, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

KERAJINAN DARI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

 KERAJINAN DARI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 KERAJINAN DARI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK


barang barang anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai media kerajinan  - A.    PENGERTIAN SAMPAH ORGANIK

Sampah Organik adalah merupakan barang yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik/pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai kalau dikelola dengan prosedur yang benar.Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos). Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipercepat
 oleh bantuan manusia. Sampah pasar khusus seperti pasar sayur mayur, pasar buah, atau pasar ikan, jenisnya relatif seragam, sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. Sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat beragam, tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik.


contoh kerajinan limbah organik dan cara pembuatannya
CARA MENGOLAH SAMPAH ORGANIK
- kerajinan dari limbah organik yang mudah dibuat
Pengomposan sampah kota umumnya sama saja seperti pengomposan bahan baku lainnya. Hanya yang patut dipikirkan adalah jumlah bahan organik kering yang digunakan dalam pencampuran bahan baku proses pengomposan. Pengomposan secara sederhana bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.
Pengomposan Menggunakan Drum Plastik
Pengomposan menggunakan drum plastik sangat cocok diterapkan untuk mengolah sampah rumah tangga.
Bahan Dan Peralatan Yang Digunakan
1.       Ember atau drum plastik yang telah dimodifikasi (dibuat berlubang) dengan kapasitas minimum 100
          kg.
2.       Bioaktivator cair (metode aerob) atau bioaktivator padat (metode anaerob).
3.       Bahan baku sampah organik (hindari daging, tulang, duri ikan, sisa makanan berlemak, susu, kotoran
           anjing, kucing, dan babi).
- kerajinan limbah anorganik dan cara pembuatannya
Cara Membuat
1.      Cacah bahan baku hingga berukuran 2-5 cm.
2.      Taburkan bioktivator OrgaDec 0,5% ke atas bahan baku, aduk hingga tercampur rata.
3.      Siram dengan air hingga diperoleh kelembapan yang diinginkan (50-60%), langsung masukkan ke
          dalam drum plastik.
4.      Inkubasi selama 1-2 minggu, tergantung dari bahan bakunya.
5.      Pada hari ketiga atau hari kedelapan perlu dilakukan pengadukan atau pembalikkan secara  manual agar aerasi di dalam drum berlangsung baik.

Proses Pembuatan Kompos Aktif Ekspres (24 jam)
Bahan
1.      Jerami kering, daun-daun kering, sekam, serbuk gergaji, atau bahan organik apa saja yang dapat
         difermentasi (20 bagian).
2.      Kompos yang sudah jadi (2 bagian).
3.      Dedak 1 bagian.
4.      Dectro disesuaikan dengan dosis (5 sendok makan).
5.      Air disesuaikan dengan dosis (20 liter).
- kerajinan tangan dari bahan limbah dan cara membuatnya
Cara Membuat
1.      Cacah atu giling bahan baku kompos hingga agak halus, lalu campurkan dengan dedak dan kompos
          yang sudah jadi.
2.      Larutkan Dectro ke dalam air.
3.      Siramkan secara merata larutan Dectro ke dalam campuran bahan baku sampai kadar airnya
         mencapai  45-50%.
4.      Tumpuk campuran bahan baku tersebut di atas ubin yang kering dengan ketinggian 30-35 cmlalu tutup menggunakan karung goni.
5.      Pertahankan temperatur 40-600 C.
6.      Setelah 24 jam, kompos aktif ekspres selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupukorganik.

- pengertian kerajinan bahan limbah
PENGERTIAN SAMPAH ANORGANIK

Sampah anorganik yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan waktu yang sangat lama.
Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri.
Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.

CARA MENGOLAH SAMPAH ANORGANIK

Sampah anorganik tidak dapat terdegradasi secara alami. Dengan kreativitas, sampah ini bisa didaur ulang untuk beragam kebutuhan.
Ada beberapa sampah yang bisa dimanfaatkan:

·           Sampah kertas
- contoh kerajinan limbah organik dan anorganik
Sampah kertas bisa dikumpulkan menjadi satu bagian yang dipisahkan dari sampah lainnya. Entah selanjutnya dibuang ke tempat sampah atau dijual ke tukang loak, minimal kita sudah memudahkan langkah para pengelola sampah untuk melakukan pengolahan tingkat lanjut. Kumpulan sampah kertas bisa dibuat berbagai macam jenis kerajinan tangan, seperti topeng, patung, dan kertas daur ulang. Nilai jual sampah kertas daur ulang jauh lebih tinggi dari sekadar sampah kertas biasa. Kertas daur ulang bisa dijual ke pengrajin sebagai bahan pembuat kerajinan tangan, atau Anda sendiri yang membuat karya seni yang menghasilkan.

•         Sampah kaleng
- kerajinan dari bahan limbah organik dan cara pembuatannya
Banyak sekali kemasan kaleng yang digunakan untuk barang-barang keperluan sehari-hari. Sementara sumber daya tambang tidak dapat diperbaharui, jika bisa pun butuh waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk membentuknya. Suatu saat bahan tambang tersebut akan habis dieksplorasi. Oleh karena itu, akan bijak jika kita ikut andil dalam gerakan menyukseskan daur ulang. Kaleng baja 100% dapat didaur ulang karena siklus hidupnya tidak akan pernah berakhir.
Membuat baja dari kaleng bekas hanya memerlukan 75% energi yang digunakan untuk membuat baja dari bijih besi. Itu berarti, setiap kita mendaur ulang 1 ton baja, akan dihemat 1.131 kg bijih besi, 633 kg batu bara, dan 54 kg kapur.
Perlakuan kaleng bekas tergantung jenis kegunaan wadahnya. Kaleng bekas wadah makanan memiliki tutup yang cenderung tajam, sebaiknya bagian itu dimasukkan ke arah dalam, lalu digepengkan untuk menghemat ruang di tempat sampah. Kaleng cat harus dibersihkan dari sisa-sisa catnya dengan kertas koran dan biarkan kering, kemudian digepengkan. Kertas kaleng minyak goreng juga begitu. Kaleng yang mengandung aerosol, seperti parfum dan cat semprot harus ditangani hati-hati, jangan ditusuk atau digepengkan. Untuk kaleng drum bisa dimanfaatkan sebagai tempat sampah atau pot.

•         Sampah botol
- aneka produk kerajinan dari bahan limbah sebagai fungsi hias

Botol beling memiliki nilai tinggi, apalagi masih utuh. Jika sudah tidak utuh akan didaur ulang lagi bersama dengan berbagai jenis kaca lainnya untuk dicetak menjadi botol baru. Harga sampah botol bekas minuman lebih rendah karena bentuknya khusus sehingga pembelinya terbatas perusahaan minuman itu. Botol kecap lebih mahal karena banyak produk yang bisa dikemas dengan botol itu. Usaha botol bekas juga memberi peluang kerja bagi ibu-ibu sebagai pencuci botol.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  barang barang anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai media kerajinan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang apa teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil ? 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://dnuell.blogspot.co.id/2016/04/kerajinan-dari-sampah-organik-dan.html

0 komentar:

Post a Comment