, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan Fungsi Hias Dari Bahan Limbah

 Kerajinan Fungsi Hias Dari Bahan Limbah

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Kerajinan Fungsi Hias Dari Bahan Limbah


benda hias terbuat dari limbah - Kerajinan Tangan dari Botol Bekas


Botol bekas bisa kamu manfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan yang unik dan juga kreatif. Dengan sedikit ketekunan dan juga ide-ide kreatif kamu bisa membuat kerajinan dari botol dengan berbagai jenis dan fungsi. Banyak sekali jenis sampah dari botol bekas yang bisa di manfaatkan seperti botol bekas minuman bersoda, botol bekas pembersih lantai serta botol bekas yang terbuat dari kaca.
Dengan memanfaatkan botol bekas tersebut tentu kita secara tidak langsung ikut berperan dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah. contoh kerajinan dari botol bekas :
1. Tempat untuk mengisi baterai ponsel
Tempat Charger Ponsel Dari Botol Bekas
- contoh kerajinan limbah organik dan cara pembuatannya
Bila kamu mempunyai plastik bekas botol oli ataupun plastik bekas karbol toilet jangan buru-buru untuk membuangnya. Dengan menggunakan peralatan sederhana serta bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar tempat tinggal, kamu bisa membuat kerajinan tangan yang unik dan memiliki nilai jual.Hasil kerajinan yang telah dibuat bisa digunakan sendiri atau menjualnya kepada orang lain yang membutuhkannya. Ya, salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari botol plastik bekas karbol adalah tempat cas HP yang simpel tapi sangat membantu. Dengan hanya melihat gambar di atas kamu pasti bisa membuatnya.
- aneka karya kerajinan limbah tekstil dan fungsinya
A.PENGERTIAN BAHAN LIMBAH
          Limbah merupakan buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga). Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014, limbah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan.

B.FUNGSI PRODUK KERAJINAN BAHAN LIMBAH
       Produk kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.
       Fungsi   produk   kerajinan   dapat   dibedakan   menjadi   dua,   yaitu fungsi  karya  kerajinan  sebagai  benda  pakai  dan  fungsi  karya kerajinan sebagai benda hias. Karya  kerajinan  sebagai  benda  pakai  meliputi  segala  bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.Karya  kerajinan  sebagai  benda  hias  meliputi  segala  bentuk kerajinan   yang   dibuat   dengan   tujuan   untuk   dipajang   atau digunakan  sebagai  hiasan  atau  elemen  estetis.
C.JENIS JENIS PENGEMASAN PRODUK KERAJINAN

contoh kerajinan limbah tekstil dan cara pembuatannya 
1. Kemasan Kertas
         Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang pertama sebelum ditemukannya plastik dan aluminium foil. Saat ini kemasan kertas masih banyak digunakan dan mampu bersaing dengan kemasan lain seperti plastik dan logam karena harganya yang murah, mudah diperoleh, dan penggunaannya yang luas. Kelemahan kemasan kertas untuk mengemas adalah sifanya yang sensitif terhadapair dan mudah dipengaruhi oleh kelembaban udara lingkungan.
- cara membuat kerajinan dari limbah organik 
2. Kemasan Kayu
       Kayu merupakan bahan pengemas tertua yang diketahui oleh manusia dan secara tradisional digunakan untuk mengemas berbagai macam produk padat seperti barang antik dan emas, keramik, dan kain. Kayu adalah bahan baku dalam pembuatan palet, peti atau kotak kayu di negara-negara yang mempunyai sumber kayu alam dalam jumlah banyak. Tetapi saat ini penyediaan kayu untuk pembuatan kemasan juga banyak menimbulkan masalah karena makin langkanya hutan penghasil kayu.
- contoh produk hiasan dari limbah
     Desain kemasan kayu bergantung pada sifat dan berat produk, konstruksi kemasan, bahan kemasan, dan kekuatan kemasan, dimensi kemasan, metode dan kekuatan. Penggunaan kemasan kayu baik berupa peti, tong kayu atau palet sangat umum di dalam transportasi berbagai komoditas dalam perdagangan internasional.
- kerajinan tangan dari bahan limbah dan cara membuatnya
Pengiriman produk kerajinan seperti keramik sering dibungkus dengan peti kayu agar dapat melindungi keramik dari risiko pecah. Kemasan kayu umumnya digunakan sebagai kemasan tersier untuk melindungi kemasan lain yang ada di dalamnya. Dalam mendesain kemasan kayu, diperlukan proses alternatif dan bahan-bahan teknik yang tepat untuk membuat kemasan yang lebih ekonomis.
- kerajinan fungsi hias dari bahan limbah
3. Kemasan Plastik
          Kemasan yang paling banyak kita temui adalah kemasan plastik. Beberapa jenis kemasan plastik yang dikenal adalah polietilen, polipropilen, poliester, nilon, dan vinil film. Enam puluh persen penjualan plastik yang ada di dunia menggunakan kemasan plastik polistiren, polipropilen, polivinil klorida, dan akrilik. Produk kerajinan banyak menggunakan kemasan plastik jenis akrilik. Akrilik adalah nama kristal termoplastik yang jernih dengan nama dagang Lucie, Barex dan Plexiglas. Beberapa sifat akrilik adalah kaku dan transparan, penahan yang baik terhadap oksigen dan cahaya, titik leburnya rendah. Akrilik banyak digunakan sebagai bahan pelapis untuk bahan keras, dan dahulu digunakan untuk gigi palsu dan kacamata.
- kerajinan dari limbah organik yang mudah dibuat
       Produk karya kerajinan yang siap dipasarkan sebaiknya dikemas dengan baik agar terlihat lebih menarik dan terlindung dari kerusakan. Kemasan dibuat dengan memperhatikan jenis bahan dan bentuk produk kerajinannya. Kemasan untuk produk kerajinan yang terbuat dari bahan alam dapat diberi silica antijamur yang dapat dibeli di toko kimia. Kemasan tidak hanya disiapkan untuk karya kerajinan yang dijual, tetapi juga karya kerajinan yang akan dipamerkan. Bahan untuk kemasan bisa dibuat dari bahan alam, maupun bahan sintetis. Misalnya karya keramik diberi kemasan kotak kayu, aksesori batu diberiwadah kotak dari kardus, perhiasan perak diberi wadah kotak berlapiskan bludru, dan sebagainya.




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  benda hias terbuat dari limbah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara membuat peci koko 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://fenianiva.blogspot.co.id/2016/07/kerajinan-fungsi-hias-dari-bahan-limbah.html

0 komentar:

Post a Comment