, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Inilah Macam-macam Contoh Kerajinan Limbah Organik yang Unik

Inilah Macam-macam Contoh Kerajinan Limbah Organik yang Unik

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Inilah Macam-macam Contoh Kerajinan Limbah Organik yang Unik

gambar lampu hias dari limbah lunak anorganik - Limbah organik atau sampah organik merupakan barang yang sudah tak dipakai lagi atau sebelumnya dibuang oleh pemiliknya, namun limbah tersebut masih bisa digunakan jika dikelola dengan cara yang benar. Organik adalah sesuatu yang berasal dari makhluk hidup baik dari hewan maupun tumbuhan yang berhungan dengan organisme.
kerajinan di indonesia
ukirtembaga.com

Di Indonesia sendiri limbah organik dikelola untuk dijadikan berbagai macam kerajinan, selain mengurangi limbah yang ada, hal ini juga sangat bermanfaat bagi warga yang memanfaatkannya karena dari limbah yang dikelola dengan baik mereka bisa mendapatkan keuntungan dari sini.
- contoh limbah organik lunak
Kerajinan limbah organik mudah untuk membuatnya jika tahu ilmunya, sangat beragam sekali variasi produk yang dihasilkan oleh warga, jenis limbah organiknyapun beragam mulai dari kerajinan limbah organik kering, basah hingga kerajinan limbah organik basah, diantarnya adalah:
Kerajinan Limbah Organik Kering
limbah organik kering
akudeas.blogspot.com
- 10 contoh limbah organik lunak
Merupakan limbah atau sampah yang mempunyai kandungan air yang relatif rendah. Contohnya seperti tempurung kelapa, kertas/kardus, kayu, kulit telur, sisik ikan, kerang dan sebagainya.

Hampir dari semua jenis limbah organik kering ini dapat di olah untuk dijadikan kerajinan limbah organik kering ini mempunyai sifat yang tahan lama dan kuat.

Untuk pengolahan limbah ini tidak terlalu sulit karena sifatnya yang kering jadi limbah ini bisa langsung digunakan. Namun jika limbah organik yang satu ini terkena air maka kita harus mengeringkannya dengan menjemurnya di terik matahari, agar kadar air yang ada didalam limbah kembali normal.


Bahan limbah organik kering ini menjadi bahan baku yang nantinya bisa di jadikan berbagai macam kerajinan, contoh kerajinan yang terbuat dari limbah organik kering ini adalah:
# Lampu Hias dari Limbah Bahan Plastik
lampu hias dari plastik
blogoinformasi.com

Lampu ini dapat kamu gunakan untuk menghiasi kamarmu dengan modal yang tidak terlalu mahal namun terlihat mewah. Ternyata bahan bekas bisa saja jadi alternatif untuk mendesain kamar tanpa mengeluarkan modal yang banyak, jadi bisa menghemat uang jajanmu.
# Pot dari Limbah Botol Plastik
kerajinan dari botol plastik
blogoinformasi.com

Kerajinan tangan yang satu ini juga terbuat dari bahan bekas, ternyata bahan bekas juga mempunyai nilai seni yang tinggi. Selain terlihat menarik dan juga berguna namun juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, hal ini sangat bagus untuk usaha rumahan.

Pot diatas terbuat dari botol bekas yang dipotong menjadi dua bagian, dan dibentuk menjadi seperti itu kemudian diwarnai dengan warna yang kamu suka. Maka pot yang kamu inginkan pun jadi dengan waktu yang cukup singkat dan biaya yang jauh lebih murah.
# Lampu Hias dari  Limbah Tempurung Kelapa
lampu hias dari tempurung kelapa
sarungpreneur.com

Ini ada satu lagi lampu hias dari limbah organik kering, jika tadi terbuat dari botol plastik, kali ini lampu hiasnya terbuat dari tempurung kelapa. Cara membuatnya tinggal siapkan tempurung kelapa yang sudah kering, jika belum maka kamu harus mencemurnya terlebih dahulu, lalu bersihkan dari serabut yang menmpel hingga halus.
contoh kerajinan limbah organik dan cara pembuatannya
Setelah halus potong tempurung kelapa sesuai dengan apa yang kamu inginkan, pastikan kamu sudah tentukan bentuk apa yang ingin kamu buat. Jika sudah, tinggal tempelkan bagian satu persatu sesuai dengan keinginanmu, pastikan menempelkan dengan rapi agar terlihat bagus.
- kerajinan dari limbah anorganik yang mudah dibuat
Walau bahannya dari bahan bekas tapi jika kita membuatnya serapi mungkin maka hasilnya nanti akan terlihat berkelas.

# Kerajinan Limbah dari Kulit Kerang
kerajinan dari kulit kerang
dhiyahanis.blogspot.com

Sering kali ketika kita melintas di daerah pesisir banyak sekali yang menjual kerajinan dari kulit kerang. Beraneka ragam kerajinan dari kulit kerang mulai dari lampu hias, fas bunga, wadah tisu, asbak dan masih banyak lagi yang dapat kita jumpai kerajinan dari kulit kerang ini.

Harganya pun berfariasi antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari kerumitan untuk membuatnya, semakin rumit, semakin banyak bahan yang dibutuhkan maka harganya akan semakin tinggi.
# Kerajinan Limbah dari Limbah Kayu
kerajinan dari limbah kayu
craftandcollection.blogspot.com
- kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya
Kerajinan limbah organik yang satu ini bisa dikatakan kerajinan tingkat tinggi karena pengerjaannya cukup sulit dan juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, bahkan para pembeli kebanyakan dari luar negeri, ini sangat bagus untuk dijadikan peluang usaha.

Dan juga kerajinan diatas membuktikan bahwa bahan bekas juga bisa disulap menjadi barang kualitas import yang bernilai tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, itulah harga dari kreafitas. Kita bisa membuatnya dari kayu yang sudah tidak terpakai atau bisa juga dari akar-akar yang masih bisa diolah.
Kerajinan Limbah Organik Basah
limbah organik basah
csugii.blogspot.com

Limbah organik basah atau juga bisa disebut limbah organik lunak merupakan limbah atau sampah yang mempunyai kandungan air relatif tinggi, seperti dedaunan an kulit buah. Limbah organik basah yang bisa djadikan untuk bahan kerajinan seperti kulit bawang, jerami, kulit jagung, biji-bijian dan sebagainya.

Sebelum dijadikan kerajinan limbah organik basah ini harus terlebih dulu di keringkan di bawah sinar matahari agar kandungan air yang ada didalamnya berkurang atau habis. Jika limbah sudah kering maka sudah siap untuk dijadikan bahan kerajinan. Contoh kerajinan yang terbuat dari bahan limbah organik basah diantaranya adalah:

# Kerajinan Limbah dari Kulit Jagung
bunga kulit jagung
becreativeina.blogspot.com
- contoh kerajinan limbah organik dan anorganik
Salah satu contoh dari limbah organik basah adalah kerajinan bunga yang terbuat dari kulit jagung, pasti kamu tidak menyangka jika gambar diatas terbuat dari kulit jagung. Sangat indah untuk hiasan kamar atau ruang tamu dengan modal yang relatif lebih murah.

Cara membuat bunga nya yaitu dengan memotong kulit jagung sesuai bentuk bungan yang kita inginkan, kemudian rekatkan dengan lem, pastikan bentuknya rapi, cara agar rapi yaitu menempelkannya dengan hati-hati.
#Kerajinan Limbah dari Kulit Bawang
kerajinan dari kulit bawang
nekadposting.com

Terlihat cantik bukan? itu adalah kerajinan yang terbuat dari kulit bawang, kamu bisa menggunakannya untuk hiasan atau juga bisa untuk acara pernikahanmu, pasti akan terlihat unik, dan pastikan sebelum mengolah kulit bawang untuk menjemurnya terlebih dulu agar bau dari bawangnya hilang.
# Kerajinan Limbah dari Serbuk Gergaji dan Biji Kedelai
kerajinan dari biji kedelai
youtube.com
- 10 contoh limbah organik dan anorganik
Pasti kamu tidak menyangka jika gambar doraemon diatas terbuat dari bahan bekas seperti biji kedelai dan serbuk gergaji. Memang benar gambar diatas terbuat dari bahan tersebut, jika kita bisa mengolah bahan bekas menjadi kerajinan maka hasilnya sangat bagus dan juga mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi.
# Tas dari Limbah Pelepah Pisang
tas dari pelepah pisang
tasanyamanjogja.blogspot.com

Tas yang cantik ini ternyata terbuat dari limbah pelepah pisang, tak disangka bukan limbah bisa menjadi produk secantik gambar diatas. Tentu limbah yang sudah diolah menjadi tas atau yang lainnya mempunyai nilai harga yang tinggi.
- kerajinan tangan dari limbah padat
Demikian tadi penjelasan kita mengenai kerajinan limbah organik, semoga kita bisa memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita, selain untuk merawat lingkungan kita juga mendapatkan untung dari limbah yang telah kita kelola, mulai sekarang mari kita berfikir maju dan menumbuhkan pemikiran-pemikiran yang kreatif.





Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar lampu hias dari limbah lunak anorganik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kerajinan Bahan Keras 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://gopena.com/inilah-macam-macam-contoh-kerajinan-limbah-organik-yang-unik/

0 komentar:

Post a Comment