di   wilayah setempat dan lainnya sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.Mengidentifikasi  bahan,  motif  hias,  teknik  pembuatan,  dan fungsi karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.Menganalisis unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan dari bahan lunak serta menunjukkan semangat kewirausahaan dan inovasi berkarya.
4.Merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak dan pengemasannya dengan menerapkan prinsip perencanaan produksi kerajinan serta menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri.
5.Mendesain  produk  dan  pengemasan  produk  kerajinan  dari bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
6.Membuat karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif
7.Menganalisis keberhasilan dan kegagalan serta peluang usaha kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika dan nilai ekonomis untuk membangun semangat usaha

6. sebutkan Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Fungsi produk kerajinan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias.

7. Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Pembuatan produk kerajinan harus memperhatikan unsur estetika dan ergonomis.

a. Unsur Estetika
Unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni.
b. Unsur Ergonomis
Unsur ergonomis karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan

 8. Apa yang kamu ketahui tentang Keselamatan Kerja dalam Produksi Kerajinan :
Keselamatan kerja merupakan sikap pada saat kita bekerja. Hal ini berhubungan dengan cara memperlakukan alat dan bahan kerja, serta bagaimana mengatur alat dan benda kerja yang baik dan aman karena berhubungan dengan orang atau manusianya.


buka mesin jahit : http://asasmoyo.blogspot.co.id/2014/09/blog-post_14.html

0 komentar:

Post a Comment